Lengkap - 80+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

80+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Sahabat bospedia dimana saja berada, pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi contoh soal untuk adik adik yang sedang duduk dibangku kelas 11 SMA/MA, Soal ini merupakan soal untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia yang terdiri dari 80 Soal pilihan ganda. Oiya  Kehadiran kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya, yakni Kurikulum 2006 atau KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) telah membawa perubahan yang mendasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Pada Kurikulum 2006, mata pelajaran Bahasa Indonesia lebih mengedepankan pada keterampilan berbahasa (dan bersastra), sedangkan dalam Kurikulum 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan menalar. Perubahan ini terjadi dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa kemampuan menalar peserta didik Indonesia masih sangat rendah. Hal ini diketahui dari studi Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) tahun 2011, hanya lima persen peserta didik Indonesia yang mampu memecahkan persoalan yang membutuhkan pemikiran, sedangkan sisanya 95 persen hanya sampai pada level menengah, yaitu memecahkan persoalan yang bersifat hapalan. Ini membuktikan, bahwa pendidikan Indonesia baru berada pada tatanan konseptual. Untuk itu, pembelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu solusi, yaitu dengan menjadikan bahasa sebagai penghela ilmu pengetahuan dan pembelajaran berbasis teks.

80+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
80+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013

Pembelajaran bahasa indonesia disuguhakan pada peserta didik bertjuan untuk melatih peserta didik terampil berbahasa dengan menuangkan ide dan gagasanya secara kreatif dan kritis. Namun kenyataannya banyak guru terjebak dalam tatanan konsep sehingga pembelajaran cenderung membahasa teori-teori bahasa. Sebagaimana yang dikemukakan Slamet (2007: 6), bahwa pengajaran bahasa Indonesia adalah pengajaran keterampilan berbahasa bukan pengajaran tentang kebahasaan. Teori-teori bahasa hanya sebagai pendukung atau penjelas dalam konteks, yaitu yang berkaitan dengan keterampilan tertentu yang tengah diajarkan.


Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA



80+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


1. Bacalah pernyataan berikut!
(1) Memiliki tempat persemaian
(2) Membuat bedeng persemaian
(3) Memberi atap tempat persemaian
(4) Menyemai benih
(5) Pemeliharaan benih
Bagian inti dari langkah pembibitan tanaman adalah ….
a. (1),(2),(5)
b. (1),(4),(5)
c. (2),(4),(5)
d. (2),(3),(5)
e. (2),(3),(5)
Jawaban: a. (1),(2),(5)
Pembahasan:
Langkah-langkah tersebut termasuk teks prosedur, inti dari teks prosedur adalah jawaban a.

2. Perhatikan kutipan teks prosedur kompleks berikut!
Ingin menanam pohon buah, tetapi tidak memiliki lahan Anda bisa mencoba sistem tabulapot (tanaman buah dalam pot). Tekniknya cukup sederhana dan mudah diaplikasikan. Tanaman pun lebih cepat berbuah. Pertama, siapkan media tanamanya berupa tong atau pot da nisi dengan tanah yang telat dicampur oleh kompos ….
Jika teks tersebut Anda ubah menjadi penggalan drama, maka tempat yang tepat untuk dijadikan latar adalah ….
a. kelas
b. kantin
c. kebun
d. pasar
e. laboratorium
Jawaban: c. kebun
Pembahasan:
Salah satu unsur intrinsik yang wajib dimasukan dalam prosa/narasi adalah latar. Latar adalah pendeskripsian keadaan tempat, waktu dan suasana. Latar tempat adalah di mana peristiwa terjadi. Jika teks prosedur tersebut bertemakan proses menanam buah dalam pot latar tempat yang paling cocok ada pada kebun.

3. Perhatikan drama pendek berikut!
Bimo : “San, kamu jadi ikut program magister di UI?”
Sandi : “Jadi, kenapa memangnya?”
Bimo : “Saya udah daftar tapi bingung bayarnya ….”
Sandi : “Bayar di atm aja lebih simpel gak pake antre.”
Bimo : “ Oh bisa ya?”
Sandi : “Nah, cara pembayaran melalui ATM itu lebih mudah, pertama masuk ke menu Transaksi      Lainnya, lalu pilih menu Pembayaran, pilih menu Pendidikan, setelah itu kamu masukan nomor pelanggan.”
Bimo : “Nomor pelanggan maksudnya?”
Sandi : “Masukan kode institusi dan nomor registrasi. Contohnya, kode UI itu 050 dan setelah itu masukkan nomor registrasi kamu …. Setelah itu, ikuti petunjuknya saja … gampang kan?”
Judul teks prosedur kompleks yang tepat berdasarkan dialog drama tersebut adalah ….
a. Tata Cara Pendaftaran Program Magister UI
b. Prosedur Registrasi Ujian UI
c. Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister UI via ATM
d. Tata Cara Membuka Rekening di Bank
e. Tata Cara Pembayaran Registrasi Program Magister UI
Jawaban: c. Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister UI via ATM
Pembahasan:
Judul teks procedural kompleks dapat dilihat dari tujuan dan langkah-langkah yang muncul dalam drama di atas. Tujuan prosedur kompleks pada drama tersebut muncul pada dialog tuturan ketiga sandi, yaitu mudahnya melakukan pembayaran registrasi program magister SIMAK melalui ATM BNI. Dengan demikian, judul yang tepat adalah Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister SIMAK UI via ATM.

4. Berikut pernyataan yang tepat terkait langkah mengubah teks prosedur kompleks menjadi bentuk drama, kecuali ….
a. Menyiapkan tokoh-tokoh yang akan berperan dalam drama berdasarkan jumlah partisipan
b. Menyusun diaog secara sistematis berdasarkan sifat teks prosedur kompleks
c. Mengemas kalimat dialog agar bernuansa satire dan menghibur
d. Menentukan latar yang sesuai dengan tema dan tujuan teks prosedur kompleks
e. Menciptakan lakuan-lakuan yang disesuaikan dengan langkah-langkah pada teks prosedur kompleks
Jawaban: c. Mengemas kalimat dialog agar bernuansa satire dan menghibur
Pembahasan:
Untuk menciptakan drama berdasarkan teks prosedur kompleks, hal pertama yang kita perlukan adalah tokoh yang akan kita sesuaikan dengan partisipan pada prosedur kompleks. Hal kedua adalah menciptakan dialog yang sistematis. Kemudian, kita buat lakukan yang kita ambil berdasarkan langkah di dalam teks prosedur kompleks. Terakhir, ciptakan latar yang sesuai.

