74+ Lomba 17 Agustusan yang Paling Mendidik, Unik, Lucu, Modern dan Anti Mainstream

74+ Lomba 17 Agustusan yang Paling Mendidik, Unik, Lucu, Modern dan Anti Mainstream - Memasuki bulan Agustus ada 3 hal yang sangat ditunggu oleh semua masyarakat Indonesia, karena hal ini lah yang membuat masyarat Indonesia semakin kompak dan selalu fokus atas tujuan bersama. Pada nomor satu adalah karnaval & yang kedua adalah aneka lomba 17 Agustusan dan yang tidak kalah penting adalah banyaknya diskon atau potongan harga ketika belanja baik itu di Belanja Online maupun offline. Enak bukan??

Hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus memang merupakan suatu momen yang gembira untuk seluruh lapisan masyarakat. Untuk memeriahkannya, ada banyak lomba yang biasanya diadakan. Tak lain tujuan utamanya adalah menciptakan kegembiraan untuk semua orang, semua lapisan masyarakat. Dari pusat kota hingga ke pelosok desa-desa.

73+ Lomba 17 Agustusan yang Paling Mendidik, Unik, Lucu, Modern dan Anti Mainstream
73+ Lomba 17 Agustusan yang Paling Mendidik, Unik, Lucu, Modern dan Anti Mainstream

Namun, dengan seiring berkembangnya jaman sekarang bermunculan aneka lomba 17 agustus yang unik dan kreatif untuk anak-anak, ibu-ibu bahkan bapak-bapak pun bisa ikutan lomba 17an. Bahkan tidak jarang ada pula lomba 17an yang bisa dijadikan sarana mendidik untuk anak-anak sekolah.



Beberapa contoh lomba agustusan modern dan anti mainstream saat ini adalah lomba mengungsi, melempar telur, melukis kerbau, menyusui suami dan masih banyak lagi lainnya. Nah pada artikel ini, tim Orbit Berita akan memberikan 69 jenis lomba 17 agustus yang unik dan seru berdasarkan versinya. Penasaran? Lihat daftar dibawah ini!

Lomba 17 Agustus lucu dan seru (versi jadul)

Lomba makan kerupuk ukuran jumbo


Lomba makan kerupuk ukuran jumbo
Lomba makan kerupuk ukuran jumbo

Lomba makan kerupuk adalah salah satu lomba favorit semua orang. Bahkan di beberapa tempat, kerupuk yang digunakan untuk perlombaan ini berukuran jumbo. Uniknya, jika Anda selaku panitia hanya memiliki waktu yang singkat, lomba makan kerupuk bisa juga digabung dengan lomba balap karung.

Aturan mainnya adalah, lomba balap karung terlebih dahulu ketika sampai di garis finish peserta langsung memakan kerupuk yang telah digantung. Agar lebih murah, redaksi bospedia.com memiliki solusinya yaitu ketika babak penyisihan gunakan kerupuk ukuran kecil, ketika mencapai babak final gunakan kerupuk ukuran besar.

Balap karung dengan mata tertutup

Balap karung dengan mata tertutup
Balap karung dengan mata tertutup

Balap karung dengan mata tertutup? Pasti seru banget tuh! Aturan mainnya sangat sederhana, peserta lomba harus balap lari terlebih dahulu untuk mengambil karung yang telah dilipat terlebih dahulu sama panitia dengan mata tertutup.

Ketika sampai, peserta harus langsung membuka karung dan masuk kedalamnya. kemudian peserta diharus melompat untuk mencapai garis finish. Disini mata peseta dapat ditutup menggunakan potongan bola plastik, hasduk pramuka maupun kain biasa.
Memindahkan belut secara cepat, tidak boleh pegang di kepala

Lomba menangkap dan memindahkan belut

Lomba menangkap dan memindahkan belut
Lomba menangkap dan memindahkan belut

Ada satu lagi lomba untuk melatih motorik anak-anak yakni lomba menangkap belut dan memindahkan dari kaleng satu ke kaleng lainnya. Namun agar lomba semakin menarik, peserta dilarang memegang belut, hal ini akan menyulitkan peserta dan membuat belut bisa bertahan hidup lebih lama dan tidak mudah stres.

