Lengkap - 90+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

90+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Selamat Belajar adik adik, pastinya dalam waktu dekat ini adik adik mau menghadapi ujian ya, nah jangan kawatir, pada kesempata kali ini admin ingin berbagi soal Pilihan Ganda untuk adik adik dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 10 SMA/MA, Soal ini sudah admin sediakan dalam bentuk file word yang bisa adik adik download pada link dibawah dengan jumlah soal sekitar 90 soal. Oiya  Paragraf adalah rangkaian kalimat yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan pokok pembahasan. Secara umum, paragraf dibentuk oleh dua unsur yakni gagasan utama/ide pokok dan beberapa gagasan penjelas. Gagasan utama adalah hal pokok yang diungkapkan dalam suatu paragraf.gagasan utama merupakan pernyataan yang menjadi inti keseluruhan isi paragraf  sedangkan gagasan penjelas merupakan gagasan yang berfungsi menjelaskan suatu gagasan utama. Penjelasannya itu bisa dalam bentuk uraian-uraian kecil, contoh-contoh atau ilustrasi, kutipan-kutipan dan sebagainya.
90+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
90+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



JENIS PARAGRAF
            Berdasarkan letak gagasan utamanya, paragraf terbagi atas beberapa jenis, yakni sebagai berikut:
1. Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal kalimat. Gagasan utama atu pokok persoalan paragraf itu dinyatakan dalam kalimat pertama.

2. Paragraf Induktif
Paragraf  induktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di akhir paragraf atau pada kalimat penutup paragraf itu.

3. Paragraf Campuran
Paragraf campuran adalah paragraf yang kalimat utamanya  terletak pada kalimat pertama dan terakhir.Dalam paragraf ini terdapat dua kalimat utama, kalimat terakhir merupakan penegas dari pernyataan yang dikemukakan dalam kalimat pertama.

4. Paragraf narasi
Paragraf narasi adalah paragraf yang isinya menceritakan suatu peristiwa atau kejadian yang disusun berdasarkan urutan waktu, ada pelaku, peristiwa, konflik dan penyelesaiannya.
Horizontal Scroll: Sudah enam kali matahari terbenam di balik bukit itu sejak suaminya pergi. Tiga hari yang lalu seharusnya sudah nampak olehnya laki-laki itu menuruni jalan setapak dipinggir bukit, tetapi sampai hari ini belum tampak juga, dan sebentar lagi akan ketujuh kalinya matahari menghilang di sana.

5. Paragraf Deskripsi
Paragraf yang melukiskan/menggambarkan suatu hal, baik itu benda, peristiwa, keadaan, atapun manusia, sehingga pembaca seolah-olah menyaksikan atau merasakan hal yang diceritakan itu.
Horizontal Scroll: Tak ingin menyia-nyiakan liburan. Esoknya kami menuju Tanjung Lesung Resort. Air laut yang tenang memberi keindahan tersendiri saat memandangnya dari beranda Krakatau Bar, Tanjung Lesung Resort. Sebuah pemandangan yang menakjubkan, serasa berada di persisi di bibir pantai karena pantulan warna air dari kolam renang di depan bar seakan menyatu dengan air laut. Tak berlebihan jika banyak yang melukiskan keindahan pantai ini laksana surga.

6. Paragraf Eksposisi
Paragraf Eksposisi adalah paragraf yang isinya memaparkan/menerangkan/menjelaskan suatu objek dengan disertai dengan contoh, grafik, serta berbagai fakta dan data lainnya untuk memperjelas masalah yang dikemukakan sehingga pembaca dapat menerima dengan jelas.
Horizontal Scroll: Membaca intensif merupakan kegiatan membaca secara teliti atau membaca secara seksama bacaan berupa teks. Tujuan membaca dengan cara ini untuk mendapatkan pemahaman isi bacaan secara tepat dan rinci. Misalnya, mengetahui hal-hal yang diperlukan.

7. Paragraf Argumentasi
Paragraf Argumentasi adalah paragraf yang mengemukakan pendapat atau alasan yang disertai atau diperkuat dengan fakta-fakta, contoh, atau bukti-bukti sehingga pendapat itu diterima.
Horizontal Scroll: Air yang tergenang seperti di kaleng-kaleng bekas dan di selokan harus dibersihkan. Air yang tergenang itu tidak boleh dibiarkan karena akan menjadi sarang nyamuk. Nyamuk akan bertelur dan berkembang biak di genangan air itu

8. Paragraf Persuasi
Paragraf Persuasi adalah paragraf yang berisi imbauan atau ajakan kepada pembaca tentang sesuatu dengan disertai penjelasan dan fakta-fakta sehingga pembaca terpengaruh.
Horizontal Scroll: Penggunaan pestisida dan pupuk kimia untuk tanaman dalam jangka waktu lama tidak lagi menyuburkan tanaman dan memberantas hama. Pestisida justru dapat mencemari lingkungan dan menjadikan tanah lebih keras sehingga pengolahan membutuhkan biaya tinggi. Oleh sebab itu, hindarilah penggunaan pestisida secara berlebihan.



Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA



90+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


1. Pernyataan berikut yang tidak benar tentang sebuah berita adalah ....
a. Berita adalah kejadian penting yang dilaporkan wartawan untuk mendapat perhatian pembaca, pendengar, atau pemirsa.
b. Sebuah berita harus disampaikan dengan benar, tidak memihak, san objektif.
c. Peristiwa yang mempunyai nilai berita biasanya mengandung kriteria, seperti kedekatan, hangat/baru, penting, konflik, atau menarik perhatian.
d. Peristiwa yang mempunyai nilai berita mengandung kriteria, seperti tempat yang jauh, hangat/baru, penting, adanya konflik, atau menarik perhatian.
e. Kejadian yang sudah lama kejadiannya cenderung kurang menarik karena dianggap sudah basi.
Jawaban: d

2. Rencana peningkatan sarana dan prasarana pendidikan guna menunjang pendidikan sekolah dasar (SD) di Kulonprogo dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tampaknya bakal menuai permasalahan. Sebab, antara petunjuk alokasi penggunaan dan kebutuhan tenyata tidak sama dengan kebutuhan yang dialokasikan pemerintah pusat.
Unsur-unsur yang terdapat dalam berita di atas adalah ....
a. apa, siapa, dan di mana
b. apa, di mana, dan mengapa
c. siapa, kapan, dan bagaimana
d. bagaimana, kapan, dan siapa
e. bagaimana, kapan, dan mengapa
Jawaban: b

