Harus Tahu, Berapa Banyak Air Yang Harus Anda Minum Setiap Hari

22 Maret menandai Hari Air Sedunia. Hari itu dirayakan di seluruh dunia untuk memahami pentingnya air dalam kehidupan kita. Minum banyak air dalam sehari - ini adalah garis yang sudah sering kita dengar! Ahli diet, ahli gizi, dan beberapa ahli kesehatan telah menganggap air minum sebagai kunci untuk kesehatan dan kesejahteraan yang baik. Di mana saja sekitar 8 sampai 10 gelas air direkomendasikan oleh para ahli karena membantu menjaga kadar hidrasi dan melepaskan racun berbahaya dari tubuh.

Harus Tahu, Berapa Banyak Air Yang Harus Anda Minum Setiap Hari
Harus Tahu, Berapa Banyak Air Yang Harus Anda Minum Setiap Hari
Tubuh manusia selalu kehilangan air dari tubuh dalam bentuk berkeringat dan kencing. Dan sementara 8 hingga 10 gelas air banyak direkomendasikan oleh para ahli, kesehatan dan kebutuhan individu dapat berbeda secara signifikan dari orang ke orang.

Jadi, Hari Air Dunia ini, mari kita lihat berapa banyak air yang diperlukan untuk berfungsinya tubuh dan otak.


BAGAIMANA AIR JAUH ANDA HARUS MINUMAN DALAM HARI?

Seperti disebutkan di atas, asupan air bisa bervariasi dari individu ke individu. Bagi sebagian orang, banyak minum air membantu dalam hal hidrasi dan merasa energik, tapi yang lainnya mungkin hanya akan menemui ketidaknyamanan yang terjadi lagi di kamar mandi. Jadi, beberapa garis bawah berlaku untuk minum air secukupnya dalam sehari.

Garis bawah ini termasuk minum air setiap kali Anda haus dan berhenti minum ketika Anda tidak haus. Pada cuaca yang sangat panas dan latihan yang ketat, minum air putih untuk mengimbangi cairan yang hilang.

Setuju Monisha, yang mengatakan, "Dalam cuaca ini, air apa pun yang Anda kehilangan dalam bentuk keringat harus diisi ulang dengan air minum."

Rata-rata, Monisha mengatakan bahwa orang dewasa harus minum sekitar 3 liter air. "Pria biasanya membutuhkan lebih banyak air karena ototnya terbangun. 3 liter air bagus untuk pria dan 2,5-3 liter air sangat penting bagi wanita."

Apakah air minum berkontribusi pada peningkatan energi dan meningkatkan fungsi otak?
Sering diklaim bahwa minum air penting untuk menjaga hidrasi agar merasa energik dan menjaga otak berfungsi dengan baik.

1% dari berat badan adalah berat air. Jadi saat kita berolahraga dan bersumpah terlalu banyak, bisa mempengaruhi atau performa fisik dan mengurangi daya tahan tubuh.

Bisakah air minum membantu menurunkan berat badan?

Minum air diketahui dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan secara signifikan. Minum 500 ml air dapat meningkatkan metabolisme di suatu tempat sekitar 30%. Jika Anda minum air setengah jam sebelum makan, itu dapat membantu mengurangi jumlah kalori yang Anda makan dalam makanan itu. Ketika dikombinasikan dengan diet makan yang sehat atau bersih, minum air dapat berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Menurut ahli gizi klinis Monisha Ashokan, setiap kali kita minum air putih, kita memberi dorongan pada metabolisme tubuh. "Meningkatkan metabolisme meningkatkan kapasitas tubuh Anda untuk membakar kalori," ia menjelaskan.



Air membantu mencegah masalah kesehatan

Masalah kesehatan seperti sembelit, batu ginjal dan jerawat semuanya bisa ditangani dengan minum air putih. Air minum mengurangi kejadian batu ginjal dan konstipasi. Hal ini juga dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik dan mengurangi jerawat.

"Air memainkan peran besar dalam gerakan usus Anda. Obat terbesar untuk sembelit adalah banyak minum air putih," kata Monisha.

"Banyak orang yang mengkonsultasikan saya tentang sembelit dan bagaimana kondisi mereka tidak diobati meskipun makan makanan sehat dan berserat. Tapi tanpa air, tidak ada sumber makanan mengubah Anda menjadi partikel yang lebih kecil dan mengeluarkannya dari tubuh dengan mudah," jelasnya.

Air juga bermanfaat bagi kulit. "Ada banyak racun dan radikal berbahaya di dalam tubuh, semakin banyak air yang Anda minum, semakin banyak racun yang akan Anda buang saat buang air kecil. Racun memainkan peran besar dalam menambah berat badan saat mereka menempel pada sel lemak di tubuh," Monisha


Sumber air lainnya

Ada beberapa sumber makanan yang memiliki kadar air tinggi. Makanan ini termasuk telur, ikan, daging, dan buah-buahan serta sayuran yang kaya air seperti mentimun, selada, dll. Memiliki makanan yang kaya akan air dapat membantu mempertahankan keseimbangan cairan yang dibutuhkan dalam tubuh Anda.



Percaya dahaga Anda

Itu selalu penting untuk minum air ketika Anda merasa haus, untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh Anda. Minum cukup air pada saat Anda haus, berkeringat berlebihan, saat Anda berolahraga dan pada hari-hari dimana cuaca panas dan kering. Wanita hamil membutuhkan cukup air yang cukup menyusui dan menjaga penyakit seperti muntah dan diare di teluk.