Memasukkan paku kedalam botol

Memasukkan paku kedalam botol
Memasukkan paku kedalam botol

Salah satu lomba jadul adalah memasukkan paku kedalam botol. Hal yang membuat permainan ini sulit adalah letak paku (biasanya menggunakan pensil) yang berada di belakang peserta. Lomba ini diawali peserta dengan cara berlari terlebih dahulu, sehingga membuat paku goyang ketika akan di masukkan.

Lomba panjat pinang lucu

Lomba panjat pinang lucu
Lomba panjat pinang lucu

Satu lagi lomba klasik yang wajib ada ketik lomba 17 Agustus yakni panjat pinang. Biasanya panitia akan menggantungkan 20-30 hadiah diatas pohon pinang yang telah dilumuri oli terlebih dahulu. Selanjutnya peserta yang beranggotakan 5-6 orang akan berlomba untuk menaiki pinang dengan jangka waktu maksimal 15 menit (dan bergantian dengan tim lainnya).

Ketika mencapai puncak, peserta harus mengambil bendera terlebih dahulu dan mengibarkannya sambil berteriak MERDEKA!!! Kemudian peserta dipersilahkan mengambil 5-6 hadiah yang diinginkan dan dibagikan ke tim. Jika hingga akhir perlombaan masih terdapat hadiah, maka bisa digunakan hadiah lomba lain oleh panitia.

Menurut pengamatan tim Bospedia.com, beberapa hadiah yang biasanya digantung di lomba panjat pinang adalah sepeda, baju, panci, alat tulis, sprei dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan di Jawa Timur ada juga yang menggantung beras satu karung berisi 25 kg. Keren kan?


Pecah balon (jaman dulu namanya pukul gendok)

Pecah balon (jaman dulu namanya pukul gendok)
Pecah balon (jaman dulu namanya pukul gendok)

Gendok adalah sebuah wadah yang terbuat dari tanah liat. Pada jaman dulu gendok juga biasa digunakan sebagai wadah untuk mengisi air. Nah pada jaman dulu pulu gendok digunakan sebagai alat perlombaan 17 agustus yang lucu.

Saat ini, sebagian besar justru menggunakan plastik sebagai pengganti gendok. Untuk membuat lomba 17an lebih seru, panitia bisa menambahkan cairan pewarna agar ketika muncrat membuat peserta basah kuyup dengan air warna-warni.

Memindahkan kelereng menggunakan sendok

Memindahkan kelereng menggunakan sendok
Memindahkan kelereng menggunakan sendok

Pernah ikut lomba balap kelereng menggunakan sendok yang diletakkan di mulut? Tahun lalu, salah satu tim redaksi Bospedia.com mencoba untuk mengikuti ini, hasilnya? Gigi terasa ngilu. Tidak disangka jika perlombaan ini ternyata cukup sulit.

Lomba tarik tambang ibu-ibu

Lomba tarik tambang ibu-ibu
Lomba tarik tambang ibu-ibu

Pernah kepikiran lomba tarik tambang dengan menggunakan pakaian adat dan dilakukan oleh ibu-ibu? Jika belum, sebagai panitia 17an, Anda wajib memasukkan lomba ini kedalam daftar Anda. Dijamin, lomba 17 Agustus akan menjadi lebih menarik, seru dan lucu hingga bisa membuat bapak-bapak tertawa.

Biasanya, orang yang memiliki tubuh paling besar ditempatkan di belakang sebagai bandol (pemberat). Agar lomba lebih menarik, bapak-bapak wajib ada disamping ibu-ibu sebagai penyemangat.

Balap bangkiak beregu

Lomba balap bangkiak beregu, lucu banget
Lomba balap bangkiak beregu, lucu banget Gambar via Blogspot.com

Butuh komando dan kekompakan untuk memenangkan permainan atau lomba Bakiak ini. Jika salah satu aja yang tidak kompak bisa-bisa terjatuh dan uniknya yang jatuh tidak hanya ia tapi juga teman-temannya. Makna filosofi yang terdapat dalam permainan ini adalah perlunya komando atau pemimpin, kekompakan antara pemimpin dengan anggota, ketepatan dan kecepatan dalam bertindak agar sukses dalam menjalankan roda organisasi.


