Lengkap - 125+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

125+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Adik adik bagaimana kabarnya? semoga selalu sehat ya, pada kesempatan yang baik ini admin ingin berbagi Contoh Soal PG untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi adik adik yang sedang duduk dibangku kelas X SMA/MA beserta dengan kunci jawabnnya. Soal yang admin bagikan tersedia 125 soal yang siap dijadikan sebagai bahan latihan adik adik. Oiya  Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 mengalami perubahan yang mendasr, yaitu berbasis teks. Tujuannya adalah agar dapat membawa peserta didik sesuai perkembangan mentalnya, dan menyelesaikan masalah kehidupan nyata dengan berpikir kritis. Prinsip penerapannya yaitu, bahasa dipandang sebagai teks, Penggunaan bahasa merupakan proses pemilihan bentuk-bentuk kebahasan untuk mengungkapkan makna pembelajaran, bahasa bersifat fungsional, dan bahasa merupakan sarana pembentukan berpikir manusia. Tahapan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, diawali dengan membangun konteks, kegiatan pemodelan, membangun teks secara bersama-sama, dan membangun teks secara mandiri. Dalam pemeblajarannya menggunakan pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan guru.

125+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
125+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru


Pembelajaran Bahasa Indonesia

Pembelajaran bahasa Indonesia pada hakikatnya adalah membelajarkan peserta didik tentang keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai tujuan dan fungsinya. Menurut Atmazaki (2013), mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis, menghargai dan bangga menggunakan bahasaIndonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara, memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan, menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial, menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, dan menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

Untuk mengimplementasikan tujuan mata pelajaran Bahasa Indonesia tersebut, maka pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 disajikan dengan menggunakan pendekatan berbasis teks. Teks dapat berwujud teks tertulis maupun teks lisan. Teks merupakan ungkapan pikiran manusia yang lengkap yang di dalamnya memiliki situasi dan konteks. Dengan kata lain, belajar Bahasa Indonesia tidak sekadar memakai bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi, tetapi perlu juga mengetahui makna atau bagaimana memilih kata yang tepat yang sesuai tatanan budaya dan masyarakat pemakainya.

Mahsun (2014: 39) menyatakan, dalam pembelajaran Bahasa ada dua komponen yang harus dipelajarai, yaitu masalah makna dan bentuk. Kedua unsur tersebut harus hadir secara stimulant dan keduanya harus ada. Namun pemakai bahasa harus menyadari bahwa komponen makna menjadi unsur utama dalam pembentuk bahasa, dan karena itu bahasa menjadi sarana pembentukan pikiran manusia. Untuk itu guru perlu menyadari, bahwa kemampuan berpikir yang harusnya dibentuk dalam bahasa adalah kemampuan berpikir sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis. Secara stipulatif kemampuan berpikir tersebut disebut dengan berpikir metodologis yang hanya dapat dicapai melalui pembelajaran teks berdasarkan pendekatan ilmiah/saintifik.

Pada kesempatan lain Mahsun (2013) menyatakan , kehadiran konteks budaya, selain konteks situasi yang melatarbelakangi lahirnya suatu teks menunjukkan adanya kesejajaran antara pembelajaran berbasis teks (konsep bahasa) dengan filosofi pengembangan Kurikulum 2013. Khusus yang terkait dengan rumusan kebutuhan kompetensi peserta didik dalam bentuk kompetensi inti (KI) atas domein sikap, pengetahuan, dan keterampilan (sebagai penguatan dapat dilihat dalam Standar Isi Permen dikbud Tahun 2014). Kompetensi inti yang menyangkut sikap, baik sikap spiritual (KI: 1 ) maupun sikap sosial (KI: 2) terkait dengan konsep kebahasaan tentang nilai, norma kultural, serta konteks sosial yang menjadi dasar terbentuknya register (bahasa sebagai teks); kompetensi inti yang menyangkut pengetahuan (KI: 3) dan keterampilan (KI: 4) terkait langsung dengan konsep kebahasaan yang berhubungan dengan proses sosial (genre) dan register (bahasa sebagai teks). Selain itu, antarkompetensi dasar (KD) yang dikelompokkan berdasarkan KI tersebut memiliki hubungan pendasaran satu sama lain. Ketercapaian KD dalam kelompok KI: 1 dan 2 ditentukan oleh ketercapaian KD dalam kelompok KI: 3 dan 4. KD dalam kelompok KI: 1 dan 2 bukan untuk diajarkan melainkan implikasi dari ketercapaian KD dalam kelompok KI: 3 dan 4.