3. (1) Hasil ujian menentukan kualitas seseorang dan dengan sendirinya menen tukan kualitas pendidikan dalam suatu negara. (2) Kualitas pendidikan dalam suatu negara menetukan kualitas sumber daya manusia. (3) Jadi, ujian akhir yang diadakan di sekolah-sekolah merupakan keharusan, karena menentukan standar pendidikan di negara tersebut. (4) Di samping itu, perguruan swasta telah menetukan standar nilai calon mahasiswa yang dapat diterima di perguruan tersebut.
Fakta pada paragraf di atas terdapat pada kalimat ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (1) dan (4)
Jawaban: e

4. Kalimat berikut yang tidak mempunyai nilai berita adalah ....
a. Dika, siswa SMA Harapan, jatuh dari gedung lantai dua ketika hendak menuruni tangga.
b. Di Arizona seorang anak jatuh dari pohon.
c. Pukul sepuluh tadi pagi terjadi tabrakan beruntun yang menewaskan 10 orang.
d. Agus Susanto dan calon istrinya, keduanya dokter rumah sakit terkenal, mengalami luka parah  dalam kecelakaan mobil yang terbakar kemari. Sekarang pasangan itu masih berbaring di Rumah Sakit Pertamina.
e. Bom meledak dengan keras di pasar swalayan yang sedang ramai di kunjungi orang.
Jawaban: b

5. Jumlah gedung SD yang akan direhabilitasi mencapai 88 gedung. Rehabilitas akan menggunakan dana dari APBN yang dituangkan dalam APBD maupun dana dari APBN Provinsi DIY atau APBD Kulonprogo. “Termasuk di dalamnya gedung SD yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi yang terjadi pada bulan Mei silam.”
Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan berita di atas adalah ....
a. Gedung SD yang akan direhabilitasi mencapai 88 gedung.
b. Rehabilitas gedung akan menggunakan dana dari APBN maupun APBD.
c. Gedung yang akan dibangun termasuk gedung SD yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi pada bulan Mei silam.
d. Jumlah gedung SD yang akan direhabilitasi kurang dari 88 gedung.
e. Gempa bumi pada bulan Mei silam merusakkan sebagian gedung SD di Provinsi DIY.
Jawaban: d

6. Dalam upaya mengembangkan pembangunan wilayah Solo bagian utara, mau tidak mau harus diikuti dengan penambahan sarana dan prasarana serta berbagai fasilitas. Djoko mencontohkan, seperti pembangunan pusat perbelanjaan, peningkatan jalan, bahkan sampai rencana pembangunan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).
Kalimat utama paragraf di atas adalah ....
a. Dalam upaya mengembangkan pembangunan di wilayah Solo bagian utara, mau tidak mau harus diikuti dengan penambahan sarana dan prasarana serta berbagai fasilitas.
b. Djoko mencontohkan, seperti pembangunan pusat perbelanjaan, peningkatan jalan, bahkan sampai rencana pembangunan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).
c. Pembangunan wilayah Solo bagian utara harus diikuti dengan penambahan sarana dan prasarana serta berbagai fasilitas.
d. Pembangunan pusat perbelanjaan, peningkatan jalan, bahkan sampai rencana pembangunan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah Solo bagian utara sangatlah penting.
e. Pembangunan harus dilaksanakan merata di seluruh wilayah Solo.
Jawaban: c

7. Jika kalian tinggal di suatu kota, tentunya lebih tertarik pada berita tentang kejadian yang ada di kota kalian itu.
Hal ini berarti sesuai dengan ciri berita, yaitu ....
a. kedekatan
b. hangat dan baru
c. konflik
d. variasi
e. penting
Jawaban: a

8. Sampai sekarang minyak bumi merupakan energi utama. Berbagai macam industri menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar untuk menggerakan mesin-mesin pabrik. Alat-alat transportasi, baik darat, laut, maupun udara, juga menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakarnya. Sumber energi yang lain, seperti gas bumi dan batu bara memang merupakan sumber energi yang penting pula. Namun, baik dilihat dari segi nilai ekonomis maupun praktis, minyak bumi masih merupakan sumber energi utama untuk mengatasi gas bumi maupun batu bara.
Gagasan utama wacana tersebut adalah ....
a. Nilai ekonomis minyak bumi.
b. Gas bumi sebagai sumber energi.
c. Minyak bumi sebagai sumber energi utama.
d. Penggunaan minyak bumi bagi industri.
e. Minyak bumi sebagai bahan bakar alat-alat transportasi.
Jawaban: c

9. Di bawah ini beberapa hambatan yang sering menganggu keberhasilan membaca cepat, kecuali ....
a. menggerakkan bibir
b. menggerakkan kepala ke kanan dan kiri mengikuti tulisan
c. membaca ulang
d. berkonsentrasi penuh
e. membaca tidak pada tempatnya
Jawaban: a

10. Budaya daerah yang beraneka ragam merupakan kekayaan bangsa. Dari keaneka ragaman tersebut masih tampak adanya persamaan. Keanekaragaman budaya memang wajar karena kebudayaan itu masing-masing dikembangkan sesuai tuntunan lingkungan dan kebutuhan individual. Keanekaragaman itu akhirnya menuju pada kesatuan karena pada dasarnya bangsa Indonesia adalah satu.
Gagasan yang dikembangkan dalam paragraf di atas adalah ....
a. Budaya daerah yang beraneka ragam dikembangkan sesuai tuntunan lingkungan.
b. Keanekaragaman budaya daerah sebagai sarana kesatuan bangsa.
c. Adanya persamaan antara budaya-budaya daerah.
d. Keanekaragaman budaya menggambarkan bermacam-macam pola pikir masyarakat.
e. Budaya daerah merupakan kekayaan bangsa.
Jawaban: e

11. Secara umum struktur ekonomi Indonesia rapuh karena basis ekonomi rakyat sangat lemah, sementara usaha-usaha besar tumbuh. Tiga sektor utama di Indonesia yang kini dijangkiti ciri ekonomi informal yang dominan adalah perdagangan, transportasi, dan industri. Sektor ini menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang makin besar, tetapi produktivitasnya rendah, seperti tampak dalam sensus tahun 1990 yang lalu.
Pernyataan berikut ini sesuai dengan paragraf di atas, kecuali ....
a. Perusahaan besar tumbuh.
b. Ciri ekonomi informal berjangkit.
c. Pada tahun 1990 diadakan sensus penduduk.
d. Basis perekonomi rakyat Indonesia sangat lemah.
e. Perdagangan, transportasi, dan industri sangat produktif.
Jawaban: c

