8 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Diabetes (diabetes melitus) adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal. Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah mencoba untuk mengendalikannya, dan ini tergantung pada pilihan makanan Anda. Tapi itu tidak semudah itu. Beberapa makanan mengandung gula tersembunyi di dalamnya. Makanan yang tampaknya sehat ini dapat mendatangkan malapetaka dalam kehidupan penderita diabetes.

8 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes
8 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes
Untuk penderita diabetes, sangat penting untuk diperhatikan kadar tinggi gula, karbohidrat, dan lemak dalam makanan. Makanan-makanan ini tidak ada dalam daftar untuk penderita diabetes karena mereka dapat menyebabkan lonjakan gula darah tiba-tiba yang dapat berakibat fatal bagi penderita diabetes.

1. Jus buah

Ini mungkin terdengar seperti pilihan yang sangat sehat, tetapi tidak. Bahkan untuk masyarakat umum, jus buah tidak diistilahkan sebagai minuman sehat. Ini semata-mata karena alasan bahwa jus buah mengandung kadar gula yang tinggi dan nol pada sangat rendah dalam hal serat. Kandungan nutrisi dari jus juga sangat rendah. Jadi ini adalah tidak-tidak bagi semua penderita diabetes. Sebaliknya, mereka harus menempel buah utuh seperti apel, buah beri, dan pir. Ini tidak akan meningkatkan kadar gula darah Anda secara tiba-tiba.

2. Kentang goreng

Kentang goreng sangat tinggi dalam hal lemak dan karbohidrat, jadi yang ini juga ada pada daftar penderita diabetes yang menghindari semua biaya. Bahkan jika Anda memilih paket kecil kentang goreng, kadar gula darah Anda bisa melonjak drastis. Alih-alih ini, Anda dapat memilih keripik kentang panggang. Anda juga bisa mencoba kentang goreng panggang.

3. Sarapan sereal

Sereal adalah pilihan sarapan cepat dan mudah. Tetapi mereka sangat tinggi dalam hal gula yang sama sekali tidak baik untuk penderita diabetes. Cornflake, serpihan beras, sereal gandum gembung harus dihindari. Beberapa dari mereka bahkan mengandung lapisan manis yang membuatnya bahkan lebih buruk bagi penderita diabetes. Orang biasanya mengkonsumsi sereal dalam jumlah besar yang sekali lagi, sama sekali tidak baik untuk penderita diabetes. Alternatif yang lebih sehat adalah sereal bekatul atau oat. Pergi untuk gandum kehilangan kuno, mereka memiliki indeks glikemik yang lebih rendah.

4. Pizza

Gula dalam saus, lemak dalam keju, dan tepung halus di kerak membuat pizza menjadi salah satu makanan terburuk bagi penderita diabetes yang harus dihindari dengan segala cara. Dan jika Anda memilih kerak tebal, efeknya bisa lebih buruk. Alternatif yang lebih baik adalah pizza tipis-kerak dengan banyak sayuran dan keju yang lebih sedikit. Periksa bagaimana ini mempengaruhi kadar gula darah Anda dan kemudian menjadikannya alternatif sehat untuk pizza biasa.

5. Alkohol

Alkohol sama sekali tidak baik untuk penderita diabetes. Mungkin gelas atau dua anggur merah kadang-kadang bisa baik-baik saja tetapi ketika melampaui batas itu dapat berbahaya bagi penderita diabetes. Alkohol dapat mengganggu kadar gula darah Anda sehingga baik untuk memeriksa berapa banyak yang Anda minum.

6. Pisang

Buah-buahan seperti pisang tinggi dalam hal gula. Namun, dalam jumlah terbatas mereka tidak akan sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Jika penderita diabetes ingin memasukkan buah-buahan dalam makanan mereka, mereka harus memastikan bahwa karbohidrat sederhana dan gula dalam buah-buahan disertai dengan serat.

7. Daging olahan

Sedihnya, penderita diabetes perlu menyingkirkan bacon, sosis, salamis, dan steik juga. Sandwich salami sederhana mungkin terdengar seperti pilihan yang sehat tetapi tidak sehat dengan cara apa pun. Mereka sarat dengan natrium yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang dengan diabetes tipe 2.
daging babi asap

8. Makanan manis

Ya, Anda harus menyerah pada kue kering, kue, donat, pancake, wafel, cokelat, dan makanan manis lainnya, dan semua ini karena kandungan gula dan karbohidratnya yang tinggi. Belum lagi nilai gizi rendah dari makanan tersebut. Makanan ini dapat menyebabkan lonjakan tiba-tiba kadar gula darah Anda. Jadi saat Anda merasakan tangan Anda bergerak menuju toples kue itu, cobalah untuk mencari selingan. Tetapi lakukan apa pun yang diperlukan untuk menjaga makanan ini dari diet Anda, apa pun risikonya!