5 Manfaat Kesehatan Terbukti dari Kunyit dan Lada Hitam

Kunyit adalah salah satu bahan yang paling umum dalam masakan India dan Indonesia. Masakan yang merupakan bagian dari masakan India termasuk kunyit dan bahkan lada hitam sebagai bahan penting. Selain memberikan rasa dan warna yang luar biasa pada hidangan, kedua bahan ini memiliki khasiat menakjubkan yang bisa terbukti sangat baik untuk kesehatan dan kekebalan tubuh. Sementara kurkumin dalam kunyit memiliki sifat antioksidan, antiseptik, antijamur dan anti-inflamasi, lada hitam memiliki sifat yang memperbaiki pencernaan, meningkatkan metabolisme, mengatur sinyal saraf dan mengendalikan obesitas.

5 Manfaat Kesehatan Terbukti dari Kunyit dan Lada Hitam
5 Manfaat Kesehatan Terbukti dari Kunyit dan Lada Hitam

Berbicara tentang kunyit dan lada hitam bersama, kurkumin dalam kunyit tidak bisa digunakan dengan benar oleh tubuh kita karena bioavailabilitasnya yang buruk. Metabolisme komponen cukup cepat di hati dan dinding usus. Hanya sebagian kecil kurkumin yang keluar dari aliran darah. Di sinilah lada hitam memainkan perannya.

Lada hitam diketahui memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba dan antioksidan seperti kunyit. Piperine adalah komponen bioaktif penting dan sangat sehat yang hadir dalam lada putih dan hitam.

Bagaimana lada hitam memungkinkan tubuh kita menggunakan kunyit?

Studi mengatakan bahwa piperine dalam lada hitam meningkatkan bioaktivitas kurkumin pada manusia. Hal ini juga meningkatkan konsentrasi serum dan tingkat penyerapannya. Bagian yang terbaik adalah tidak ada efek samping dari mengkonsumsi kunyit dan lada hitam.

Kedua bahan tersebut bisa digunakan bersamaan dengan berbagai cara. Itu semua tergantung seberapa baik Anda men-tweak mereka di piringan yang sedang Anda siapkan. Kombinasi ini bisa membuat minuman hangat yang menenangkan seperti teh juga.




Manfaat kesehatan dari kunyit dan lada hitam:



1. Meredakan rasa sakit

Sifat antiinflamasi kunyit telah membuat ramuan yang luar biasa yang bisa mempercepat proses penyembuhan tubuh, melawan infeksi dan menghilangkan rasa sakit. Kondisi seperti arthritis juga bisa ditangani dengan mengkonsumsi kunyit. Menambahkan lada hitam akan semakin mengintensifkan proses menghilangkan rasa sakit. Piperine membuat reseptor seluler lebih aktif dan mempercepat proses anti-reaksi dalam tubuh. Sakit kronis dan saraf juga bisa diobati dengan menggunakan kunyit dan lada hitam bersama.
sakit punggung Kombinasi ragi kunyit dan lada bersama membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan

2. Mengurangi peradangan

Selama bertahun-tahun, Ayurveda telah merekomendasikan kunyit dan lada hitam untuk mengobati peradangan. Seperti disebutkan di atas, kedua ramuan tersebut memiliki sifat anti-inflamasi. Kunyit sering digunakan untuk mengobati, bahkan mencegah artritis.

3. Mengelola diabetes

Diabetes adalah suatu kondisi yang dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Periset mengatakan bahwa kurkumin dan piperine mengurangi stres oksidatif yang merusak pembuluh darah pada tahap pertama.

Diabetes Rekombinasi kunyit dan lada hitam bersama dapat membantu dalam mengelola diabetes

4. Mengontrol obesitas

Iya nih! Orang yang mengalami eksploitasi berat badan bisa menggunakan lada hitam dan kunyit untuk meningkatkan proses pembakaran lemak dan menurunkan berat badan. Memiliki campuran kunyit, lada hitam dan jahe di air hangat pagi memberi dorongan bagus untuk metabolisme.

Hal ini dimungkinkan karena curcumin berinteraksi dengan sel pankreas, lemak, hati dan sistem kekebalan tubuh. Ini juga menangani aktivitas seperti kekebalan tubuh dan pembengkakan. Mirip dengan kasus lada hitam dan jahe terhadap resistensi insulin dan obesitas. Bila digabungkan bersama, kedua keajaiban tersebut berhasil membakar lemak berlebih.

5. Mencegah kanker

Dikatakan bahwa kombinasi kunyit dan lada hitam dapat mencegah risiko kanker. Curcumin berperan membunuh sel kanker. Telah ada penelitian yang menggambarkan efek kunyit yang menjanjikan pada sel kanker payudara, sel kanker lambung dan usus dan juga sel leukemia. Ini mungkin alasan mengapa kejadian kanker rendah di India dibandingkan dengan negara-negara di Barat. Orang India mengkonsumsi kunyit setiap hari.