Pengertian, Jenis, Manfaat dan Konsep Kontribusi Secara Lengkap

Bagi masyarakat awam mungkin kurang begitu memahami apa pengertian kontribusi secara teoritis. Masyarakat awam mengartikan kontribusi sebagai sumbangsih atau peran, atau keikutsertaan seseorang dalam suatu kegiatan tertentu.

Pengertian, Jenis, Manfaat dan Konsep Kontribusi Secara Lengkap
Pengertian, Jenis, Manfaat dan Konsep Kontribusi Secara Lengkap

Ada banyak definisi kontribusi dari berbagai ahli. Mereka mengartikan kontribusi menurut sudut pandangnya masing-masing. Mungkin sebagian dari anda pernah mendengar penggalan kalimat seperti ini “dalam melakukan pembangunan di daerah masyarakat harus ikut berkontirbusi dalam pembangunan desa” kata kontribusi disini diartikan sebagai adanya ikut campur masyarakat baik dalam bentuk tenaga, fikiran dan kepedulian terhadap suatu program atau kegiatan yang dilakukan pihak tertentu. Kontribusi tidak bisa diartikan hanya sebagai keikutsertaan seseorang secara formalitas saja, melainkan harus ada bukti nyata atau aksi nyata bahwa orang atau kelompok tersebut ikut membantu ikut turun ke lapangan untuk mengsukseskan suatu kegiatan tertentu. Bentuk kontribusi yang bisa diberikan oleh masyarakat harus sesuai dengan kapasitas atau kemampuan masing-masing orang tersebut. Individu atau kelompok bisa menyumbangkan pikirannya, tenaganya, dan materinya demi mengsukseskan kegiatan yang direncanakan demi untuk mencapai tujuan bersama. Itulah pengertian kontribusi secara umum.

Definisi kontribusi menurut kamus ilmiah karangan Dany H, mengartikan “kontribusi sebagai sokongan berupa uang atau sokongan” malah dalam pengertian tersebut mengartikan kontribusi ke dalam ruang lingkup yang jauh lebih sempit lagi yaitu kontribusi sebagai bentuk bantuan yang dikeluarkan oleh individu atau kelompok dalam bentuk uang saja atau sokongan dana. Senada dengan pengertian kontribusi menurut Dany H, Yandianto dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia mengartikan kontibusi sebagai bentuk iuran uang atau dana pada suatu forum, perkumpulan dan lain sebagainya”.  Jadi bisa disimpulkan berdasarkan kedua pengertian diatas bahwa kontribusi merupakan bentuk bantuan nyata berupa uang terhadap suatu kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan sebelumnya. Namun, kiranya kontribusi tidak boleh hanya diartikan sebagai bentuk bantuan uang atau materi saja. hal ini akan membatasi bentuk kontribusi itu sendiri. Maksudnya, hanya orang-orang yang memiliki uang saja yang bisa melakukan kontribusi, sedangkan kontribusi disini diartikan sebagai keikutsertaan atau kepedulian individu atau kelompok terhadap suatu kegiatan.

Jadi pengertian dari kontribusi sendiri ialah tidak terbatas pada pemberian bantuan berupa uang saja, melainkan bantuan dalam bentuk lain seperti bantuan tenaga, bantuan pemikiran, bantuan materi, dan segala macam bentuk bantuan yang kiranya dapat membantu suksesnya kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya untuk mencapai tujuan bersama. Itulah sedikit pengertian kontribusi beserta konsep-konsep yang menyertainya. Istilah kontribusi ini kerap kali dikaitkan dengan kajian ilmu manajemen. Kontribusi kerap kali dijadikan variabel bebas (variabel x) yang mempengaruhi variabel tergantung atau variabel terikat (variabel Y). Demikian pembahasan dalam artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Pengertian Kontribusi Menurut Para Ahli

Definisi kontribusi menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

Dany  H. (2006 )
Kontribusi dalam pemahamannya,  definisi kontribusi adalah suatu bentuk sumbangan berupa material (uang) yang bisa sokongan atau sumbangan. Sumbangan ini bisa dilakukan dengan kolektif seperti yang dilakukan dalam salah satu situs KitaBisa yang dikumpulkan dalam pembangunan masyarakat.

