Lengkap - 45+ Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

45+ Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Halo adik adik yang baik hati, kali ini admin ingin berbagi kepada adik adik Contoh soal yang siap diajadikan sebagai bahan latihan UAS, Soal ini sudah admin sediakan dalam bentuk word dan tersedia juga di artikel ini, sehingga adik adik bisa memperlajarinya. Soal yang admin bagikan ini untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA. Oiya  Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 mengalami perubahan yang mendasr, yaitu berbasis teks. Tujuannya adalah agar dapat membawa peserta didik sesuai perkembangan mentalnya, dan menyelesaikan masalah kehidupan nyata dengan berpikir kritis. Prinsip penerapannya yaitu, bahasa dipandang sebagai teks, Penggunaan bahasa merupakan proses pemilihan bentuk-bentuk kebahasan untuk mengungkapkan makna pembelajaran, bahasa bersifat fungsional, dan bahasa merupakan sarana pembentukan berpikir manusia. Tahapan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, diawali dengan membangun konteks, kegiatan pemodelan, membangun teks secara bersama-sama, dan membangun teks secara mandiri. Dalam pemeblajarannya menggunakan pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan guru.

45+ Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
45+ Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Pembelajaran Bahasa Indonesia

Pembelajaran bahasa Indonesia pada hakikatnya adalah membelajarkan peserta didik tentang keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai tujuan dan fungsinya. Menurut Atmazaki (2013), mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis, menghargai dan bangga menggunakan bahasaIndonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara, memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan, menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial, menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, dan menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

Untuk mengimplementasikan tujuan mata pelajaran Bahasa Indonesia tersebut, maka pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 disajikan dengan menggunakan pendekatan berbasis teks. Teks dapat berwujud teks tertulis maupun teks lisan. Teks merupakan ungkapan pikiran manusia yang lengkap yang di dalamnya memiliki situasi dan konteks. Dengan kata lain, belajar Bahasa Indonesia tidak sekadar memakai bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi, tetapi perlu juga mengetahui makna atau bagaimana memilih kata yang tepat yang sesuai tatanan budaya dan masyarakat pemakainya.

Mahsun (2014: 39) menyatakan, dalam pembelajaran Bahasa ada dua komponen yang harus dipelajarai, yaitu masalah makna dan bentuk. Kedua unsur tersebut harus hadir secara stimulant dan keduanya harus ada. Namun pemakai bahasa harus menyadari bahwa komponen makna menjadi unsur utama dalam pembentuk bahasa, dan karena itu bahasa menjadi sarana pembentukan pikiran manusia. Untuk itu guru perlu menyadari, bahwa kemampuan berpikir yang harusnya dibentuk dalam bahasa adalah kemampuan berpikir sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis. Secara stipulatif kemampuan berpikir tersebut disebut dengan berpikir metodologis yang hanya dapat dicapai melalui pembelajaran teks berdasarkan pendekatan ilmiah/saintifik.

Pada kesempatan lain Mahsun (2013) menyatakan , kehadiran konteks budaya, selain konteks situasi yang melatarbelakangi lahirnya suatu teks menunjukkan adanya kesejajaran antara pembelajaran berbasis teks (konsep bahasa) dengan filosofi pengembangan Kurikulum 2013. Khusus yang terkait dengan rumusan kebutuhan kompetensi peserta didik dalam bentuk kompetensi inti (KI) atas domein sikap, pengetahuan, dan keterampilan (sebagai penguatan dapat dilihat dalam Standar Isi Permen dikbud Tahun 2014). Kompetensi inti yang menyangkut sikap, baik sikap spiritual (KI: 1 ) maupun sikap sosial (KI: 2) terkait dengan konsep kebahasaan tentang nilai, norma kultural, serta konteks sosial yang menjadi dasar terbentuknya register (bahasa sebagai teks); kompetensi inti yang menyangkut pengetahuan (KI: 3) dan keterampilan (KI: 4) terkait langsung dengan konsep kebahasaan yang berhubungan dengan proses sosial (genre) dan register (bahasa sebagai teks). Selain itu, antarkompetensi dasar (KD) yang dikelompokkan berdasarkan KI tersebut memiliki hubungan pendasaran satu sama lain. Ketercapaian KD dalam kelompok KI: 1 dan 2 ditentukan oleh ketercapaian KD dalam kelompok KI: 3 dan 4. KD dalam kelompok KI: 1 dan 2 bukan untuk diajarkan melainkan implikasi dari ketercapaian KD dalam kelompok KI: 3 dan 4.