12. Kalimat berikut yang termasuk penolakan pedapat yang sopan adalah ....
a. Usul Anda tidak masuk akal dan sangat sulit diterima.
b. Berdasarkan pengamatan kami, usulan Saudara tidak cocok dilaksanakan di sekolah ini.
c. Pendapat Anda sungguh dangkal, seperti pendapat anak-anak.
d. Pendapat Saudara memang mempunyai nilai praktis, tetapi kita perlu juga memperhatikan pendapat orang lain.
e. Saya tidak dapat menerima usulan yang bodoh itu.
Jawaban: d

(Penggalan indeks untuk soal nomor 13 dan 14)
Bangsa 3 : 31
Bangsa Indonesia 3 : 32
Bangunan Suci Agama Hindu 4 : 17
Bani Israel 15 : 1, 19 : 52
Banjar Baru, Kota 11 : 26
Banjar, Kerajaan 11 : 27, 11 : 28
Banjar, Suku 16 : 16
Banjarmasin, Kalimantan Selatan 2 : 26, 5 : 34, 11 : 1, 11 : 25

13. Informasi mengenai Kerajaan Banjar dapat ditemukan pada halaman ....
a. 16 dan 26
b. 27 dan 28
c. 26 dan 27
d. 11 dan 27
e. 26 dan 11
Jawaban: b

14. Ensiklopedia jilid 15 halaman 1 memuat informasi tentang ....
a.  Suku Banjar
b. Banjarmasin
c. Kota Banjar Baru
d. Bani Israel
e. Bangunan Suci Agama Hindu
Jawaban: d

15. Rahman medesak pemerintah Indonesia untuk mengambil potensi dampak negatif dari tansaksi PMI itu. Namun menurut Rahman, pemerintah tak perlu menghalangi akuisisi itu dengan alasan kesehatan.
Pokok informasi yang ada pada paragraf di atas adalah ....
a. Rahman medesak pemerintah.
b. Pemerintah mengambil langkah mengurangi potensi dampak negatif dari tansaksi PMI.
c. Pemerintah perlu menghalangi akuisisi.
d. Rahman medesak pemerintah guna mengurangi potensi dampak negatif dari tansaksi PMI.
e. Menghalangi akuisisi itu dengan alasan kesehatan.
Jawaban: d

 (Grafik untuk soal nomor 16 dan 17)


16. Pernyataan berikut yang sesuai dengan grafik di atas adalah ....
a. Jumlah angkatan kerja yang tamat SD lebih tinggi dari pada tidak tamat SD.
b. Persentase angkatan kerja dari perguruan tinggi tidak mencapai 10%.
b. Angkatan kerja yang tamat SMP mencapai 10%.
d. Jumlah angkatan kerja dari yang tidak sekolah meduduki peringkat paling tinggi.
e. Persentase angkatan kerja dari yang tidak tamat SD lebih rendah dari yang tamat SD.
Jawaban: c

17. Persentase angkatan kerja tamat SMA mencapai .... %
a. 5
b. 10
c. 14
d. 15
e. 16
Jawaban: c

18.  “Adanya pendidikan nonformal merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi mereka yang belum sempat mengenyam pendidikan formal. Dengan kata lain, pendidikan nonformal adalah salah satu pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi institusi pendidikan ataupun dunia industri di Solo untuk membedakan lulusan Kejar Paket,” ujar Kelik kepada wartawan di ruang kerjanya pekan lalu.
Hal berikut yang bukan merupakan isi dari paragraf di atas adalah ....
a. Pendidikan nonformal untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi mereka yang belum sempat mengenyam pendidikan formal.
b. Pendidikan nonformal adalah salah satu pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia.
c. Institusi pendidikan ataupun dunia industri di Solo dimohon untuk tidak membedakan lulusan Kejar Paket.
d. Kelik menghimbau untuk tidak membedakan lulusan Kejar Paket dengan lulusan pendidikan lainnya.
e. Pendidikan nonformal satu-satunya pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia.
Jawaban: e

19. Kepala Subdinas (Kasubdin) Pendidikan Masyarakat Pemuda dan Olahraga (PMPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Drs. Kelik Isnawan mengungkap, jangan sampai ada anggapan jika kualitas lulusan Kejar Paket yang notabene bagian dari pendidikan nonformal lebih rendah daripada lulusan pendidikan formal.
Unsur-unsur yang terdapat dalam berita di atas adalah ....
a. siapa dan apa
b. kapan dan dimana
c. mengapa dan bagaimana
d. mengapa dan di mana
e. kapan dan mengapa
Jawaban: a

20. Lembaga pendidikan yang setara dengan SMP adalah ....
a. kejar paket A
c. kejar paket B
d. kejar paket C
d. sekolah penyetaraan A
e. sekolah penyetaraan B
Jawaban: b

21.    Putusan MK yang memerintahkan pemerintah menambah anggaran pendidikan di APBN langsung disambut gembira Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Meraka untuk merealisasikan seluruh program pendidikan, mulai BOS (bantuan oprasional sekolah) hingga rehabilitasi gedung sekolah.
    Sekretaris Jenderal Depdiknas, Prof. Dr. Ir. Dodi Nandika mengatakan, putusan MK itu sangat arif karena sudah mengikuti sejumlah pertimbangan yang matang. “Saya sempat mengikuti beberapa kali sidang MK. Putusan yang disampaikan MK sudah melalui pertimbangan dan harus kita cermati,” papar Dodi saat dihubungi Jawa Pos tadi malam.
Hal berikut yang bukan merupakan isi dari wacana di atas adalah ....
a. MK memerintahkan pemerintah untuk menambah anggaran pendidikan di APBN.
b. Putusan MK yang memerintahkan pemerintah menambah anggaran pendidikan di APBN disambut gembira Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).
c. Depdiknas akan menggunakan alokasi dana itu untuk merealisasikan seluruh program pendidikan, mulai dari bantuan oprasional sekolah hingga rehabilitasi gedung sekolah.
d. Prof. Dr. Ir. Dodi Nandika sempat mengikuti beberapa kali sidang MK.
e. Putusan yang disampaikan MK harus dipertimbangkan lagi.
Jawaban: e

22. Membaca sesuatu dengan cara melihat dengan cermat atas sesuatu yang dibaca disebut membaca....
a. indah
b. intensif
c. dalam hati
d. bersuara
e. memindai
Jawaban: e

