Cara Mengenali jika Tubuh Anda Menunjukkan Tanda Kanker

Salah satu penyakit paling mematikan di dunia adalah kanker, yang menunjukkan tanda dan gejala tertentu di tubuh Anda. Mungkin terdengar aneh bahwa beberapa tanda aneh di tubuh Anda sebenarnya bisa menjadi indikasi tahap awal dari sesuatu yang sangat fatal.

Cara Mengenali jika Tubuh Anda Menunjukkan Tanda Kanker
Dan kunci pengobatannya adalah deteksi dini. Namun, satu hal yang terjadi mengabaikan masalah kesehatan kecil yang menganggap bahwa hal itu tidak perlu dikhawatirkan. Nah, saatnya berhenti mengabaikan dan mulai menganggap serius. Mol kecil mungil atau benjolan di beberapa bagian tubuh Anda sebenarnya bisa menjadi indikasi kanker.

Selain itu, ada sejumlah tanda lain dari kanker yang harus Anda waspadai. yukk baca Cara Mengenali jika Tubuh Anda Menunjukkan Tanda Kanker

1. Masalah saat buang air kecil




Masalah saat kencing bisa meliputi:

  1. Rasa terbakar bagian kemih saat kencing 
  2. Leaking atau menetes air kencing
  3. Sering buang air kecil, terutama pada malam hari. 
  4. Ketidaknyamanan di awal, aliran lemah.


Pria mungkin mengalami hal ini seiring bertambahnya usia. Hal ini biasanya disebabkan oleh pembesaran prostat atau kanker prostat, dalam beberapa kasus. Bicaralah dengan dokter Anda tentang hal itu, lakukan tes dan periksa apakah Anda berisiko terkena penyakit ini.

2. Darah kencing atau tinja




Yang satu ini bisa menjadi indikasi kanker kolon, ginjal atau kandung kemih. Setiap bentuk perdarahan yang tidak normal harus diperiksa dengan dokter. Jika bukan kanker, masih bisa simtomatik wasir atau ISK.

3. Perubahan kulit




Perubahan tahi lalat dan bagian tubuh lainnya adalah tanda dan gejala utama kanker kulit. Bintik atau tahi lalat di tubuh, saat mereka mulai tampil berbeda, adalah sesuatu yang perlu Anda khawatirkan. Jadi dalam kasus ini, jangan menunggu terlalu lama. Dapatkan itu diperiksa dengan dokter ASAP.

4. Kesulitan menelan




Beberapa orang mengalami hal ini dari waktu ke waktu. Namun, jika disertai dengan muntah dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, Anda harus memeriksakan diri ke dokter karena adanya kanker perut. Ini akan melibatkan pemeriksaan tenggorokan dan sinar X barium.

5. Mulas




Sebagian besar kasus heartburn dapat diobati dengan bantuan perubahan diet dan mengurangi tingkat stres. Namun, beberapa mungkin tidak pergi bahkan saat itu. Dalam hal ini, Anda harus buru-buru ke dokter untuk didiagnosis menderita kanker perut atau tenggorokan.

6. Mulut berubah Warna




Jika Anda merokok secara teratur atau mengunyah tembakau, Anda mungkin mulai mengalami beberapa perubahan mulut. Perubahan ini meliputi tambalan merah, putih dan abu-abu di dalam dan sekitar mulut. Anda juga bisa mengembangkan bisul dengan semacam kawah di dalamnya. Semua tanda ini bersama bisa menjadi indikasi kanker mulut.

7. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan




Apakah celana Anda menjadi lebih longgar? Tapi Anda tidak sadar mengapa hal itu terjadi. Untuk beberapa hal itu bisa menjadi alasan untuk bersukacita, untuk selebihnya, alasan untuk khawatir. Kehilangan satu atau dua kilogram atau bahkan lima, sebenarnya bukan alasan untuk khawatir. Tapi jika Anda telah kehilangan seperti 10 kilogram, itu bisa menjadi indikasi kanker paru-paru, perut atau pankreas.

8. Perubahan payudara




Dan ini bukan hanya untuk wanita. Jika Anda merasakan benjolan di payudara Anda (baik pria maupun wanita) Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Mereka biasanya menunjukkan kanker payudara. Ingat, deteksi dini adalah kunci pengobatan.

9. Mengidam es




Jika Anda mendambakan es, benda logam, tanah atau pasir, kemungkinan besar Anda kekurangan zat besi. Namun, dalam beberapa kasus, itu juga bisa berarti kehilangan darah internal. Dengan ini, Anda bisa berisiko terkena kanker kandung kemih atau gastrointestinal.

10. Kembung




Kita merasa kembung saat kita makan terlalu banyak. Ini berlalu seiring berjalannya waktu. Namun, jika terlalu sering terjadi dan tidak mudah hilang, bisa jadi alasan bagus bagi Anda untuk khawatir. Wanita bisa berisiko terkena kanker indung telur dengan gejala seperti itu. Dan bisa jadi benar kalau ini disertai dengan penurunan berat badan dan sakit perut kusam.

Hanya 10 Cara Mengenali jika Tubuh Anda Menunjukkan Tanda Kanker. Semoga bermanfaat