Sepeda lambat

Balap Sepeda Lambat
Balap Sepeda Lambat Gambar via Bantenport.co.id

Jika dalam perlombaan lainnya seperti lomba balap karung, lomba balap kelereng, lomba memasukkan pensil kedalam botol dan lainnya yang dinilai adalah kecepatannya sedangkan dalam lomba Sepeda lambat justru sebaliknya, yang paling lambat lajunyalah yang dianggap sebagai pemenangnya.


Sepakbola sarung, satu satu isi dua orang

Lomba sepakbola sarung
Lomba sepakbola sarung Gambar via Tribunnews.com

Tidak ada data yang cukup  Akurat Mengenai asal mula Permainan Olahraga ini,Di mainkan pertama kali di daerah mana dan oleh Siapa Permainkan Pertama kali tidak di ketahui data dan faktanya,tetapi hampir sebagian besar di wilayah Indonesia mengenal sepak bola sarung yang   di adakan biasanya dalam peringatan hari Ulang Tahun Republik Indonesia tanggal 17 Agustus.

Pengertian sepakbola sarung ialah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing 5 atau 7 orang pemain  dengan menggunakan sarung (kain) sebagai pelengkap wajib permainan,bertujuan mencetak gol ke gawang lawan sebanyak banyaknya tetapi unsur yang paling penting dalam permainan olah raga masyarakat ini ialah menghibur masyarakat.

Sepakbola sarung ini lebih tepatnya di katakan sebagai Futsal Sarung sarung karena di mainkan oleh tim masing masing dengan berjumlah 5-7 orang tetapi dahulu Futsal  tidak banyak di kenal oleh masyarakat,karena yang banyak di kenal ialah permainan bola sepak yaitu sepak bola,selain tidak banyak di kenal permainnan ini lebih terkesan Bebas tidak seperti Futsal yang banyak peraturannya.


Sepakbola daster

Lomba sepakbola daster
Lomba sepakbola daster Gambar via Suaramerdeka.com

Aksi para pria di lapangan sepak bola futsal tersebut mengundang tawa dari ratusan penonton yang rata-rata dari kalangan wanita, ditambah lagi tingkah yang lucu ditunjukkan para peserta dengan merebut bola sambil menari.

Ita, seorang penonton pertandingan sepak bola daster dan jilbab tersebut mengaku pertandingan yang tidak lazim tetapi sangat lucu dan menghibur.

Sepakbola contong (corong)

Lomba Sepakbola Corong
Lomba Sepakbola Corong Gambar via Ytimg.com

Lomba Sepakbola Corong merupakan lomba yang paling seru karena. Menggiring bola dengan muka ditutupi corong sehingga akan sulit melihat bola. Permainan ini sangat seru dan mengundang tawa yang terbahak bahak.


Gigit koin (ambil koin)

Lomba gigit koin pakai cokelat
Lomba gigit koin pakai cokelat Gambar via Makassartoday.com

Salah satu dari sekian banyak perlombaan yang selalu rutin diadakan pada saat memperingati hari kemerdekaan Indonesia adalah lomba gigit koin (uang logam). Sesuai dengan namanya, dalam permainan ini para pesertanya diharuskan untuk mengambil koin-koin yang ditancapkan pada buah semangka, pepaya, atau jeruk bali dengan cara menggigitnya. Mengenai kapan dan dimana pertama kali muncul permainan ini sudah tidak diketahui lagi, namun sejak adanya pelbagai macam permainan untuk memperingati dan memeriahkan hari kemerdekaan, permainan gigit koin selalu diikutsertakan.


Pindah karet pakai sedotan

Lomba memindahkan karet pakai sedotan
Lomba memindahkan karet pakai sedotan Gambar via Ytimg.com

Permainan ini terlihat gampang, tapi sebenarnya tidak benar benar seperti kelihatannya, dimana ketika alat yang digunakan untuk melakukan estafet adalah sebuah selang untuk minum atau “sedotan” untuk mengoper ke teman berikutnya. Adapun cara memainkannya cukup mudah ditebak dengan melihat ilustrasi gambar disamping. kesusahan terbesar adalah bentuk sedotan yang pendek dan lentur sehingga cukup susah diajak kompromi. terlebih lagi kalau ada yang ketawa dijamin akan ada yang menetes dari sedotan tersebut. heheheh, let's check it out!

