10 Manfaat Kesehatan Terbaik dari Vitamin B12

Vitamin B12 adalah komponen vitamin B kompleks dan sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Tapi tahukah Anda bahwa ini adalah salah satu kekurangan nutrisi yang paling umum di dunia? Ya, kekurangan vitamin B12 adalah masalah kesehatan umum di sejumlah negara di dunia, termasuk India. Dari memperbaiki mood Anda untuk memperbaiki kelelahan adrenal, Vitamin B12 bisa melakukan semuanya. Karena fakta bahwa nutrisi ini diperlukan untuk mengobati sejumlah penyakit, kekurangannya juga menimbulkan banyak masalah kesehatan. Pada dasarnya, menjaga saraf dan sel darah merah tetap sehat.

10 Manfaat Kesehatan Terbaik dari Vitamin B12
10 Manfaat Kesehatan Terbaik dari Vitamin B12


Jadi sekarang Anda tahu kekurangan vitamin B12 apa, mari jelajahi manfaat kesehatan dari nutrisi ini.

1. Menjaga tingkat energi

Vitamin B12 membantu Anda menjaga tingkat energi tetap tinggi setiap saat. Ini menguntungkan tubuh Anda dengan mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang bisa digunakan. Seseorang yang menderita kekurangan vitamin B12 sering mengalami kelelahan. Hal ini terjadi ketika tubuh gagal menyerap karbohidrat dalam bentuk glukosa. Vitamin B12 membuat proses itu lebih cepat. Inilah salah satu alasan mengapa vitamin B12 merupakan unsur penting minuman energi. Namun, Anda harus tetap berpegang pada sumber alami daripada yang diproses.

2. Mengobati depresi

Sama seperti Vitamin D, Vitamin B12 berperan penting dalam mengobati depresi.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Vitamin B12 sangat penting untuk jantung Anda. Tingkat homosistein dalam darah harus disalahkan untuk penyakit jantung seperti stroke dan serangan jantung. Vitamin B12 menurunkan kadar homosistein dan meningkatkan kesehatan jantung. Ini juga bisa mengendalikan kadar kolesterol dan memerangi tekanan darah tinggi. Hal ini juga dikenal untuk mengendalikan penumpukan plak di arteri yang menyebabkan aterosklerosis.

4. Memperbaiki pencernaan

Vitamin B12 mempromosikan produksi enzim pencernaan dalam tubuh. Hal ini memastikan kerusakan makanan dalam tubuh. Ini meningkatkan kesehatan usus dengan mempromosikan pertumbuhan bakteri usus yang baik. Ini juga menghilangkan bakteri usus yang buruk, sehingga mencegah penyakit radang usus.

5. Manfaat untuk kulit dan rambut

Vitamin B12 berperan penting dalam menjaga agar rambut, kulit, dan kuku Anda tetap sehat. Ini mempromosikan reproduksi sel. Ini menguntungkan kulit dengan mengurangi kemerahan, noda, dan jerawat. Untuk kuku dan rambut, vitamin B12 adalah zat penguat karena mencegah kerusakan kulit dan rambut dengan mudah.

6. Kehamilan

Vitamin B12 merupakan elemen penting dari kehamilan yang sehat. DNA adalah komponen utama tubuh manusia; Vitamin B12 diperlukan untuk produksi DNA. Ini merupakan komponen penting pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu, ia berinteraksi dengan folat di dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko cacat lahir pada bayi.

7. Mencegah anemia

Vitamin B12 meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan cara ini mencegah anemia, sehingga menurunkan risiko kelemahan dan kelelahan kronis.

8. Dapat mencegah kanker

Studi menunjukkan bahwa suplementasi vitamin B12 dapat menurunkan risiko kanker, terutama bila dikonsumsi bersama folat. Ini mungkin menguntungkan sistem kekebalan tubuh sampai tingkat dimana risiko bentuk kanker tertentu dapat dikurangi. Ini termasuk kanker prostate, colon, dan cervical.

9. Menurunkan risiko penyakit neurodegenerative

Vitamin B12 berperan penting dalam meningkatkan fungsi kognitif. Kekurangannya dapat menyebabkan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia. Tingkatkan asupan nutrisi ini untuk menurunkan risiko penyakit tersebut di kemudian hari.

10. Memperbaiki pola tidur

Vitamin B12 meningkatkan produksi melatonin, hormon tidur. Kekurangannya biasanya berhubungan dengan insomnia. Suplemen vitamin B12 digunakan untuk mengobati gangguan irama tidur-bangun.