Pengertian, Istilah, Manfaat dan Fungsi Mouse Menurut Para Ahli

Bagi Anda yang senang atau hobi bergelut dengan komputer tentu tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, yakni mouse. Namun, apakah Anda tahu mengenai pengertian mouse? Mouse atau yang dalam bahasa Indonesia disebut tikus memang menjadi peranti penting bagi pengguna komputer. Salah satu alasan mengapa benda yang satu ini disebut mouse atau tikus adalah karena kabel yang menjulur di bagian mouse tampak seperti ekor tikus yang menjulur.

Pengertian, Istilah, Manfaat dan Fungsi Mouse Menurut Para Ahli
Pengertian, Istilah, Manfaat dan Fungsi Mouse Menurut Para Ahli
Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk serta desain mouse juga semakin berkembang. Jika dulunya mouse memiliki kabel yang menjulur kini beberapa mouse tidak lagi memiliki kabel. Hal ini karena mouse tersebut sudah menggunakan kabel sebagai Bluetooth sebagai pengganti kabel. Tentunya dengan tidak adanya kabel pada tetikus ini akan mengurangi risiko kabel terlilit yang pastinya akan menghambat kinerja dari mouse tersebut.

Pengertian Mouse dan Kegunaan Mouse

Pengertian mouse sendiri adalah piranti penunjuk yang umumnya dipakai untuk memasukkan perintah dan juga data ke dalam komputer yang biasanya dilakukan dengan menggunakan papan ketik. Umumnya sebuah mouse atau tikus memiliki dua tombol utama di bagian kiri depan dan kanan depan. Tombol bagian kiri layaknya klik kiri, begitu juga tombol di bagian kanan yang berfungsi layaknya klik kanan. Selain itu, mouse juga memiliki tombol ketiga berupa tombol scroll. Tombol ini nantinya berguna untuk menscroll atau menaik turunkan tampilan pada layar komputer. Biasanya pada saat digunakan, mouse selalu digunakan di atas mouse pad. Alas yang satu ini memang didesain khusus untuk meningkatkan kinerja dari mouse khususnya dari segi kecepatan gerak dan input perintah.

Pendapat lain menyebutkan bahwa pengertian mouse adalah perangkat keras atau hardware dari komputer yang masuk dalam kategori perangkat input. Tidak hanya itu, peranti mouse juga digunakan untuk memasukkan data atau memberikan komputer perintah sehingga komputer dapat dijalankan sesuai dengan kehendak pemakainya. Memang dengan adanya mouse, proses memasukkan atau menginputkan perintah ke dalam komputer akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan perintah manual melalui keyboard. Salah satu contohnya adalah jika ingin menutup sebuah program menggunakan mouse, Anda bisa dengan mudah klik kiri tanda silang merah di pojok kanan atas layar. Sementara jika harus menutup layar dengan keyboard, Anda harus tahu formula atau rumus yang digunakan untuk menutup layar.

Banyak sekali pendapat mengenai pengertian mouse yang disampaikan oleh masing-masing ahli mengingat setiap orang punya pandangan sendiri mengenai benda inputan yang satu ini. Salah satu pendapat ahli mengenai pengertian mouse adalah bahwa mouse merupakan salah satu peranti hardware yang terhubung ke komputer baik itu secara langsung atau tidak. Maksudnya, ada beberapa jenis mouse yang terhubung langsung dengan komputer misal melalui kabel. Akan tetapi ada juga jenis mouse yang tidak terhubung secara langsung ke komputer, misalkan melalui jaringan wireless atau bisa juga dengan Bluetooth.

Dari banyaknya pendapat yang disampaikan oleh para ahli komputer mengenai apa itu pengertian dari mouse pasti akan sangat membantu menyimpulkan pengertian dari tikus ini. Sehingga dapat disimpulkan jika pengertian mouse secara umum adalah salah satu peranti keras dari komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau memberikan perintah kepada komputer.  Dengan adanya mouse baik itu yang terhubung langsung ataupun tidak, komputer bisa dijalankan sesuai dengan keinginan pemakainya atau brainwarenya.

Fungsi Mouse secara umum antara lain :

  1. Sebagai penggerak pointer baik itu klik atau drag and drop.
  2. Memperbesar dan memperkecil tampilan.
  3. Melakukan intruksi dan konversi ke sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh sistem komputer.
  4. Digunakan untuk melakukan scrolling pada layar dengan menggunakan roda scroll yang ada pada mouse.
  5. Digunakan Untuk melakukan perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse jika diklik 2x berfungsi sebagai tombol enter pada perintah eksekusi.
  6. Memberikan perintah ke komputer dengan cara menggerakkan mouse di permukaan khusus mouse komputer (Mouse Pad).
  7. Menunjukkan letak kursos di layar monitor.
  8. Melakukan kegiatan memasukkan perintah yang disebut: klik, klik ganda (double click)
  9. Melakukan scrolling layar untuk melihat seluruh bagian dalam program yang sedang dibuka dengan cara menggeser roda scroll.
  10. Mempercepat dan mempermudah pekerjaan desain grafis, gaming dan sebagainya.
  11. Mengontrol perbesaran visual suatu objek.
  12. Mengaktifkan fitur coommnd button serta melakukan perintah pada suatu aplikasi.
  13. Memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet.
  14. Melakukan transfer sinyal elektronik dari pergerakan mouse menuju ke perangkat pemproses.

Manfaat Mouse

Mouse memiliki sebuah manfaat bagi penggunanya. Manfaat mouse secara umum adalah untuk menggerakan kursor pada layar. Pointer pada layar bisa mengikuti setiap pergerakan tangan kita, maksudnya ketika kita menggerakan mouse ke depan, pointer secara langsung bergerak kearah atas, ketika mouse ke kiri, maka pointer akan ke kiri. Dengan adanya mouse tersebut kita akan mudah mencari dan melakukan segala kegiatan dengan mudah. Contohnya seperti mendrag and drop data yang ingin kita pindahkan. Jikalau tidak ada mouse, hal tersebut dapat dianggap sulit untuk orang-orang yang tidak memahami/benar-benar menghafal tombol-tombol otomatis dari keyboard(seperti ctrl+c, crtl+v).

Dampak yang ditimbulkan

Mouse memiliki dampak positif bagi seluruh users terutama dalam hal pekerjaan. Dampak positif dari mouse salah satunya untuk memudahkan kita dalam pengoperasian komputer. Jika tidak ada mouse saat kita sedang mengoperasikan komputer, sangat sulit untuk menyelesaikan pengoperasian tersebut dengan cepat. Selain pengoperasian komputer, mouse juga memiliki dampak positif dalam pengefisienan waktu kerja. Kita akan menyelesaikan kegiatan/pekerjaan kita dengan waktu yang lebih cepat ketika kita memakai mouse.  Selain dampak positif, terdapat juga dampak negatif dari mouse walaupun sebenarnya tidak terlalu mempengaruhi pengguna. Dampak negatif dari mouse adalah kita menjadi tidak tombol-tombol otomatis yang ada didalam keyboard. Contohnya seperti mendrag and drop, dengan keyboard kita bisa mengklik tombol ctrl+x(cut) dan ctrl+v(paste).


Pencarian yang paling banyak dicari
  • fungsi mouse
  • pengertian mouse
  • mouse artinya
  • manfaat mouse
  • jenis jenis mouse
  • mouse komputer
  • keyboard adalah
  • berikut ini yang merupakan fungsi mouse adalah