Hal lain yang perlu dicermati oleh guru, bahwa karakteristik pembelajaran terkait erat dengan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi. Standar Kompetensi Lulusan memberikan kerangka konseptual tentang sasaran pembelajaran yang harus dicapai, dan Standar Isi memberikan kerangka konseptual tentang kegiatan belajar dan pembelajaran yang dikembangkan dari tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi. Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan, sasaran pembelajaran mencakup pengembangan domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang memiliki karakteristik berbeda untuk masing-masing mata pelajaran.

Domain Sikap diperoleh melalui aktivitas menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Domain pengetahuan diperoleh melalui aktivitas mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Domain keterampilan diperoleh melalui aktivitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Pencapain kompetensi tersebut berkaitan erat dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan. Untuk itu, guru harus merencanakan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum dengan menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran yang mendorong kemampuan peserta didik untuk melakukan penyingkapan/penelitian, serta dapat menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun kelompok..

Dengan memahami keterkaitan masing-masing kompetensi dalam pembelajaran, khusunya pembelajaran bahasa Indonesia dengan pembelajaran berbasis teks akan mampu mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik secara kreatif dan kritis. Di samping itu, pembelajaran Bahasa Indonesia dapat berperan sebagai penghela dan pengintegrasi ilmu lain.


Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA



45+ Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


1. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Makin bernas bulir padi, makin merunduk tangkainya.
(2) Makin ia berwawasan, makin ia merendahkan hati seperti merunduknya setangkai padi yang berbulir bernas.
(3) Seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan dan pendidikan tinggi akan seperti padi.
(4) Begitu pula manusia yang berilmu dan berpendidikan tinggi.
(5) Setangkai padi yang mulai berisi akan merunduk.
Susunan kalimat-kalimat di atas yang tepat sehingga membentuk sebuah paragraf argumentatif adalah....
a. (1)-(3)-(5)-(2)-(4)
b. (2)-(4)-(3)-(5)-(1)
c. (3)-(5)-(1)-(4)-(2)
d. (4)-(2)-(1)-(5)-(3)
e. (5)-(1)-(2)-(4)-(3)
Jawaban: c

2. Tujuan seorang penulis menggunakan tabel dalam tulisannya adalah untuk ....
a. menerangkan bahwa kejadian benar-benar ada
b. membuktikan bahwa peristiwa benar-benar terjadi
c. meyakini pendapatnya secara lebih jelas dan terperinci
d. menggambarkan suatu keadaan sebagaimana yang benar-benar terjadi
e. memengaruhi pembaca agar menyetujui pendapat yang dikemukakannya
Jawaban: d

3.  Mendengarkan kata-kata anak penggembala itu, Landorundum lalu mengaku dan berkata, “Akulah yang sebenarnya mengambil buah menggamu dan terserah kepadamu hukuman apa yang harus kujalani.”
Berdarkan penggalan kutipan di atas, dapat disimpulkan bahwa watak Landorundum adalah ....
a. jantan
b. sombong
c. pengecut
d. terus terang
e. tanggung jawab
Jawaban: a

4. Bentuk ringkasan masih mempertahankan adanya ....
a. urutan bab dan subbab
b. daftar isi dan sudut pandang
c. sudut pandang dan bahasa
d. perbandingan isi dan kerangka
e. urutan isi, sudut pandang, dan perbandingan
Jawaban: e

5.Sebuah karangan dibagi atas paragraf-paragraf. Dalam membentuk suatu paragraf diperlukan suatu syarat. Syarat-syarat paragraf yang baik adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. kalimat disusun secara logis
b. tidak boleh ada kalimat sumbang
c. bahasa yang digunakan harus efektif dan formal
d. menggunakan kata-kata yang bermakna denotatif
e. kalimat-kalimatnya dibuat panjang sehingga melelahkan pembaca
Jawaban: e

6. Berikut ini yang bukan merupakan penggambaran tokoh secara tidak langsung adalah ....
a. cara berdandan
b. cara berpakaian
c. pelukisan bentuk lahir
d. pelukisan aksi tokoh lain
e. pelukisan jalan pikiran dan perasaan
Jawaban: c

7. Kopi bubuk olahan pabrik memang lebih memikat. Pengemasannya lebih rapi dan sangat tertutup. Adapun kopi bubuk hasil olahan tangan dikemas dalam plastik yang tidak didesain dan hanya “disegel” dengan klip staples. Dengan tampilan yang  berbeda itu, kecenderungan banyak orang lebih memilih kopi bubuk dalam kemasan yang rapi dan menarik. Padahal dari segi rasa, banyak orang berpendapat justru hasil pengolahan secara tradisional itulah yang lebih nikmat.
Pernyataan yang berupa fakta terdapat pada kalimat ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima
Jawaban: a