23.    Gamelan Terpengaruh Musik Eropa
    Adjunt Profesor Musik Departemen Wesleyan University USA, Prof. Dr. Sumarsam mengatakan, di Amerika ada radio yang menyiarkan gending-gending Jawa. Juga ada perguruan tinggi yang memberikan mata kuliah gamelan. Namun, mata kuliah gamelan hanya mata kuliah pilihan. Umumnya mata kuliah tingkat S1 sifatnya umum. Dikatakan Prof. Dr. Sumarsam, perguruan tinggi disana juga mempunyai keterbatasan. Jadi, dia setuju kalau ada yang menyatakan suatu saat bisa terjadi orang Jawa belajar gamelan di Amerika. “Mereka hanya untuk mengungkapkan bahwa di AS gamelan mendapat perhatian, sementara di Jawa sendiri seperti tersisih,” kata Sumarsam di pusat kebudayaan UGM.
    Menurut Sumarsam, sudah sejak abad ke-19 musik gamelan terpengaruh musik Eropa. Waktu itu lagu kebangsaan Belanda “Wihelmus” diiringi gamelan untuk mengiringi miyos-nya raja dan keluarganya di hadapan umum. Sejak itu, musik Eropa masuk keraton.
Berikut yang bukan merupakan pokok-pokok isi dalam teks berita tersebut adalah ....
a. Gending-gending Jawa telah lama dipelajari di Amerika.
b. Gending-gending Jawa kurang mendapat perhatian di Jawa.
c. Gending-gending Jawa terpengaruh musik Eropa.
d. Gending-gending Jawa akan mendapat perhatian di Jawa.
e. Gending-gending Jawa disukai anak remaja di Amerika.
Jawaban: d

24. Pernyataan yang salah tentang penyajian data melalui tabel atau grafik adalah ....
a. Data yang disajikan dalam bentuk tabel dapat menarik perhatian pembaca.
b. Data jumlah siswa, jumlah lulusan, kependudukan, dan sejenisnya lebih mudah dilihat secara visual jika dinyatakan dalam bentuk angka-angka.
c. Table menyajikan data yang diklasifikasikan secara sistematis menurut kesatuan tertentu.
d. Dari tabel kita mengetahui secara panjang lebar uraian data atau sesuatu.
e. Dari judul tabel kita dapat mengetahui mengenai apa, di mana, dan bagaimana perkembangan sesuatu.
Jawaban: d

25.    Saya pulang sekolah. Waktu itu cuaca cerah. Dalam perjalanan saya melihat jalan-jalan dan pohon-pohon basah semua. Pekarangan pun tampak becek. Bahkan di sana-sini air kecokelatan tampak menggenang.
Dari paragraf di atas dapat disimpulkan bahwa ....
a. air kali meluap
b. tadi turun hujan
c. ada bendungan jebol
d. banyak orang berteduh
e. orang buang sampah di selokan
Jawaban: b

26.    Sebagai tempat hidup, laut mempunyai kelebihan dibandingkan darat. Kelebihan-kelebihan laut, antara lain suhu yang berubah-ubah, dukungan yang banyak untuk melawan gravitasi bumi, dan air yang cukup tersedia. Dengan air yang cukup tersebut, makhluk hidup di laut dapat menyerap air langsung masuk ke sistem tubuh. Makhluk hidup di laut dapat memperoleh oksigen dan karbon.
Paragraf di atas menggunakan pola pengembang ....
a. deduksi
b. induksi
c. deskripsi
d. narasi
e. silogisme
Jawaban: c

27. Di belakang bukit sebelah selatan, padang ilalang terbentang luas. Ketika itu bunga-bunga sudah bermunculan. Putik tipis terumbai-umbai bergerak ditiup angin, seperti busa air kali yang deras.
Jika ditinjau dari cara pemaparannya, paragraf di atas merupakan karangan ....
a. narasi
b. deskripsi
c. argumentasi
d. persuasi
e. eksposisi
Jawaban: b

28. (1) Polisi lalu lintas sibuk mengatur kemacetan lalu lintas.
(2) Di jalan samping, empat orang siswa berkendara menyerempet mobil hingga pingsan dan luka-luka.
(3) Korban diangkut ke rumah sakit.
(4) Keluarga korban bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
(5) Untung tidak menimbulkan cedera bagi si korban.
Susunan paragraf yang baik dari kalimat-kalimat di atas adalah ....
a. (2)-(5)-(3)-(1)-(4)
b. (2)-(3)-(4)-(1)-(5)
c. (1)-(2)-(5)-(3)-(4)
d. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
e. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)
Jawaban: c

(Paragraf untuk soal nomor 29 dan 30)
    Lomba Karya Cipta dan Baca Puisi Tingkat Pelajar SMA/SMK wilayah eks Keresidenan Pekalongan dimaksudkan untuk memberikan wadah kreativitas bagi para siswa SMA dalam berkarya puisi. Selama ini, sebagian besar lomba yang ada hanyalah pembacaan puisi. Oleh karena itu, agar para siswa juga bisa menyalurkan karya puisi mereka, lomba karya cipta puisi itu diselenggarakan.

29. Berdasarkan letak gagasan pokoknya, paragraf di atas di sebut paragraf ....
a. deduktif
b. induktif
c. campuran
d. naratif
e. deskripsi
Jawaban: c

30. Paragraf di atas membahas tentang ....
a. manfaat lomba
b. maksud lomba
c. rencana lomba
d. juara terbaik
e. peserta lomba
Jawaban: b

31. Di bawah ini merupakan nilai-nilai yang ada dalam karya sastra, kecuali ....
a. nilai moral
b. nilai estetika
c. nilai sosial
d. nilai budaya
e. nilai hukum
Jawaban: e

32. Paragraf yang isinya dimaksudkan untuk memengaruhi pembaca agar menerima ide atau pernyataan yang dikemukakan, baik yang didasarkan pada pertimbangan logis meupun emosional disebut paragraf ....
a. argumentasi
b. persuasi
c. deskripsi
d. eksposisi
e. narasi
Jawaban: b

33.


