9 Cara Paling Efektif Untuk Tetap Fit dan Sehat di Hari Kesehatan Dunia 2018

Hari Kesehatan Dunia yang jatuh pada 7 April, mari kita bicara tentang cara terbaik untuk tetap bugar dan sehat. Tetap bugar dan sehat bukanlah hal yang sulit. Yang diperlukan adalah dedikasi dan disiplin untuk menjalani hidup sehat yang melibatkan makan bersih dan olahraga teratur. Dan kebugaran adalah sesuatu yang tidak datang dalam satu atau dua hari.

9 Cara Paling Efektif Untuk Tetap Fit dan Sehat di Hari Kesehatan Dunia 2018
9 Cara Paling Efektif Untuk Tetap Fit dan Sehat di Hari Kesehatan Dunia 2018

Anda harus memasukkan perubahan kecil setiap sekarang dan kemudian. Pada kesempatan Hari Kesehatan Dunia, kami menyajikan beberapa cara yang dapat membantu Anda mencapai kebugaran dengan cara sebaik mungkin.

1. Makan bersih dan sehat

Diet seimbang yang sehat akan memastikan nutrisi Anda optimal dan kesehatan yang baik. Sertakan banyak sayuran dan buah segar dalam diet Anda. Sertakan protein tanpa lemak dalam diet Anda, seperti unggas, kacang, ikan, dan tahu. Hindari makan berlebihan dan makan sejauh usus Anda terasa kenyang. Hentikan makan sebelum Anda merasa benar-benar kenyang dan berikan tubuh Anda waktu untuk mencerna makanan Anda dengan benar. Camilan pada makanan seperti kacang dan buah-buahan. Jauhkan sampah, gorengan dan makanan olahan dari Anda.

2. Berolahraga secara teratur

Berolahraga penting untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membawa kepositifan dan kebahagiaan dalam hidup. Penting untuk berolahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran dan kesehatan yang baik. Latihan kardio seperti berlari, joging, bersepeda, berenang, lompat tali, dll. Membantu memperbaiki kondisi jantung, paru-paru dan otot. Seiring dengan peningkatan fleksibilitas, olahraga teratur mengurangi risiko cedera yang berkembang. Menanamkan kebiasaan seperti olahraga teratur dalam gaya hidup Anda akan membuat Anda lebih sadar akan tubuh Anda dan mencegah timbulnya penyakit mental seperti depresi.

3. Tidur nyenyak

Tidur nyenyak adalah kunci untuk kesehatan dan kesejahteraan yang baik. Tidur yang baik mempengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Tidur memiliki dampak langsung pada suasana hati, metabolisme, berat badan, memori, tingkat stres, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan kardiovaskular Anda. Tidur nyenyak penting bagi tubuh Anda untuk tujuan peremajaan dan penyembuhan.

4. Minum banyak air

Minum air yang cukup dalam sehari adalah penting untuk menjaga tingkat hidrasi tubuh Anda. Minum banyak air membantu dalam merasa segar dan bersih. Ini bertindak sebagai pembersih alami untuk organ dan sistem pencernaan. Minum banyak air membantu melepaskan racun berbahaya dari tubuh. Mempertahankan tingkat hidrasi dalam tubuh juga penting untuk kesehatan otak.

5. Jangan pernah melewatkan sarapan

Sarapan tidak diragukan lagi merupakan makanan terpenting hari itu. Makan sarapan yang memuaskan dan sehat memberikan kickstart yang baik untuk hari Anda. Makan sarapan yang sehat membantu menstabilkan kadar gula darah dan mempertahankan berat badan. Sarapan yang baik mencegah rasa lapar yang tidak perlu di kemudian hari.

6. Dapatkan pemeriksaan medis Anda dilakukan secara teratur

Langkah ini penting untuk memastikan bahwa semua organ dan sistem Anda berfungsi sebagaimana mestinya. Setiap perubahan yang mencurigakan dan tiba-tiba dalam tubuh yang Anda alami secara fisik dan / atau mental harus dikonsultasikan dengan dokter Anda. Bahkan jika Anda merasa sehat, penting untuk memeriksakan kesehatan Anda secara berkala untuk memastikan kesehatan medis Anda.

7. Singkirkan kebiasaan buruk Anda

Sebagai permulaan, Anda dapat menyingkirkan hanya beberapa kebiasaan Anda. Ini termasuk kecanduan yang tidak sehat seperti penyalahgunaan alkohol, merokok, obat-obatan, dll. Ini adalah kebiasaan pertama yang seharusnya tidak menjadi bagian dari gaya hidup Anda. Anda bisa mulai dengan mengurangi kebiasaan-kebiasaan ini setiap hari, dan akhirnya berhenti sama sekali. Kemudian, kebiasaan yang kurang bermasalah tetapi masih tidak sehat seperti asupan gula berlebihan, kafein dan junk food, harus dijaga. Hal-hal ini dapat dilakukan dalam batas, katakan, sekali dalam seminggu. Selama gaya hidup Anda termasuk beberapa kebiasaan sehat seperti makan banyak buah dan sayuran dan berolahraga secara teratur, memanjakan diri dalam beberapa kebiasaan buruk dalam jumlah sedang tidak akan mempengaruhi kesehatan Anda sejauh itu.

8. Kurangi stres

Dari penyakit jantung hingga masalah pencernaan, stres memengaruhi tubuh Anda dengan berbagai cara. Ada berbagai cara untuk mengelola stres Anda dan tetap bugar dan sehat. Ini termasuk berolahraga secara teratur, melakukan meditasi dan yoga, melibatkan diri dalam hobi dan mengagumi hal-hal yang ada di sekitar Anda. Hindari terlalu banyak bekerja dan merencanakan liburan kapan pun diperlukan. Berkenalan dengan orang-orang yang memotivasi dan mendorong Anda untuk tetap positif dalam hidup. Hidup terlalu singkat untuk stres!

9. Jaga konsistensi

Semua langkah yang disebutkan di atas tidak ada gunanya jika Anda tidak dapat mengikuti mereka secara konsisten. Konsistensi adalah kunci untuk tetap bugar dan memiliki gaya hidup sehat. Buat satu perubahan dan pada satu waktu dan ikuti selama seminggu. Kemudian tambahkan perubahan lain dan coba ikuti mereka dengan konsistensi. Hindari melakukan sesuatu yang ekstrem.