8. Berikut kalimat yang merupakan sebuah opini adalah ....
a. Pemilik rumah produksi lebih suka memakai tenaga lulusan SLTA.
b. Soal kreativitas hanya dipermasalahkan oleh sekelompok individu.
c. Pemirsa pada umumnya menerima apa pun yang disajikan oleh stasiun televisi.
d. Dalam kultur dan semangat gotong royong, sinema televisi Indonesia terus tumbuh.
e. Jika kecenderungan ini berlangsung terus, sinetron nasional sulit memperoleh apresiasi dari masyarakat.
Jawaban: e

9. Seruling di pasir ipis merdu
    Antara gundukan pohon pina
    Tembaga menggema di dua kaki
Citraan pendengaran pada penggalan puisi di atas terdapat pada kalimat ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. pertama dan kedua
e. kedua dan ketiga
Jawaban: c

10. Berikut merupakan kriteria puisi yang baik, kecuali ....
a. memakai ragam bahasa sastra
b. menggunakan kata-kata konotatif
c. penggunaan gaya bahasa parelelisme
d. banyak menggunakan perulangan bunyi
e. menggunakan jumlah kata yang berbeda dalam baris-barisnya
Jawaban: e

11. Latar tempat cerita di atas adalah ....
a. awan
b. bumi
c. bulan
d. planet
e. angkasa
Jawaban: b

12. Cerita di atas merupakan cerita rakyat berjenis ....
a. mite
b. sage
c. fabel
d. legenda
e. hikayat
Jawaban: c

13. Berdasarkan penggalan cerita di atas, dapat disimpulkan bahwa sifat tokoh Naga Merah adalah....
a. suka memerhatikan nasib kawan-kawannya
b. ceroboh dan tidak bertanggung jawab terhadap tindakannya
c. senang melihat kawannya menderta karena perbuatannya
d. sombong dan suka memamerkan kekuatannya di hadapan kawan-kawannya
e. merasa senang jika mengetahui kawan-kawanya mendapat kecelakaan
Jawaban: b

14.  Masuknya globalisasi dalam semua segi, baik media, ekonomi, politik, maupun sistem pemikiran, membawa implikasi terhadap makin terbukanya masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern. Hubungan antarmanusia mulai teralienasi, ada keterasingan. Ayah dan ibu mulai bekerja, sementara masyarakat pun sibuk dengan urusannya sendiri. Tanggung jawab pendidikan bagi anak-anak tidak lagi bertumpu pada keluarga, masyarakat, dan sekolah. Anak-anak pun luar biasa perkembangannya. Sekolah bukan lagi sekedar tempat belajar sesuai kurikulum formal, tetapi juga sebagai ajang ekspresi pengalaman pribadi yang diperoleh dengan kurikulum lain.
Berikut merupakan informasi yang terdapat dalam paragraf di atas, kecuali ....
a. Globalisasi membawa implikasi terhadap makin terbukanya masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern.
b. Globalisasi mengakibatkan hubungan antarmanusia mulai teralienasi.
c. Globalisasi tidak mengakibatkan keterasingan manusia dalam keluarga maupun masyarakat.
d. Tanggung jawab pendidikan anak-anak bertumpu pada diri mereka masing-masing.
e. Sekolah bukan lagi sekedar menjadi tempat belajar sesuai kurikulum formal, tetapi juga sebagai ajang ekspresi pengalaman pribadi.
Jawaban: c

15. Gunung tinggi diliputi awan
 Berteduh langit malam hari
Terdengar kampung memanggil
 Rasakan hancur tulang berulang
Penggalan puisi di atas menggambarkan ....
a. kerinduan yang mendalam pada kampung halaman
b. keindahan gunung yang puncaknya selalu berawan
c. perkampungan yang dipayungi awan biru yang indah
d. keindahan gunung yang menjulang tinggi
e. seakan kampung halaman memanggilnya
Jawaban: a