Pengembangan paragraf seperti pada gambar di atas adalah pengembangan paragraf secara ....
a. deduktif
b. induktif
c. deduktif-induktif
d. sebab akibat
e. akibat sebab
Jawaban: b

34. Cerita yang di dalamnya mengandung cerita lain disebut ....
a. cerita rakyat
b. cerita berbingkai
c. cerita binatang
d. legenda
e. cerita lama
Jawaban: b

35. Cerita yang tokoh-tokohnya adalah binatang disebut ....
a. fabel
b. legenda
c. mite
d. sage
e. parabel
Jawaban: a

36. Aspek-aspek keindahan yang melekat pada karya sastra, misalnya pilihan gaya bahasa merupakan aspek karya sastra yang disebut dengan nilai ....
a. moral
b. estetika
c. sosial budaya
d. ketuhanan
e. kemanusiaan
Jawaban: b

37. Jenis karangan yang dalam penyajiannya sangat mengutamakan gaya bahasa disebut ....
a. cerpen
b. novel
c. roman
d. prosa
e. puisi
Jawaban: e

38. Anak kecil itu sangat keras tangisnya, sehingga diberi pula kaki yang besar untuk dimakan. Unsur yang menonjol pada penggalan cerita rakyat di atas adalah ....
a. setting
b. gaya bahasa
c. tema
d. pesan
e. penokohan
Jawaban: e

39. Pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan dan melestarikan disebut ....
a. kondusif
b. konstruksi
c. konservasi
d. konservatori
e. konservatif
Jawaban: c

40. Setelah menemui jejak ibunya, dikejarnya hingga melihat bahwa ibunya meletakkan air susu, telur ayam, dan nasi berbakul-bakul. Sehabis makan, ibunya dikejar lagi.
Alur yang digunakan dalam penggalan hikayat di atas adalah alur ....
a. mundur
b. flash back
c. meloncat-loncat
d. campuran
e. maju
Jawaban: e

41.    Hatta akan dengan takdir Alloh menganugerahi kepada hamba-Nya, maka si miskin pun menggali tanah hendak berbuat tempatnya tiga beranak itu. Maka digalinyalah tanah itu hendak mendirikan tiang teratak itu maka tergalilah kepada sebuah tajau yang besar berisi emas terlalu banyak. Maka si istri itu pun datanglah meihat akan emas itu, seraya berkata suaminya, “Adapun akan emas itu, sampai kepada anak cucu kita tidak habis dibuat belanja.”
Makna kata tajau dalam penggalan hikayat tersebut adalah ....
a. perhiasan
b. barang antik
c. harta karun
d. topi mahkota
e. tempayan besar
Jawaban: e

42. Unsur tempat, waktu, suasana, budaya, adat, dan situasi yang melatarbelakangi terjadinya cerita disebut ...
a. latar
b. tema
c. amanat
d. alur
e. plot
Jawaban: a

43. Fajar timur datang menjelang
      Membawa pertama ke atas dunia
      Seri berseri sepantun mutia
      Bebagai warna bersilang-silang
Makna bait puisi di atas yaitu ....
a. Bangsa-bangsa di wilayah timur mulai bergolak sehingga menggoyahkan kedudukan penjajah, antara kuasa dan tiada.
b. Pergerakan kebangsaan mulia menuntut kemerdekaan yang menjadi haknya. Berbagai cara dan berganti strategi memperjuangkannya.
c. Dengan gigih berusaha akhirnya tercapai juga kemerdekaan itu. Kemerdekaan memacu semangat membangun negara di negeri sendiri yang diinginkannya.
d. Bunga bangsa (pergerakan kebangsaan) menggelora memberi semangat juang rakyat untuk mengisi kemerdekaan.
e. Bunga bangsa keguguran memperjuangkan nasib bangsa yang sedang dijajah.
Jawaban: b

44. Perangkat kata berikut bersinonim, kecuali ....
a. tafakur, taat, dan pasrah
b. infiltrasi, perembesan, dan penyuapan
c. autentik, orisinil, dan asli
d. leksikon, kamus, dan daftar pustaka
e. kaidah, aturan, dan norma
Jawaban: d

45. Pernyataan yang menggunakan kata bermakna denotatif adalah ....
a. Iman adalah kemudi dalam mengaruhi zaman.
b. Ia meninggal karena terkena anak panah penduduk pedalaman.
c. Cerita itu telah digeraminya.
d. Pemuda selalu berdarah panas.
e. Ia sibuk mengukir  prestasi.
Jawaban: b

46. Paragraf yang bertujuan memengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan sesuai yang diharapkan penulisnya disebut paragraf ....
a. argumentasi
b. persuasi
c. deskripsi
d. eksposisi
e. narasi
Jawaban: b

47.Pengumpulan bahan dalam penulisan karangan dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali ....
a. melakukan studi pustaka
b. mengadakan pengamatan
c. melakukan wawancara
d. mengadakan observasi
e. menyalin tulisan orang lain
Jawaban: e

48. Kampanye pilitik dan iklan merupakan salah satu contoh penggunaan wacana jenis ....
a. argumentasi
b. persuasi
c. deskripsi
d. eksposisi
e. narasi
Jawaban: b

49. Berikut ini yang bukan merupakan unsur intrinsik karya sastra adalah ....
a. alur dtau jalan cerita
b. latar atau setting
c. tema atau topik
d. perwatakan dan penokohan
e. keadaan sosial politik sekitar pengarang
Jawaban: e

50. Hubungan yang mengatur suatu peristiwa dengan perstiwa lain atau antara satu adegan dengan adegan lain dalam cerita disebut ....
a. alur atau jalan cerita
b. latar atau setting
c. tema atau topik
d. perwatakan dan penokohan
e. pusat pengisahan
Jawaban: a

51. Pendekatan yang digunakan dalam paragraf persuasif adalah pendekatan ....
a. ekspresif
b. emotif
c. imajinatif
d. figuratif
e. kreatif
Jawaban: b

52. Kalimat yang bisa digunakan dalam puisi adalah ....
a. Aku mencintaimu dan ingin membangun cita-cita bersamamu.
b. Aku tidak tahu apakah aku akan menjadi dokter atau tidak.
c. Aku tidak bisa memaafkan orang yang bersalah.
d. Menyusuri kali irigasi.
e. Aku tidak ragu-ragu
Jawaban: d

53. Pernyataan yang salah tentang puisi adalah ....
a. Puisi umumnya menggunakan bahasa yang padat mempunyai makna yang dalam, berbeda dengan prosa.
b. Penyiar puisi umumnya menggunakan bahasa yang khas, bahkan membebaskan dirinya dari ketertarikan penggunaan kaidah bahasa.
c. Puisi dipahami bukan hanya berdasarkan makna yang tersurat, melainkan juga berdasarkan makna yang tersirat.
d. Makna tersirat dalam puisi dapat ditelusuri berdasarkan konteksnya, yaitu konteks segala hal yang ada di sekitar teks, termasuk proses pembuatan pusisi itu sendiri.
e. Puisi dipahami berdasarkan makna yang tersurat, yaitu konteks segala hal yang ada di sekitar teks, termasuk proses pembuatan puisi itu sendiri.
Jawaban: e