Hal lain yang perlu dicermati oleh guru, bahwa karakteristik pembelajaran terkait erat dengan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi. Standar Kompetensi Lulusan memberikan kerangka konseptual tentang sasaran pembelajaran yang harus dicapai, dan Standar Isi memberikan kerangka konseptual tentang kegiatan belajar dan pembelajaran yang dikembangkan dari tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi. Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan, sasaran pembelajaran mencakup pengembangan domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang memiliki karakteristik berbeda untuk masing-masing mata pelajaran.

Domain Sikap diperoleh melalui aktivitas menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Domain pengetahuan diperoleh melalui aktivitas mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Domain keterampilan diperoleh melalui aktivitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Pencapain kompetensi tersebut berkaitan erat dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan. Untuk itu, guru harus merencanakan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum dengan menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran yang mendorong kemampuan peserta didik untuk melakukan penyingkapan/penelitian, serta dapat menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun kelompok..

Dengan memahami keterkaitan masing-masing kompetensi dalam pembelajaran, khusunya pembelajaran bahasa Indonesia dengan pembelajaran berbasis teks akan mampu mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik secara kreatif dan kritis. Di samping itu, pembelajaran Bahasa Indonesia dapat berperan sebagai penghela dan pengintegrasi ilmu lain.


Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA



125+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


1. Suatu wujud interaksi sosial yang berfungsi untuk mendapatakan penyelesaian bersama di antara   pihak-pihak yang terlibat. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. eksplansi
b. negosiasi
c. deskriptif
d. argumentasi
e. narasi
jawaban: b

2. Salah satu tujuan dari pembuatan teks negosiasi adalah....
a. mengurangi atau menghilangkan perbedaan dan pertentangan antar pihak.
b. menghindari pertikaian antar perorangan.
c. melawan pihak yang kalah.
d. menentang pihak yang ingin menang sendiri.
e. menegakkan keadilan.
Jawaban: a

3. Teks negosiasi juga bisa disebut sebagai teks yang didalamnya berisi proses untuk mencapai suatu perjanjian atau kesepakatan antara....
a. perorangan
b. kelompok
c. kedua belah pihak
d. dua orang yang sedang bertikai
e. pembelian dan penjualan
jawaban: c

4. Kedua belah pihak yang bersangkutan didalm negosiasi memeiliki ..... untuk menentukan kesepakatan atau hasil akhir.
a. kewajiban
b. wewenang
c. tanggung jawab
d. hak yang sama
e. kekuatan bersama
jawaban: d

5. Hasil akhir atau penyelesaian negosiasi memerlukan adanya.... yang pasti antar kedua belah pihak.
a. kesepakatan
b. perjanjian
c. pertikaian
d. pertentangan
e. persetujuan
jawaban: e

6. Untuk memperoleh jalan keluar berupa kesepakatan antara pihak-pihak  yang berkepentingan. Pernyataan tersebut merupakan salah satu.... dari teks negosiasi.
a. tujuan
b. manfaat
c. fungsi
d. ciri-ciri
e. karakteristik
jawabn: a

