Makanan Ini dapat Menyembuhkan Anemia

Anemia adalah salah satu gangguan darah yang paling umum. Gangguan ini terjadi ketika tubuh Anda gagal menghasilkan cukup sel darah merah dan ketika konsentrasi hemoglobin dalam darah menjadi rendah. Karena kekurangan ini, oksigen yang cukup tidak terbawa ke otot dan jaringan lain. Inilah alasan mengapa penderita anemia merasa cepat lelah.

Makanan Ini dapat Menyembuhkan Anemia
Makanan Ini dapat Menyembuhkan Anemia

Wanita lebih rentan terhadap anemia daripada pria, namun, alasan untuk ini masih belum diketahui. Penyebab untuk kondisi ini adalah kekurangan nutrisi. Ini termasuk kekurangan zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Terutama, defisiensi zat besi menyebabkan anemia.

Gejala anemia termasuk yang berikut:

  1. Kelesuan
  2. Kekurangan energi
  3. Sensitivitas terhadap dingin
  4. Sesak napas
  5. Mulas
  6. Pembengkakan di lengan dan kaki
  7. Muntah
  8. Darah dalam tinja
  9. Palpitasi

Anemia dapat diobati dengan bantuan diet yang sehat. Konsumsi makanan yang kaya vitamin B12, zat besi dan asam folat untuk mengobati kondisi ini.

1. Seafood

Makanan laut memiliki banyak zat besi yang membuatnya menjadi makanan super bagi orang yang menderita anemia. Kerang seperti tiram dan kerang dan ikan berlemak seperti tuna dan salmon bisa mempercepat pemulihan sel. Seafood tidak hanya menyembuhkan anemia untuk Anda, tetapi juga akan mengobati kelelahan dan pusing.

2. Bayam

Kandungan besi, beta-karoten, kalsium, vitamin B9, dan C serta serat dalam sayuran berdaun hijau ini membuat bayam menjadi makanan super bagi orang yang menderita anemia. Hanya secangkir bayam rebus yang memenuhi 20% kebutuhan zat besi harian seorang wanita. Untuk memanfaatkan manfaat kesehatannya, termasuk bayam dalam diet harian Anda. Semangkuk salad hijau setiap hari bisa sangat membantu dalam menjaga anemia di teluk.

3. Beetroot

Jika Anda ingin mengkonsumsi sayuran yang memiliki banyak zat besi, maka bit adalah pilihan ideal Anda. Sayuran ini sarat dengan besi. Ia bekerja dengan memperbaiki dan mengaktifkan kembali sel darah merah. Setelah diaktifkan, oksigen dapat dengan mudah ditransfer ke otot dan jaringan lain dari tubuh Anda. Sertakan bit dalam diet harian Anda. Anda bisa memakannya mentah di salad Anda atau meminumnya dalam bentuk jus.

4. Selai kacang

Selai kacang adalah sumber yang kaya lemak, protein dan zat besi yang sehat. Dapat bekerja dengan baik dalam mengobati anemia. Untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, sertakan selai kacang dalam diet harian Anda. Sebarkan selai kacang pada roti panggang pagi Anda dan makan bersama dengan jus jeruk segar. Anda juga bisa makan selai kacang seperti itu atau menambahkan sedikit ke makanan Anda. Dan jika Anda tidak menyukai rasanya, panggang saja beberapa kacang, bumbui dengan garam dan makan beberapa genggam setiap hari.

5. Madu

Sifat antibakteri dan antijamur madu membuatnya menjadi makanan super untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Madu juga merupakan sumber zat besi yang kaya yang membuatnya harus dimiliki oleh orang yang menderita anemia. Besi, tembaga dan magnesium dalam madu meningkatkan konsentrasi hemoglobin dalam darah Anda, sehingga mengobati anemia. Setiap pagi, tambahkan satu sendok madu ke segelas air suam-suam kuku dengan beberapa jus lemon dan minum dengan perut kosong. Ini akan membantu Anda melawan anemia secara efektif.

6. Daging merah

Daging merah seperti daging domba dan daging sapi adalah sumber zat besi yang kaya dan dapat sangat bermanfaat bagi orang yang menderita anemia. Besi heme dalam daging merah membuatnya harus dimiliki oleh orang yang menderita anemia. Jantung, ginjal dan hati daging merah ini sangat tinggi dalam hal kandungan zat besi. Mereka juga sangat tinggi dalam hal vitamin B12.

7. Molase

Yang ini mungkin mengejutkan Anda, tetapi bahkan molase adalah sumber zat besi yang kaya. Satu sendok makan molase mengandung 3,2 gram zat besi. Anda dapat menambahkannya ke oatmeal, es krim, makanan yang dipanggang, atau cukup gerimis di atas daging Anda.