5. Dalam mengabstraksi teks prosedur kompleks, hal yang harus tetap dipertahankan adalah ….
a. mempertahankan bahasa yang digunakan
b. mempertahankan struktur isi dan kaidah kebahasaan
c. mempertahankan bagian-bagian teks prosedur
d. mempertahankan judul teks
e. mempertahankan efektivitas bahasa teks
Jawaban: b. mempertahankan struktur isi dan kaidah kebahasaan.
Pembahasan:
Mengabstraksikan bisa dikatakan juga sebagai merangkum teks. Dalam mengabstraksikan, hal yang tetap harus diperhatikan adalah bagian-bagian dari teks itu sendiri serta kekhasannya. Dalam hal ini, hal harus diperhatikan antara lain struktur isi dan kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks.

6. Perhatikan paragraph berikut!
Inilah beberapa kiat atau cara untuk membuat status yang berkualitas di media sosial. Harap dierhatikan, isi status seseorang sebenarnya menggambarkan kepribadiaan pemiliknya! Hal yang menarik saat ini adalah banyak perusahaan menjadikan status seseorang di media sosial sebagai daftar riwayat hidup pemiliknya. Perusahaan juga dapat mengetahui etos kerja dan karakter pemiliknya. Oleh sebab itu, sejak sekarang, isi status tersebut dengan hal yang bermanfaat dan berkualitas!.
Kutipan tersebut menginformasikan tentang ….
a. manfaat status di media sosial
b. status adalah gambaran pribadi pemiliknya
c. status adalah riwayat hidup pemiliknya
d. cara menjaga status di media sosial agar berkualitas
e. status harus meningkatkan kualitas pemiliknya
Jawaban: a. manfaat status di media sosial
Pembahasan:
Informasi merupakan sekumpulan data atau fakta yang diorganisasi diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima. Data yang telah diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi si penerima maksudnya yaitu dapat memberikan keterangan atau pengetahuan. Informasi yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah jawaban a.

Cermatilah teks prosedur berikut untuk menjawab nomor 7 dan 8!
Proses pembuatan nata de coco
1. Saringlah air kelapa menggunakan saringan halus! Ini untuk menghilangkan, pecahan tempurung, serat sabut, atau kotoran lainnya.
2. Panaskan air kelapa tadi selama 30 menit!
3. Selama pemanasan berlangsung, masukan bahan tambahan lainnya!
4. Sebelum pemanasan selesai tambahkan asam cuka hingga mencapai PH tertentu!
5. Pemanasan harus berhenti jika sudah mencapai pH yang dimaksud!

7. Kelompok kata kerja imperatif adalah ….
a. saringan, pemanasan, berhenti
b. tambahkan, panaskan, ,masukkan
c. mencapai, berlangsung, menghilangkan
d. saringan, berlangsung, mencapai
e. pemanasan, masukkan, mencapai
Jawaban: b. tambahkan, panaskan, masukkan
Pembahasan:
Imperatif adalah kata yang memiliki makna memerintah, dalam teks tersebut dapat diketahui dengan imbuhan partikel-kan.

8. Urutan langkah-langkah yang benar pembuatan nata de coco dari air kelapa adalah ….
a. pendidikan, pewadahan, penyaringan, pendinginan, penutupan
b. penyaringan, pendidihan, pewadahan, penutupan, pendinginan
c. penutupan, penyaringan, pendidihan, pendinginan, pewadahan
d. pewadahan, penutupan, penyaringan, pendidihan, pendinginan
e. pendinginan, pewadahaan, penyaringan, pendidihan, penutupan
Jawaban: b. penyaringan, pendidihan, pewadahan, penutupan, pendinginan
Pembahasan:
Teks tersebut termasuk teks prosedur yaitu cara pembuatan nata de coco. Nata de coco yang sesuai dengan urutan adalah jawaban b.

9. Baca cermat langkah-langkah pembuatan keripik pisang berikut!
(1) Perendaman.
(2) Pemilihan bahan.
(3) Pengupasan.
(4) Penggorengan.
(5) Perajangan/ Pemotongan.
Urutan langkah yang tepat adalah ….
a. (1), (2), (3), (5), (4)
b. (2), (1), (3), (4), (5)
c. (2), (3), (5), (1), (4)
d. (5), (1), (2), (3), (4)
e. (2), (3), (1), (4), (5)
Jawaban: c. (2), (3), (5), (1), (4)
Pembahasan:
Langkah-langkah tersebut termasuk pada teks prosedur, langkah-langkah tersebut yang benar adalah sebagai berikut.
(2) Pemilihan bahan.
(3) Pengupasan.
(5) Perajangan/ Pemotongan.
(1) Perendaman.
(4) Penggorengan.

10. Perhatikan kutipan drama dibawah ini!
A. Sato : “Eh, Budi, ada apa Bud?
    Tumben sore-sore kemari?”
B. Budi : “To, ada waktu ga? Minta ajarin melukis di atas kanvas dengan cat minyak di atas kanvas        dengan cat minyak dong!”
C. Sato  : “Melukis di atas kanvas itu mengasyikkan Bud. Teknik yang digunakan untuk melukis di kanvas dengan cat minyak juga gak sulit kok, hanya butuh kesabaran dan ketelatenan walau dibutuhkan keberaniaan dalam aplikasi warna tertentu.”
D. Budi : “Ah, masak sih? Keliatannya sulit? Jadi tambah penasaran nih .. saya sudah siapkan semua peralatannya nih, kuas, palet, pensil gambar, penghapus, cat minyak … udah semua kan? Atau ada yang kurang?”
E. Sato : “Udah semua kok. Nah, pertama kamu coba gambar dulu sketsanya di kanvas. Jangan terlalu tebal biar nanti pas dicat tidak terlalu kelihatan garis. Kalau sketsa sudah jadi, coba, kamu mulai lakukan campuran warna. Ada teknik dalam mencampur warna ….”
Bagian yang menunjukkan tujuan prosedur kompleks ada pada ….
a. a
b.b
c. c
d. d
e.e
Jawaban: c. c
Pembahasan:
Tujuan adalah hasil akhir yang akan dicapai setelah kita melakukan urutan langkah-langkah dalam teks prosedur kompleks. Berdasarkan drama tersebut , tujuan teks prosedur kompleks adalah mampu menciptakan lukisan di atas kanvas dengan menggunakan cat minyak.tujuan pada penggalan drama di atas muncul pada bagian C.

11. Kalimat yang mengandung perintah dalam teks prosedur adalah kalimat ….
a. imperatif
b. interigatif
c. baku
d. tanya
e. ke Satu
Jawaban: a. imperatif
Pembahasan:
Kalimat imperatif adalah kalimat yang mengandung unsur perintah..

12. Cermatilah teks berikut!
Batang pisang dikerap cukup dalam, kemudian batang pisang dirobohkan pelan-pelan. Caranya, salah satu pelepah daunnya ditarik sampai hampir roboh. Tandanya pisang jangan sampai membentur tanah agar tidak trusak. Sebelum tandan dekat ke tanah, ujung tandan dipegang dengan tangan atau disangga dengan alat yang telah disediakan.
Kutipan tersebut merupakan bagian dari ….
a. cara memanen buah pisang
b. cara memanfaatkan buah pisang
c. tanda-tanda buah pisang siap panen
d. buah pisang sebagai bahan keripik pisang
e. manfaat buah pisang selain sebagai buah meja
Jawaban: a. cara memanen buah pisang
Pembahasan:
Teks diatas termasuk dalam teks prosedur, teks tersebut menceritakan bagaimana cara memanen buah pisang dengan baik dan benar.

