Pengertian dan Fungsi Reboisasi Menurut Para Ahli

Ada beberapa arti kata dari reboisasi yang dapat anda temukan di Google, yang mana pengertian tersebut merupakan pengertian reboisasi secara umum dan juga menurut pendapat para pakar yang ahli dibidang tersebut. Arti kata dari reboisasi sendiri secara umum adalah penanaman kembali hutan atau kebun yang telan ditebang atau dalam kondisi tandus. Fungsi dari reboisasi sendiri adalah untuk mengembalikan kondisi alam dan ekosistem demi menjaga kualitas hidup manusia tetap baik. Dengan kondisi alam yang baik dan pohon yang banyak akan membantu penyerapan debu dan polusi, sehingga akan menangkal terjadinya pemanasan global dengan menangkap karbon dioksida di udara dan menjaga udara tetap segar dan baik untuk manusia.

Pengertian dan Fungsi Reboisasi Menuru Para Ahli
Pengertian dan Fungsi Reboisasi Menuru Para Ahli


Pengertian Reboisasi Menurut Para Ahli

Ada cukup banyak para ahli yang mencoba menjabarkan arti kata dari reboisasi, salah satunya adalah Manan dan Supriyanto. Mereka menjelaskan bahwa reboisasi adalah suatu kegiatan penghijauan ataupun penanaman di luar kawasan hutan terutama di lahan milik orang dengan tanaman semacam pohon hutan, pohon buah-buahan, tanaman perkebunan dan masih banyak lagi yang lainnnya. Menurut mereka fungsi dari reboisasi sendiri adalah untuk mengembalikan, memelihara, dan meningkatkan tingkat kesuburan dari tanah dimana kegiatan reboisasi tersebut dilaksanakan. Dari pendapat mereka terlihat bahwa arahan dari reboisasi menurut mereka adalah lahan milik orang saja, tidak termasuk hutan liar dan sebagainya.

Ada juga pendapat dari pakar lain mengenai pengertian reboisasi, seperti misalnya pendapat dari Kadri dan kawan-kawan pada tahun 1992. Menurut pendapat Kadri reboisasi adalah suatu upaya pembangunan hutan baru pada area hutan yang telah dilakukan tebang habis maupun tebang pilih, serta pembangunan hutan pada lahan kosong yang terdapat pada kawasan hutan tersebut. Menurutnya reboisasi sendiri terdiri dari kegiatan peremajaan pohon serta penanaman jenis pohon lain di area hutan dan juga area lain yang direncanakan akan dipergunakan sebagai hutan. Kadri pun mengungkapkan bahwa upaya yang masuk dalam reboisasi adalah membuat bangunan pencegah erosi tanah seperti terasering atau sengkedan dan juga bendungan yang dilakukan di area luar kawasan hutan.

Adapun beberapa manfaat dari reboisasi sendiri sangatlah penting dan berguna bagi umat manusia, salah satunya adalah menjaga keseimbangan alam yang juga dapat menunjang kelangsungan hidup dari umat manusia secara keseluruhan. Selain itu reboisasi dapat meminimalisir terjadinya banjir, karena air hujan dapat terserap secara maksimal oleh tanah. Manfaat lain dari reboisasi adalah mencegah terjadinya pemanasan global, karena pohon-pohon yang ada di bumi dapat menyerap polusi udara dan juga udara kotor yang kemudian dapat menghasilkan udara yang segar demi kelangsungan hidup manusia. Demikian beberapa pengertian reboisasi dan juga manfaat yang didapatkan dari adanya reboisasi.

(Manan 1978)Reboisasi ialah kegiatan penghutanan kembali kawasan hutan bekas tebangan maupun lahan-lahan kosong yang terdapat di dalam kawasan hutan
(Kadri dkk, 1992) ialah membangun hutan baru pada area bekas tebang habis, bekas tebang pilih, atau pada lahan kosong lain yang terdapat di dalam kawasan hutan termasuk reboisasi
Reboisasi meliputi kegiatan permudaan pohon, penanaman jenis pohon lainnya di area hutan negara dan juga area lain sesuai rencana tata guna lahan yang diperuntukkan sebagai hutan.
(Manan 1976; Supriyanto,1984) Penghijauan ialah kegiatan penanaman pada lahan kosong di luar lingkungan hutan, terutama ialah pada tanah milik rakyat dengan tanaman keras, contohnya ialah jenis-jenis pohon hutan, pohon buah, tanaman perkebunan, tanaman penguat teras, tanaman pupuk hijau, dan juga rumput pekan ternak. Tujuan penanaman ini ialah agar lahan tersebut dapat dipulihkan, dipertahankan, serta ditingkatkan kembali kesuburannya.
(Kadri dkk, 1992) ialah upaya yang termasuk kedalam suatu rangkaian kegiatan penghijauan, yang sudah disebutkan ialah berupa pembuatan bangunan pencegah erosi tanah, contohnya ialah pembuatan sengkedan (teras) dan juga bendungan (check dam) yang dilakukan pada area di luar kawasan hutan.

