7 Faktor Risiko Kanker Pankreas Yang Harus Anda Ketahui

Faktor risiko adalah segala sesuatu yang meningkatkan kemungkinan Anda tertular penyakit. Sama seperti makan es krim dan minum minuman dingin terlalu sering dapat meningkatkan risiko terkena flu, kebiasaan buruk tertentu dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Dalam artikel ini, kita akan membahas faktor risiko untuk kanker pankreas. Kanker pankreas adalah penyakit mematikan lain yang berkembang di pankreas, mengakuisisi DNA dan menyebabkan sel-selnya berkembang biak pada tingkat yang tidak normal. Penyebab dari bentuk kanker yang mematikan ini masih belum diketahui; Namun, faktor risikonya sudah diketahui.

7 Faktor Risiko Kanker Pankreas Yang Harus Anda Ketahui
7 Faktor Risiko Kanker Pankreas Yang Harus Anda Ketahui
Tidak dapat disimpulkan secara pasti bahwa seseorang dengan faktor risiko tertentu pasti mengidap kanker pankreas. Namun demikian, adalah baik untuk mengawasi kesehatan seseorang; Lagi pula, pencegahan lebih baik daripada mengobati. Secara statistik, kanker pankreas berkembang hanya 1% dari kasus ketika seseorang berada pada risiko rata-rata penyakit. Kadang-kadang mutasi gen kanker terjadi saat kelahiran itu sendiri. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa tidak ada risiko melewatkannya secara genetika kepada anak-anak seseorang. Hanya 10% orang yang mewarisi bentuk kanker ini secara genetis.

1. Merokok

Merokok mempengaruhi risiko kanker untuk sebagian besar. Sejauh menyangkut kanker pankreas, merokok hanya menggandakan risiko kanker. Sebuah penelitian menemukan bahwa satu dari lima kasus kanker pankreas disebabkan karena merokok. Setelah berhenti, faktor risiko menurun hingga 50%. Risiko ini turun menjadi normal pada orang yang berhenti merokok tepat waktu. Jadi secara obyektif, itu adalah faktor risiko utama yang dapat dicegah untuk kanker pankreas.

2. Umur

Risiko Anda terkena kanker pankreas meningkat seiring bertambahnya usia Anda. Sebagian besar kasus kanker pankreas didiagnosis pada orang di atas 45 tahun. Secara statistik, 90% kasus didiagnosis pada orang di atas 55 tahun dan 70% dari mereka adalah pada orang yang berusia di atas 65 tahun.

3. Obesitas

Ini juga termasuk diet yang buruk dan peningkatan konsumsi alkohol. Konsumsi makanan secara teratur tinggi dalam hal lemak meningkatkan risiko kanker pankreas. Penelitian menyebutkan bahwa obesitas meningkatkan risiko kanker pankreas. Menurut perkiraan, 8% dari total kasus adalah karena obesitas. Binge-drinking alcohol juga terkait dengan penyakit ini.

4. Diabetes

Diabetes merupakan faktor risiko penting untuk kanker pankreas. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa jika seseorang telah menderita diabetes untuk waktu yang sangat lama, ia berisiko lebih tinggi terkena kanker pankreas. Juga, orang yang tiba-tiba mengidap diabetes saat dewasa berada pada risiko yang lebih tinggi dari penyakit mematikan ini. Namun, tidak dapat secara pasti menyatakan bahwa diabetes menyebabkan kanker pankreas.

5. Pankreatitis kronis

Pankreatitis mengacu pada peradangan pankreas. Ketika itu terus mempengaruhi Anda untuk jangka waktu lama, itu dikenal sebagai pankreatitis kronis. Peradangan jangka panjang di pankreas terkait dengan peningkatan risiko kanker pankreas.

6. Jenis Kelamin

Pria diyakini berisiko lebih tinggi terkena kanker pankreas daripada wanita. Hal ini disebabkan asumsi umum bahwa pria lebih rentan terhadap merokok daripada wanita.
jenis kelamin

7. Riwayat keluarga

Meskipun kemungkinan rendah, kanker pankreas dalam beberapa kasus dapat diwarisi dari anggota keluarga dekat. 5 hingga 10% pasien terkena penyakit karena anggota keluarga dekat telah menderita penyakit ini. Beberapa gen yang berbeda telah dikaitkan dengan penyakit tetapi belum ada gen kanker pankreas tertentu yang telah diidentifikasi.