16.  Jalan Surabaya sudah dikenal turis mancanegara. Simaklah buku-buku panduan mengenai pariwisata Indonesia terbitan luar negeri, pasti nama jalan Surabaya di dalamnya. Tak heran jika banyak wisman menjadikannya sebagai salah satu daerah tujuan wisata selama di Jakarta.
Informasi berikut terdapat pada paragraf di atas, kecuali ....
a. Jalan Surabaya merupakan satu-satunya daerah tujuan wisata selama di Jakarta.
b. Turis mancanegara telah mengenal Jalan Surabaya.
c. Jalan Surabaya tercantum dalam buku panduan wisata terbitan luar negeri.
d. Jalan Surabaya merupakan daerah tujuan wisata yang ada di Jakarta.
e. Jalan Surabaya terkenal sampai ke luar negeri.
Jawaban: a

17. Seorang pakar mendapat tugas untuk berceramah di depan para mahasiswa di bidang ilmu yang dimiliki. Ia berusaha agar ceramahnya nanti dapat sistematis dan tidak terpancang pada teks.
Metode pidato yang paling tepat digunakan oleh pakar tersebut adalah ....
a. impromptu
b. menghafal
c. naskah
d. ekstemporan
e. serta-merta
Jawaban: d

18. Berikut ini merupakan ciri-ciri karya sastra Melayu klasik, kecuali ....
a. anonim
b. istana sentris
c. bersifat pralogis
d. masyarakat sentris
e. berkembang secara statis
Jawaban: d

19. Pertanyaan mengenai sastra Melayu klasik di bawah ini yang tidak tepat adalah ....
a. Aspek kebahasaan dalam sastra Melayu klasik tidak banyak dicampuri oleh kosakata Eropa.
b. Semua sastra Melayu klasik sudah jelas terikh dan pengarangnya.
c. Karya sastra Melayu klasik berupa hasil terjemahan.
d. Karya sastra Melayu klasik dipengaruhi oleh sastra Hindu.
e. Sastra Melayu klasik bersifat pralogis.
Jawaban: b

20. Kurangnya kesadaran para remaja dalam mencintai lingkungan dapat dilihat dari sikap apatis dalam diri mereka. Di mana-mana kita lihat coret-coretan yang mereka torehkan di tembok-tembok pagar, dinding rumah, dinding sekolah, jembatan, papan nama, dan bagian papan penunjuk arah bus kota. Belum lagi kurangnya kepedulian mereka dalam menciptakan lingkungan bebas dari sampah. Padahal mereka sudah diimbau bahkan diberikan penyuluhan, baik di sekolah maupun di lingkungan mereka.
Wacana di atas termasuk jenis karangan ....
a. persuasi
b. deskripsi
c. argumentasi
d. eskposisi
e. narasi
Jawaban: c

21. Kalimat penutup pidato yang tepat adalah ....
a. Terima kasih atas perhatian Anda, jangan sampai lupa jasa-jasa para pahlawan.
b. Akhirnya saya tutup dengan harapan semua pidato saya ini bermanfaat bagi kita semua.
c. Saya mengajak Saudara untuk mengikuti jejak para pahlawan kita terdahulu.
d. Demikian pidato saya, semoga kita dapat meneladani dan meneruskan perjuangan para pahlawan.
e. Akhirnya saya menghimbau Saudara agar terus mengenang jasa-jasa para pahlawan.
Jawaban: d

22. Kali pertama saya menangani bedah epilepsi pada 19 Juli 1999. Waktu itu saya masih mendampingi, sementara yang mengoperasi adalah guru saya dari Jepang, Profesor Arita.
Pernyataan yang tepat untuk jawaban hasil wawancara di atas adalah ....
a. Apa rencana Anda selanjutnya?
b. Kapan Anda mulai mengoperasi penyandang epilepsi?
c. Kapan Anda mulai menangani bidang bedah epilepsi?
d. Bagaimana Anda mensosialisasikan bedah epilepsi?
e. Bagaimana akhirnya Anda bisa diterima dan diakui?
Jawaban: c

23. Berikut merupakan tujuan dalam wawancara, kecuali ....
a. mendapatkan data
b. mendapatkan informasi
c. memperoleh dukungan
d. mendapatkan konfirmasi
e. memperoleh imajinasi
Jawaban: e

24. Ketika anak perempuannya yang bernama Nining sudah dapat berbicara sedikit-sedikit, Mbok Sutiya menggunakan kesempatan itu untuk menggunakan kesempatan itu untuk menggunakan sedikit pengetahuannya di bidang bahasa dan kesopanan. “Nduk, kalau lewat di hadapan para ndoro atau orang tua, kita harus membungkukkan tubuh. Ibu jari tangan kanan menunjuk ke muka,” katanya mengajarkan anaknya begitu.
....
Petikan cerita di atas mengandung nilai moral bahwa ....
a. seorang anak harus mempunyai nama
b. pemberian nama pada anak setelah dapat berbicara
c. menurut adat Jawa, kalau lewat di depan orang yang dituakan harus membungkukan badan
d. anak perempuan lahir harus mempunyai nama
e. ibu jari tangan kanan menunjuk ke muka tanda kedewasaan
Jawaban: c