Yandianto (2000)
Makna kontribusi adalah  kumpulan adanya uang iuran yang di dapatkan dari anggota atau masyarkat yang bentuknya sumbangan. Sumbangan ini kemudian dikelola dan diharapkan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan dalam masyarakat itu sendiri.

T. Guritno (2000)
Menuruntnya pengertian kontribusi adalah  sumbangan yang diberikan seseorang sebagai upaya membantu kerugian atau membantu kekurangan terhadap hal yang dibutuhkan. Hal yang dibutuhkan ini bisa dilakukan secara bersama dalam membantu masyarakat yang terkenal bencana.

Dari pengertian kontribusi yang disampaika jikalau dikaitkan dengan adanya tahun 2045, dimana Indonesia akan mendapat bonus demografi yang jumlah usia kerja (15 – 64 tahun) sangat tinggi sekitar 65% dari total populasi tentunya banyak hal yang bisa dilakukan untuk berkontrubusi terhadap hal-hal yang memang bisa menuntaskan berbagai masalah pelik, seperti korupsi yang semakin merajalela, kemiskinan, kualitas pendidikan yang rendah, serta permasalahan sosial seperti contoh konflik sosial horizontal antar masyarakat, peredaran narkoba, kekerasan sosial, dan berbagai bentuk kriminalitas lainnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu pembenahan di berbagai bidang, oleh karena itu kontribusi dalam kebaikan sangatlah diperlukan.

Contoh Kontribusi dalam Masyarakat

Contoh yang diberikan dalam memperelasan kontribusi ini misalnya saja ketika di daerah-daerah di Indonesia yang terkenal bencana alam. Pengertian bencana alam ini ialah bencana yang disebebkan karena kerusakan sumber daya alam, misalnya saja ketika di Jakarta terkenal banjir. Masyarakat secara langsung dalam bentuk pantungan memberikan kontribusinya, dengan memberi sumbangan pakaian, buku, dan hal-hal lainnya yang diperlukana.

Manfaat Kontribusi

Adapun mengenai manfaat dari adanya kontribusi dalam masyarakat ini, antara lain sebagai berikut;
  1. Memperkuat integrasi sosial masyarakat
  2. Membantu masyarakat yang kekuarangan
  3. Mendorong masyarakat untuk bisa melakukan trobosan-trobosoan baru dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupannya
  4. Menumbuhkan sikap kepedulian dalam kehidupan masyarakat.

Kontribusi dapat merujuk kepada:

  1. Donasi
  2. Berbagi
  3. Pembayaran
  4. Sistem pembayaran antara Pembayar dengan pembagian pembayaran kepada beberapa pihak dalam kewajiban serta tanggung jawab secara adil
  5. Publikasi di surat kabar, majalah, dll
  6. Pemindahan dari konten audio atau video oleh broadcasters dalam masa untuk distribusi (misalnya link audio atau video untuk acara olahraga atau tempat ruang konser dengan broadcasters studio)
  7. Margin kontribusi dalam akuntansi analisis dan biaya

Contoh kontribusi

  1. berbuat banyak hal yang positif
  2. aktif dalam kegiatan sekolah 
  3. belajar dengan giat
  4. tidak melakukan hal-hal negatif didalam maupun diluar sekolah

Pencarian yang paling populer
  • contoh kontribusi
  • arti kontribusi dalam pekerjaan
  • kontribusi adalah wikipedia
  • pengertian kontribusi penelitian
  • contoh kalimat kontribusi
  • kata lain dari kontribusi
  • kontribusi dalam organisasi
  • pengertian kontribusi pajak menurut para ahli