Lengkap - 35+ Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

35+ Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Sahabat bospedia dimana saja berada. Pada kesempatan yang baik ini admin ingin berbagi 35 Contoh soal UAS untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi adik adik yang sedang duduk dibangku kelas 11 SMA/MA, soal ini sudah admin lengkapi dengan kunci jawabannya, jadi adik adik bisa menjadikan soal ini sebagai latihan. Oiya  Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 dengan pembelajaran berbasis teks bertujuan agar dapat membawa peserta didik sesuai perkembangan mentalnya, dan menyelesaikan masalah kehidupan nyata dengan berpikir kritis. Dalam penerapannya, pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki prinsip, yaitu sebagai berikut.

  1. Bahasa hendaknya dipandang sebagai teks, bukan semata-mata kumpulan kata atau kaidah kebahasaan.
  2. Penggunaan bahasa merupakan proses pemilihan bentuk-bentuk kebahasan untuk mengungkapkan makna.
  3. Bahasa bersifat fungsional, artinya penggunaan bahasa yang tidak pernah dapat dipisahkan dari konteks, karena bentuk bahasa yang digunakan mmencerminkan ide, sikap, nilai, dan ideologi pemakai/penggunanya.
  4. Bahasa merupakan sarana pembentukan berpikir manusia.


35+ Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
35+ Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Dengan prinsip di atas, maka pembelajaran bahasa berbasis teks membawa implikasi metodologis pada pembelajaran yang bertahap. Hal ini diawali dari kegiatan guru membangun konteks, dilanjutkan dengan kegiatan pemodelan, membangun teks secara bersama-sama, sampai pada membangun teks secara mandiri. Kegiatan ini dilakukan karena teks merupakan satuan bahasa yang mengandung pikiran dengan struktur yang lengkap. Guru harus benar-benar meyakini bahwa pada akhirnya peserta didik mampu menyajikan teks secara mandiri. Secara rinci tahapan tersebut sebagai berikut.


a. Membangun konteks

Membangun kontek, yaitu melalui kegiatan mengamati teks dalam konteksnya dan menanya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan teks yang diamatinya. Pada langkah membangun konteks peserta didik dapat didorong untuk memahami  nilai spiritual, nilai budaya, tujuan yang melatari bangun teks. Dalam proses ini peserta didik mengeksplorasi kandungan teks serta nilai-nilai yang tersirat di dalamnya. Di samping itu, peserta didik dapat mengungkap laporan hasil pengamatan untuk bahan tindak lanjut dalam kegiatan belajar.


b. Membentuk model (Pemodelan)

Pemeodelan, yaitu melalui kegiatan mencoba dan menalar merumuskan model strukur fonologi, gramatikal, leksikal, dan makna teks dibacanya. Dalam langkah ini peserta didik didorong untuk meningkatkan rasa ingin tahu dengan memperhatikan (1)  simbol, (2) bunyi (3) tata bahasa dan (4) makna. Melalui analisis fakta dan data pada teks yang dipelajarinya peserta didik memperoleh model imbuhan, struktur imkata, frase, klausa, kalimat, maupun paragraf. Semua kegiatan tersebut peserta didik pelajari pada konteks pemakaiannya. Pada tahapan ini peserta didik dapat mengeksplorasi jenis teks yang dipelajarinya serta mengenali ciri-cirinya. Proses aktivitas pengenalan bukan sebagai tujuan akhir pembelajaran, melainkan sebagai awal kegiatan untuk mengembangkan daya cipta.


c. Membangun teks bersama-sama

Membangun teks bersama/berkelompok, yaitu menyusun teks bersama masih dalam kegiatan mencoba, menalar, dan mencipta secara kolaboratif yang dilanjutkan dengan menyaji. Peserta menggunakan hasil mengeksplorasi model-model teks  untuk membangun teks dengan cara berkolaborasi dalam kelompok. Melalui kegiatan ini diharapkan semua peserta didik   dapat memperoleh pengalaman mencipta teks sebagai dasar untuk mengembangkan kompetensi individu.


d. Mengembangkan teks secara mandiri

Mengembangkan teks secara mandiri, yaitu dengan titik tekan pada peserta didik dapat menunjukkan kompetensinya secara individual dalam mencipta. Oleh karena itu, dimensi kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia wajib memenuhi empat langkah dasar, enam langkah mengembangkan keterampilan beraktivitas secara saintifik, dua model  kegiatan koloboratif dan individual, dan berdimesi beraktivitas dan berkarya.