13. Bacalah teks prosedur berikut!
Daun cincau disiapkan di ember, lalu siram dengan air mendidih. Selama penyiraman dengan air mendidih daun diaduk-aduk dengan alat agar terjadi proses pelayuan yang merata. Air mendidih ini akan membuat daun yang semula keras dan kaku menjadi lemas dan tidak mengkilat. Air panas juga membantu proses penguapan, sehingga mengurangi aroma daun cincau.
Kutipan tersebut adalah bagian isi yang menjelaskan tentang ….
a. pemilihan bahan pembuatan cincau
b. bahan-bahan pembuatan cincau
c. salah satu langkah pembuatan cincau
d. perlengkapan untuk pembuatan cincau
e. manfaat ekonomis pembuatan cincau
Jawaban: c. salah satu langkah pembuatan cincau
Pembahasan:
Teks tersebut termasuk dalam teks prosedur, teks tersebut menceritakan bagaimana langkah pembuatan cincau.

14. Baca dengan cermat kutipan tersebut!
Rebuslah air bersih secukupnya sampai mendidih! Setelah itu, celupkan daun jeruk purut  beberapa saat agar daun itu menjadi lunak! Lalu, angkatlah daun jeruk purut itu dan tiriskan! Tumbuk selembar daun pandan dan diberi air matang! Setelah itu, peraslah untuk diambil airnya!
Kata-kata yang bermakna perintah adalah ,…
a. rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah
b. secukupnya, beberapa, menjadi, mendidih
c. rebuslah, beberapa, menjadi, diberi
d. tiriskan, menjadi, beberapa, selembar
e. selembar, pandan, peraslah, beberapa
Jawaban: a. rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah
Pembahasan:
Kalimat perintah biasanya menggunakan partikel -lah dalam teks tersebut yang menggunakan partikel      -lah adalah  rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah.

15. Cermatilah teks berikut!
Siapkan baskom yang sudah dibersihkan! Cucilah daun cincau hijau yang baru dipetik, masukan dalam baskom! Kemudian lumatkan dengan tangan yang sudah bersih! Sambil dilumatkan, berilah air matang sedikit demi sedikit, kemudian diremas, sehingga terasa lekat di tangan! Campurkan irisan daun pandan sewaktu pelumatan! Setelah terbentuk galatin (cairan kental) disaring dan ditampung pada panic yang telah disiapkan. Pelumasan dan penyaringan diteruskan hingga gelatin tidak lekat lagi.
a. kemudian, sehingga, dan
b. siapkan, masukkan, campurkan
c. kemudian, siapkan, disaring
d. setelah, campurkan, ditampung
e. campurkan, dan, disiapkan
Jawaban: a. kemudian, sehingga, dan
Pembahasan:
Kata hubung dapat disebut dengan kata hubung, kata yang hubung yang tepat dalam teks tersebut kemudian, sehingga, dan.

16. Teks prosedur kompleks memiliki struktur, yaitu
a. judul-tujuan-langkah langkah
b. judul-langkah langkah-tujuan
c. judul-langkah langkah
d. langkah langkah-tujuan
e. tujuan-langkah langkah
Jawaban: a. judul-tujuan-langkah langkah
Pembahasan:
Teks prosedur berisi tentang langkah membuat atau melakukan sesuat. Struktur teks prosedur adalah judul-tujuan-langkah langkah.

17. Dalam teks prosedur kompleks, hasil akhir yang akan dicapai terdapat dalam bagian ….
a. langkah langkah
b. tujuan
c. orietasi
d. abstrak
e. koda
Jawaban: b. tujuan
Pembahasan:
Tujuan berisi hasil yang dicapai dalam sebuah teks, jika tujuan teks tidak tercapai maka teks tersebut dapat dikatakan teks tanpa penyelesaian.

18. Berikut yang bukan merupakan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks adalah ….
a. memiliki struktur “tujuan langkah-langkah
b. menggunakan verbal material
c. lucu dan menarik
d. menggunakan kalimat imperative
e. menggunakan kalimat partisipan manusia
Jawaban: c. lucu dan menarik
Pembahasan:
Berikut ciri kebahasaan teks prosedur adalah memiliki “struktur tujuan langkah-langkah, menggunakan verba material, menggunakan kalimat imperative menggunakan kalimat partisipan manusia.

19. Di dalam teks prosedur kompleks terdapat dua verbal yaitu ….
a. verbal material dan kebiasaan
b. verbal nonmaterial dan tingkah laku
c. verbal material dan tingkah laku
d. verbal antisipasif  dan kopulatif
e. verbal tingkah laku dan lain-lain
Jawaban: c. verbal material dan tingkah laku
Pembahasan:
Verba material merupakan yang mengacu pada tindakan fisik sedangkan verba tigkah laku adalah tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.

20. Cermatilah teks berikut!
Tanaman selada sebenarnya tahan dalam keadaan segar selama beberapa waktu. Dengan catatan, pada saat menyimpan sebaiknya di tempat yang dingin. Caranya tempat itu ditaburi butiran atau remukan es.
Pernyataan di atas adalah tahap kegiatan yang disebut ….
a. pembersihan
b. pengelompokkan
c. pengemasan
d. penyimpanan
e. pemasaran
Jawaban: d. penyimpanan
Pemasaran:
Teks diatas teks prosedur, teks prosedur berisi tentang langkah-langkah pernyataan tersebut adalah tahap kegiatan adalah penyimpanan.

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab nomor 21-22!

Musim kemarau atau musim kering adalah musim di daerah tropis yang dipenuhi oleh system muson. Untuk dapat disebut musim kemarau, curah hujan per bulan harus di bawah 60 mm per bulan (20 mm per dasarian) selama tiga dasarian berurut-turut. Wilayah tropika di Asia Tenggara dan Asia Selatan, Australia bagian timur laut, Afrika dan sebagian Amerika Selatan mengalami musim ini. Musim kemarau adalah pasangan dari musim penghujan dalam wilayah dwimusim. Musim kemarau panjang adalah musim kemarau yang sangat panas dalam jangka waktu yang panjang. Gejala ENSO dikenal dapat memperpanjang durasi musim ini sehingga mengakibatkan kekeringan berkepanjangan.

21. Paragraf  tersebut merupakan bagian dari struktur teks eksplanasi yang merupakan bagian ….
a. pernyataan umum
b. deretan penjelas
c. interpretasi
d. tesis
e. orientasi
Jawaban: a. pernyataan umum
Pembahasan: dalam paragraf tersebut termasuk dalam teks eksplanasi yaitu pada bagian penyataan umum.