7. Berikut ini termasuk ciri-ciri dari teks negosiasi jika dilihat berdasarkan isinya, kecuali....
a. negosiasi menghasilkan kesepakatan, baik kedua belah pihak saling sepakat atau kedua belah pihak sepakat untuk tidak sepakat.
b. tiap-tiap pihak yang bernegosiasi memperjuangkan kepentingan masing-masing.
c. negosiasi merupakan sarana untuk mencapai penyelesaian.
d. negosiasi bertujuan praktis.
e. negosiasi dapat menimbulkan perpecahan antara kedua belah pihak.
Jawaban: e

8. Negosiasi bertujuan praktis, artinya mencapai kesepakatan yang dapat diterima oleh....
a. siapa saja
b. kedua belah pihak
c. masyarakat
d. khalayak
e. lingkungan sekitar
jawaban: b

9. Salah satu yang harus ada dalam teks negosiasi adalah bagian....
a. pembuka
b. alamat
c. nama lengkap
d. identitas
e. lampiran
jawaban: a

10. Pada bagian pembuka teks negosiasi biasanya berisi pengenalan diri serta salam dan sapa yang bertujuan sebagai....
a. pembukaan
b. mengenalkan diri
c. pengiring topik
d. pelengkap teks
e. pemanis tek negosiasi
jawaban: c

11. Bagian isi dalam teks negosiasi terdiri atas .... serta tawar-menawar dab penyelesaian masalah.
a. penyampaian materi
b. kalimat pembuka
c. kata sapa
d. paragraf pembuka
e. pengenalan kedua pihak
jawaban: a

12. Bagian yang berisi negosiasi hingga tercapai kesepakatan atau perjanjian. Pernyataan tersebut terdapat pada bagian....
a. pembuka
b. penyampaian materi
c. tawar-menawar dan penyelesaian masalah
d. negosiasi
e. penutup
jawaban: c

13. Bagian terakhir dalam teks negosiasi akan biasanya berisi tentang basa-basi yang memiliki arti, seperti ucapan terima kasih dan sebagainya. Bagian yang dimaksud adalah....
a. pembuka
b. isi
c. penyampaian materi
d. tawar-menawar
e. penutup
jawaban:  e

14. Selain memprhatikan struktur, dalam membuat teks negosiasi juga harus memperhatikan kaidah....
a. penilsan
b. penyusun kata
c. keterampilan menulis
d. kebahasaannya
e. kemampuan merangkai kata
jawaban: d

15. Perhatikan kutipan teks negosiasi berikut!
Pengusaha: Langsung saja, saya keberatan atas aksi mogok yang kalian lakukan! Perusahaan bisa merugi kalau karyawan terus-terusan mogok begini!
Karyawan: Aksi yang kami lakukan bukan tanpa alasan, pak!
Pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: Kami meminta kanaikan upah, pak! Hari ini harga kebutuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!
Topik yang tepat untuk teks negosiasi tersebut adalah....
a. teks negosiasi antara perwakilan karyawan dan pengusaha.
b. kemarahan karyawana terhadap pengusaha.
c. pengusaha tidak mau bertemu dengan karyawan.
d. kekeslan karyawan terhadap kenaikan upah.
e. keinginan karyawan untuk berdiskusi dengan pengusaha tentang kenaikan upah.
Jawaban: e

16. Kalimat berikut yang termasuk bagian isi dari teks negosiasi adalah
a. karyawan: selamat siang, pak!
Pengusaha: Sian. Ada yang bisa saya bantu?
b. karyawan:  saya mewakili karyawan lain ingin menyampaikan aspirasi kami kepada Bapak.
Pengusaha: ya, silakan.
c. pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: kami meminta kenaikan upah, karna kebuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!
d. karyawan: Saya meminta komitmennya, Pak!
Pengusaha: Iya saya janji, minimal 7 persen, akan diusahakan goal. Nanti perwakilan kalian akan kami libatkan dalam rapat direksi.
e. karyawan: Baik pak, terima kasih. Selamat siang.
Pengusaha: Selamat siang.
Jawaban: c