Untuk implemetasi dalam pembelajaran, guru dapat menggunakan model pembelajaran, antara lain model inkuiri based learning, discovery based learning, problem based learning, dan project based learning. Model-model tersebut masing-masing memiliki langkah kerja yang sistematis dalam penerapannya. Dalam penerapan model tidak ada satu model yang unggul dari model lain, namun guru perlu mencocokkan dengan lingkup materi dan strategi pembelajaran yang digunakan.


Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA



35+ Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


Untuk soal nomor 1 dan 2, perhatikan paragraf berikut!

  Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini karena komponen tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kedua pilar lainnya. Seseorang yang berperilaku sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu, dengan perilaku sehat, seseorang akan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada untuk memelihara kesehatannya.

1. Ide pokok paragraf di atas adalah ....
a. Memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada.
b. Menjaga lingkungannya agar tetap sehat.
c. Perilaku sehat akan berpengaruh pada pilar-pilar lainnya.
d. Berperilaku sehat akan menjaga kebersihan.
e. Perilaku sehat merupakan pilar utama.
Jawaban: e

2. Kalimat pertanyaan yang tepat sesuai isi paragraf tersebut adalah ....
a. Mengapa perilaku sehat merupakan pilar paling utama?
b. Bagaimana cara menjaga lingkungan tetap sehat?
c. Apakah fungsi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat?
d. Mengapa masyarakat harus memelihara kesehatan lingkungan?
e. Kapan pemerintah harus memberi pelayanan kesehatan?
Jawaban: a

Untuk soal nomor 3 dan 4, perhatikan tajuk rencana berikut!

 Beberapa waktu yang lalu banjir melanda Jakarta. Ribuan rumah tenggelam. Kerugian mencapai 39,5 miliyar rupiah dan menelan korban 10 orang meninggal. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar. Surat tersebut beriisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta. Menurutnya, Jakarta ternyata tidak seperti kota metropolitan yang selama ini terlihat megah dalam sinetron.
 Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir yang melanda Jakarta kiriman dari Bogor, orang Bogor membantahnya. Mereka menyatakan bahwa yang membuat kerusakan adalah orang Jakarta sendiri dengan menggusur petani dan membuat vila dan hotel di Puncak.

3. Masalah yang diungkap dalam tajuk rencana tersebut adalah ....
a. Banjir melanda Jakarta sehingga menimbulkan banyak kerugian.
b. Jakarta selama ini terlihat megah dalam sinetron.
c. Banjir melanda Jakarta adalah kiriman dari Bogor.
d. Masyarakat Jakartalah yang membuat kerusakan
e. Orang Jakarta menggusur petani, membuat vila dan hotel di Puncak.
Jawaban: a

4. Opini pada tajuk rencana tersebut terdapat pada kalimat ....
a. sepuluh orang meninggal dalam banjir tersebut.
b. Seorang penduduk luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar.
c. Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir kali ini merupakan kiriman dari Bogor.
d. Kerugian mencapai 39,5 miliyar dan sepuluh orang meninggal.
e. Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta.
Jawaban: c

5. Cermati topik dan penggunaan kalimat dalam paragraf berikut!
Topik: Pantai Natsepa
Kalimat penjelas
(1) Pantai Natsepa terletak kurang lebih sepuluh kilometer dari pusat kota.
(2) Pantai ini terlihat jelas karena letaknya hanya seratus meter dari jalan utama.
(3) Di Pantai Natsepa ini terdapat dua tempat yang telah dilengkapi fasilitas penginapan.
(4) Di beberapa tempat yang agak condong ke laut mengalami kerusakan.
(5) Pantai ini sering dikunjungi wisatawan asing.
(6) Bahkan biasanya pengunjung sampai Pantai Liang.
kalimat deskripsi yang sesuai dengan topik tersebut ditandai dengan nomor ....
a. (1), (2), (3), dan (5)
b. (1), (2), (3), dan (4)
c. (1), (3), (5), dan (6)
d. (2), (3), (5), dan (6)
e. (3), (4), (5), dan (6)
Jawaban: a

