Lengkap - 130+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

130+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Halo Sahabat bospedia dimana saja berada. Pada kesempatan yang baik ini admin ingin berbagi Contoh soal yang mungkin bisa dijadikan refrensi untuk membuat soal Kelas 11 SMA/MA. Soal kali ini yaitu Soal Essay Bahasa Indonesia untuk yang sedang duduk dibangku Kelas 11 SMA/MA pada semester ganjil atau semester satu. Soal ini sudah admin sediakan dalam format doc. sehingga bisa adik adik print dirumah. Oiya Pembelajaran bahasa Indonesia pada hakikatnya adalah membelajarkan peserta didik tentang keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai tujuan dan fungsinya. Menurut Atmazaki (2013), mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis, menghargai dan bangga menggunakan bahasaIndonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara, memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan, menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial, menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, dan menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

130+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
130+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Untuk mengimplementasikan tujuan mata pelajaran Bahasa Indonesia tersebut, maka pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 disajikan dengan menggunakan pendekatan berbasis teks. Teks dapat berwujud teks tertulis maupun teks lisan. Teks merupakan ungkapan pikiran manusia yang lengkap yang di dalamnya memiliki situasi dan konteks. Dengan kata lain, belajar Bahasa Indonesia tidak sekadar memakai bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi, tetapi perlu juga mengetahui makna atau bagaimana memilih kata yang tepat yang sesuai tatanan budaya dan masyarakat pemakainya.

Mahsun (2014: 39) menyatakan, dalam pembelajaran Bahasa ada dua komponen yang harus dipelajarai, yaitu masalah makna dan bentuk. Kedua unsur tersebut harus hadir secara stimulant dan keduanya harus ada. Namun pemakai bahasa harus menyadari bahwa komponen makna menjadi unsur utama dalam pembentuk bahasa, dan karena itu bahasa menjadi sarana pembentukan pikiran manusia. Untuk itu guru perlu menyadari, bahwa kemampuan berpikir yang harusnya dibentuk dalam bahasa adalah kemampuan berpikir sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis. Secara stipulatif kemampuan berpikir tersebut disebut dengan berpikir metodologis yang hanya dapat dicapai melalui pembelajaran teks berdasarkan pendekatan ilmiah/saintifik.

Pada kesempatan lain Mahsun (2013) menyatakan , kehadiran konteks budaya, selain konteks situasi yang melatarbelakangi lahirnya suatu teks menunjukkan adanya kesejajaran antara pembelajaran berbasis teks (konsep bahasa) dengan filosofi pengembangan Kurikulum 2013. Khusus yang terkait dengan rumusan kebutuhan kompetensi peserta didik dalam bentuk kompetensi inti (KI) atas domein sikap, pengetahuan, dan keterampilan (sebagai penguatan dapat dilihat dalam Standar Isi Permen dikbud Tahun 2014). Kompetensi inti yang menyangkut sikap, baik sikap spiritual (KI: 1 ) maupun sikap sosial (KI: 2) terkait dengan konsep kebahasaan tentang nilai, norma kultural, serta konteks sosial yang menjadi dasar terbentuknya register (bahasa sebagai teks); kompetensi inti yang menyangkut pengetahuan (KI: 3) dan keterampilan (KI: 4) terkait langsung dengan konsep kebahasaan yang berhubungan dengan proses sosial (genre) dan register (bahasa sebagai teks). Selain itu, antarkompetensi dasar (KD) yang dikelompokkan berdasarkan KI tersebut memiliki hubungan pendasaran satu sama lain. Ketercapaian KD dalam kelompok KI: 1 dan 2 ditentukan oleh ketercapaian KD dalam kelompok KI: 3 dan 4. KD dalam kelompok KI: 1 dan 2 bukan untuk diajarkan melainkan implikasi dari ketercapaian KD dalam kelompok KI: 3 dan 4.

Hal lain yang perlu dicermati oleh guru, bahwa karakteristik pembelajaran terkait erat dengan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi. Standar Kompetensi Lulusan memberikan kerangka konseptual tentang sasaran pembelajaran yang harus dicapai, dan Standar Isi memberikan kerangka konseptual tentang kegiatan belajar dan pembelajaran yang dikembangkan dari tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi. Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan, sasaran pembelajaran mencakup pengembangan domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang memiliki karakteristik berbeda untuk masing-masing mata pelajaran.

