Manfaat Menakjubkan dari Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C dianggap salah satu nutrisi terbaik dan teraman. Seiring dengan mengobati gejala flu, membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh, mengatasi penyakit kardiovaskular dan bahkan masalah terkait kulit. Tingkat vitamin C yang memadai dianggap bermanfaat bagi kesehatan kita secara keseluruhan. Vitamin C bisa dikonsumsi melimpah dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Mereka yang tidak mendapatkan cukup vitamin C dari buah dan sayuran bisa memenuhi kekurangan dengan mengonsumsi suplemen Vitamin C. Namun, suplemen ini harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

Manfaat Menakjubkan dari Mengkonsumsi Vitamin C
Manfaat Menakjubkan dari Mengkonsumsi Vitamin C


Peran vitamin C dalam tubuh

Vitamin C merupakan nutrisi penting bagi kesehatan jaringan tubuh. Kehadiran vitamin C dalam tubuh memainkan beberapa peran penting seperti penyerapan zat besi, pembentukan kolagen, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, penyembuhan luka secara efektif dan menjaga tulang rawan, gigi dan tulang.

Vitamin C memiliki antioksidan yang melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas.



Namun, Vitamin C tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak, yaitu lebih dari 2.000 miligram dalam sehari. Hal ini bisa mengakibatkan kondisi seperti diare atau sakit perut.

Sangat jarang kekurangan vitamin C. Orang dewasa kurang gizi adalah orang yang biasanya kekurangan Vitamin C. Kekurangan Vitamin C dapat menyebabkan kondisi seperti kudis, yang membuat tubuh lemah dan anemia.




Manfaat kesehatan dari mengkonsumsi Vitamin C


1. Stres


Studi menunjukkan bahwa Vitamin C dapat membantu orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah karena mereka banyak mengalami stres. Orang yang mengonsumsi alkohol berlebihan, mengalami obesitas atau perokok biasa cenderung kekurangan vitamin C.
stressVitamin C dapat membantu mengurangi stres

2. Dingin Flu



Vitamin C dapat secara efektif membantu mencegah gejala kondisi seperti flu dan flu. Mengkonsumsi Vitamin C dapat mencegah flu dan flu memburuk dan berubah menjadi penyakit yang lebih parah seperti pneumonia atau infeksi lainnya.

3. Stroke


Orang yang memiliki jumlah vitamin C yang baik memiliki risiko stroke lebih rendah. Orang yang banyak makan buah dan sayuran memiliki kandungan Vitamin C dalam darah mereka.

4. Penuaan kulit


Mengkonsumsi Vitamin C atau memiliki jumlah Vitamin C dalam tubuh Anda dapat membantu mengurangi kemungkinan kulit keriput dan kering. Vitamin C juga membantu mengurangi peradangan, memperbaiki degenerasi otot dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan bahkan kanker.

Sumber Vitamin C

Buah jeruk merupakan sumber vitamin C yang kaya. Selain itu, brokoli, kentang stroberi, ubi jalar, sayuran hijau, mangga, pepaya, semangka, kembang kol, paprika merah, kol dan nanas adalah sumber vitamin C yang kaya.