54. Niatkanlah menegakkan kalimat Allah
    Di atas bumi kita ini
    Dengan menegakkan keadilan
    Dan kebenaran
    Tanpa dendam dan kebencian
    Kemudian lafazkan kesaksian pada Tuhan
    Serta Rasul kita yang tercinta
                    (Taufik Ismail)
Amanat yang terkandung dalam penggalan puisi di atas adalah ....
a. berjuanglah sampai tetes darah terakhir
b. berjuanglah dengan gagah berani
c. perjuangan menghendaki pengorbanan
d. berjuanglah atas nama Allah
e. hindarkan dendam dan kebencian
Jawaban: d

55. Di bawah ini merupakan unsur intrinsik cerita rakyat, kecuali ....
a. pendidikan pengarang
b. tema
c. setting
d. perwatakan
e. sudut pandang
Jawaban: a

56. Pedang di kanan dan keris di kiri
       Berselempang semangat tak bisa mati
       Ini barisan tak bergenderung-berpalu
       Kepercayaan tanda menyerbu
Penggalan puisi Chairil Anwar di atas melukiskan ....
a. semangat  yang terbelenggu
b. sikap pasrah terhadap Tuhan
c. perjuangan tanpa senjata
d. semnagat perjuangan yang pantang meyerah
e. perjuangan bangsa Indonesia yang penuh keprihatinan
Jawaban: d

57. Berikut ini petunjuk agar latihan memberikan tanggapan bisa benar, kecuali ....
a. gunakan gaya bicara rileks
b. hindari cara pandang langsung secara terus-menerus
c. jauhi sifat emosional dan irasional
d. harus melalui moderator
e. bicaralah dengan panjang lebar dan menggunakan kata-kata yang modern
Jawaban: e

58. Sesuatu yang sungguh-sungguh terjadi disebut ....
a. opini
b. fakta
c. gagasan
d. ide
e. hipotesis
Jawaban: b

59. Berikut ini langkah membuat karangan persuasif, kecuali ....
a. menentukan topik
b. mengumpulkan bahan
c. membuat kerangka tulisan
d. merumuskan tujuan karangan
e. membuat judul
Jawaban: e

60. Perbedaan antara cerpen dan novel terletak pada ....
a. isi cerita
b. alur cerita
c. latar cerita
d. perwatakan
e. panjang pendeknya cerita
Jawaban: e

61. Wawancara dilakukan secara spontan dan dalam situasi yang alamiah. Pernyataan dan jawaban berjalan sebagimana layaknya obrolan sehari-hari.
Kegiatan wawancara seperti ini dilakukan dengan ....
a. menggunakan petunjuk umum
b. menggunakan perangkat pertanyaan
c. serta-merta atau spontan
d. menyiapkan pokok-pokok wawancara
e. menghafal pokok-pokok wawancara
Jawaban: c

62. Berikut ini hal-hal yang diperhatikan dalam penulisan laporan hasil wawancara, kecuali ....
a. Penulisan hendaknya memerhatikan kaidah-kaidah buku yang berlaku dalam laporan ilmiah.
b. Penulisan hendaknya tidak  menggunakan inpretasi yang terlalu jauh (berlebihan) atau hasil wawancara.
c. Pilihlah data atau keterangan yang penting dan relevan dengan masalah-masalah yang telah dirumuskan.
d. Penulisan hendaknya memelihara kerahasiaan dan menjaga nama baik narasumber.
e. Penulisan laporan sesuai dengan selera pribadi dengan tidak meninggalkan unsur keindahan.
Jawaban: e

63. Salah satu pengarang Melayu legendaris yang mahir dalam agama, silsilah, sejarah, kesusastraan, serta hukum dan sangat terkenal adalah ....
a. Raja Ali Haji
b. Sultan Duo
c. Raja Muhammad
d. Daud Bactiar
e. Datuk Manika
Jawaban: a

64. Pernyataan yang tidak benar tentang hikayat adalah ....
a. Salah satu jenis karya sastra yang berkembang pada masa Kerajaan Melayu pada abad ke-18 adalah hikayat.
b. Hikayat mengisahkan kehidupan masyarakat sehari-hari dalam kehidupan nyata.
c. Salah satu fungsi hikayat adalah untuk menyampaikan nasihat.
d. Hikayat juga disebut sebagai cerita berbingkai.
e. Hikayat mengisahkan kehidupan para raja dan kalangan bangsawan.
Jawaban: b

65. Struktur cerita dalam hikayat secara umum sama dengan kisah cerita fiksi yang mencakup hal-hal berikut, kecuali ....
a. plot (alur cerita)
b. tokoh
c. setting
d. tema
e. riwayat pengarang
Jawaban: e

66. Posisi diri yang dipilih pengarang ketika mengembangkan cerita apakah ia sekaligus sebagai salah satu pelaku (narrator acting), pengamat (narrator observer), ataukah berlaku sebagai pelaku sekaligus pengamat (narrator omnicient) merupakan unsur interinsik cerita yang disebut ....
a. sudut pandang
b. plot (alur cerita)
c. tokoh
d. setting
e. tema
Jawaban: a

67. Karya sastra prosa yang mengisahkan sebagian kehidupan tokoh yang menarik perhatian penulisnya disebut ....
a. roman
b. novel
c. cerpen
d. kisah
e. esai
Jawaban: c

68. Pernyataan yang tidak benar berkenaan dengan cerita pendek (cerpen) adalah ....
a. Setiap cerpen umumnya memiliki setting, baik berupa tempat, waktu, maupun suasana.
b. Alur merupakan rangkaian peristiwa yang membentuk cerita. Ada beberapa jenis alur, antara lain alur maju, alur mundur, dan alur campuran.
c. Dalam cerpen, pengarang menampakkan watak setiap pelaku dengan berbagai macam cara, misalnya menyebut langsung, melalui dialog antarpelaku, menggambarkan tokoh secara langsung, atau monolog tokoh.
d. Berdasarkan perwatakannya, tokoh dibagi menjadi dua, yaitu tokoh protagonis dan tokoh antagonis.
e. Setiap pelaku dalam cerpen memiliki watak yang sama.
Jawaban: e