25.   Emas untuk Indonesia
Semua kekuatan dikerahkan
Semangat berkobar-kobar
Usaha pun tak pernah padam
Untuk menjadi seorang pahlawan
Bangga rasanya ....
Medali emas terkalung di dada
Lagu Indonesia Raya pun membahana
Mengiringi kibaran bendera
Merah putih berjaya
Kupersembahkan untukmu Indonesiaku
Kuingin buktikan pada dunia
Indonesia bukan negara biasa
     Karya: Rochmawati
Puisi di atas menceritakan tentang seorang ....
a. guru
b. dokter
c. pahlawan
d. olahragawan
e. onspektur upacara
Jawaban: d

26. Baik Tammy maupun Widodo mulai menyadari bahwa kedua amat terkejut. Impian masing-masing telah buyar, mereka hanya bisa menangis dan selamat tinggal kemelaratan. Kedatangan Tuan Wahyono membangunkan mereka dengan kata-kata yang sedemikian datar dan dingin, sehingga Widodo merasa beku seketika.
Unsur intrinsik yang mennjol dalam penggalan cerpen di atas adalah ....
a. plot
b. latar
c. tema
d. amanat
e. penokohan
Jawaban: e

27. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Paragraf persuasif bertujuan untuk menjelaskan gagasan penulis tentang suatu objek.
(2) Paragraf narasi bertujuan untuk menggambarkan tentang suatu objek.
(3) Paragraf argumentasi bertujuan untuk meyakinkan pembaca.
(4) Paragraf eksposisi bertujuan untuk mendorong dan memengaruhi pembaca.
(5) Paragraf deskripsi bertujuan untuk menggambarkan tentang suatu subjek.
Pernyataan yang tepat terdapat pada kalimat nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: e

28. Ketika memperingati Hari Kesehatan dan Gizi di sekolah, pidato mengenai “Manfaat Mutu Makanan yang Bergizi” disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan.
Kalimat pembuka pidato yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah ....
a. Para siswa yang saya cintai, yang tepat menjaga makanan agar kita selalu sehat.
b. Para siswa yang berbahagia, dalam rangka memperingati mutu makanan yang bergizi, kita perlu mengadakan serasehan.
c. Anak-anak sekolah, marilah kita menjaga makanan. Kita sebaiknya makan makanan yang bergizi agar selalu sehat dan pintar.
d. Agar tubuh kita menjadi sehat, maka akan saya sampaikan pidato mengenai manfaat mutu makanan bergizi pada hari ini.
e. Para hadirin sekalian, di hari yang berbahagia ini, perkenalkanlah saya menjelaskan kepada hadirin mengenai mutu makanan yang bergizi
Jawaban: e

29. (1) Menentukan pokok-pokok yang akan ditanyakan.
(2) Melaksanakan wawancara dengan narasumber.
(3) Membuat daftar wawancara.
(4) Membuat laporan wawancara.
(5) Menuliskan hasil wawancara.
Urutan yang tepat dalam melaksanakan wawancara adalah ....
a. (1), (2), (3), (4), dan (5)
b. (1), (3), (2), (5), dan (4)
c. (1), (3), (4), (2), dan (5)
d. (1), (5), (4), (3), dan (2)
e. (3), (1), (2), (4), dan (5)
Jawaban: b

30. Perhatikan tahapan alur berikut!
(1) Penyelesaian
(2) antiklimaks
(3) klimaks
(4) pengenalan
(5) konflik
Urutan tahap alur dalam cerpen yang tepat adalah ....
a. (1), (2), (3), (4), dan (5)
b. (2), (3), (4), (5), dan (1)
c. (3), (4), (2), (5), dan (1)
d. (4), (5), (3), (2), dan (1)
e. (5), (3), (2), (4), dan (1)
Jawaban: d

31. Karangan yang bertujuan menjelaskan suatu masalah secara mendalam sehingga pembaca memperoleh pengertian yang jelas disebut ....
Jawaban: eksposisi