22. Wilayah yang tidak mengalami musim kemarau adalah ….
a. Asia Tenggara
b. Asia Selatan
c. Afrika
d. Amerika Utara
e. Indonesia
Jawaban: d. Amerika Utara
Pembahasan: dalam paragraf tersebut wilyah yang tidak mengalami musim kemarau adalah amerika utara.

23. Urutan struktur teks eksplanasi yang tepat adalah ….
a. deretan penjelas, pernyataan umum, interpretasi
b. pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi
c. pernyataan umum, interpretasi, deretan penjelas
d. interpretasi, deretan penjelas, pernyataan umum
e. pernyataan umum, interpretasi, koda
Jawaban: b. pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi
Pembahasan:
Pada sebuah teks eksplanasi akan kelihatan adanya keterkaitan yang tidak terlepaskan antara satu kejadian dengan kejadian lain sebelum dan sesudahnya. Secara umum teks eksplanasi disusun dengan struktur yang terdiri atas tiga bagian yaitu pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi.

24. Perhatikan kerangka teks eksplanasi berikut!
(1) Proses terjadinya gempa bumi
(2)  Penyebab terjadinya gempa bumi
(3) Definisi gempa bumi
(4) Akibat gempa bumi
(5) Simpulan gempa bumi
Jika dikembangkan menjadi sebuah teks eksplanasi, urutan kerangka yang tepat adalah ….
a. (3), (1), (2), (4), (5)
b. (!), (2), (3), (4), (5)
c. (3), (4), (1), (5), (2)
d. (2), (4), (5), (1), (3)
Jawaban: a. (3), (1), (2), (4), (5)
Pembahasan:
Teks eksplanasi adalah teks yang memaparkan suatu kejadian yang sedang terjadi urutan yang tepat adalah jawaban a.

Bacalah teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal nomor 25-27!
(1) Dengan tenaga yang besar dalam gelombang air tersebut, sangat wajib kita bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudah.
(2) Gelombang tsunami ini merambat dengan kecepatan yang tak terbayangkan.
(3) Gelombang tersebut bisa mencapai 500 sampai 30 kilometer per jam dilautan.
(4) Pada saat mencapai bibir pantai, kecepatannya tersebut sudah bisa menyebabkan kerusakan yang parah.

25. Kalimat yang merupakan pendapat dinyatakan pada nomor ….
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)
e. (1) dan (5)
Jawaban: a. (1) dan (2)
Pembahasan:
Opini atau pendapat adalah perkiraan, pikiran, atau tanggapan tentang suatu hal (seperti orang atau peristiwa). Opini atau pendapat yang ada dalam teks tersebut adalah jawaban a

26. Kalimat pada teks eksplanasi di atas yang mempunyai unsur kausalitas (sebab-akibat) adalah nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: e. (5)
Pembahasan:
Unsur kausatif adalah bentuk verba yang menyatakan. Sebab atau menjadikan unsur kausatif dalam teks tersebut adalah jawaban e.

27. Kalimat pada teks eksplanasi di atas yang mempunyai konjungsi syarat adalah nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: a. (1)
Pembahasan:
Konjungsi syarat menjelaskan bahwa suatu hal dapat terjadi bila syarat-syarat yang disebutkan itu dipenuhi. Kata-kata yang menyatakan hubunagn ini adalah jika, jikalau, apabila, asalkan, kalau, dan bilamana.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 28-30!
Akhir-akhir ini, istilah gempa bumi sering dibicarakan oleh banyak orang. Sepanjang abad 20 dan 2, gempa telah mengakibatkan banyak kematian dan kerugian material yang sangat besar. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa tak pernah ada peristiwa alam lain dalam sejarah yang berpengaruh langsung pada manusia, selain gempa bumi. Bencana gempa bumi telah menjadi peristiwa yang sangat ditakuti.

28. Berdasarkan strukturnya, teks eksplanasi di atas merupakan bagian ….
a. kronologis (urutan peristiwa)
b. penyebab maupun akibat
c. pengenalan objek
d. asal usul peristiwa
e. kesimpulan
Jawaban: c. pengenalan objek
Pembahasan:
Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan mengenai suatu fenomena yang ada di dunia. Fenomena tersebut dapat berupa fenomena alam dan fenomena sosial.

29. Kata penunjuk waktu pada teks eksplanasi di atas adalah ….
a. oleh karena itu
b. akhir-akhir ini
c. mengakibatkan
d. peristiwa
e. dalam sejarah
Jawaban: b. akhir-akhir ini
Pembahasan:  kata penunjuk waktu merupakan kata yang berkaitan dengan waktu.

30. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks di atas adalah ….
a. Gempa bumi adalah peristiwa alam yang berpengaruh langsung pada manusia
b. Gempa bumi di dasar laut bisa menyebabkan tsunami
c. Bencana gempa bumi telah menjadi peristiwa yang sangat ditakuti
d. Sepanjang abad 20 dan 21, gempa telah mengakibatkan banyak kematian
e. akhir-akhir ini, istilah gempa bumi sering dibicarakan oleh banyak orang
Jawaban: b. Gempa bumi di dasar laut bisa menyebabkan tsunami
Pembahasan: pernyataan yang ada dalamteks tersebut adalah jawaban a, c, d, e

31. (1) Agar selalu terhindar dari bencana alam gempa bumi
    (2) Penduduk dekat gunung berapi harus selalu waspada
    (3) Gempa bumi sering terjadi di daerah gunung yang berapi
    (4) Gempa bumi adalah getaran yang terjadi karena pergerakan lapisan bumi
Urutan kalimat tersebut yang tepat adalah ….
a. (4), (3), (2), (1)
b. (3), (2), (4), (1)
c. (1), (3), (2), (4)
d. (1), (2), (3), (4)
e. (2), (1), (3), (4)
Jawaban: a. (4), (3), (2), (1)
Pembahasan:
Urutan yang benar pada kalimat-kalimat tersebut adalah 4, 3, 2, 1

32. Kata material di atas bermakna ….
a. gedung-gedung
b. bahan bangunan
c. rumah
d. harta benda
e. kerusakan tanah
Jawaban: d. harta benda
Pembahasan:
Kata kerja material adalah kata kerja (verba) yang menunjukan aktifitas fisik yang dapat dilihat secara nyata.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 33-35!

Bioteknologi berasal dari istilah latin bio (hidup), teknos (teknologi, pencapaian), dan logos (ilmu). Bioteknologi kemudian diartikan sebagai ilmu terapan yang menerapkan prinsip-prinsip sains dan teknologi terhadap serangkaian proses biologis untukmenghasilkan barang dan jasa. Dewasa ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimia, komputer, biologi, molekuler, mikrobiologis, genetika, kimia, matematika, dan lainnya.

33. Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah ….
a. Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi
b. Bioteknologi bertujuan untuk mencari keuntungan
c. Bioteknologi merupakan penerapan teknologi terhadap proses biologis
d. Perkembangan bioteknologi selalu didasari oleh peristiwa biologis
e. Bioteknologi bukan ilmu murni
Jawaban: c. Bioteknologi merupakan penerapan teknologi terhadap proses biologis
Pembahasan: sebuah pernyataan dalam sebuah teks harus sesuai dengan isi dalam teks tersebut

34. Tanggapan yang sesuai dengan teks di atas adalah ….
a. Istilah bioteknologi berasal dari bahasa Latin
b. Perkembangan bioteknologi seiring dengan perkembangan teknologi komputer
c. Teknologi sangat dibutuhkan dalam mengembangkan ilmu
d. Bioteknologi hanya bisa diterapkan pada tumbuhan dan hewan
e. Bioteknologi sudah semestinya diterapkan untuk kemaslahatan orang banyak
Jawaban: e. Bioteknologi sudah semestinya diterapkan untuk kemaslahatan orang banyak
Pembahasan: Tanggapan adalah pendapat atau reaksi seseorang setelah melihat, mendengar ataupun merasakan sesuatu. Tanggapan dapat berupa persetujuan, sanggahan, pertanyaan atau pendapat. Semua tanggapan harus disampaikan dengan sopan.

35. Paragraf diatas menggunakan pola pengembangan ….
a. definisi
b. contoh
c. proses
d. klasifikasi
e. kronologis
Jawaban: a. definisi
Pembahasan: kalimat definisi adalah suatu kalimat yang memberikan penjelasan umum tentang suatu benda hal, aktivitas, dan lain lain.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 36-37!
(1) Gempa yang terjadi dalam perut bumi akan mengakibatkan munculnya tekanan ke arah vertikal sehingga dasar lautan akan naik dan turun dalam rentang waktu yang singkat.
(2) Hal ini kemudian akan memicu ketidakseimbangan pada air lautan yang kemudian terdorong menjadi gelombang besar yang bergerak mencapai wilayah daratan.

36. Teks eksplanasi di atas adalah ….
a. penyebab gempa
b. penyebab terjadiya tsunami
c. akibat tsunami
d. akibat gempa
e. proses terjadinya laut
Jawaban: b. penyebab terjadiya tsunami
Pembahasan: teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang paparan suatu fenomena alam. Teks eksplanasi di atas menjelaskan mengenai penyebab terjadinya tsunami.

37. Maksud kata Hal ini pada kalimat (2) adalah ….
a. naik dan turunnya dasar laut
b. tekanan ke arah vertikal dalam perut bumi
c. gempa
d. tsunami
e. gelombang besar yang bergerak
Jawaban: a. naik dan turunnya dasar laut
Pembahasan: Hal ini merupakan kata hubung yang naik dan turunnya dasar laut.

Bacalah teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal nomor 18-20!
Pembagian flora dan fauna di Indonesia didasarkan pada faktor geologi. Secara geologis, pulau-pulau di Indonesia bagian barat pernah menyatu dengan benua Asia. Sedangkan pulau-pulau di Indonesia bagian timur pernah menyatu dengan benua Australia.

38. Kalimat yang tepat untuk ditempatkan sebagai kelanjutan teks tersebut adalah
a. Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna melebihi wilayah manapun di dunia
b. kedua wilayah tersebut memiliki flora dan fauna yang sangat berbeda
c. Oleh karena itu, Indonesia memiliki dua kelompok flora dan fauna yang jauh berbeda
d. Penyatuan kedua wilayah itu diprediksi akan terjadi lagi pada abad-abad mendatang
e. Perlu ada perhatian serius untuk melindungi flora dan fauna di kedua wilayah itu
Jawaban: b. kedua wilayah tersebut memiliki flora dan fauna yang sangat berbeda
Pembahasan: kalimat yang baik yang dapat dihubungkan dengan teks tesebut harus memiliki kesinambungan dengan teks sebelumnya.

39. Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ….
a. Apakah faktor geologis memengaruhi jenis flora dan fauna?
b. Mengapa pulau-pulau di Indonesia bagian barat pernah menyatu dengan benua Asia?
c. Mengapa pulau-pulau di Indonesia bagian timur pernah menyatu dengan benua Australia?
d. Apakah benua Australia dan Asia pernah menyatu?
e. Apa pengertian flora dan fauna?
Jawaban: a. Apakah faktor geologis memengaruhi jenis flora dan fauna?
Pembahasan: pernyataan yang sesuai dengan teks di atas harus sesuai dengan isi dalam teks tersebut.

40. Aspek yang dapat dinilai terhadap laporan hasil analisis teks eksplanasi adalah kecuali ….
a. kelengkapan bagian-bagian laporan
b. ketetapan isi pembahasan
c. kebakuan kata
d. kebakuan ejaan/ tanda baca
e. jumlah halaman
Jawaban: e. jumlah halaman
Pembahasan: teks eksplanasi adalah teks yang memaparkan suatu fenomena.

Lanjut ke soal penilaian tengah semester => Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

Bacalah teks berikut untuk menjawab nomor soal 41-45!

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Yang kami hormati bapak dan ibu serta para hadirirn sekalian yang berbahagia.
Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini. Salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw, karena beliau menyiarkan agama yang haq, yakni agama islam, agama yang diridai oleh Allah swt. Semoga kita sekalian termasuk ke dalam umat-Nya yang diberkahi. Amin ya rabbal alamin.

Hadirin sekalian yang berbahagia!
Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sanak saudara, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah di antara kita saling tolong-menolong, dan kasih sayang. Sehngga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, akan mendapatkan haq-Nya.

41. Teks tersebut termasuk teks ….
a. ceramah
b. eksplanasi
c. eksposisi
d. prosedur
e. deskripsi
Jawaban: a. ceramah
Pembahasan:
Teks ceramah berisi tentang nasehat-nasehat atau petunjuk dan menggunakan bahasa yang santun.

42. Salam pembuka di tandai dengan kalimat ….
a. Assalamu’alaikum Wr. Wb
b. Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt.
c. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw.
d. Dirasa amat penting sekali jiwa social untuk diterapkan dilingkungan keluarga.
e. Karena dengan jiwa sosial
Jawaban: a. Assalamu’alaikum Wr. Wb
Pembahasan:
Salam pembuka yaitu salam yang digunakan untuk membuka pidato, misalnya assalamualaikum, salam sejahtera, dan selamat pagi.

43. Perhatikan kalimat berikut!
Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan karuniaNya kita bisa berkumpul di sini.
Kalimat tersebut termasuk ….
a. salam pembuka
b. ucapan terima kasih
c. pengenalan topik
d. tema
e. judul
Jawaban: b. ucapan terima kasih
Pembahasan:
Ucapan terima kasih, yaitu kalimat yang menyatakan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang terkait dengan berlangsungnya ceramah. Misalnya ungkapan syukur kepada tuhan dan ucapan terimakasih kepada juri atau tamu undangan.

