Inilah yang Membuat Anda Pecandu Jaringan Sosial

Pernah bertanya-tanya apa yang membuat Anda menggunakan media sosial begitu banyak? Salahkan interaksi ciri kepribadian Anda, karena para periset telah menemukan bahwa hal itu dapat mempengaruhi kemungkinan pengembangan kecanduan jejaring sosial. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ciri kepribadian pada khususnya - neurotisme, kesadaran, dan kesesuaian - terkait dengan kecanduan jaringan sosial.

Inilah yang Membuat Anda Pecandu Jaringan Sosial
Inilah yang Membuat Anda Pecandu Jaringan Sosial

"Ada banyak penelitian tentang bagaimana interaksi ciri kepribadian tertentu mempengaruhi kecanduan hal-hal seperti alkohol dan narkoba," kata rekan penulis Isaac Vaghefi, Asisten Profesor Sistem Informasi di Binghamton University-State University of New York.

Untuk penelitian ini, yang dipresentasikan pada Konferensi Internasional Sistem Ilmu Pengetahuan ke-51 di Taiwan, para periset mengumpulkan data yang dilaporkan sendiri dari hampir 300 siswa usia kuliah.

Para periset menemukan bahwa ketiga ciri kepribadian ini - neurotisme, kesadaran dan kesesuaian - adalah bagian dari model kepribadian lima faktor, kerangka kerja mapan yang digunakan untuk secara teoritis memahami kepribadian manusia.

Mereka juga menemukan bahwa dua ciri lain dalam model - ekstraversi dan keterbukaan terhadap pengalaman - tidak banyak berperan dalam kemungkinan mengembangkan kecanduan jaringan sosial.

Menurut para peneliti, neurotisme - sejauh mana orang mengalami emosi negatif seperti stres dan kecemasan - tampaknya meningkatkan kemungkinan berkembangnya kecanduan situs jejaring sosial.

Di sisi lain, jumlah conscientiousness yang lebih tinggi - memiliki kontrol impuls dan dorongan untuk mencapai tujuan tertentu - tampaknya mengurangi kemungkinan pengembangan kecanduan jaringan sosial.

Tapi ketika diuji bersama, mereka menemukan bahwa neurotisme tampaknya memoderatori efek kesadaran saat berhubungan dengan kecanduan jaringan sosial.

Agreeableness - sejauh mana seseorang ramah, berempati dan membantu - sendiri tidak memiliki pengaruh signifikan pada kecanduan jaringan sosial sampai digabungkan dengan kesadaran, para peneliti mencatat.