Pengertian, Jenis-jenis dan Manfaat Air Mineral Bagi Kesehatan

Pernahkah Anda mendengar kata “mineral”? jika iya, apakah Anda tahu pengertian mineral yang sesungguhnya? Mungkin banyak orang yang sering mengatakan jika tubuh kita juga membutuhkan mineral selain gizi dan juga vitamin. Ada pula yang mengatakan jika mineral dapat ditemukan dari sayur atau buah yang dikonsumsi. Meski tidak salah namun banyak orang yang belum begitu memahami arti sebenarnya dari mineral. Begitu juga dengan macam-macam mineral yang ada di dunia dan apa saja manfaat dari zat kimia yang satu ini.

Pengertian, Jenis-jenis dan Manfaat Air Mineral Bagi Kesehatan
Pengertian, Jenis-jenis dan Manfaat Air Mineral Bagi Kesehatan


Pengertian Mineral, Macam-macam Mineral dan Manfaatnya

Ada dua macam pengertian mineral yang perlu Anda ketahui. Yang pertama pengertian dari kaca mata geologi dan yang kedua dari kaca mata kesehatan. Jika dilihat dari kaca mata para ahli geologi, mineral didefinisikan sebagai sebuah benda yang terbentuk secara alami yang di dalamnya mengandung beberapa unsur kimia yang memiliki bentuk teratur dan biasanya berbentuk kristal. Sementara definisi mineral jika dilihat dari kaca mata kesehatan memiliki pengertian sebagai zat gizi yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang manusia dengan jumlah yang cukup kecil. Jadi, seperti apa definisi mineral yang Anda miliki? Apakah cenderung seperti para ahli geologi atau justru cenderung seperti ahli kesehatan?

Menurut Wikipedia, Air mineral adalah air yang mengandung mineral atau bahan-bahan larut lain yang mengubah rasa atau memberi nilai-nilai terapi. Banyak kandungan Garam, sulfur, dan gas-gas yang larut di dalam air ini. Air mineral biasanya masih memiliki buih. Air mineral bersumber dari mata air yang berada di alam. Di Indonesia, bisnis air mineral dimulai pada tahun 1973 dengan merek Aqua, bisnis tersebut didirikan oleh Tirto Utomo dan Ibnu Sutowo. Institut Pertanian Bogor melalui Departemen Teknologi Industri Pertanian mendirikan Satuan Usaha Akademik "BENING" yang bertujuan untuk memproduksi air mineral dalam kemasan. Mineral juga merupakan sumber minuman kepada atlet. Mineral dapat menggantikan dan memulihkan sel-sel badan yang lama kepada sel yang baru. Namun hakikatnya air mineral adalah lebih mahal daripada air minuman.

Selain mengetahui pengertian mineral, Anda juga harus tahu berbagai macam jenis mineral yang ada di sekitar kita yang dibutuhkan dalam setiap tumbuh kembang yang dilalui. Ada tiga macam jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni ultra trace minerals, trace minerals, dan major minerals. Ultra trace Minerals adalah jenis mineral yang ternyata sudah ada dalam tubuh meski demikian berapa banyaknya mineral tersebut tidak diketahui secara pasti. Contoh mineral yang masuk dalam kategori ultra trace mineral adalah seperti arsenik, vanadium, silikon, nikel, dan boron. Jenis mineral yang kedua adalah trace mineral yang dibutuhkan oleh manusia dengan kadar kurang dari 100 mg/hari. Ada sembilan macam mineral yang masuk dalam kategori trace minerals yakni zat besi, mangan, fluoride, seng, tembaga, yodium, molibdenum, selenium, dan kromium.