Domain Sikap diperoleh melalui aktivitas menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Domain pengetahuan diperoleh melalui aktivitas mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Domain keterampilan diperoleh melalui aktivitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Pencapain kompetensi tersebut berkaitan erat dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan. Untuk itu, guru harus merencanakan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum dengan menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran yang mendorong kemampuan peserta didik untuk melakukan penyingkapan/penelitian, serta dapat menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun kelompok..

Dengan memahami keterkaitan masing-masing kompetensi dalam pembelajaran, khusunya pembelajaran bahasa Indonesia dengan pembelajaran berbasis teks akan mampu mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik secara kreatif dan kritis. Di samping itu, pembelajaran Bahasa Indonesia dapat berperan sebagai penghela dan pengintegrasi ilmu lain.


Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA



130+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


1. Teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang kita harus tempuh untuk mencapai suatu tujuan....
Jawaban: teks prosedur

2. Bagian yang berisikan maksud dari penulis untuk menentukan hasil akhir yang akan dicapai....
Jawaban: tujuan

3. Bagian yang berisi cara-cara atau urutan proses dalam melakukan satu hal, biasanya pada bagian ini terdapat kata pengurutan seperti, pertama, kedua, ketika, selanjutnya, setelah itu, dan lain-lain....
Jawaban: langkah-langkah

4. Seseorang yang berpartisipasi dalam melakukan sesuatu....
Jawaban: partisipan manusia

5. Kalimat yang digunakan untuk melarang atau memerintahkan pembaca untuk melaksanakan sesuatu....
Jawaban: kalimat imperative

6. Kalimat yang menyatakan sebuah pernayataan yang berfungsi untuk memberikan informasi atau peristiwa tentang sesuatu....
Jawaban: kalimat deklaratif

7. Kalimat yang berisi pertanyaan....
Jawaban: kalimat interogatif

8. Prosedur yang dapat ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja....
Jawaban: teks, prosedur sederhana

9. Prosedur dan langkah-langkah nya tidak terlalu ketat/rumit dan mudah dipahami....
Jawaban: protokol

10. Prosedur yang terdiri atas banyak langkah dan langkah-langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya....
Jawaban: prosedur kompleks

11. Teks prosedur berisi ….
Jawaban: Tujuan dan langkah langkah

12. Teks yang berisi langkah langkah/ tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan….
Jawaban: teks prosedur

13. Menurut artinya, kalimat imperatif  adalah ….
Jawaban: kalimat yang mengandung perintah

14. konjungsi yang mengacu pada urutan waktu disebut konjungsi ….
Jawaban: temporal

15. kata ganti yang digunakan untuk penyebutan berikutnya disebut …
Jawaban: pronominal

16. “Dapatkah Anda memastikan tuduhan pelanggaran?” merupakan contoh dari kalimat ….
Jawaban: interogatif

17. Partisipasi yang ada pada teks prosedur kompleks adalah ….
Jawaban: manusia

18. “Tutuplah pintu itu!”, kalimat ini termasuk kalimat ….
Jawaban: imperatif

19. Teks prosedur ada tiga macam, yaitu ….
Jawaban: kompleks, sederhana, dan protocol

20. Menurut fungsi nya, kalimat diklasifikasikan menjadi …. Kalimat.
Jawaban: 3

21. Sebutkan ciri kebahasaan teks prosedur!
Jawaban:
a. partisipan manusia secara umum seperti penulis, teknisi, anda dan banyak contoh lainnya. Intinya patisipan manusia itu adalah seseorang yang berpartisipasi dalam melakukan sesuatu.
b. verba material sebuah kata kerja yang berimbuhan pada sebuah tindakan yang dilakukan oleh fisik orang yang melakukan. Contohnya: memeluk, menendang, memukul dan lainnya.
c. verba tingkah laku, sebuah kata kerja yang mengacu pada tinddakan yang dilakukan dengan ungkapan. Contohnya: menolak, mendukung, merasa dan lainnya.
d. Konjungsi temporal, kata penghubung yang berhubungan dengan waktu. Contoh: jika, apabila, seandainya, sebelumnya, selanjutnya.
e. Kalimat imperatif, kalimat yang digunakan untuk melarang atau memerintahkan pembaca untuk melaksanakan sesuatu.
f. Kalimat deklaratif, kalimat yang menyatakan sebuah pernyataan yang berfungsi untuk memberikan informasi atau peristiwa tentang sesuatu.
g. Kalimat interogatif, kalimat yang berisi pertanyaan.

