5 Posisi Yoga yang Akan Membantu Menghilangkan Stres

Siswa kelas 10 dan 12 melewati malam tanpa tidur dan hari-hari penuh stres selama satu bulan sampai ujian sekolah atau UN yang sangat membosankan itu. Tekanan untuk melakukan dengan baik dalam ujian menyebabkan stres yang tak terelakkan yang bisa menjadi kondisi seperti gangguan pencernaan dan insomnia. Namun, latihan klasik yoga bisa sangat membantu dalam menghilangkan stres ujian. Yoga dipuji sebagai pemicu stres yang hebat. Jika siswa mempraktikkan yoga selama ujian, ini bisa membantu dalam membuat waktu persiapan mereka lebih mudah dan bebas stres.

5 Posisi Yoga yang Akan Membantu Menghilangkan Stres
5 Posisi Yoga yang Akan Membantu Menghilangkan Stres

Pranayama atau latihan pernafasan dalam yoga diketahui menjadi buster stres. Kapan pun tekanan ujian membebani Anda dan membuat Anda merasa cemas atau takut, tutup saja mata Anda dan ambil beberapa napas panjang. Bernapas dengan menghirup melalui hidung dan menghembuskan napas melalui mulut. Ini akan membuat Anda merasa lebih ringan dan santai.

Ini bisa sangat sulit untuk mempertahankan kesejukan Anda selama ujian selama sebulan. Jadi siswa dapat memilih pose yoga saat matahari terbit untuk menjaga tekanan ujian:

1. Halasana



Latihan yoga ini juga dikenal sebagai pose bajak. Ini membantu dalam mengatur kerja sistem saraf Anda dan menenangkan pikiran Anda. Untuk melakukan pose bajak, Anda perlu berbaring telentang dengan lutut menekuk kaki rata di lantai. Lengan Anda harus berada di samping dengan telapak tangan menempel di lantai. Sekarang cobalah dan angkat kaki dari pinggul dan bawakan ke bagian belakang kepala Anda. Cobalah menyentuh lantai dengan jari kaki dan buang napas saat Anda naik. Saat Anda melepaskannya, gulung kembali ke lantai dengan lembut dan tarik napas saat kembali turun. Hindari datang kembali tiba-tiba. Jadikan gerakan lambat dan mantap.

2. Veerbhadrasana



Asana ini, yang juga disebut pose pejuang, sangat bagus untuk menghilangkan stres dan meningkatkan kadar konsentrasi. Itu membuat pikiran Anda lebih energik dan membuat Anda fokus pada nafas Anda. Untuk melakukan pose prajurit, Anda harus berdiri tegak dengan kaki dekat dan lengan di samping tubuh. Letakkan kaki kanan Anda ke depan dengan kaki kiri di belakang dan lengan terentang pada tingkat di atas kepala Anda. Sekarang tekuk lutut kiri dan terjepit lebih jauh dengan mengangkat tumit ke atas. Putar tubuh bagian atas sambil menghirup dan melengkungkan punggung. Tahan posisi ini, ambil lima napas, dan ulangi dengan kaki yang lain.


3. Matsyasana



Matsyasana atau pose ikan adalah latihan yoga yang hebat untuk menghilangkan ketegangan dan stres. Itu membuat Anda merasa segar dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk melakukan pose ikan, Anda perlu berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki rata di lantai. Letakkan kedua lengan Anda di sisi dengan telapak tangan yang menempel di lantai dan luruskan kaki Anda. Sekarang tekuk siku dan angkat tubuh bagian atas dan buang napas. Pastikan hanya mengangkat dada dan memiringkan kepala ke belakang. Hitung sampai 5 dan lepaskan sambil menghirup.

4. Parvatasana



Juga dikenal sebagai pose gunung, parvatasana membantu dalam meningkatkan konsentrasi dan fokus. Ini juga akan membantu mengurangi stres dan ketegangan Anda. Untuk melakukan parvatasana, Anda perlu duduk di sukhasana atau dengan kaki tersilang dan kembali lurus ke atas. Mengangkat tangan ke arah langit dan melipatnya sehingga telapak tangan menghadap satu sama lain. Tahan satu tangan dengan tangan yang lain dan coba peregangan ke atas seolah-olah Anda mencoba menarik tubuh ke atas. Tarik sampai Anda merasakan peregangan di otot perut Anda. Pegang posisi sekitar 15 detik dan ulangi 3 kali.

5. Adho mukho svanasana



Asana ini sangat ideal bagi siswa yang belajar di mejanya. Asana ini menenangkan otot Anda dan menenangkan sistem saraf Anda. Untuk melakukan adho mukho svanasana atau pose pose menghadap ke bawah, Anda perlu berbaring telungkup di alas yoga. Telapak tangan Anda harus berada di dekat telinga dan kaki Anda ke bawah dengan tumit ke arah atas ke arah langit-langit. Dalam pose ini, hembuskan napas dan dorong tangan Anda agar pantat Anda mengarah ke langit. Lepaskan dengan mendorong kaki Anda rata di lantai.