Jenis mineral yang ketiga adalah major minerals atau mineral yang dibutuhkan dengan kadar yang cukup besar yakni lebih dari 100 mg/hari. Contoh mineral yang masuk dalam kategori ini seperti kalsium, magnesium, kalium, sulfur, fosfor, klorida, dan natrium. Dengan mengkonsumsi beberapa jenis mineral di atas sesuai dengan kadar yang dibutuhkan, akan ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh. Beberapa manfaat dari mineral adalah mampu menjaga fungsi otak, menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, dapat menguatkan antibody dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Itulah sedikit pembahasan dari pengertian mineral, macam-macam mineral dan manfaatnya.

Apa Bedanya Air Mineral dan Air Putih?

Air putih dan air mineral memiliki wujud yang sama, sampai kita bingung apa beda keduanya. Apalagi rasa air mineral dan air putih pun tidak ada bedanya. Meskipun semuanya terlihat sama, tapi kedua jenis air ini berbeda, lo. Yuk, kita lihat apa saja perbedaan air mineral dan air putih!
Memiliki Kandungan yang Berbeda

Air putih merupakan air yang biasa, yang bisa kita dapatkan dari alam atau keran di rumah. Biasanya sebelum diminum, airnya dimasak dulu untuk membunuh kuman yang ada. Dalam air putih terkandung satu atom hidrogen dan dua atom hidrogen.

Sedangkan air mineral itu merupakan air yang didalamnya terkandung mineral alami ataupun buatan. Mineral yang terdapat dalam air mineral jumlahnya bisa besar atau pun sedikit. Komponen dari mineral itu bermacam-macam dan bisa berupa zinc, zat besi, kalsium, dan magnesium.
Jadi, jika dilihat dari kandungan yang terdapat di dalam kedua jenis air ini, keduanya jelas sekali berbeda, bukan?

Berasal dari Sumber yang Berbeda

Air putih biasanya dapat diambil dari sungai, danau, dan sumber alami lainnya. Sedangkan, air mineral biasanya berasal dari daerah yang terdapat banyak mineral. Ini artinya, tidak semua air bisa kita anggap sebagai air mineral. Namun, air putih yang tidak memiliki kandungan mineral dapat diubah menjadi air mineral, yaitu dengan cara menambahkan nutrisi ke dalam air putih biasa.

Kandungan Nutrisi dalam Air Mineral Lebih Banyak

Air mineral adalah sumber nutrisi yang baik dibandingkan dengan air putih biasa. Air mineral juga memiliki banyak manfaat buat kesehatan kita. Namun, bukan berarti jika meminum air putih biasa tida menyehatkan, ya. Keduanya, sama-sama menyehatkan jika diminum. Hanya saja nutrisi yang terkandung dalam air mineral lebih banyak.

Cara Mendapatkannya

Untuk mendapatkan air mineral, kita mesti membelinya. Sebelum akhirnya siap untuk diminum, air mineral tersebut telah melewati banyak proses. Sedangkan untuk mendapatkan air putih, kita bisa mendapatkannya secara gratis dari alam dan memasaknya sendiri di rumah sebelum kita meminumnya.
Air putih maupun air mineral sama-sama baik untuk tubuh kita. Teman-teman jangan lupa minum air yang cukup agar tubuh tetap sehat, ya!

Mengenal Jenis-jenis Air Minum Kemasan

Berdasarkan U.S Food And Drug Administration (FDA), air minum kemasan dibedakan menjadi beberapa kelompok, yaitu:

Spring Water
Spring water adalah air yang berasal dari formasi bawah tanah, dimana air mengalir secara alami ke permukaan bumi. Untuk dikelompokan sebagai spring water, air harus didapatkan saat musim semi.

Spring water dianggap air yang paling murni, bebas dari berbagai macam zat kimia maupun unsur berbahaya. Air jenis ini diperkaya oleh kandungan mineral dari bebatuan yang dilalui aliran air, yang bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Purified Water
Air minum kemasan jenis ini telah melalui beberapa proses, seperti distilasi, deionisasi atau metode penyaringan osmosis terbalik. Proses tersebut menghilangkan bakteri dan bahan yang terlarut di dalam air, sehingga air menjadi murni. Biasanya, air minum jenis ini diberi label “air minum yang dimurnikan”, “air minum osmosis terbalik” atau “air minum terdistilasi”.