44. Tema kutipan teks tersebut adalah ….
a. jiwa sosial
b. orang tua
c. kasih sayang
d. keadilan
e. keburukan
Jawaban: a. jiwa sosial
Pembahasan: tema adalah gagasan pokok dalam sebuah cerita atau teks.

45. Kutipan teks tersebut termasuk struktur bagian ….
a. pendahuluan
b. isi
c. penutup
d. interpretasi
e. orientasi
Jawaban: a. pendahuluan
Pembahasan:
Teks tersebut termasuk dalam struktur teks ceramah yaitu pendahuluan yang berisi salam pembuka, ucapan terimakasih, pengenalan topic, tema atau judul.

46. Perhatikan kalimat berikut!
Selamat pagi, audien yang saya hormati dan saya cintai.
Kalimat tersebut termasuk pada struktur bagian ….
a. pendahuluan
b. isi
c. penutup
d. orientasi
e. abstrak
Jawaban: a. pendahuluan
Pembahasan:
Struktur teks ceramah adalah pendahuluan, isi dan penutup. Struktur teks ceramah tersebut adalah bagian pendahuluan.

47. Bacalah teks berikut!
Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah swt. Atas segala nikmat-Nya yang telah diberikan kepada kita semua. Nikmat sehat, nikmat taufik hidayah inayah, dan nikmat yang paling besar adalah nikmat iman dan islam. Salawat serta salam tak lupa kita sanjungkan keharibaan nabi besar Muhammad saw.
Teks di atas termasuk pendahuluan yang berupa ….
a. salam pembuka
b. ungkapan terimakasih
c. judul
d. tema
e. pengenalan topik
Jawaban: b. ungkapan terimakasih
Pembahasan:
Ucapan terimakasih yaitu kalimat yang menyatakan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang terkait dengan berlangsungnya ceramah. Misalnya ungkapan syukur kepada Tuhan dan ucapan terima kasih kepada juri atau tamu undangan.

48. Sesuatu yang tidak perlu disebutkan dalam ceramah adalah ….
a. topik
b. tema
c. judul
d. materi
e. opini
Jawaban: e. opini
Pembahasan:
Pengenalan topic, tema atau judul pada bagian pendahuluan, topik, tema, atau judul ceramah perlu disebutkan sebelum masuk ke dalam materi pokok.

49. Poin yang harus ada dalam penutup, kecuali ….
a. kesimpulan
b. ungkapan penutup
c. ungkapan terima kasih
d. ungkapan pembuka
e. salam penutup
Jawaban: d. ungkapan pembuka
Pembahasan:
Dalam penutup terdapat poin-poin yang mendukung, antara lain:
a. Kesimpulan materi yang telah disampaikan
b. Ungkapan penutup, misalnya ungkapan terima kasih atas perhatian yang diberikan dan permohonan maaf jika terdapat kesalahan.
c. salam penutup.

50. Berikut ungkapan penutup yang tepat adalah ….
a. Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf. Kesempurnaan milik Allah, kesalahan milik saya.
b. Dalam ayat tersebut Allah menjelaskan kepada orang-orang yang beriman bahwa Allah akan selalu beserta mereka yang menjadikan sabar dan shalat sebagai penolong.
c. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
d. Selamat pagi, audiens yang saya hormati dan saya cintai.
e. Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah swt. Atas segala nikmatnya yang telah diberikan kepada kita semua.
Jawaban: a. Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf. Kesempurnaan milik Allah, kesalahan milik saya.

Bacalah teks ceramah berikut untukmenjawab nomor 51-52!

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang “sabar”  Sabar berasal dari kata “sobaro-yasbiru” yang artinya menahan. Menurut istilah, sabar adalah menahan diri dati kesusahan dan menyikapinya sesuai syariah dan akal, menjaga lisan dari celaan, dan menahan anggota badan dari perbuatan dosa. Sabar adalah pilar kebahagian seorang hamba, karena dengan kesabaran seseorang akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan. Sabar merupakan ajaran yang banyak sekali disinggung dalam Al-Qur’an maupun hadis, sehingga manusia senantiasa diarahkan untuk selalu bersabar dalam kehidupannya. Kesabaran yang sebenarnya adalah kemampuan dalam mengendalikan sikap, sehingga bisa dengan ikhlas dan rela hati menerima kondisi yang sedang dihadapinya demi mendapat balasan yang baik di akhirat.

51. Teks tersebut termasuk struktur bagian ….
a. pendahuluan
b. isi
c. penutup
d. interpretasi
e. orientasi
Jawaban: b. isi
Pembahasan:
Bagian isi memuat materi pokok yang dibahas dalam ceramah, materi harus dijelaskan dengan baik dengan menggunakan bahasa yang efektif. Untuk menguatkan pendapat dalam materi yang disampaikan, diperlukan referensi atau bahan bacaan tambahan lainnya.

52. Inti dari teks ceramah tersebut adalah ….
a. pentingnya sabar
b. sabar sebagai ajaran
c. sabar ada di dalam al quran
d. ikhlas dan rela hati
e. balasan yang baik diakhirat
Jawaban: a. pentingnya sabar
Pembahasan:
Intisari merupakan pokok atau tema yang ada dalam teks, dalam teks tersebut intinya adalah pentingnya memiliki sifat sabar.

53. Berikut sifat ceramah, kecuali ….
a. informatif
b. pemberi informasi
c. menerangkan
d. menjelaskan
e. membohongi
Jawaban: e. membohongi
Pembahasan:
Ceramah bersifat informatif, pemberi informasi, menerangkan, menjelaskan, penerangan tersebut berupa edukatif dan stimulatif.

54. Salah satu jenis paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca disebut ….
a. informatif
b. argumentatif
c. persuasive
d. rekreatif
e. konjungsi
Jawaban: b. argumentatif
Pembahasan:
Argumentatif merupakan salah satu jenis paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca.

55. Persuasif artinya ….
a. mengajak
b. memberitahu
c. manfaat
d. perilaku
e. kehidupan
Jawaban: a. mengajak
Pembahasan:
Kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan untuk memengaruhi, mengajak, membujuk pendengar sehingga pendengar diharapkan dapat terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulisan.

56. Perhatikan teks berikut!
Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf. Kesempurnaan milik Allah, kesalahan milik saya. Wabilahi taufik wal hidayah, waridho wal inayahm wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
Teks tersebut termasuk struktur bagian ….
a. pendahuluan
b. isi
c. penutup
d. orientasi
e. abstrak
Jawaban: c. penutup
Pembahasan:
Teks tersebut termasuk struktur bagian penutup dengan ditandai kata demikian saya akhiri.

57. Berikut yang bukan konjungsi adalah ….
a. dan
b. karena
c. maupun
d. sehingga
e. bagaimana
Jawaban: e. bagaimana
Pembahasan: konjungsi adalah kata hubung yang ada dalam sebuah teks.