Perang bantal

Lomba perang bantal diatas lumpur
Lomba perang bantal diatas lumpur Gambar via Flickr.com

Perang bantal adalah salah satu permainan yang populer saat perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Dua orang pemain duduk di atas sebuah batang pohon yang diletakkan di atas air, bisa berupa sungai atau kolam. Pemain tersebut duduk berhadapan dan bersenjatakan bantal baku pukul sampai salah satu terjatuh ke dalam air. Yang tetap bertahan di atas dinyatakan sebagai pemenang.

Rias pakai mata tertutup

Lomba perang bantal diatas lumpur
Lomba perang bantal diatas lumpur Gambar via Ytimg.com

Lomba merias dengan mata tertutup, ada yang mau ikutan?
Dijamin dah, pemiliki salon profesional pun tidak akan sanggup memenangkan
pertandingan ini. So, ini kesempatan bagi ibu-ibu dan para wanita cantik untuk
menunjukkan bahwa kalian bisa merias pasangan dengan mata tertutup.

Memindahkan bendera

Lomba perang bantal diatas lumpur
Lomba perang bantal diatas lumpur Gambar via Ytimg.com

Memindahkan bendera kedalam botol
dalam jumlah sebanyak-banyak merupakan perlombaan paling simpel. Hanya
dibutuhkan kecepatan agar dapat memenangkan perlombaan ini. Bagi yang tidak
kuat berlari, mending ikutan aja hitung-hitung untuk program diet berat badan.

Joget balon

Lomba joget balon
Lomba joget balon Gambar via Ytimg.com

Menurut sayapedia, Joget adalah suatu aktifitas mengerakkan anggota tubuh mengikuti irama musik atau lagu. jodet dapat dilakukan oleh siapa saja bahkan balita pun bisa joget dengan gayanya sendiri. Namun joget yang satu ini agak sulit dilakukan karena sambil mengapit balon dengan teman jogetnya, namanya joget balon.

Hampir disetiap tahunnya dikampung ane joget balon ini dilombakan dalam rangka memeriahkan HUT RI. Perlu kekompakan agar balon yang mereka apit tidak melenceng dan lepas, uniknya balon itu sendiri diapit oleh dua orang peserta tepat dimuka posisi berhadapan, asal jangan keras-keras menekannya khawatir meletus bukannya dapat hadiah malah kena musibah.

Memasak

Lomba memasak khusus bapak-bapak
Lomba memasak khusus bapak-bapak Gambar via Ytimg.com

Antusias masyarakat dalam memperingati hari kemerdekaan RI begitu tinggi, berbagai perlombaan digelar bahkan satu pekan sebelum tanggal 17 Agustus. Rangkaian kegiatan perayaan kemerdekaan tersebut puncaknya pada hari H (17 Agustus) dengan mengadakan lomba-lomba inti termasuk didalamnya adalah lomba memasak, hasil masak biasanya dimakan bareng-bareng peserta dengan panitia sekaligus acara penutupan.

Balap egrang

Lomba balap egrang
Lomba balap egrang Gambar via Bintang.com

Egrang merupakan permainan dengan menggunakan galah atau tongkat sebagai pijakan seseorang agar bisa berdiri dalam jarak tertentu di atas tanah. Menurut W.J.S Poerwadarminto (Baosastra Djawa, 1939), egrang-egrangan berarti dolanan atau permainan yang menggunakan batang kayu atau bambu yang diberi pijakan untuk berjalan.

Di Pulau Jawa, permainan egrang banyak dijumpai dan dimainkan layaknya permainan biasa, yaitu
dengan berjalan kaki. Namun di daerah Sulawesi Tengah, egrang biasanya digunakan untuk perlombaan balapan egrang . Tidak hanya sekedar balapan, tapi juga sambil saling menjatuhkan dengan cara memukul kaki egrang lawan.

Permainan ini tersebar di berbagai tempat. namanya pun beragam. Ada Tengkaktengkek (Sumatra Barat), Ingkau (Bengkulu), Jangkungan (Jawa Tengah), Egrang (Lampung), Batungkau (Kalimantan Selatan), Tilako (Sulawesi Tengah), dan sebagainya.