6. Bacalah paragraf persuasi berikut dengan saksama!
 Pasien yang berobat dan dirawat inap di Rumah Sakit Darma, tidak dilayani dengan ramah, dokter yang seharusnya rutin memeriksa kondisi pasien sering tidak tepat waktu. Para perawat yang merawat pasien tidak berwajah ramah. Fasilitas dan peralatan yang dimiliki tidak lengkah sehingga banyak pasien yang berpidah ke rumah sakit lain.
Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a. Pasien yang akan masuk ke Rumah Sakit Darma hendaknya berpikir dulu
b. Rumah Sakit Darma harus menambah fasilitas dan peralatan medis.
c. Para dokter dan suster di Rumah Sakit Darma perlu segera diganti.
d. Tambahkan fasilitas dan tingkatkan pelayanan di Rumah Sakit Darma
e. Turunkan biaya perawatan agar pasien tidak pindah ke rumah sakit lain.
Jawaban: d

7. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang, karena tanah yang terlalu basah (menggenang) dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.
(2) Mula-mula air disalurkan melalui saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan atau bedengan hingga tanah cukup basah.
(3) Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
(4) Pengairan harus dilakukan secara kontinu 3-5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembapan tanah.
(5) Pengairan dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
Kalimat-kalimat tersebut dapat dijadikan paragraf yang padu dengan urutan ....
a. (1), (3), (2), (5), dan (4)
b. (2), (1), (5), (4), dan (3)
c. (3), (1), (5), (2), dan (4)
d. (4), (5), (1), (2), dan (3)
e. (4), (1), (5), (2), dan (3)
Jawaban: b

8.  Kami meninggalkan kompleks candi pukul 12.00, selanjutnya menuju museum kereta api. Siang itu udara terasa panas sehingga badan kami cepat merasa lelah karena ....
Untuk melengkapi paragraf tersebut, pernyataan yang tepat adalah ....
a. sebelumnya kami beristirahat di tepi pantai
b. perjalanan kami memang cukup jauh
c. rekreasi kami cukup menyenangkan
d. setiap tahun kami melaksanakan karya wisata
e. karya wisata selalu diprogramkan di sekolah kami
Jawaban: b

9. (1) Baik secara kelompok atau organisasi maupun individual, masyarakat secara spontan mengumpulan bantuan untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang kena musibah. (2) Hal ini terlihat sejak tsunami di Aceh dan serangkaian bencana alam lainnya di Indonesia. (3) Bahkan membantu korban banjir lumpur panas Lapindo Brantas di Porong Sidoarjo, Jawa Timur. (4) Walaupun banjir lumpur itu akibat ulang manusia, tetapi mengundang rasa kemanusiaan. (5) Kepedualian masyarakat secara spontan itu merupakan perwujudkan rasa simpati dan empati terhadap sesamanya.
Kalimat simpulan pada paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
a. (1)
b (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: e

10.  Musim kompetisi 2013/2014 belum juga berakhir, tetapi Inter Milan sudah mendapatkan pemain baru. Adalah Ederson Honorato yang berhasil didatangkan juara Liga Italia musim lalu itu. Sebelumnya, penyerang asal Brasil itu memperkuat Nice. Ederson yang berusia 21 Tahun itu bergabung dengan Nice dua musim lalu. Saat itu, Inter Milan sebenarnya sudah berniat membawanya ke Stadion San Siro, namun Nice lebih menjadi pilihan Ederson.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
a. Musim kompetisi 2013/2014 belum juga berakhir, tetapi Inter Milan sudah mendapatkan pemain baru.
b. Ederson Honorato sebelumnya memperkuat Nice, berhasil didatangkan juara Liga Italia.
c. Ederson Honorato yang berusia 21 Tahun itu bergabung dengan Nice dua musim lalu.
d. Inter Milan sebenarnya sudah berniat membawanya ke Stadion San Siro, namun Nice lebih menjadi pilihan Ederson.
e. Inter Milan sebenarnya sudah berniat merekrut Ederson Honorato, tetapi baru tahun ini tercapai.
Jawaban: a

11. Dalam diskusi kelas, kamu ditugasi oleh guru menjadi moderator. Diskusi tersebut membicarakan masalah “Bahaya narkotika”.
Kalimat yang tepat untuk digunakan membuka diskusi adalah ...
a. Teman-teman yang berbahagia, pada saat ini kita akan mendiskusikan “Bahaya narkotika”.
b. Teman-teman, sebaiknya diskusi ini kita buka saja meskipun yang hadir belum lengkap.
c. “Bahaya narkotika” merupakan tema diskusi kita hari ini.
d. Marilah kita mulai mendiskusikan masalah “Bahaya narkotika” ini.
e. Sebaiknya diskusi ini kita buka setelah semua peserta lengkap.
Jawaban: a