22. Apa yang dimaksud verba material?
Jawaban: sebuah kata kerja yang berimbuhan pada sebuah tindakan yang dilakukan oleh fisik orang yang melakukan .

23. Sebutkan contoh kata verba material!
Jawaban: memeluk, menendang, memukul dan lainnya.

24. Tuliskan pengertian verba tingkah laku!
Jawaban: sebuah kata kerja yang mengacu pada tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.

25. Jelaskan pengertian konjungsi temporal!
Jawaban: Kata penghubung yang berhubungan dengan waktu.

26. Tulislah contoh judul teks prosedur kompleks!
Jawaban: Contoh. Prosedur tentang terkena tilang.

27. Apa yang dimaksud protokol?
Jawaban: Prosedur yang langkah-langkah nya tidak terlalu ketat/ rumit dan mudah dipahami.

28. Sebutkan kalimat yang terdapat teks prosedur!
Jawaban: Dalam teks prosedur  terdapat kalimat yaitu kalimat imperatif, kalimat deklaratif dan kaliamat interogatif .

29. Apa yang dimaksud kalimat imperatif!
Jawaban: kalimat impertaif adalah kalimat yang mengandung perintah

30. Apa yang dimaksud kalimat interogatif?
Jawaban: kalimat interogatif adalah kalimat yang berisi pertanyaan. Fungsinya adalah untuk meminta informasi tentang sesuatu.

31. Sebutkan manfaat teks prosedur!
Jawaban: Teks prosedur memiliki manfaat antara lain sebagai berikut.
a. Memeudahkan penyususnan petunjuk kerja atau perintah secara lengkap
b. mempermudah penempatan bagian yang terpenting
c. menghindari adanya perintah ganda
d. mmbantu menafsirkan isi perintah secara lengkap atau sempurna

32. Tuliskan macam-macam teks prosedur!
Jawaban:
a. Teks prosedur sederhana
b. Teks prosedur kompleks
c. Protokol

33. Apa yang dimaksud teks prosedur sederhana?
Jawaban: Prosedur yang dapat ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja.

34. Sebutkan satu judul yang tepat untuk teks prosedur sederhana!
Jawaban: Prosedur mengoperasikan setrika

35. Jelaskan pengertian teks prosedur kompleks!
Jawaban: prosedur yang terdiri atas banyak langkah dan langkah langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya.

36. eksplanasi artinya …
Jawaban: Penjelasan

37. Teks eksplanasi memuat informasi-informasi berupa ….
Jawaban: Fakta

38. Informasi dapat diketahui di ….
Jawaban: media cetak atau media elektronik

39. Teks yang berisi statemen atau pernyataan umum tentang suatu topik yangakan dijelaskan proses keberadaanya, proses terjadinya, atau proses terbentuknya disebut ….
Jawaban: pernyataan umum

40. Interpretasi artinya ….
Jawaban: kesimpulan

41. Konjungsi yang menghubungkan dua peristiwa, deskripsi benda, atau kualitas di dalam klausa kompleks atau antara dua klausa simpleks disebut ….
Jawaban: konjungsi eksternal

42. Konjungsi yang menghubungkan argument atau ide yang terdapat di antara dua klausa simpleks atau dua kelompok klausa disebut ….
Jawaban: konjungsi internal

43. Konjungsi internal juga dapat dibagi ke dalam empat kategori makna, yaitu ….
Jawaban: penambahan, perbandingan, waktu dan sebab akibat

44. Teks eksplanasi membahas suatu fenomena yang bersifat ….
Jawaban: keilmuan atau ilmu pengetahuan

45. Teks eksplanasi memiliki sequence markers seperti ….
Jawaban: pertama, kedua, ketiga dsb atau pertama, berikutnya, terakhir

46. Menjelaskan hubungan waktu antara dua hal atau peristiwa....
Jawaban: konjungsi waktu

47. Menjelaskan bahwa suatu peristiwa terjadi karena suatu sebab tertentu....
Jawaban: konjungsi kausal

48. Bagian yang sering juga disebut sebagai urutan sebab akibat dari suatu fenomena....
Jawaban: deretan penjelas

49. Bagian akhir atau penutup dari teks eksplanasi yang berisi intisari atau kesimpulan dari topik atau proses yang dibahas....
Jawaban: interpretasi

