Mengenali Konsep Fundamental Fisiologi Pada Tumbuhan

Mengenali Konsep Fundamental Fisiologi Pada Tumbuhan - Halo sahabat bospedia yang selalu memantau perkembangan artikel bospedia.com Karena artikel yang admin bagikan Insya Allah akan konsisten update. Jadi dipantau terus ya. Oiya pada kesempatan kalai ini admin ingin berbagi tentang Mengenali Konsep Fundamental Fisiologi Pada Tumbuhan. Pada halaman ini kita akan membahas tentang pengertian, ruang lingkup dan fungsi fisiologi tumbuhan yang pembahasannya akan kita bagi menjadi tiga pokok pembahasan yaitu pengertian fisiologi tumbuhan, ruang lingkup tumbuhan dan fungsi fisiologi tumbuhan. Menurut Wikipedia, Fisiologi tumbuhan adalah cabang botani yang mempelajari bekerjanya sistem kehidupan di dalam tubuh tumbuhan dan tanggapan terhadap pengaruh lingkungan sekitarnya sehingga tumbuhan tersebut dapat hidup. Seperti juga fisiologi hewan, fisiologi menggabungkan aspek fisika, kimiawi, dan biologi. Dari fisiologi tumbuhan ini lahirlah cabang-cabang campuran biologi, seperti biokimia dan biofisika. Fisiologi juga sangat mempengaruhi perkembangan genetika.

Mengenali Konsep Fundamental Fisiologi Pada Tumbuhan
Mengenali Konsep Fundamental Fisiologi Pada Tumbuhan


A. Pengertian Fisiologi Tumbuhan

Meskipun arti fisiologi dalam ilmu biologi sering digunakan, tapi mungkin ada diantara kita yang masih belum mengerti tentang arti kata “fisiologi” itu sendiri, terlebih bila dikaitkan dengan kata “tumbuhan”. Kata fisiologi berasal dari dua huruf yakni “physis” yang artinya alam dan “logos” yang berarti ilmu pengetahuan. Jadi pengertian fisiologi tumbuhan dapat kita definisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang keterangan-keterangan perihal kehidupan tumbuhan yang meliputi proses kehidupannya, fungsinya dan aktivitasnya.

Dalam mempelajari fisiologi tumbuhan, ada semacam batasan-batasan dalam ruang dan waktu tertentu yang harus diambil. Batasan yang diambil hanyalah seputar dari apa yang bisa ditangkap oleh indera kita sebagai manusia. Apa fungsi pemberian batasan ini?, pemberian batasan ini dapat berfungsi atau membuat seorang peneliti bisa menjadi lebih fokus saat melakukan penelitian di lapangan sehingga diharapkan lebih mudah dalam menemukan hukum-hukum yang berguna untuk menyusun sebuah teori. Dari teori-teori yang tersusun inilah diharapkan nantinya dapat bermanfaat untuk kehidupan manusia.

B. Ruang Lingkup Fisiologi Tumbuhan

Fisiologi tumbuhan merupakan cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang proses metabolisme pada tubuh tumbuhan dimana proses dari metabolisme ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan mikro di sekitar tumbuhan tersebut. Adapun ruang lingkup yang dipelajari antara lain tentang sel, proses transpirasi, karakteristik molekul air, unsur esensial tumbuhan, fotosintesis, respirasi serta metabolisme tumbuhan. Akan tetapi secara umum, fisiologi tumbuhan dapat digolongkan menjadi beberapa ruang lingkup yaitu fisiologi tanaman, fisiologi lepas panen, ekofisiologi dan fisiologi benih.

Bagi seoarang ahli fisiologi tumbuhan selalu dituntut untuk bisa mengusai pengetahuan dasar lainnya yang tentunya berkaitan dengan ilmu fisiologi tumbuhan misalnya ilmu kimia, biokimia, sitologi, anatomi, morfologi dan sistematik.

C. Fungsi Fisiologi Tumbuhan

Fungsi fisiologi tumbuhan disini berarti manfaat yang diperoleh manusia dalam mempelajari fisiologi tumbuhan. Lalu apa manfaatnya? tentu secara umum manfaatnya sangat besar karena tumbuhan itu sendiri merupakan salah satu bahan pemenuh bagi kebutuhan manusia sehingga kita perlu ilmu yang seluas-luasnya tentang tumbuhan. Tidak mungkin kita bisa membuat racikan obat bila tidak mengetahui tentang bahan yang terkandung dalam obat itu sendiri. Iya kan?, nah apalagi banyak bahan-bahan kimia yang kita gunakan untuk industri yang diambil dari tumbuhan. Oleh karena itu, ilmu disiologi tumbuhan ini sangatlah penting.

Dalam perkembangannya, fisiologi tumbuhan dipisahkan menjadi beberapa bagian yang lebih spesifik yaitu fisiologi tanaman, ekofisiologi, fisiologi lepas panen dan fisiologi benih. Mengapa harus dipisah? supaya ruang lingkupnya semakin kecil sehingga lebih mengena bila diterapkan di lapangan.
  1. Fisiologi tanaman mempelajari tentang metabolisme pada tanaman-tanaman yang dibudidayakan,
  2. Ekofisiologi mempelajari tentang faktor-faktor lingkungan misalnya unsur-unsur cuaca dan iklim yang dapat mempengaruhi metabolisme tumbuhan,
  3. Fisiologi lepas panen mempelajari tentang fisiologi bagian tumbuhan setelah bagian dari tumbuhan tersebut di panen,
  4. Fisiologi benih mempelajari tentang benih yang mencakup tahapan pembenihan atau proses yang mengikutinya.

