ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Pengertian, istilah, Jenis-jenis dan Sejarah Windows Secara Lengkap

Perkembangan teknologi dan informasi memang selalu berkembang dari hari ke hari. Selalu ada teknologi atau temuan yang muncul setiap harinya bahkan hanya dalam hitungan jam saja. Pengguna komputer khususnya pengguna aktif tentunya tidak asing lagi dengan windows. Namun, pernahkah Anda mencari pengertian windows yang mungkin kini programnya sedang Anda gunakan? Memang jarang sekali pengguna komputer maupun laptop yang mencari atau mengetahui apa itu windows. Padahal operating system ini selalu digunakan hampir di semua perangkat komputer. Walau demikian pada beberapa laptop atau personal komputer atau yang lebih dikenal PC yang tidak menggunakan sistem windows sebagai sistem yang digunakan sebagai sistem operasinya.

Pengertian, istilah, Jenis-jenis dan Sejarah Windows Secara Lengkap
Pengertian, istilah, Jenis-jenis dan Sejarah Windows Secara Lengkap


Memang tidak banyak yang mengetahui apa itu pengertian windows. Jangankan tahu apa artinya jika harus menjelaskan kepada orang lain yang sama sekali tidak tahu apa itu windows pastinya akan sangat sulit. Biasanya para pengguna komputer bahkan yang sudah ahli sekalipun bisa dengan mudah menjawab mengenai macam-macam windows. Akan tetapi  jika diminta untuk menjelaskan secara gamblang dan jelas mengenai apa itu operating system windows, mereka akan kebingungan.


Apa Itu Pengertian Windows?

Perkembangan windows mulai dari awal muncul memang terus berkembang hingga sekarang. Hal ini tentu karena perusahaan Microsoft yang selalu mengutamakan keefisiensian dan inovasi dari sebuah sistem operasi guna membantu meringankan pekerjaan manusia. Jenis windows pertama yang muncul yakni windows 1.0 merupakan gebrakan hebat dalam dunia sistem operasi komputer. Sehingga tidak salah jika seiring dengan perjalanan waktu, sistem operasi komputer ini semakin berkembang. Meski demikian, masih banyak sekali orang khususnya yang tidak berkecimpung langsung dalam dunia IT yang tidak mengetahui apa itu pengertian windows.

Pengertian windows sendiri sebenarnya tidak jauh-jauh dari Microsoft org yang merupakan perusahaan pembuat software tersebut. Microsoft sendiri dikenal sebagai perusahaan IT terbesar yang ada di dunia yang sejak awal ingin mendedikasikan diri dalam pengembangan teknologi terbaru. Salah satu produk unggulan yang kini masih sangat diminati adalah sistem operasi windows. Windows sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang digunakan untuk data center atau server.

Sebenarnya windows merupakan salah satu sistem operasi yang berisi kode-kode yang dapat digunakan sebagai “otaknya” komputer. Dengan digunakannya produk windows, komputer dapat menyala dan dapat digunakan untuk mengolah data baik itu input atau output data sesuai yang dikehendaki oleh penggunanya. Dalam setiap perkembangannya, windows memang menawarkan beragam produk baru yang tentunya akan semakin mempermudah manusia khususnya dalam mengolah data.

Memahami pengertian windows sebenarnya cukup mudah, selain pengertian di atas, windows juga memiliki pengertian lain. pengertian dari windows menurut salah seorang ahli adalah sebagai produk operating system yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft org yang menggunakan grafik GUI dan berbasis antarmuka. Operating System atau OS memang menjadi hal penting bagi sebuah komputer, lebih mudahnya OS layaknya jiwa. Sehingga tanpa adanya OS seperti windows, komputer tidak akan bisa digunakan bahkan dinyalakan pun tidak bisa.

Tentunya selain memahami pengertian dari apa itu windows seperti di atas, Anda tentu bisa menafsirkan atau mengartikan sendiri bagaimana pengertian dari windows versi Anda. Akan tetapi secara umum, pengertian windows adalah sistem operasi yang digunakan pada peranti komputer yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan IT bernama Microsoft dan masih akan berkembang setiap tahunnya.

Sejarah Windows

Windows pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985. Setelah berpuluh tahun kemudian, banyak hal yang telah berubah, namun beberapa juga tetap dipertahankan. Untuk lebih mengenal sejarah Windows dari versi awal hingga versi saat ini, mari simak sejenak sejarah Windows berikut ini.

Windows 1 – November 1985
Dari sinilah Windows bermula, perkembangannya dipelopori oleh Bill Gates, yang juga seorang founder Microsoft. Windows 1 original diluncurkan pada tahun 1985, yang merupakan percobaan pertama terhadap antarmuka grafis (GUI) versi 16-bit. Ciri khas Windows 1 adalah sangat bergantungnya pada penggunaan mouse.