Manfaat reboisasi

Dengan melakukan reboisasi kita dapat memperoleh banyak manfaat, diantaranya seperti di bawah ini:

1. Untuk melestarikan SDA (Sumber Daya Alam)
Unsur dari tata lingkungan biofisik yang nyata serta yang berpotensi untuk memenuhi kebutuhan manusia, dengan maksud untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Maka tindakan eksploitasi harus harus disertai dengan peraturan-peraturan pemanfaatan dan pelestarian dari (Sumber Daya Alam).
2. Untuk mengurangi pencemaran lingkungan
Pencemaran lingkungan hidup, khususnya pencemaran udara akibat dari polusi asap kendaraan bermotor dan industri harus menjadi perhatian yang serius saat ini, dengan meningkatnya pengguna kendaraan bermotor dan kegiatan industri seperti pabrik-pabrik dan pertambangan telah banyak mengganggu ekosistem hidup, oleh sebab itu kita harus melakukan kegiatan reboisasi atau lebih dikenal dengan kegiatan Go Green. Dengan melakukan reboisasi kita dapat mencegah ataupun menanggulangi global warming.
3. Untuk melestarikan hutan dan mencegah adanya bencana banjir, longsor dan bencana alam lainnya.
4. Untuk meningkatkan SDA (Sumber Daya Alam) dan melestarikannya, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Manfaat Penghijauan

Adapun penghijauan ini mempunyai peran dan juga fungsi penting didalam kelestarian lingkungan , Manfaat penghijauan ini dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian, ialah sebagai berikut :

Manfaat secara hidrologis.
Pohon yang ditanam didalam penghijauan akan mempunyai kemampuan untuk dapat menyerap dan juga menyimpan air. Dengan demikian banyaknya pohon yang ditanam akan semakin banyak pula air yang tersimpan didalam tanah baik untuk dimanfaatkan oleh makhluk hidup (termasuk manusia), cadangan air di musim kemarau, ataupun mencegah terjadinya banjir.

Manfaat secara orologis.
ialah kemampuan pada akar pohon dalam mencegah erosi atau juga pengikisan tanah baik oleh air maupun angin.

Manfaat secara ekologis.
Secara ekologis (keseimbangan lingkungan) ialah pepohonan hasil penghijauan akan menjadi salah satu komponen terbaik biotik yang tidak terpisahkan didalam suatu lingkungan. komponen biotik bersama abiotik inilah yang akan saling bersinergi untuk dapat menciptakan lingkungan yang seimbang dan juga selaras.

Manfaat secara klimatologis.
Secara klimatologis ialah penghijauan akan menyerap karbondioksida (CO2) dan juga akan menghasilkan oksigen (O2) lewat proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan. Proses ini akan meningkatkan kualitas udara sekaligus dapat mencegah dampak pemanasan global.

Manfaat secara edaphis.
Secara edaphis ialah pohon-pohon yang ditanam akan menjadi tempat hidup, tempat tinggal, tempat berkembang biak dan juga mencari makan bagi berbagai spesies hewan.

Manfaat secara estetis.
Secara estetis (keindahan) ialah penghijauan akan dapat mempercantik suatu kawasan ataupun tempat.

Manfaat secara protektif.
Secara protektif ialah penghijauan ini akan dapat memberikan perlindungan baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung kepada manusia. Secara langsung ialah melindungi dari terik matahari, angin kencang, penahan debu, dan juga peredam suara. dan Secara tidak langsung ialah akan melindungi dari bencana banjir dan juga kekeringan (terkait dengan manfaat hidrologis).

Manfaat secara higienis.
Secara higienis ialah penghijauan ini akan menjadi penyaring udara dimana pepohonan akan dapat menyerap karbondioksida serta juga mengeluarkan oksigen. Pepohonan ini pun akan mempunyai kemampuan untuk dapat menyerap berbagai jenis racun yang ada di udara. Selain itu pada akar-akar pepohonan akan mampu untuk menyerap dan juga menyaring air dalam tanah tanah sehingga menjadi layak dikonsumsi.

Manfaat secara edukatif.
Secara edukatif ialah pohon dari hasil penghijauan akan mampu untuk menjadi laboratorium alam yang dapat digunakan sebagai media belajar dan juga penelitian.

Manfaat secara rekreatif.
Secara rekreatif, ialah kawasan yang telah dilakukan proses penghijauan akan mempunyai daya tarik estetis tersediri yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi dan juga hiburan.

Manfaat secara ekonomis.
Secara ekonomis ialah pohon-pohon hasil reboisasi akan dapat mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Baik itu pada tanaman bunga, buah, batang, akar, dan juga berbagai bagian pohon lainnya.

Pencarian yang paling banyak dicari

  • artikel reboisasi
  • reboisasi dan penghijauan
  • contoh reboisasi
  • manfaat reboisasi
  • tujuan reboisasi
  • makalah reboisasi
  • cara melakukan reboisasi
  • fungsi reboisasi