69. Pw    : “Begini, bu. Kami sedang mengadakan penelitian di desa ini. Kedatangan kami di sini ingin mendapatkan keterangan dari ibu. Ibu tidak keberatan, bukan?”
    Bs    : “Oh, tidak! Tapi, apa yang dapat saya bantu?”
    Pw    : “Kalau begitu, Ibu jawab saja pertanyaan-pertanyaan saya.”
    Bs    : “Oh, ya. Baik, Jeng!”
    Pw    : “Berapa lama Pak Sareno sakit, lalu ...  sampai tidak ada, Bu?”
    Bs    : “Kira-kira, ya dua bulananlah,dua setengah bulan.”
    Pw    : “Sudah diusahakan berobat ke mana saja, Bu?”
    Bs    : “Ya, ke dukun. Ada empat dukun, tapi semua tidak ada yang cocok. Mungkin Tuhan menghendaki begini.”
Ide pokok wawancara tersebut adalah ....
a. sebab-sebab Pak Sareno meninggal dunia
b. sebab-sebab Pak Sareno sakit
c. usaha yang dilakukan agar Pak Sareno sembuh
d. usaha para dukun untuk menyembuhkan Pak Sareno
e. meninggalnya Pak Sareno sudah kehendak Tuhan
Jawaban: a

70. Suatu luapan rasa simpati yang muncul secara tiba-tiba membuat air matanya berlinang di kedua belah mata Lucy. Kasihan, ibuku sayang, pikirnya. Betapa sering ibunya kelaparan asalkan anak-anaknya tidak. Aku tidak boleh mementingkan diriku sendiri. Demikianlah, ia kemudian mendekatinya dan meletakkan kepalanya ke pangkuan ibunya.
Nilai moral yang terdapat dalam penggalan cerpen terjemahan di atas adalah ....
a. anak yang manja biasanya mementingkan diri sendiri
b. kesedihan yang mendalam sehingga timbul rasa iba
c. keluarga yang akrab dengan lingkungan
d. pengorbanan seorang anak untuk ibunya
e. tidak mementingkan diri sendiri
Jawaban: e

71. Berikut merupakan ciri sastra Melayu klasik, kecuali ....
a. khayal dan fantasis
b. istana sentris
c. anonim
d. disajikan secara tertulis
e. statis
Jawaban: d

72. Perhatikan percakapan berikut!
1) Angga    : “Bagaimana, Mir, apakah rapat ini bisa kita mulai?”
2) Amir        : “Sebentar, masih ada yang perlu dipersiapkan.”
3) Angga    : “Soalnya begini, Mir, agar para tamu tidak gelisah, ada baiknya rapat cepat kita mulai.”
4) Amir        : “Baiklah mari kita mulai rapat ini.”
5) Angga    : “Dalam rapat nanti, sebaiknya kamu mengutarakan masalah itu dengan kepala dingin.”
Percakapan di atas yang berisi penyelesaian sesuatu adalah ....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (4)
c. (3) dan (5)
d. (1) dan (5)
e. (2) dan (5)
Jawaban: c

73. Baik Tammy maupun Widodo mulai menyadari bahwa kedua amat terkejut. Impian masing-masing telah buyar, mereka hanya bisa menangis dan selamat tinggal kemelaratan. Kedatangan Tuan Wahyono membangunkan mereka dengan kata-kata yang sedemikian datar dan dingin, sehingga Widodo merasa beku seketika.
Unsur intrinsik yang terdapat dalam penggalan cerpen di atas adalah ....
a. tema
b. amanat
c. latar
d. penokohan
e. plot
Jawaban: d

74. Orang yang memberikan informasi dalam proses wawancara disebut ....
a. pewawancara
b. narasumber
c. ilmuwan
d. orator
e. narator
Jawaban: b

75. Untuk dapat menangkap uraian yang dikemukakan seorang pembicara, harus diperhatikan beberapa hal, di antaranya ....
a. mendengarkan paragraf pembuka, penghubung, dan paragraf penutup
b. menangkap gagasan utama dan gagasan bawahan yang menunjang pokok pembicaraan
c. menangkap judul kesimpulan pembicaraan
d. membandingkan kesimpulan pembicaraan dengan pendapat pribadi
e. menangkap cara pembicara dalam megemukakan pokok persoalan
Jawaban: b

76. Pidato seseorang di depan umum dapat dilakukan dengan menggunakan metode di bawah ini, kecuali ....
a. seta-merta (impromptu)
b. menghafal naskah
c. ekstemporan
d. membaca
e. bertanya
Jawaban: e

77. Sebelum membacakan naskah pidato atau berpidato, hal yang terlebih dahulu kita lakukan adalah....
a. mencari buku panduan pidato
b. menghafalkan naskah pidato
c. bertanya kepada orang yang sudah biasa pidato
d. memahami pokok-pokok isi pidato
e. menentukan topik pidato
Jawaban: d

78. Untuk mengehatuhi nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah cerpen, cara tepat yang dapat kita lakukan adalah ....
a. membaca sinopsis cepen
b. membaca judul cepen
c. membaca cepen secara tuntas
d. membaca bagian akhir cepen
e. membaca kerangka cepen
Jawaban: c

79. Berikut ini yang bukan merupakan unsur intrinsik cerita pendek adalah ....
a. tema
b. alur
c. perwatakan
d. setting
e. pengalaman pengarang
Jawaban: e

(Teks penggalan cerita untuk soal nomor 80-82)
    (1) Dengan tiba-tiba, Seri Laut duduk menyembah kaki Anggun Dewa. “Ampun hamba pada kakak, usahalah hati dipermalukan, jangan bicara diperpanjang, hamba tahu, hamba arif. (2) Kata kakak, menyindir, ngilu tulangku mendengarnya. (3) Dosa hamba seberat bukit, kesalahan hamba sebesar bumi, bagaimana hamba akan pulang, menentang, kakak hamba malu. (4) Bukanlah kakak yang celaka, untung hamba kiranya. (5) Jangan suka mendengar asut petenah, buah bicara orang penghasut, akhirnya badan yang menanggung, menanggung dendam siang malam, hidup bagai hantu rimba,” demikianlah kata Seri Laut sambil menangis. (6) “Manalah Tuan Seri Laut, jangan Tuan panjang bicara. (7) Hari hampir malem, matahari hampir terbenam. (8) Bawa hamba ke tempat Tuan, menjemput inang dan pengasuh, mari kita pulang ke rumah, menjelang ayah dan bunda!”