50. Kata kerja aktif.....
Jawaban: verba relasional

51. Memuat informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan....
Jawaban: faktual

52. Memuat informasi berdasarkan fakta....
Jawaban: aktual

53. Kalimat yang subjeknya dikenai suatu perbuatan atau aktifitas....
Jawaban: kalimat pasif

54. Sesudah, setelah, sebelum, sehabis, sejak, selesai, ketika, tatkala, sementara, sambil, seraya, selagi, selama, sehingga, sampai. ( …. )
Jawaban: g. hubungan waktu

55. Kata yang menghubungkan kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya....
Jawaban: konjungsi antar kalimat

56. Tulislah langkah-langkah penulisan teks eksplanasi!
Jawaban:
berikut langkah-langkah penulisan teks eksplanasi.
a. Menentukan topic
b. Membuat kerangka karangan
c. Menyusun tulisan
d. Menyunting tulisan

57. Jelaskan pengertian pernyataan umum!
Jawaban: berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena tersebut atau penjelasannya. Penjelasan umum yang dituliskan dalam teks ini berupa gambaran secara umum tentang apa, mengapa, dan bagaiman proses alam tersebut bisa terjadi.

58. Terangkan mengenai deretan penjelasan!
Jawaban: berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta dan bisa terdiri lebih dari suatu paragraf. Deretan penjelas mendeskripsikan dan merincikan penyebab dan akibat dari sebuah bencana alam yang terjadi.

59. Apa yang dimaksud dengan interpretasi?
Jawaban: teks penutup yang bersifat pilihan bukan keharusan. Teks penutup yang dimaksud adalah teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas.

60. Tulislah tujuan teks eksplanasi!
Jawaban: teks eksplanasi adalah suatu teks atau bacaan yang disusun dengan tujuan untuk menjelaskan suatu proses terjadinya fenomena.

61. Sebutkan unsur kebahasaan teks eksplanasi!
Jawaban: kata serapan, konjungsi, hubungan sebab-akibat

62. Sebutkan konjungsi yang terdapat dalam teks eksplanasi!
Jawaban: konjungsi eksternal dan konjungsi internal

63. Apa yang dimaksud dengan konjungsi eksternal?
Jawaban: konjungsi eksternal merupakan konjungsi yang menghubungkan dua peristiwa, deskripsi benda, atau kualitas  di dalam klausa kompleks atau antara dua klausa simpleks.

64. Tulislah empat kategori makna konjungsi eksternal!
Jawaban: penambahan (contoh: setelah, sebelum, sejak, ketika) dan sebab akibat (contoh: sehingga, karena, sebab, jika, walaupun, meskipun).

65. Sebutkan contoh konjungsi eksternal!
Jawaban: Banjir terjadi di kota Jakarta setelah hujan turun dua hari tanpa henti.
Kecelakaan lalu lintas sering terjadi karena pengguna jalan tidak tertib lalu lintas.

66. Apa yang dimaksud dengan verba material?
Jawaban: verba material adalah kata kerja berimbuhan yang mengacu pada tindakan fisik, atau pun perbuatan yang dilakukan secara fisik oleh partisipan.

67. Mengapa teks eksplanasi harus bersifat faktual?
Jawaban: karena teks eksplanasi menjelaskan suatu kejadian sesungguhnya.

68. Sebutkan contoh kata konjungsi waktu?
Jawaban: jika, bila, sehingga, sebelum, pertama, dan kemudian

69. Apa yang dibahas dalam teks eksplanasi?
Jawaban: hal yang dibahas yaitu suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau hubungan dengan ilmu pengetahuan.

70. Bagaimana sifat teks eksplanasi?
Jawaban: sifatnya informatif dan tidak berusaha untuk memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.

71. Pesan yang bertujuan memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk disebut ….
Jawaban: ceramah

72. Ceramah memiliki tujuan yang ….
Jawaban: jelas

73. Dalam teks ceramah, isinya mengandung ….
Jawaban: kebenaran

74. Audien artinya ….
Jawaban: pendengar

75. Gagasan pokok yang mendasari suatu permasalahan disebut ….
Jawaban: tema

76. Salam sejahtera merupakan …. Dalam pendahuluan teks ceramah.
Jawaban: salam pembuka

77. Dalam isi ceramah yang dibahas adalah ….
Jawaban: materi atau bahan ceramah

78. ungkapan penutup misalnya ….
Jawaban: ungkapan terimakasi atas perhatiannya.