Untuk membantu pengguna agar lebih familiar terhadap sistem ini, Microsoft juga turut menyertakan sebuah game, yaitu Reversi yang cara memainkannya sangat bergantung pada kontrol mouse, sehingga membuat orang terbiasa menggerakkan mouse.

Windows 2 – Desember 1987
Dua tahun setelah Windows 1 diluncurkan, Windows terus dikembangkan, terbukti dengan diluncurkannya Windows 2 pada Desember 1987. Salah satu inovasi terbesar yang muncul di Windows 2 adalah kemampuannya untuk meminimalkan atau memaksimal diri, yang dahulu hanya bisa dilakukan dengan “iconising” atau “zooming”. Control panel dan berbagai pengaturan lainnya dijadikan satu sehingga memudahkan penggunanya, hal ini pun bertahan hingga saat ini.

Windows 3 – Mei 1990
Windows pertama yang membutuhkan hard drive diluncurkan pada tahun 1990. Windows 3 merupakan versi Windows yang membuatnya tersebar luas dengan sukses yang kemudian menyaingi Macintosh milik Apple Inc. dan Commodore Amiga. Windows 3 memperkenalkan kemampuan untuk menjalankan program MS-DOS, yang juga mendukung 256 warna sehingga interface terlihat lebih berwarna. Permainan kartu Solaitaire merupakan salah satu inovasi dalam Windows 3.

Windows 3.1 – 1992
Pada tahun 1992, Windows 3.1 diperkenalkan dengan ciri khas utama berupa adanya font TrueType. Permainan Minesweeper mulai bisa dimainkan dengan Windows 3.1 yang memerlukan RAM sebesar 1 MB untuk dapat bekerja. Windows 3.1 juga merupakan versi windows pertama yang didistribusikan melalui CD-ROM.

Windows 95 – Agustus 1995
Hal yang paling menonjol dari Windows 95 adalah diperkenalkannya tombol Start dan Menu Start, yang sampai saat ini masih ada dan terletak di pojok kiri bawah layar. Windows 95 juga memperkenalkan sistem 32-bit, yang dapat melakukan multitasking. Tidak hanya itu, Windows 95 juga dibekali dengan taskbar sehingga akan mempermudah pengguna dalam mengoperasikan OS ini. MS-DOS masih memiliki peran penting bagi Windows 95, yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai program. Internet Explorer mulai dikenalkan pada versi Windows ini.

Windows 98 – Mei 1998
Diluncurkan pada tahun 1998, Windows versi ini sudah dilengkapi dengan Internet Explorer 4, Outlook Express, Windows Address Book, Microsoft Chat, dan NetShow Player. Netshow Player kemudian digantikan dengan Windows Media Player pada Windows 98 edisi ke-2 pada tahun 1999.

Penggunaan USB mulai berkembang pesat pada Windows 98, termasuk USB hubs dan USB mice. Salah satu perubahan besar yang juga terjadi pada Windows 98 adalah adanya Windows Driver Model untuk komponen komputer dan accesories, yaitu sebuah driver yang mendukung semua versi Windows di masa setelahnya.

Windows Millenium Edition (ME) – September 2000
Banyak yang berpendapat bahwa Windows ME merupakan versi yang kurang begitu bagus. Walau begitu, Windows yang diluncurkan pada September 2000 ini memperkenalkan beberapa konsep penting untuk para penggunanya, seperti sistem recovery otomatis. Pada Windows ME, pertama kali diperkenalkan Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7, dan Windows Movie Maker.

Windows 2000 – Februari 2000
Dapat dikatakan sebagai kembaran Windows ME, karena lahir pada tahun yang sama. Windows 2000 selanjutnya dikembangkan menjadi Windows XP. Pada Windows 2000, hal yang paling menonjol adalah mulai diperkenalkan sistem hibernation yang terletak bersamaan dengan shutdown, restart dan stand by.

Windows XP – Agustus 2001
Windows XP merupakan salah satu versi Windows yang paling banyak disukai oleh pengguna. Berbasiskan Windows 2000 dan juga elemen yang ramah pengguna dari Windows ME, pada Windows XP, menu Start berwarna hijau dan taskbar memiliki tampilan visual yang sangat baik. Pada Windows XP, diperkenalkanlah ClearType, sebuah program yang didesain untuk memudahkan sebuah teks dibaca pada layar, juga beberapa inovasi lainnya seperti CD-burning, dan fitur autoplay dari sebuah CD.

