10 Makanan Kaya Potasium Ini Sangat Sehat untuk Anda

Kalium merupakan mineral penting bagi kesehatan kita. Mineral memainkan beberapa peran penting seperti menjaga keseimbangan cairan dan berfungsinya saraf, jantung, otak dan otot dengan baik. Ini membantu dalam menurunkan tekanan darah dan membantu tubuh menyingkirkan sodium yang berlebihan - yang dapat mempertahankan cairan dan meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi adalah alasan utama kondisi seperti stroke dan penyakit jantung. Makan cukup potassium dalam sehari sangat penting bagi kesehatan kita dalam jangka panjang.

10 Makanan Kaya Potasium Ini Sangat Sehat untuk Anda
10 Makanan Kaya Potasium Ini Sangat Sehat untuk Anda


Asupan kalium direkomendasikan

Sekitar 4700 mg kalium diet dianggap cukup untuk orang dewasa. Orang yang menggunakan makanan atau makanan cepat saji sering kali kekurangan kalium. Tidak cukup makan buah dan sayuran bisa menyebabkan kekurangan potasium.

Jumlah potasium yang kita dapatkan tergantung pada bagaimana kita memasak makanan kita. Kentang rebus memiliki potassium lebih rendah daripada yang dipanggang. Mengkonsumsi buah dan sayuran dalam bentuk mentah atau sedikit dipanggang akan membantu melestarikan kandungan potassium di dalamnya.

Baca di bawah ini untuk mengetahui tentang makanan kaya kalium yang sangat sehat:

1. Pisang

Pisang adalah buah yang populer untuk kandungan kaliumnya. Namun, karbohidrat dan gula juga tinggi. Inilah alasan mengapa banyak ahli kebugaran menganjurkan makan pisang sebelum atau sesudah sesi latihan.

2. Alpukat

Seiring dengan kaya kalium, alpukat adalah makanan yang memiliki efek positif pada metabolisme kita. 1 alpukat penuh mengandung sekitar 1.067 mg potasium.

3. Bayam

Bayam adalah pembangkit tenaga listrik potassium. Ini adalah salah satu makanan tersehat yang tersedia. Chloroplast glycoglycerolipids pada bayam diyakini memiliki sifat melawan kanker juga.

4. Ubi jalar

Kentang manis lebih kaya nutrisi daripada kentang putih. Mereka juga merupakan sumber potasium yang hebat. Ini kaya akan vitamin C dan vitamin B6. Ubi jalar juga dikenal sebagai obat populer untuk mengobati bisul.

5. Aprikot kering

Mengkonsumsi aprikot kering dapat berkontribusi secara efektif dalam meningkatkan kadar potasium Anda. Studi mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi aprikot kering memiliki berat badan lebih rendah dibandingkan dengan yang lain.

6. Benih delima

Delima dianggap salah satu sumber potassium yang paling sehat. Buah ini penuh dengan vitamin C, serat dan vitamin K. Ini juga bisa mengurangi kadar kortisol (hormon stres) di tubuh.

7. Air kelapa

Air kelapa adalah minuman yang enak dan menyegarkan yang kaya akan elektrolit seperti potassium. Ini adalah minuman yang menakjubkan untuk dikonsumsi di musim panas karena membantu meningkatkan tingkat hidrasi dalam tubuh. Rendah kalori dan memiliki kadar gula dalam jumlah sedang.

8. Kacang putih

Kacang putih mengandung potasium dan serat tinggi. Mengkonsumsi makanan kaya serat mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung.

9. Brokoli

Brokoli juga merupakan pembangkit tenaga listrik penting seperti vitamin C, K, folat, serat dan potasium. Rendah kalori, brokoli termasuk dalam banyak diet untuk menurunkan berat badan.

10. Kismis

Kismis kaya potassium kaya akan nutrisi penting lainnya seperti selenium dan fosfor. Kismis juga membantu dalam menghadapi kondisi seperti diabetes dan anemia.

Tingkat potassium dalam tubuh Anda bergantung pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Cara fungsi ginjal Anda, keseimbangan hormonal dan obat-obatan yang Anda minum akan menentukan berapa kalium yang Anda butuhkan.

Orang yang minum obat untuk tekanan darah tinggi mungkin memerlukan lebih banyak kalium, sedangkan orang dengan fungsi ginjal berkurang harus mengkonsumsi potassium dalam jumlah terbatas.

Tingkatkan konsumsi kalium Anda hanya di bawah pengawasan dokter Anda.