12. Kalimat yang santun untuk mendukung pendapat seorang penyaji adalah ....
a. Pendapat saudara penyaji patutu didukung walaupun kurang bukti yang akurat.
b. Saya mendukung pendapat kawan karib kita ini demi persahabatan.
c. Saya setuju pendapat saudara penyaji diterima karena dia cukup dikenal.
d. Saya menerima dan mendukung saudara penyaji karena data yang duajukan akurat.
e. Saya bisa menerima pandapat mendukung saudara penyaji karena dia berpengalaman.
Jawaban: d

13. Kalimat yang tepat untuk mempersilahkan penyaji membaca makalah adalah ....
a. Kepada saudara penyaji dipersilahkan membaca makalah.
b. Saudara penyaji silahkan segera membaca makalah.
c. Saudara penyaji, 30 menit waktu yang saya sediakan.
d. Saudara penyaji silahkan membacakan makalah.
e. Saudara penyaji, kami persilahkan membacakan makalah.
Jawaban: a

14. Cara pengarang menampilkan perwatakan setiap tokoh dalam karyanya dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali ....
a. melukiskan bentuk lahir dari tokoh
b. melukiskan pikiran dan perasaan para tokoh
c. menggambarkan reaksi tokoh lain terhadap tokoh utama
d. membawa pembaca pada alur cerita yang jelas kan logis
e. melukiskan keadaan di sekeliling kehidupan tokoh utama
Jawaban: d

15.  Harsono : (marah) Apa kau tidak bisa lihat, kah? Matamu di mana, ditaruh dalam saku?
 Pekerja : Maaf Tuan, saya tidak melihat Tuan.
 Harsono : (makin marah dan memegang baju pekerja itu) Apa kau buta?
 Citra : (yang selama ini diam saja) Mas Hr, lepaskan orang itu. Dia baru saja aku marahi. Sudah cukup.
 Harsono : (terkejut dengan suara Citra) Apa?
Berdasarkan penggalan drama di atas, watak Harsono adalah ....
a. pemarah
b. pemaaf
c. tidak berperasaan
d. tidak peduli
e. acuh
Jawaban: a

16. Amanat yang bisa kita petik dari dialog di atas adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. pandai-pandailah bersopan santun
b. belajarlah mengendalikan emosi
c. hargailah orang lain
d. pedulilah dengan sesama
e. jangan terbiasa bersikap kasar
Jawaban: a

17. Kualitas anak-anal pemilik masa depan, sangat ditentukan oleh perlakuan kita terhadap mereka saat ini. Maju mundurnya suatu bangsa di masa depan sangat dipengaruhi oleh kesiapan fisik, mental, sosial, maupun intelektual generasi yang saat ini masih berada dalam fase kanak-kanak.
Dalam karya tulis, uraian di atas merupakan bagian ....
a. tujuan penulisan
b. latar belakang
c. permasalahan
d. kata pengantar
e. penutup
Jawaban: b

18. 1) Pendahuluan
 2) Kata pengantar
 3) Daftar pustaka
 4) Halaman judul
 5) Penutup
 6) Daftar isi
 7) Bagian isi
Urutan yang tepat dalam penulisan karya tulis adalah ....
a. 4-2-6-1-7-5-3
b. 4-2-5-1-7-6-3
c. 4-6-2-7-1-5-3
d. 4-2-6-1-5-7-3
e. 4-3-5-6-1-2-7
Jawaban: a

19. Topik karya tulis: Pengangguran intelektual disinyalir terus meningkat.
Kesimpulan yang tepat untuk karya tulis di atas berisi tentang ....
a. Penjelasan pengangguran selalu bertambah dan saran solusi.
b. Penyebab semakin bertambahnya pengangguran intelek dan pelukisan nasib para pengangguran.
c. Penyebab intelektual semakin banyak yang menganggur dan imbauan untuk menyediakan lapangan kerja.
d. Penjelasan pengangguran intelektual semakin bertambah dan imbauan membuka lapangan kera baru.
e. Penyebab pengangguran intelektual semakin banyak dan saran, serta solusi penanganan pengangguran.
Jawaban: e