Mineral Water
Air mineral adalah air yang memiliki kandungan mineral, baik itu secara alami maupun buatan. Air jenis ini juga mengandung mineral dan zat kimia yang didapat dari bebatuan saat proses air mengalir secara alami.

Sparkling Water
Air minum kemasan jenis ini ini mengandung karbon dioksida, yang membuatnya menjadi bersoda (berkarbonasi) tanpa adanya kalori. Sparkling water biasanya diberi label “sparkling drinking water”, “sparkling mineral water” atau “sparkling spring water”.

Artesian Water/Artesian Well Water
Ini adalah air yang berasal dari bawah lapisan bebatuan dalam tanah. Jenis air ini biasanya dialirkan melalui sumur bor.

Well Water
Air jenis ini jelas berasal dari lubang yang dibuat dengan sengaja di dalam tanah.

Municipal/Tap Water
Air minum kemasan jenis ini berasal dari keran di rumah atau kantor. Municipal atau tap water hanya ada di beberapa negara di dunia. Indonesia tidak termasuk salah satunya.

Manfaat Air Putih Untuk Mengecah Penyakit Berbahaya

Manfaat air putih lainnya adalah untuk mencegah berbagai penyakit kronis yang menyerang tubuh. Penyakit ini antara lain adalah stroke dan kanker, ada banyak penyakit lain yang dapat dicegah dengan minum air putih minimal 2 liter per hari. Selain itu manfaat terpenting air putih adalah menurunkan kadar racun yang ada di dalam tubuh melalui air seni. Semakin banyak kita minum air putih maka akan semakin banyak racun yang akan dibuang dari dalam tubuh kita.

Apa Saja Manfaat Meminum Air Putih Untuk Kesehatan?


  1. Melarutkan makanan, vitamin dan mineral yang berguna dalam proses pencernaan dalam tubuh manusia.
  2. Bagi anda yang banyak menghabiskan waktu dengan duduk di kursi, air putih menjadi pelumas untuk sendi sehingga mencegah artritis dan nyeri punggung.
  3. Membersihkan racun dari semua bagian tubuh kemudian membawanya ke hati dan ginjal untuk dibuang.
  4. Dapat membantu mengurangi stres, rasa cemas, dan depresi yang sedang anda alami.
  5. Menghaluskan kulit dan membantu mengurangi efek penuaan dengan mempercepat proses pergantian sel kulit mati.
  6. Memberikan energi kepada otak dalam menjalankan fungsinya seperti berfikir, menerima respon mata dan memberi perintah pada bagian tubuh lain.
  7. Membantu mengencerkan darah serta mencegah penggumpalan darah ketika beredar ke seluruh bagian tubuh.
  8. Mencegah masalah impotensi karena dehidrasi dapat menghambat proses produksi hormon seks.
  9. Bagi ibu hamil, air putih berguna untuk membantu mengurangi mual di pagi hari akibat kehamilan.
  10. Untuk menurunkan berat badan, minum lah air putih pada waktunya dan anda akan kehilangan berat tubuh tanpa diet berlebih. Air dapat memisahkan rasa haus dan lapar sehingga anda tidak sering ngemil.

Tips Agar Dapat Minum Air Putih Yang Banyak

Apa yang harus anda lakukan agar dapat mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari ?

  1. Berolahraga, pasti akan membutuhkan minum yang lebih banyak
  2. Bawa botol minum dimana pun anda berada.
  3. Konsumsi buah-buahan kaya air seperti semangka, jeruk, dan sebagainya.

Pencarian yang paling banyak dicari

  • pengertian air mineral menurut para ahli
  • air yang mengandung mineral tinggi
  • pengertian air demineral
  • contoh air mineral
  • perbedaan air putih dan air mineral
  • jenis air mineral
  • manfaat air mineral
  • air mineral merk