79. Ceramah bersifat informatif. Informatif adalah ….
Jawaban: pemberi informasi

80. Argumentatif bertujuan untuk ….
Jawaban: meyakinkan atau mengajak pembicara

81. Ceramah yang bertujuan untuk peringatan hari besar keagamaan disebut...
Jawaban: ceramah khusus

82. Pidato yang bertujuan untuk memberikan nasehat kepada khalayak umum atau masyarakat luas disebut....
Jawaban: ceramah umum

83. Sebelum menjadi penceramah perlu mengetahui apa tugas dari penceramah, modal dan bekal itu sendiri atas apa yang harus dimiliki oleh seseorang penceramah atau seorang....
Jawaban: Da’i

84. .......Sebagai penerima nasehat-nasehat.
Jawaban: audien

85. Sebuah metode dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada audien yang pada umumnya mengikuti secara pasif adalah....
Jawaban: metode ceramah

86. Alat yang digunakan untuk menyampaikan materi ceramah kepada audien disebut....
Jawaban: Media

87. Menyampaikan pikiran dalam bentuk kata-kata yang disampaikan kepada banyak orang disebut....
Jawaban: pidato

88. Metode ceramah yang melakukan secara tiba-tiba tanpa adanya persiapan sama sekali disebut metode....
Jawaban: metode impromptu

89. Dalam metode ini pembicara memiliki waktu yang cukup untuk merencanakan, membuat naskah, dan menghafal naskah. Disebut metode....
Jawaban: metode menghafal

90. Seorang pembicara yang mempunyai reputasi kepandaian berpidato dalam jangka waktu lama disebut....
Jawaban: orator

91. Sebutkan contoh teks ceramah khsuus!
Jawaban: Contoh: Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) seperti is’ra miraj, maulid nabi, bulan puasadan lain-lain

92. Tulislah ciri-ciri ceramah!
Jawaban:
Adapun ciri-ciri ceramah antara lain sebagai berikut.
a. Tujuannya jelas
b. isinya mengandung kebenaran
c. cara penyampaiannya sesuai dengan pendengar
d. menciptakan suasana yang efektif  dengan pendengar
e. penyampaiannya jelas dan menarik
f. menggunakan intonasi, artikulasi, an volume yang jelas

93. Sebutkan unsur-unsur ceramah!
Jawaban: unsur-unsur dalam berpidato adalah pembicara, bahan atau materi pembicaraan, objek atau pendengar, dan tema.

94. Terangkan yang dijelaskan dalam bagian isi teks ceramah!
Jawaban:
Bagian isi memuat materi pokok yang dibahas dalam ceramah. Materi harus di jelaskan dengan baik dengan menggunakan bahasa yang efektif. Untuk menguatkan pendapat dalam materi yang disampaikan, diperlukan referensi atau bahan bacaan tambahan lainnya.

95. Apa saja poin-poin yang mendukung penutup dalam teks ceramah!
Jawaban:
Dalam penutup terdapat poin-poin yang mendukung, antara lain sebagai berikut:
a. Kesimpulan materi yang telah disampaikan
b. Ungkapan penutup misalnya ungkapan terima kasih atas perhatian yang diberikan dan permohonan maaf  jika terdapat kesalahan.
c. salam penutup

96. Sebutkan ciri kebahasaan teks ceramah!
Jawaban: Adanya informatif, argumentatif, persuasif, rekreatid, dan konjungsi

97. Apa yang dimaksud argumentatif!
Jawaban:
Argumentatif merupakan salah satu jenis paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau membajak membaca.

98. Jelaskan pengertian persuasif!
Jawaban:
Kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan untuk mempengaruhi, mengajak, membujuk, pendengar sehingga pendengar diharapkan dapat terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulisan.

99. Terangkan yang dimaksud kalimat rekreatif!
Jawaban:
Kalimat rekreatif adalah kalimat yang berisi tentang hiburan.

100. Tuliskan pengertian konjungsi!
Jawaban:
Konjungsi adalah suatu kata tugas atau kata penghubung yang berfungsi untuk menghubungkan dua buah klausa, kalimat, paragraf atau lebih.