58. Naik turunnya lagu kalimat dalam penyampaian ceramah disebut ….
a. artikulasi
b. intonasi
c. volume
d. irama
e. nada
Jawaban: b. intonasi
Pembahasan: Intonasi merupakan naik turunnya lagu kalimat.

59. Kuat lemahnya dalam mengucapkan suatu kata-kata atau kalimat disebut ….
a. artikulasi
b. intonasi
c. volume
d. irama
e. nada
Jawaban: c. volume
Pembahasan: Volume yaitu kuat lemahnya dalam mengucapkan sesuatu kata-kata atau kalimat.

60. Berikut yang bukan fungsi ceramah adalah ….
a. mempermudah komunikasi
b. memberikan informasi
c. memberikan nasehat
d. menyampaikan petunjuk baik
e. membujuk ke hal yang buruk
Jawaban: e. membujuk ke hal yang buruk
Pembahasan:
Berikut fungsi ceramah antara lain sebagai berikut
a. mempermudah komunikasi
b. memberikan informasi
c. memberikan nasehat
d. menyampaikan petunjuk baik

61. Berikut yang tidak termasuk nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen dalah ….
a. budaya
b. sosial
c. pendidikan
d. moral
e. amanat
Jawaban: e. amanat
Pembahasan:
Nilai kehidupan dalam cerpen adalah nilai moral, pendidikan, agama, budaya dan sosial.

62. Membaca cerpen tidak hanya mendapat hiburan semata, tetapi juga ada nila-nilai kehidupan yang dapat kita ambil dari cerpen tersebut. Salah satu nilai yang terkandung dalam cerpen adalah nilai agama (relegius) adalah ….
a. nilai yang berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan tuhan
b. nilai yang menyangkut atura-aturan yang terkait dengan hubungan antar manusia dengan Tuhan
c. nilai yang menyangkut masalah baik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia
d. menyangkut masalah adat istiadat, kebiasaan, dan bahasa, dalam kehidupan sosialnya
e. nilai yang menyangkut hubungan antara manusia dengan orang lain dalam kehidupan
Jawaban: b. nilai yang menyangkut atura-aturan yang terkait dengan hubungan antar manusia dengan Tuhan
Pembahasan:
Nilai agama adalah nilai yang menyangkut aturan-aturan yang terkait dengan hubungan antar manusia dengan tuhan

63. Bacalah teks cerpen berikut!
(1) Teman teman fajar bersorak gembira, (2) Daffa terkulai lemas karena layang-layang putus. (3) Senja pun tiba. (4) Ketika terdengar suara azan, anak-anak mulai membubarkan diri untuk pergi ke masjid. (5) Berita kemenangan Fajar atas daffa makin menambah keyakinan anak-anak desa itu bahwa layang-layang milik fajarmemang sakti. (6) Fajar menjadi makin tinggi hati.
Bukti nilai agama terdapat pada kalimat bertanda nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: d. (4)
Pembahasan:
Nilai agama adalah nilai yang menyangkut aturan-aturan yang terkait dengan hubungan antar manusia dengan tuhan. Nilai agama dalam cerpen tersebut ditandai dengan kata suara azan.

64. Nilai yang terdapat dalam cerpen yang menyangkut masalah baik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia adalah nilai….
a. sosial
b. budaya
c. agama
d. politik
e. moral
Jawaban: e. moral
Pembahasan:
Nilai moral adalah nilai yang terdapat dalam cerpen yang menyangkut masalah baik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia

65. Perhatikan kalimat berikut!
Akhirnya Badu mengakui kekalahannya, kalimat tersebut termasuk pada nilai ….
a. moral
b. sosial
c. budaya
d. agama
e. pendidikan
Jawaban: a. moral
Pembahasan:
Nilai moral adalah nilai yang terdapat dalam cerpen yang menyangkut masalah baik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia.

66. Bacalah teks berikut
“Hanafi, mudah-mudahan Tuhan mengampuni dosamu. Sebagai ibu yang engkau durhakai dengan lillaahitaala sudh rela mengampuni akan dikau.” Hanafi tergeletak tertawa seolah mencemooh pula,” Hai ibu, mengucap ibu dengan tulusnya barangkali ibu akan mendapatkan ilham, lalu dapat berkata dengan benar. Pada hematku ibulah juga yang banyak bersalah atas diriku.”
Nilai moral yang sesuai teks tersebut adalah ….
a. anak durhaka yang tidak perlu dicontoh
b. anak baik dan sopan santun
c. ibu yang durhaka
d. anak buruk hati
e. anak yang pamer
Jawaban: a. anak durhaka yang tidak perlu dicontoh
Pembahasan:
Nilai moral adalah nilai yang terdapat dalam cerpen yang menyangkut masalah baik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia.

67. Nilai yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari adalah ….
a. Seorang ibu banyak berbuat salah pada anaknya
b. Seorang ibu mengampuni kesalahan aanaknya
c. Seorang ibu selalui didurhakai anaknya
d. Seorang ibu selalu membimbing anaknya
e. Seorang ibu selalu menyayangi anaknya
Jawaban: c. Seorang ibu selalui didurhakai anaknya
Pembahasan:
Nilai kehidupan yang ada dalam teks cerpen tersebut adalah seorang ibu selalu didurhakai anaknya.

68. Nilai yang terkandung dalam cerpen yang berisi masalah adat istiadat, kebiasaan, dan bahasa dalam kehidupan sosial disebut nilai ….
a. sosial
b. budaya
c. agama
d. pendidikan
e. moral
Jawaban: b. budaya
Pembahasan:
Nilai budaya adalah nilai yang terkandung dalam cerpen yang berisi masalah adat istiadat, kebiasaan dan bahasa dalam kehidupan sosial.

69. Salah satu nilai yang terkandung dalam cerpen adalah nilai sosial. Nilai sosial adalah …
a. nilai yang berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan tuhan
b. nilai yang menyangkut aturan-aturan yang terkait dengan hubungan antara manusia dengan tuhan
c. nilai tang menyangkut masalahbaik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia
d. menyangkut masalah adat istiadat, kebiasaan, dan bahasa dalam kehidupan sosialnya
e. nilai yang menyangkut hubungan antar manusia dengan orang lain dalam kehidupan
Jawaban: e. nilai yang menyangkut hubungan antar manusia dengan orang lain dalam kehidupan
Pembahasan:
Nilai sosial adalah nilai yang menyangkut hubungan antar manusia dengan orang lain dalam kehidupan.

70. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Astaga, siapa orang-orang ini? Tampang mereka seperti orang-orang criminal. Namun, hak mereka sama dengan semua penumpang yang masuk taksiku. Aku tak perlu tahu urusan mereka. Barangkali juga tidak berhak tahu. Meskipun banyak juga yang aku tahu sebagai supir taksi.
Nilai moral yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ….
a. kehati-hatian seseorang terhadap keadaan sekelilingnya.
b. ketakutan yang timbul akibat pengalaman masa lalu.
c. jangan berprasangka buruk hanya karena melihat penampilannya
d. ketidakpercayaan terhadap orang-orang di sekitarya
e. ketakutan melihat orang jahat
Jawaban: a. kehati-hatian seseorang terhadap keadaan sekelilingnya.
Pembahasan:
Nilai moral adalah nilai yang terdapat dalam cerpen yang menyangkut masalah baik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia. Jadi jawabannya adalah a.

71. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Aku tak bisa diam, setengah tahun aku ditempatkan di sekolah ini pengelolaan BK aku ubah secara mendasar. Mulai administrasi, cara penanganan siswa, termasuk ruang konsultasi siswa. Namun, langkahku membuat lukman terusik, terutama dalam kasus Diah telah banyak menerima penderitaan, anakitu perlu bimbingan dan kasih sayang bukan penghakiman.
Tema dalam cerpen tersebut adalah ….
a. kehidupan seorang guru BK di sekolah
b. kesedihan seorang guru BK melihat kondisi siswanya
c. keinginan seorang guru BK untuk melaksanakan tuganya dengan baik
d. seorang guru BK yang ingin membantu mengatasi masalah siswanya
e. memerlukan penanganan khusus
Jawaban: d. seorang guru BK yang ingin membantu mengatasi masalah siswanya
Pembahasan:
Tema adalah inti dalam sebuah cerita. Inti dalam cerita tersebut adalah jawaban d.

72. Berdasarkan kutipan tersebut, tema cerpen termasuk masalah adalah ….
a. kemanusiaan
b. masalah pendidikan
c. kehidupan sosial
d. permasalahan ekonomi
e. kemiskinan
Jawaban: b. masalah pendidikan
Pembahasan:
Dalam sebuah teks cerpen, tentu memiliki tema atau permasalahan mengenai suatu keadaan, tema dalam teks cerpen tersebut adalah mengenai masalah pendidikan.

73. Cara pengarang penyampaian tema cerpen adalah ….
a. melalui kisah hidup tokoh
b. narasi langsung oleh pengarang
c. melalui dialog
d. pendapat tokoh dalam cerita
e. melalui prolog
Jawaban: a. melalui kisah hidup tokoh
Pembahasan:
Dalam sebuah cerpen biasanya pengarang menyampaikan sebuah ide cerita dalam sebuah cerpen, pengarang menyampaikan tema cerpen melalui kisah hidup tokoh.

74. Tema yang terdapat dalam cerpen termasuk jenis tema ….
a. mayor
b. minor
c. sampingan
d. tunggal
e. ganda
Jawaban: d. tunggal
Pembahasan:
Tema dalam cerpen termasuk tema tunggal, karena tema tersebut hanya ada satu dalam cerita pendek.

75. salah satu ciri alur cerpen yang baik adalah ….
a. memuat banyak konflik
b. berkembang sesuai dengan cerita
c. alur mengalir secara dramatik memuat masalah yang dibahas dari awal hingga akhir cerita secara konsisten
d. harus memuat masalah kemanusiaan
e. memuat kehidupan masa lampau
Jawaban: c. alur mengalir secara dramatik memuat masalah yang dibahas dari awal hingga akhir cerita secara konsisten
Pembahasan:
Alur atau plot adalah rangkaian jalannya cerita dari awal sampai dengan akhir.

76. Pada tahapan yang penulis mulai memperkenalkan masalah yang akan dihadapi oleh tokoh utamanya disebut alur dalam tahapan ….
a. perkenalan
b. pemunculan masalah
c. menuju konflik
d. ketegangan
e. penyelesaian
Jawaban: b. pemunculan masalah
Pembahasan:
Tahapan pemunculan masalah dalam unsur alur artinya penulis mulai memperkenalkan masalah yang akan dihadapi oleh tokoh utamanya.

Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab  nomor 77-80!

Setibanya Pak Usman di restoran kecil sepulang dari sekolah, Larasati segera memulai pembicaraan. “Sebelum membicarakan soal Diah, saya perlu menjelaskan mengapa saya tidak mau membicarakan hal ini di sekolah karena saya ingin bicarakan adalah masalah yang harus diselesaikan dengan kacamata kemanusiaa, bukan kedinasan” “Maksud ibu apa? Saya khawatir, keinginan bapak untuk menghabisi Diah itu karena kebencian bapak terhadap saya. Selama ini orang kan tahu saya sangat perhatian terhadap Diah. Dia anak yang lemah Pak, sudah mengalami berbagai cobaan hidup, sering murung karena menerima beban yang terlalu banyak dalam hidupnya.

77. Sifat tokoh Larasati berdasarkan kutipan di atas adalah …
a. sabar dan penyayang
b. angkuh dan disiplin
c. tegas dan pemberani
d. penuh perhatiaan dan tegas
e. angkuh dan pemberani
Jawaban: d. penuh perhatiaan dan tegas
Pembahasan:
Sifat merupakan salah satu watak yang ada dalam sebuah cerita. Watak tokoh Larasati adalah jawaban d.

78. Karakter tokoh pak Usman dalam kutipan cerpen tersebut memiliki sifat ….
a. pendendam
b. keras kepala dan mudah marah
c. tidak bisa membedakan urusan dinas dan pribadi
d. ingin menang sendiri
e. pemurah
Jawaban: c. tidak bisa membedakan urusan dinas dan pribadi
Pembahasan:
Sifat merupakan salah satu watak yang ada dalam sebuah cerita. Watak tokoh pak Usman adalah tidak dapat membedakan urusan dinas dan pribadi.

79. Gambaran karakter tokoh Diah dalam cerpen tersebut adalah …
a. kuat menerima cobaan
b. mudah putus asa
c. lemah dan penuh penderitaan
d. trauma dalam menjalani kehidupan
e. sedih dan terharu
Jawaban: c. lemah dan penuh penderitaan
Pembahasan: karakter adalah perwatakan tokoh-tokoh dalam cerita.

80. Kedudukan tokoh pak Usman dan Larasati dalam kutipan cerpen di atas adalah ….
a. tokoh antagonis, tokoh penengah
b. tokoh protagonis, tokoh penengah
c. tokoh antagonis, tokoh protagonis
d. tokoh protagonis, tokoh protagonis
e. tokoh antagonis, tokoh antagonis
Jawaban: c. tokoh antagonis, tokoh protagonis
Pembahasan:
Tokoh antagonis adalah tokoh yang jahat, tokoh protagonist adalah tokoh

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 80+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 48Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 dan jawabannya
    • soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 dan kunci jawaban
    • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 kurikulum 2013
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 1
    • contoh soal bahasa indonesia kelas 11 beserta jawabannya
    • soal essay bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1 beserta jawaban 2018,2019,2020,2021,2022