Egrang bisa dimainkan dimana saja. Di lapangan, pantai, dan sebagainya. Peralatan yang digunakan
dalam permainan ini adalah bambu sepanjang 1.5 sampai 2 meter yang diberi lubang pada jarak sekitar 30-50 cm untuk diberi pijakan. Namun ada pula yang melebihkan jarak tersebut menjadi di atas 50 cm.


Nyuwun tempeh

Lomba menyunggi tempeh
Lomba menyunggi tempeh Gambar via Ytimg.com

Berbagai lomba yang diselenggarakan oleh panitia peringatan HUT RI tahun ini, Desa Klampokarum yaitu lomba Nyuwun Tempeh dan Menaruh Caping berkawat menyemarakan peringatan HUT RI ke 72th.

Tampak sekali antusiasme warga untuk mengikuti lomba-lomba tersebut, untuk lomba nyuwun tempeh, peserta terbanyak adalah ibu – ibu yang memang dalam kesehariannya sudah terbiasa berhubungan dengan tempeh. Namun Bapak-bapak juga ikut berpartisipasi di dalamnya. Berbeda dengan lomba caping berkawat yang pesertanya kebanyakan anak – anak dan para pemudi.

Roda tank

Lomba balap roda tank Gambar via Ytimg.com


Lomba balap roda tank Merupakan lomba yang sangat seru, karena dilakukan berkelompok, dan harus kompak untuk mencapai titik finish. Lomba ini menididik untuk menjadikan seseorang yang kompak dan fokus apa yang dikerjakan



Lomba 17 agustusan modern, kreatif dan anti Mainstream


Panjat pisang

Lomba Panjat Pisang
Lomba Panjat Pisang

Gambar via Tribunnews.com

Estafet tepung

Lomba Estafet Tepung
Lomba Estafet Tepung

Gambar via Ytimg.com

Estafet air baskom

Lomba Air Baskom
Lomba Air Baskom

Gambar via Ksh.co.id

Sepeda jalur maut

Lomba Sepeda Jalur Maut
Lomba Sepeda Jalur Maut

Gambar via Blogspot.com

Ninja warior

Gambar via Ytimg.com

Lari pakai muter

Gambar via Ytimg.com

Gendong istri 

Lomba Gendong Istri
Lomba Gendong Istri

Gambar via Ytimg.com

Menangkap bebek / mentok

Lomba Nangkep BEBEK
Lomba Nangkep BEBEK

Gambar via Batumedia.com

Merangkak sambil ngedot

Gambar via Ytimg.com

Sepakbola corong + joget

Gambar via Ytimg.com

Makan mie pedas / asin

Gambar via Ytimg.com

Balap karung ala MotoGP

Gambar via Ytimg.com

Melempar telur, tidak boleh pecah

Lomba Melempar Telur tidak boleh pecah
Lomba Melempar Telur tidak boleh pecah

Gambar via Cnnindonesia.com

Tangga berjalan

Lomba tangga Berjalan

Gambar via Ytimg.com

Balap bangku

Lomba Balap Bangku
Lomba Balap Bangku

Gambar via Ytimg.com

Giring bola pakai terong

Lomba Giring bola Pakai telor

Gambar via Gadingan.net

Ngedot-in suami

Gambar via Ytimg.com

Mengisi baskom pakai agua gelas bocor

Lomba Mengisi baskom pakai aqua gelas bocor
Lomba Mengisi baskom pakai aqua gelas bocor

Gambar via Ytimg.com

Perang jempol kaki

Lomba Perang Jempol Kaki
Lomba Perang Jempol Kaki

Gambar via Tandapagar.com

Tiup bola pingpong dalam gelas

Lomba Tiup Bola pingpong dalam gelas
Lomba Tiup Bola pingpong dalam gelas

Gambar via Ytimg.com

Ngedot ala makan kerupuk

Gambar via Ytimg.com

Lomba lari pakai high heels

Lomba Lari pakai high heels
Lomba Lari pakai high heels

Gambar via Viva.co.id

Lomba makan pisang mata tertutup

Gambar via Ytimg.com

Memindahkan balon dengan cara diapit

Lomba Memindahkan Balon dengan cara diapit
Lomba Memindahkan Balon dengan cara diapit