101. Apa yang harus dilakukan sebelum memberikan ceramah di depan umum?
Jawaban:
Sebelum memberikan ceramah di depan umum, ada baiknya untuk melakuka persiapan berikut ini.
a. wawasan pendengar ceramah secara umum.
b. mengetahui lama waktu atau durasi ceramah yang akan dibawakan
c. menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti
d. mengetahui jenis ceramah dan tema acara.
e. menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan ceramah, dsb

102. Jelaskan yang dimaksud ceramah sambutan!
Jawaban:
Ceramah sambutan yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.

103. Bagaimana melakukan ceramah dengan baik?
Jawaban:
Ceramah yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut.kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dan meraih jenjang karir yang baik.

104. Sebutkan ciri-ciri ceramah yang baik!
Jawaban:
a. memiliki tujuan yang jelas
b. isinya mengandung kebenaran
c. cara penyampaiannya sesuai dengan para pendengar
d. menciptakan suasana efektif dengan pendengar
e. penyampaiannya jelas dan juga menarik
f. menggunakan intonasi, artikulasi, dan volume yang jelas

105. Apa yang dimaksud dengan artikulasi?
Jawaban:
Artikulasi merupakan bagaimana cara melafalkan bunyi bahasa.

106. Cerita pendek biasanya mempunyai kata yang kurang dari …… kata.
Jawaban: 10.000

107. Alur dapat juga disebut ….
Jawaban: plot

108. Cara pandang pengarang dalam memandang suatu peristiwa di dalam cerita disebut ….
Jawaban: sudut pandang

109. Latar memberikan pijakan cerita secara ….
Jawaban: konkret (nyata) dan jelas

110. Biografi biasanya berisikan tentang ….
Jawaban: riwayat hidup pengarang

111. Cerpen biasanya juga diterbitkan dan dibukukan dalam bentuk kumpulan yang disebut ….
Jawaban: buku kumpulan cerpen

112. Nilai-nilai dalam cerpen yang berkaitan dengan aturan atau ajaran yang bersumber dari agama tertentu disebut ….
Jawaban: nilai agama

113. Nilai moral dalam cerpen dapat berupa nilai moral ….
Jawaban: yang baik atau buruk.

114. Biografi, pendidikan, pekerjaan termasuk unsur ….
Jawaban: ekstrinsik

115. Nilai sosial ditunjukan dengan penggambaran ….
Jawaban: antartokoh di dalam masyarakatnya

116. Jelaskan yang dimaksud tema!
Jawaban:
Tema adalah sebuah gagasan pokok atau inti-inti yang mendasari dari jalan cerita sebuah cerpen.

117. Terangkan mengenai tokoh dan penokohan!
Jawaban:
Tokoh adalah individu rekaan, hasil imajinasi pengarang, yang berperan dalam sebuah cerita. Penokohan adalah cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan tokoh yang diciptakannya.

118. Tulislah beberapa cara yang dapat digunakan oleh penulis dalam menggambarkan rupa, watak, dan pribadi tokoh cerita!
Jawaban:ada beberapa cara yang dapat digunakan oleh penulis dalam menggambarkan rupa, watak, dan pribadi tokoh cerita, antara lain sebagai berikut:
a. Phisical description (melukiskan bentuk lahir dari pelakon)
b. Portrayal of thought stream or of conscious thought (melukiskan jalan pikiran pelakon atau apa yang melintas dalam pikirannya)
c. Reaction to events (melukis bagaimana reaksi pelakon itu terhadap kejadian-kejadian)
d. Dyrect author analysis (pengarang dengan langsung menganalisis watak pelakon).
e. Discussion of environment (pengarang melukiskan keadaan sekitar pelakon)
f.  Reaction of other to character (pengarang melukiskan bagaimana pandangan-pandangan pelakon lain dalam suatu cerita terhadap pelakon utama)
g. Conversation of other about character (pelakon-pelakon lainnya dalam suatu cerita memperbincangkan keadaan pelakon utama).

119. Jelaskan yang dimaksud pot!
Jawaban:
Alur adalah rangkaian cerita disusun berdasarkan hukum sebab-akibat (kausalitas). Alur dapat juga disebut plot atau jalan cerita yang artinya jalinan peristiwa dalam karya sastra.