80. Kalimat yang berisi amanat bahwa mendengarkan hasutan orang akan mencelakakan diri sendiri adalah nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: e

81. Karakteristik sastra Melayu klasik dalam kutipan tersebut merupakan istana sentris (bersifat kerajaan). Hal itu terlihat pada kata dalam kalimat nomor ....
a. (4)
b. (5)
c. (6)
d. (7)
e. (8)
Jawaban: e

82. Nilai moral baik yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah ....
a. perbuatan menyembah kepada orang yang lebih tua merupakan suatu perbuatan yang tidak manusiawi
b. kita perlu meminta maaf atas kesalahan yang tidak manusiawi
c. menyindir seseorang yang terlalu berlebihan sehingga membuat orang menangis
d. perbuatan menyesali nasib buruk menimpa diri secara berlebihan
e. memperlakukan orang sebagai inang dan pengasuh yang harus tunduk perintah
Jawaban: b

(Kutipan cerpen untuk soal nomor 83-84)

    (1) Mudah-mudahan pisau cukur ini, yang kuasah tajam-tajam ini, menggorok tenggorokannya! (2) Kakek marah? (3) Marah? Ya, kalau aku masih muda, tapi aku sudah tua. (4) Orang tua manahan geram. (5) Sudah lama aku tak marah-marah lagi. (6) Takut aku kalau imanku rusak karenanya, ibadahku rusak karenanya. (7) Sudah begitu lama aku berbuat baik, beribadah, dan bertawakal kepada Tuhan. (8) Sudah begitu lama aku menyerahkan diriku kepada-Nya. (9) Dan Tuhan akan mengasihi orang yang sabar dan tawakal.

83. Konflik yang tergambar dalam kutipan cerpen tersebut adalah konflik tokoh dengan ....
a. perasaan dendam si kakek
b. merasa berdosa kepada orang lain
c. ibadah si kakek terasa terganggu
d. adanya rasa tidak nyaman tinggal di lingkungan
e. cita-cita yang tidak kesampaian
Jawaban: a

84. Kalimat yang menggamarkan watak tokoh kakek seorang yang taat dalam kutipan cerpen tersebut adalah nomor ....
a. (1), (2), (3), dan (4)
b. (3), (4), (5), dan (6)
c. (4), (5), (6), dan (7)
d. (5), (6), (7), dan (8)
e. (6), (7), (8), dan (9)
Jawaban: e

85. Cara pengarang mengungkapkan watak tokoh dengan cara menggambarkan hal-hal yang berhubungan dengan tokoh tersebut merupakan penggambaran watak tokoh secara ....
a. langsung
b. tidak langsung
c. jelas
d. tidak jelas
e. samar
Jawaban: a

86. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
    Hal itu berlangsung lama. Selama satu jam butir-butir beku itu mendera rumah, kebun, lereng bukit, ladang jagung, dan seluruh lembah-lembah. Tak ada sehelai daun pun masih melekat pada pohon-pohon. Ladang kelihatan putih, seperti tertutupi oleh garam. Jagung mereka semuanya hancur. Bunga-bunga kacang pun telah terenggut dari tamannya. Hati Lencho dipenuhi kepedihan ketika badai itu berlalu. Ia berdiri di tengah ladang dan berkata pada anak-anaknya. “Serangan-serangan pun masih menyisahkan sesuatu ..., hujan es tadi tidak menyisakan apa-apa sama sekali. Tahun ini tidak akan mempunyai jagung atau kacang ...”
Isi kutipan cerita tersebut adalah ....
a. ketika badai, Lencho berdiri di tengah ladang jagung dan kacang
b. keluarga Lencho mengalami gagal panen karena diserang hujan es dan badai
c. hujan badai telah turun secara tiba-tiba di pertanian keluarga Lencho
d. petani jagung dan kacang di desa Lencho mengalami gagal panen
e. hujan es telah menghancurkan tanpa sisa ladang jagung dan kacang keluarga Lencho
Jawaban: b

87. Pernyataan di bawah ini yang tidak tepat mengenai cerpen adalah ....
a. Cerita pendek atau biasa disingkat cerpen merupakan salah satu jenis prosa.
b. Perbedaan yang paling menonjol antara cerpen dengan novel adalah panjang cerita.
c. Cerpen, sesuai dengan namanya yaitu cerita yang relatif pendek, adalah cerita yang selesai dibaca dalam sekali duduk.
d. Proses sekali duduk dapat pula diartikan sebagai proses memehami isi. Artinya pada saat si cerpen dapat kita pahami.
e. Cerpen yang ditulis pengarang terlepas dari kehidupan sehari-hari yang dialaminya.
Jawaban: e

88. Pembacaan naskah pidato akan lebih menarik dan berhasil jika pembaca melakukannya dengan disertai ....
a. senyum kepada pendengar
b. nada marah kepada pendengar
c. gerak anggota badan
d. rasa serius saat berpidato
e. gerak berlebih saat berpidato
Jawaban: c

89. Seseorang berpidato dengan cara menuliskan pokok-pokok pikiran yang akan disampaikan. Setelah itu, ia menyampaikan masalah yang telah disiapkannya itu dengan kata-katanya sendiri.
Orang tersebut berpidato dengan menggunakan metode ....
a. Serta-merta
b. menghafal
c. naskah
d. ekstemporan
e. ekstrinsik
Jawaban: d

90. Penyataan yang salah berkenaan dengan pelaksanaan pidato adalah ....
a. Berpidato dengan menggunakan tempo berarti menyampaikan atau membacakan naskah pidato dengan memerhatikan cepat lambatnya pengucapan kata-kata dalam teks pidato secara keseluruhan.
b. Bahasa tubuh mempunyai efek yang kuat pada penampilan pidato.
c. Melihat pendengar secara sekilas sangat penting dilakukan oleh pembaca naskah pidato.
d. Untuk dapat membacakan pidato dengan lancar dan berhasil mancapai tujuan, diperlukan pengalaman pidato.
e. Kemampuan menafsirkan teks pidato dengan tepat tidak penting bagi pembaca naskah pidato.
Jawaban: e


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 90+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 159Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013
    • soal bahasa indonesia kelas 10 beserta kunci jawaban
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 10 beserta jawabannya
    • contoh soal pilihan ganda debat bahasa indonesia
    • soal bahasa indonesia kelas 10 smk dan kunci jawaban
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 10 beserta jawabannya semester 2
    • soal bahasa indonesia kelas 10 beserta kunci jawaban kurikulum 2013
    • soal essay bahasa indonesia kelas 10 beserta jawabannya 2018,2019,2020,2021,2022