Tumbuhan adalah tonggak dari sebagian besar ekosistem terestrial. Beberapa hal penting tentang tumbuhan adalah sebagai berikut: 
  1. Sebagai mahluk hidup, tumbuhan menunjukkan sejumlah aktivitas, yaitu:
    • Bertukar  senyawa   kimia   dengan   lingkungannya,   tanpa   banyak   kehilangan senyawa kimia penyusun tubuhnya.  
    • Menyerap dan menggunakan energi dari luar.  
    • Mensintesis bahan kimia yang diperlukan serta mengganti bahan yang hilang ke lingkungan atau rusak. 
    • Sebagian selnya megadakan pembelahan atau penggabungan, kalau tidak akan mati.
  2. Beberapa sifat khas tumbuhan adalah melakukan proses fiisiologi yang  berbeda dengan mahluk lain, misalnya: 
    • Merupakan mahluk autotrof dalam metabolisme karbon.  
    • Tidak dapat berpindah dan hanya mencapai daerah yang sempit, sehingga hanya mampu menggunakan sebagian kecil lingkungan.  
    • Sangat tergantung kepada bahan mineral dari tanah, sehingga kebutuhan hara tidak banyak jenisnya.
  3. Seluruh fungsi tumbuhan dapat dipahami dengan dasar prinsip fisika dan kimia. Metode-metode yang digunakan dalam fisiologi tumbuhan umumnya diturunkan dari kima dan fisika. Selain itu, anatomi tumbuhan juga dipakai dalam mernpelajari fisiologi tumbuhan. Sekarang ini, biologi molekuler mulai merevolusi kajian tentang tumbuhan, contohnya para ahli tumbuhan telah menemukan beberapa gen yang mengontroi perkembangan bunga dan telah mempelajari fungsi-fungsi gen tersebut.
  4. Pada organisme hidup, struktur sangat erat kaitannya dengan fungsi. Takkan ada fungsi kehidupan tanpa adanya struktur gen, enzim, molekul lain, organel, sel, jaringan, dan organ. Tumbuhan adalah struktur yang tumbuh sendiri. Melalui proses perkembangan yang meliputi: pembelahan sel, pembesaran sel, serta spesialisasi sel atau diferensiasi, suatu tumbuhan bermula dari 1 sel tunggal kemudian menjadi organisme multiseluler. Selanjutnya, tumbuhan terus tumbuh dan    berkembang   sepanjang    hidupnya    dengan adanya    daerah    embrionik (meristem).    
  5. Tumbuhan tumbuh dan berkembang di lingkungan dan berinteraksi dengan lingkungan melalui banyak cara, misainya: perkembangan tumlbuhan dipengaruhi oleh suhu, cahaya, gravitasi, angin, dan kelembaban.

10 konsep dasar fisiologi tumbuhan

Disebut juga 10 postulat yang dikemukakan berisi tentang sains pada umumnya dan tentang fisiologi tumbuhan pada khususnya. Adapun 10 postulat tersebut antara lain :
  1. Seluruh fungsi tumbuhan dapat dipahami dengan dasar prinsip fisika dan kimia.
  2. Para ahli botani dan fisiologi tumbuhan juga mempelajari anggota dari empat diantaranyga lima dunia organisme yang baru-baru ini dikenal oleh banyak ahli biologi.
  3. Sel merupakan satuan kehidupan. Semua organisme hidup terdiri dari sel yang memiliki nukleus yang terbungkus membran atau struktur serupa tetapi tanpa membran. Tak ada kehidupan dalam satuan yang lebih kecil dari pada sel. Sel hanya terjadi dari pembelahan sel yang ada sebelumnya. ( pernyataan tersebut dikenal sebagai teori sel ).
  4. Sel eukariot terdiri dari organel yang terbungkus membram misalnya kloroplas, mitokondria, nukleus dan vakuola, sedangkan sel prokariot terdiri dari organel tanpa membran.
  5. Sel dicirikan oleh adanya makro molekul khusus seperti pada pati dan selulosa yang terdiri dari ratusan sampai ribuan gula atau molekul lain. Pada beberapa makro molekul seperti lignin, gugus molekulnya bisa berulang atau dijumpai di sana sini pada molekul pembangun.
  6. Sel juga dicirikan oleh adanya molekul makro seperti protein dan asam nukleat ( DNA dan RNA ). Yang tersusun sebagai rantai dan terdiri dari ratusan molekul sederhana dari 20 jenis asam amino penting dan empat atau lima jenis nukleotida dalam asam nukleat ). Rantai ini terdiri dari bagian yang panjang-panjang dengan urutan tak berulang yang terpelihara dan mengganda ketika molekul-molekul itu diperbanyak.
  7. Pada organisme multisel, sel tersusum membentuk jaringan dan organ. Sel dalam organisme multi sel tidaklah sama, sering mempunyai fungsi yang berbeda satu sama lain.
  8. Organisme hidup adalah struktur yang tumbuh sendiri.
  9. Organisme tumbuh dan berkembang di lingkungan dan berinteraksi dengan lingkungannya atau organisme sesamanya melalui banyak cara.
  10. Pada organisme hidup seperti halnya pada mesin, merupakan stsuktur yang sangat erat kaitannya dengan fungsi.
Pencarian yang sama
  • materi fisiologi tumbuhan
  • manfaat mempelajari fisiologi tumbuhan
  • pengertian fisiologi tumbuhan menurut para ahli
  • sejarah fisiologi tumbuhan
  • makalah fisiologi tumbuhan
  • ruang lingkup fisiologi tumbuhan
  • proses fisiologi tumbuhan
  • fisiologi tanaman adalah
#Juknis, #sd, #SMP, #SMK, #smp, #pip #2019, #2020, #2021, #pip2022

Sumber : alvyanto.blogspot.com