Gambar via Ytimg.com

Mencium jenis ikan

Lomba Mencium Jenis ikan
Lomba Mencium Jenis ikan

Gambar via Ytimg.com

Melukis kerbau

Lomba Melukis Kerbau
Lomba Melukis Kerbau

Gambar via Liputan6.com

Pindah air pakai sedotan

Lomba Pindahkan air pakai sedotan
Lomba Pindahkan air pakai sedotan

Gambar via Ytimg.com

Pindah air pakai tangan kosong

Lomba Pindahkan air dengan tangan kosong
Lomba Pindahkan air dengan tangan kosong

Gambar via Wordpress.com

Memasukkan benang kedalam jarum

Lomba Memasukan Benang kedalam Jarum
Lomba Memasukan Benang kedalam Jarum

Gambar via Ytimg.com


Lomba mirip pahlawan kemerdekaan

Lomba kreatif, lomba mirip pahlawan kemerdekaan ©nandafebriani96.wordpress.com
Lomba kreatif, lomba mirip pahlawan kemerdekaan ©nandafebriani96.wordpress.com

Salah satu lomba 17 Agustus yang kreatif dan perlu diadakan adalah lomba paling mirip pahlawan. Selain sebagai ajang seru-seruan, lomba ini juga lebih memperkenalkan pahlawan kepada generasi muda, agar mereka lebih mencintai pahlawan lagi.

Di antara hal yang menjadi kriteria dalam penilaian adalah kemiripan fisik, kostum, sikap dan cara bicara dengan seorang pahlawan tertentu yang dia tiru. Hal yang lucu dalam lomba ini adalah ketika ada peserta yang mengaku mirip dengan seorang pahlawan padahal sebenarnya tidak samasekali!

Lomba voli net tertutup

Lomba Voli tertutup ©selipan.com

Lomba 17 Agustus ini cara bermainnya secara teknis tidak jauh berbeda dengan permainan bola voli pada umumnya, hanya saja net yang dipakai tidak pakai jaring tetapi memakai net yang tertutup alias lawan di seberang lapangan tidak kelihatan.

lomba ini sangat-sangat menantang, menguji kekuatan insting. Kita bahkan tidak tau seperti apa formasi lawan di lapangan sebelah, kita hanya siap siaga jika bola masuk ke area lapangan kita.


Lomba merangkak sambil ngedot

Lomba merangkak sambil ngedot ©hipwee.com
Lomba merangkak sambil ngedot ©hipwee.com

Lomba 17 Agustus-an yang paling lucu di antaranya adalah lomba merangkak sambil ngedot. Jika kamu mengira peserta ini adalah bayi yang ngedot atau anak-anak kecil, berarti kamu salah besar. Karena justru peserta utama lomba ini adalah para orang tua, sementara anak-anak hanya sebagai penunggang orang tua mereka. Ngokil dah pokoknya.

Lomba ini menilai siapa yang paling cepat mencapai garis finish tanpa menjatuhkan dotnya dengan keadaan merangkak tentunya.

Lomba tarik tambang

Lomba tarik tambang
Lomba tarik tambang

Nah, jika ada yang merasa kuat, di sinilah tempatnya diadu. Lomba 17 Agustus ini biasanya dalam satu tim beranggotakan lima orang atau lebih.

Ada tips nih, bagi kamu yang akan mengikuti lomba tarik tambang ini, adalah sebuah rahasianya agar menang, yakni dengan menempatkan anggota tim yang paling kuat atau gendut di bagian depan. Coba saja! 😀


So, dari daftar 73 lomba 17 Agustus diatas, manakah yang menurut sobat paling keren dan bagus? Like dan share info dari bospedia.com ini agar banyak yang tahu kalau di Indonesia adalah gudangnya orang-orang kreatif, lucu dan unik!


Baca juga Tentang 17 agustus 1945


Paling banyak dicari
  • lomba 17 agustus yang menarik
  • macam macam lomba 17 agustus yang lucu
  • video lomba 17 agustus unik
  • lomba 17 agustus lucu
  • lomba 17 agustus yang mendidik
  • lomba 17 agustus lucu bikin ngakak
  • inspirasi lomba 17 agustus
  • lomba 17 agustus kocak