120. Sebutkan jenis-jenis sudut pandang!
Jawaban:
Berikut jenis-jenis sudut pandang pengarang.
a. Sudut pandang orang pertama pelaku utama
b. Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan
c. Sudat pandang orang ketiga serbatahu
d. Sudut pandang orang ketiga pengamat

121. Jelaskan yang dimaksud latar dalam teks cerita pendek!
Jawaban:
Latar dalam sebuah cerita menunjuk pada pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Latar ,membuat pijakan cerita secara konkret (nyata) dan jelas. Hal ini penting untuk memberikan kesan realistis kepada pembaca, dan menciptakan suasana tertentu yang seolah-olah sungguh-sungguh ada dan terjadi.

122. Sebutkan Jenis-jenis latar dalam teks cerita pendek!
Jawaban:
Latar dapat dibedakan menjadi tiga yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar suasana.

123. Terangkan pengrtian gaya bahasa!
Jawaban:
Gaya bahasa adalah cara khas penyusunan dan penyampaian dalam bentuk tulisan dan lisan. Ruang lingkup dalam tulisan meliputi penggunaan kalimat, pemilihan diksi (pilihan kata), penggunaan majas, dan penghematan kata. Jadi, gaya merupakan seni pengungkapan seorang pengarang terhadap karyanya.

124. Tulislah isi dalam amanat!
Jawaban:
Amanat merupakan sebuah pesan dari seorang penulis atau pengarang cerita tersebut kepada pembaca agar pembaca dapat bertindak atau melakukan sesuatu.

125. Sebutkan langkah-langkah mengidentifikasi unsur intrinsik karya sastra!
Jawaban:
Guna mengidentifikasi unsur intrinsik suatu karya sastra, anda dapat mempraktikkan langkah-langkah berikut:
a. membaca dan memahami karya sastra dengan seksama
b. untuk memahami tema, dapat menyimpulkan dari hal yang paling banyak dipaparkan pengarang atau dibicarakan oleh tokoh.
c. mengidentifikasi tokoh utama dengan melakukan cara melihat dan membandingkan tokoh yang paling banyak ditampilkan oleh pengarang.
d. Alur dapat diketahui dengan melihat darimana cerita dimulai
e. mengidentifikasi sudut pandang cukup mudah, tinggal melihat siapa tokoh utamanya, contoh jika tokoh utama “aku” berarti sudut pandang orang pertama.
f. latar cukup mudah diidentifikasi, cukup dengan melihat kapan, dimana dan dalam suasana apa cerita tersebut.
g. pesan atau amanat dapat diketahui lewat pemahaman dan perenungan terhadap cerita.

126. Jelaskan pengertian unsur ekstrinsik cerpen!
Jawaban:
Unsur ekstrinsik cerpen merupakan sebuah unsur yang membentuk cerpen dari luar, berbeda dengan unsur intrinsik cerpen yang membentuk cerpen dari dalam.

127. Sebutkan unsur-unsur ekstrinsik teks cerita pendek!
Jawaban:
Berikut unsur intrinsic teks cerpen.
a. latar belakang masyarakat
b. latar belakang pengarang

128. Jelaskan yang dimaksud latar belakang masyarakat!
Jawaban:
Latar belakang masyarakat yaitu suatu pengaruh dari kondisi latar belakang masyarakat terhadap terbentuknya sebuah jalan cerita. Pemahaman tersebut dapat berupa pengkajian ideologi negara, kondisi politik, sosial masyarakat, sampai dengan kondisi ekonomi pada masyarakat itu sendiri.

129. Apa saja yang terdapat dalam latar belakang pengarang?
Jawaban:
Berikut hal yang terdapat dalam latar belakang pengarang:
a. biografi
b. kondisi psikologi
c. aliran sastra

130. Tuliskan isi dalam biografi!
Jawaban:
Biografi biasanya berisikan tentang riwayat hidup pengarang cerita tersebut yang ditulis secara keseluruhan.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 130+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 37Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 dan jawabannya
    • soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 dan kunci jawaban
    • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 kurikulum 2013
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 1
    • contoh soal bahasa indonesia kelas 11 beserta jawabannya
    • soal essay bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1 beserta jawaban 2018,2019,2020,2021,2022