32. Teknik yang digunakan dalam membaca tabel atau grafik adalah ....
Jawaban: memindai

33. Daftar ringkasan fakta atau informasi berupa nama atau bilangan yang disusun urut ke bawah dengan garis pembatas sehingga mudah disimak disebut ....
Jawaban: tabel

34. Karya sastra lama biasanya bersifat pralogis. Pralogis artinya ....
Jawaban: diluar akal

35. Kampanye tertulis merupakan salah satu betuk paragraf ....
Jawaban: persuasif

36. Metode pidato dengan penerapan naskah tetapi hanya berupa catatan garis besarnya disebut ....
Jawaban: ekstemporan

37.  Berdesik-desik daun buluh
 Dibuai angin dengan sayang
 Ayam berkokok sayap suara
Baris ketiga puisi di atas mengandung citraan...
Jawaban: pendengaran

38. Unsur dari luar cerita yang membangun sebuah karya disebut ....
Jawaban: unsur ekstrinsik

39. Orang yang pandai berpidato disebut ....
Jawaban: orator

40. Paragraf yang berisikan imbauan atau ajakan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu seperti diharapkan penulisnya disebut ....
Jawaban: persuasif

41. Sebutkan ciri-ciri sastra Melayu klasik!
Jawaban:
a. Statis, artinya tetap, baik bentuk maupun tema
b. Istana sentris, artinya karya-karya yang dibuat untuk kepentingan raja dan istananya
c. Anonim, artinya pengarang tidak disebutkan
d. Disajikan secara lisan
e. Berbahasa Melayu dan romantis
f. Menggunakan tema perjuangan baik-buruk, pendidikan moral, pahlawan, dan keagungan raja
g. khayal dan fantastis

42. Jelaskan bagian-bagian kerangka pidato!
Jawaban:
a. Pendahuluan
Pendahuluan dimulai dengan kalimat pembukan yang dapat menarik perhatian para pendengar
b. Isi
Isi pidato terdiri atas bagian atau rencana butir-butir yang hendak disampaikan, yakni berupa pikiran-pikiran utama
c. Penutup
Penutup atau kesimpulan sebaiknya tidak panjang. Penutup terdiri atas satu atau dua kalimat yang berisi kesimpulan, dan selanjutnya diikuti dengan ucapan terima kasih

43. Apa sajakah metode yang dapat digunakan dalam berpidato?
Jawaban:
a. Metode serta-merta (impromptu)
Metode serta merata maksudnya pidato dilakukan tanpa persiapan atau tanpa menggunakan teks.
b. Metode menghafal
Metode menghafal maksudnya pidato dilakukan dengan menghafalkan naskah
c. Metode ektemporan
Metode ekstemporan maksudnya pidato dilakukan dengan membuat outline atau kerangka pidato terlebih dahulu

44. Sebuah unsur-unsur intrinsik cerpen!
Jawaban: tema, alur, latar, penokohan, sudut pandang, amanat, gaya bahasa

45. Buatlah sebuah paragraf persuasif!
Jawaban:
Kenakalan remaja seperti perkelahian antarsekolah atau kebut-kebutan di jalan, sebenarnya bukan hal baru. Kenakalan itu pada dasarnya disebabkan oleh kelebihan energi pada remaja. Energi mereka berlebih dan tidak disalurkan dengan positif. Hal ini sesuai dengan sifat remaja yang selalu dinamis. Mereka memerlukan bimbingan untuk penyaluran energinya itu. Dalam hal ini sekolah mempunyai peran yang penting untuk membimbingnya. Sekolah harus mengarahkan mereka untuk melakukan kegiatan yang lebih berguna, seperti olahraga, musik, bakti sosial, tulis-menulis, dan sebagainya.
Dengan adanya kegiatan itu, berarti sekolah telah menyalurkan energi siswa sehingga tidak sempat berbuat yang negatif. Oleh karena itu, untuk memecahkan masalah kenakalan remaja di sekolah, dapat disusun program kegiatan penyaluran energi siswa selain kegiatan belajar-mengajar.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 45+ Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 38Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal bahasa indonesia kelas x kurikulum 2013 dan jawabannya
    • soal bahasa indonesia kelas x semester 2 dan kunci jawaban
    • soal bahasa indonesia kelas 10 semester 2 kurikulum 2013
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 10 semester 2
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 10 semester 1
    • contoh soal bahasa indonesia kelas 10 beserta jawabannya
    • soal essay bahasa indonesia kelas 10 semester 2
    • soal bahasa indonesia kelas 10 semester 1 beserta jawaban 2018,2019,2020,2021,2022