Apa Perbedaan Antara Susu Dan Laktosa?

Ini adalah kecenderungan umum untuk membingungkan susu dengan laktosa. Laktosa adalah sejenis gula, hanya satu dari sekian banyak komponen susu. Produk susu bisa bebas laktosa namun masih mengandung komponen susu lainnya seperti whey atau protein kasein.

Apa Perbedaan Antara Susu Dan Laktosa?
Apa Perbedaan Antara Susu Dan Laktosa?

Namun, produk bebas susu pasti bebas dari laktosa. Laktosa merupakan salah satu bahan utama pencernaan susu. Laktosa juga ditambahkan ke beberapa makanan olahan seperti roti, sup, dressing salad, permen, biskuit, dll.

Intoleransi laktosa

Laktosa dikenal sebagai gula alami dalam susu dan produk yang berasal dari susu. Secara umum, intoleransi laktosa dianggap sebagai alergi dengan susu. Tapi intoleransi hanya untuk laktosa dan bukan untuk susu. Orang intoleran laktosa tidak dapat memproses laktosa dengan benar. Ini karena kurangnya laktase - sejenis enzim pencernaan.

Produk yang bebas laktosa datang dengan menyebutkan hal yang sama di label bahan di bagian belakang produk.

Produk bebas susu

Produk susu termasuk susu yang berasal dari sapi, kerbau dan mamalia lainnya. Keju, keju cottage, mentega, krim, yogurt adalah semua produk susu. Produk bebas susu tanpa produk susu termasuk kasein dan laktosa. Orang-orang yang menjalani diet vegan atau mereka yang memiliki alergi intoleransi laktosa hanya mengkonsumsi produk bebas susu.

Hal lain yang perlu diingat

Ini bisa sangat sulit untuk memastikan menghindari baik laktosa dan susu. Mereka yang menderita intoleransi laktosa harus berhati-hati melalui label bahan di bagian belakang produk.

Bagi mereka yang menginginkan produk bebas susu, mereka harus waspada terhadap komponen seperti krim, kasein dan whey.