20. Pada tahun 1950 A.A. Navis mulau mengikuti perkembangan kesusastraan secara aktif, sebagai pegarang cerpen dan sandiwara radio. Cerita-ceritanya dalam Mimbar Indonesia, Siasat, Kisah, Sastra, dan lain-lainnya. Ia sebagai pemenang hadiah majalah Kisah pada tahun 1955.
Penggalan biografi A.A. Navis di atas menggambarkan ....
a. riwayat kelahiran
b. riwayat kepengarangan
c. riwayat pendidikan
d. riwayat keluarga
e. kisah usia remaja
Jawaban: b

21. (1) Perjalanan bisnis Anda akan menyenangkan jika Anda menggunakan jasa kami.
 (2) Prinsip kelestarian habitat dan populasi satwa harus dijadikan dasar pengelolaannya.
 (3) Akhirnya, kami berhasil menemukan anak yang tersesat tersebut.
 (4) Habitat terumbu karang di perairan Indonesia timur semakin mengkhawatirkan.
Kalimat yang tepat dalam sebuah laporan ilmiah adalah nomor ....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 1 dan 4
e. 2 dan 3
Jawaban: c

22. Berikut ini hal-hal yang dapat kita temukan dalam cerpen, kecuali ....
a. cerita yang berisifat imajinatif
b. satu fragmen kehidupan yang berdiri sendiri
c. singkat dan padat, tetapi tuntas dengan dirinya sendiri
d. mengandung kesatuan cerita, setting, plot, dan penokohan
e. pelaku cerita mengalami perubahan nasib
Jawaban: e

23. Perhatikan unsur laporan pengamatan berikut!
1) Tujuan
2) ....
3) Waktu dan tempat
4) ....
5) Hasil
6) Penutup
Berikut yang tepat untuk melengkapi unsur laporan di atas adalah ....
a. objek yang diamati dan uraian kegiatan
b. uraian kegiatan dan kesimpulan
c. uraian kegiatan dan objek yang diamati
d. latar belakang pengamatan dan uraian kegiatan
e. latar belakang pengamatan dan objek yang diamati
Jawaban: e

24. Dalam periodisasi sastra Indonesia dikenal periode dengan istilah sastra Melayu klasik/kuno. Adapun ciri-cirinya adalah ....
a. statis, istana sentris, anonim, berbahasa klise, tertulis
b. statis, istana sentris, anonim, berbahasa klise, lisan
c. statis, istana sentris, berbahasa klise, tertulis
d. statis, istana sentris, tertulis, anonim, khayal
e. statis, istana sentris, tertulis, anonim, khayal, klise
Jawaban: b

25. Di bawah ini adalah faktor oenentu keberhasilan dalam penulisan notulen, yaitu ....
a. mempunyai keterampilan berbicara yang baik
b. mempunyai keterampilan menyimak yang tinggi
c. harus mampu mengapresiasi
d. harus mampu menulis indah
e. harus banyak membaca buku referensi
Jawaban: b

26. Di Jawa Barat banyak dikembangkan pemijahan ikan air tawar. Di Malang dan Plered telah dikembangkan pembuatan keramik. Ini semua berpengaruh terhadap kehidupan perekonomian, baik lokal, regional, maupun secara nasional.
Pernyataan di atas adalah penggalan laporan ....
a. perjalanan
b. hasil percobaan
c. hasil pengamatan
d. hasil seminar
e. hasil studi pustaka
Jawaban: c

27. Sumi : Biarlah semua tahu, keadaan yang memojokkan saya untuk bercerita. Kebenaran harus dibela, risiko apa pun kuhadapi.
 Ibu : Jadi! Biang keladinya justru, Mama. Pantas!
Dialog di atas menunjukkan drama telah sampai pada bagian ....
a. pengenalan
b. komplikasi
c. klimaks
d. antiklimaks
e. ending
Jawaban: c

28. Dari sebuah kantung di dalam keranjang, Wak Katok mengeluarkan daun ramu-ramuan. Mereka membersihkan luka-luka Pak Balam dengan air panas dan Wak Katok menutup luka besar di betis dengan sobekan kain sarung Pak Balam.
Nilai yang diungkapkan melalui kutipan di atas adalah ....
a. kebersamaan
b. pengobatan tradisional
c. saling menolong
d. kesetiakawanan
e. ramuan daun-daunan
Jawaban: d