Windows XP merupakan operating system yang paling lama digunakan, bahkan update dari Windows XP masih tersedia hingga April 2014, 13 tahun setelah pertama kali diluncurkan. Masalah terbesar yang dihadapi Windows XP adalah keamanannya (walaupun terdapat firewall di dalamnya). Karena kepopulerannya, banyak hacker yang mengeksploitasi program atau sistem Windows XP, misalnya pada bagian Internet Explorer.

Windows Vista – November 2006
Windows XP mengalami tingkat popularitasnya 6 tahun setelah diluncurkan, setelah kemudian Windows Vista hadir pada November 2006. Pada Windows Vista, tampilan Windows lebih fokus pada elemen transparan, seperti search dan security di dalamnya. Pada Windows Vista, terdapat Windows Media Player 11, dan IE 7, juga terdapat speech rocognition, Wondows DVD Maker, serta Photo Gallery di dalamnya.

Walau begitu, Windows Vista sering membuat penggunanya terganggu karena request berbagai macam aplikasi yang ditawarkan. Windows Vista juga berjalan dengan sangat lambat pada komputer lama, bahkan beberapa versi Vista tidak dapat digunakan di PC tertentu. Bahkan banyak orang yang mengatakan bahwa Windows Vista ini merupakan “produk gagal“.

Windows 7 – Juli 2009
Windows 7 diluncurkan dengan misi memperbaiki berbagai macam masalah dan kritik yang diterima oleh Windows Vista. Microsoft menambah kemudahaan pengguna dengan desain dari Windows 7 yang lebih baik. Windows 7 dapat dijalankan dengan lebih cepat, stabil, dan mudah, sehingga banyak pengguna yang akhirnya beralih ke Windows 7 dari sebelumnya XP atau Vista.

Windows 8 – Oktober 2012
Dipasarkan pada Oktober 2012, Microsoft berharap Windows 8 menjadi primadona baru bagi pengguna komputer (yang sebelumnya sudah puas dengan Windows 7). Hal yang paling mencolok dari Windows 8 adalah adanya widget untuk menggantikan daftar berbagai program di tombol Start. Walaupun begitu, tampilan desktop masih sedikit mirip seperti Windows 7. Windows 8 dapat dijalankan dengan lebih cepat (terutama pada proses booting) dibanding versi Windows sebelumnya. Windows 8 juga dilengkapi dengan USB 3.0.

Windows 8.1 – Oktober 2013
Sebelumnya, Windows 8 tidak memiliki tombol Start di bagian dekstopnya. Hal ini kemudian diperbaiki oleh Microsoft dengan dihadirkannya Windows 8.1 yang dirilis pada Oktober 2013 . Windows 8.1 memunculkan kembali tombol Start, namun dengan ikon yang bergambar empat jendela (logo Windows versi flat), bukan tulisan “Start”. Kembalinya tombol Start ini diharapkan agar lebih memudahkan pengguna yang masih menggunakan mouse dan keyboard tanpa layar sentuh.

Lokasi tombol Start pada Windows 8.1 sama dengan Windows 7, yakni berada di pojok kiri bawah desktop. Perbedaan lain antara Windows 8.1 dengan 8 terletak pada ukuran tile pada Start Screen. Ukuran tile pada Windows 8.1 terlihat jauh lebih fleksibel dan bervariasi.

Windows 10 – Juli 2015
Windows 10 ini dirilis pada Juli 2015. Pada Windows 10 tetap dipertahankan tombol Start dengan desktop yang lebih seimbang. Windows 10 ini memiliki tampilan yang elegan dan minimalis sehingga membuat penggunanya nyaman dalam menggunakannya.

Beberapa fitur yang menarik dari Windows 10 adalah adanya kemampuan untuk mengganti keyboard menjadi mode mouse dan mode tablet, seperti pada komputer seperti Surface Pro 3 yang keyboardnya dapat dilepas. Dengan berbagai kelebihan Windows 10 yang menarik dan memukau, membuat banyak pengguna yang berbondong-bondong melakukan upgrade dari sistem operasi lama mereka ke Windows 10.


Fungsi Windows

Berikut merupakan beberapa fungsi dari sistem operasi Windows:

  1. Menghubungkan antara aplikasi dan perangkat keras, sehingga dapat terintegrasi bekerja secara konsisten dan stabil.
  2. Mengendalikan dan mengelola sumber daya yang sedang dijalankan, termasuk perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer
  3. Mengelola proses yang terdiri dari persiapan, penjadwalan, serta pemantauan program yang sedang dijalankan.
  4. Mengelola data input dan output serta mengendalikannya.

Pencarian yang paling banyak dicari
  • pengertian windows
  • sejarah windows
  • pengertian sistem operasi windows
  • fungsi microsoft windows
  • windows wikipedia
  • sejarah singkat windows
  • versi os windows disebut
  • makalah sistem operasi windows
Post a Comment

Post a Comment