8 Cara Mencegah Gangguan Pendengaran Anda

Apakah Anda merasa perlu untuk menaikkan volume musik? Bisa jadi karena alasan apa pun, baik usia Anda atau kebiasaan Anda mendengarkan musik keras. Kami setuju bahwa berkendara jauh dengan musik keras itu menyenangkan, tapi percayalah pada kami; itu tidak akan menyenangkan terlalu lama.

8 Cara Mencegah Gangguan Pendengaran Anda
8 Cara Mencegah Gangguan Pendengaran Anda

Akhirnya, kebiasaan ini dapat menempatkan Anda pada risiko kehilangan pendengaran. Bagian terburuk tentang gangguan pendengaran adalah bahwa kondisi ini tidak dapat diobati. Sekali terpengaruh, Anda tidak dapat kembali ke kondisi normal. Biasanya terjadi karena dua penyebab; yaitu usia dan paparan suara keras. Sekarang gangguan pendengaran yang disebabkan usia adalah sesuatu yang benar-benar tidak dapat Anda abaikan tetapi gangguan yang disebabkan oleh suara dapat dicegah. Beberapa langkah preventif sederhana dapat menghemat kesulitan menaikkan volume atau meminta orang di sekitar Anda untuk menjadi lebih keras.

1. Hindari suara keras

Sekarang tak perlu dikatakan lagi! Suara keras adalah alasan utama yang bertanggung jawab atas gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan. Untuk ini cobalah untuk menghindari suara keras sebanyak mungkin. Cobalah untuk menghindari konser rock, mesin jet, kerupuk keras, bahan peledak, klub atau tempat di mana ada terlalu banyak kebisingan.

2. Kenakan pelindung pendengaran

Terkadang, Anda tidak dapat menghindari suara keras. Dalam kondisi ini, Anda dapat mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi telinga Anda dengan mengenakan penutup telinga atau penutup telinga. Sel-sel rambut kecil di telinga Anda sangat sensitif terhadap suara keras. Begitu mereka rusak, Anda mungkin menderita gangguan pendengaran permanen.

3. Matikan volumenya

Berkendara cepat, cuaca yang menyenangkan, dan musik yang keras, apa lagi yang bisa diharapkan! Ya, kami tahu ini adalah kebahagiaan mutlak, tetapi musik mungkin tidak begitu membahagiakan telinga Anda. Dengarkan musik tetapi jangan terlalu keras sehingga telinga Anda gagal mengambil suara. Juga, saat membeli peralatan seperti blender, pengering, pengolah makanan, dan penyedot debu, cobalah untuk memilih yang memiliki tingkat desibel rendah. Mereka berkontribusi untuk masalah pendengaran juga.

4. Hindari meletakkan sesuatu di telinga Anda

Ikuti aturan praktis sederhana ini; tidak memasukkan apa pun di telinga Anda. Nenek biasanya menuangkan sedikit minyak ke telinganya tetapi Anda tidak boleh melakukan itu. Selain itu, hindari menusuk benda asing ke telinga Anda. Ini termasuk earbud atau bahkan jari-jari Anda. Bahkan jika tujuan Anda adalah untuk membersihkannya, kebiasaan ini tidak akan bermanfaat bagi telinga Anda.

5. Jangan menunda perawatan infeksi telinga

Otitis media adalah infeksi telinga yang terjadi di telinga tengah. Infeksi ini umum terjadi pada anak-anak tetapi dapat terjadi pada orang dewasa juga. Infeksi ini cenderung sering terjadi yang mengapa mereka tidak boleh dihindari. Selalu dapatkan perawatan yang tepat untuk infeksi telinga karena beberapa infeksi berkontribusi pada gangguan pendengaran.

6. Hindari merokok

Merokok sama sekali tidak baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Untuk telinga Anda, kebiasaan ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Tembakau dalam rokok merupakan faktor yang berkontribusi untuk gangguan pendengaran. Jadi jika Anda ingin menikmati suara memesona di sekitar Anda selama sisa hidup Anda, berhentilah merokok sekarang!

7. Pola Makan Sehat

Anehnya, makan makanan yang tidak sehat dan tidak seimbang berkontribusi pada kehilangan pendengaran. Studi terbaru menunjukkan bahwa diet yang buruk berkontribusi pada kehilangan pendengaran.

8. Hindari earphone, gunakan headphone sebagai gantinya

Perangkat audio adalah salah satu penyebab paling penting ketika datang ke pendengaran yang hilang. Earbud di earphone Anda lebih berbahaya karena pas di dekat gendang telinga, sehingga lebih berbahaya. Jadi pilihan yang lebih aman adalah headphone. Namun, Anda harus ingat bahwa ini juga memaparkan Anda pada risiko gangguan pendengaran. Jadi buatlah satu aturan, headphone hanya 60 menit sehari dengan volume hanya 60%, demi telinga Anda.