29. Pengarang sebagai orang berada di luar cerita dan tidak terlibat dalam cerita, dengan menggunakan pelaku utama ia/dia.
Kedudukan pengarang dalam bercerita tersebut sebagai ....
a. tokoh utama
b. tokoh bawahan
c. tokoh figuran
d. tokoh protagonis
e. pengamat
Jawaban: e

30. Satu luapan rasa simpati yang muncul secara tiba-tiba membuat air mata berlinang di kedua belah mata Lucy. Kasihan, ibuku sayang,  pikirnya. Betapa sering ibu kelaparan asalkan anak-anaknya tidak. Aku tidak boleh mementingkan diriku sendiri. Demikianlah, ia kemudian mendekatinya dan meletakkan kepalanya ke pangkuan ibunya.
Nilai moral yang terdapat dalam penggalan cerita terjemahan di atas adalah ....
a. tidak mementingkan diri sendiri
b. pengorbanan seorang anak untuk ibunya
c. keluarga yang akrab dengan lingkungan
d. kesedihan yang mendalam sehingga timbul rasa iba
e. anak yang manja biasa mementingkan diri sendiri
Jawaban: a

31. Jelaskan cara memberikan komentar terhadap pendapat seorang pembicara dalam diskusi!
Jawaban:
- Komentar tersusun dalam urutan yang sistematis, kalimatnya jelas, padat, dan kata-katanya mudah dipahami.
- Komentar langsung diarahkan pada sasaran yang diinginkan, tidak berbelit-belit.
- Komentar menjelaskan sesuatu yang ingin dijelaskan dan meyakikan
- Komentar hendaknya ditunjang oleh kebenaran fakta, kemukakan bukti, contoh, gambar, dan lain-lain.

32. Buatlah dialog enam kalimat yang berisi deskripsi perilaku jujur kepada orang lain!
Jawaban:
Kirana: “Bang, beli bakso Satu Mangkok, berapa harganya?”
Tukang Bakso: “Iya de, satu mangkoknya 12.000 rupiah”.
Kirana: “ini uangnya bang! (sambil memberikan uang sebesar 20.000 rupiah)
Tukang Bakso: “Ini baksonya de, dan ini uang kembaliannya!”
Kirana:”Ini uangnya kembalinya kelebihan 5.000 rupiah bang! (kirana menerima uang kembalian sebesar 13.000 rupiah)
Tukang bakso: “Terima kasih ya de, telah mau mengembalikan kelebihan uangnya”.

33. Sebutkan dan jelaskan tiga komponen laporan penelitian!
Jawaban: komponen laporan penelitian adalah:
- Pendahuluan, berisi latar belakang masalah, kajian pustaka/teori yang menjadi dasar penelitian, dan rumusan tujuan
- Isi/inti, penyajian uraian inti/isi laporan
- Penutup, berisi kesimpulan dan saran

34. Jelaskan perbedaan antara sudut pandang orang pertama dengan sudut pandang orang ketiga!
Jawaban:
- Perbedaan sebagai tokoh utama. Pengarang menuturkan cerita dirinya sendiri, pelaku utamanya: aku/saya/kita (kata ganti orang pertama tunggal/jamak)
- Pengarang sebagai pengamat. Pengarang sebagai orang yang beradsa di luar cerita, ia menuturkan tokoh dari luar, tidak terlibat dalam cerita. Pelaku utamanya ia/dia/mereka (kata ganti orang ketiga tunggal/jamak).

35. Sebut dan jelaskan unsur-unsur ekstrinsik hikayat!
Jawaban:
- Biografi pengarang: agama, paham/aliran, dan psikologi.
- Lingkungan budaya: latar belakang budaya yagn mendasari cerita.
- Lingkungan sosial: berkaitan dengan tempat/masyarakat sekitar di mana cerita itu disusun.
- Keadaan zaman: berkaitan dengan waktu/sejarah penyusunan cerita.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 35+ Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 38Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 dan jawabannya
    • soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 dan kunci jawaban
    • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 kurikulum 2013
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 1
    • contoh soal bahasa indonesia kelas 11 beserta jawabannya
    • soal essay bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1 beserta jawaban 2018,2019,2020,2021,2022