17. Berikut ini kaidah teks negosiasi yang baik, kecuali....
a. Tidak menyajikan lebih dari tiga argumen dalam satu waktu.
b. Mulai dengan argumen yang paling kuat dan didukung dengan fakta.
c. Bangun argumen secara logis, rapat, mengikat, dan hati-hati.
d. Menjelaskan pendapat orang lain.
e. Jabarkan kembali pokok bahasan pihak mitra negosiasi untuk menunjukan bahwa kamu telah mengerti.
Jawaban:  d

18. Berikut ini termasuk sturktur teks negosiasi secara kompleks, kecuali....
a. orientasi
b. permintaan
c. pemenuhan
d. penwaran
e. pemanfaatan
jawaban: e

19. struktur yang pertama kali muncul dan menjadi pembuka dari percakapan sebuah negosiasi.  Pernyataan tersebut merupakan bagian dari struktur kompleks teks negosiasi berupa....
a. orientasi
b. permintaan
c. persetujuan
d. pembelian
e. penutup
jawaban:  a

20. Bagian teks negosiasi yang berisikan pernyataan mengenai barang atau masalah yang sedang dihadapi adalah....
a. uraian
b. permintaan
c. interaksi
d. penawaran
e. kesepakatan
jawaban: b

21. Terjadinya interaksi berdasarkan kesepakatan yang telah disetujui bersama. Dalam teks negosiasi, pernyataan tersebut terjadi pada bagian....
a. pemenuhan
b. penawaran
c. persetujuan
d. pembelian
e. penutup
jawaban: d

22. Dalam teks negosiasi, bagian pemenuhan biasanya memberitahukan tentang barang atau permasalahan agar lawan intraksi menjadi lebih paham. Bagian ini juga menjelaskan serta menjawab pertanya dari
a. pembeli
b. permintaan yang telah diajukan
c. permintaan
d. pedagang
e. lawan bicara
jawaban:b

23. Kegiatan yang dilakukan untuk mempeebaiki teks yang telah ada. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. mengeritik teks
b. mengevaluasi teks
c. menelaah teks
d. menilai teks
e. mengabtraksi teks
jawaban: b

24. Teks negosiasi berikut yang termasuk bagian persetujuan adalah....
a. Anak: Uang sya tidak cukup, bagaimana kalo Rp.48.000,00 Saja?
Penjaga: itu terlalu murah, bagimana kalau Rp.55.000,00 saja?
b. Anak: Tapi uang saya hanya Rp50.000,00.
Penjaga: Begini saja, saya akan berikan bku ini seharga Rp.50.000,00. Bagimana?
c. Anak: Baiklah, Pak! Saya beli bukunya.
Penjaga: ini bukunya.
d. Anak: Ini uangnya pas ya pak, terima kasih sudah mau membatu saya.
Penjaga: iya, sama-sama. Terima kasih juga sudah membeli buku di toko saya.
e. Anak: Selamat siang, Pak.
Penjaga: selamat siang.
Jawaban: c

25. Bagian orientasi pada  teks berikut adalah....
a. pembeli: Selamat siang, Pak.
Penjual: Selamat siang kembali. Maaf ada yang bisa saya bantu?
b. pembeli: Saya ingin beli jaket.
Penjual: Wah, ada mas, silakan tinggal pilih saja yang paling cocok.
c. pembeli: Kalau yang ini boleh saya tawar, pak?
Penjual: Ooh, boleh mas, memangnya mau ditawar berapa?
d. pembeli: 450 ribu boleh, pak?
Penjual: Wah, maaf mas, harga pasnya 700 ribu, mas. Itu sudah diskon 10%.
e. pembeli: 600 ribu gimana,pak?
Penjual: maaf, mas, masih belum boleh. Ya sudah penawaran terakhir 650 ribu.
Jawaban: a

26. Pada dasarnya, menulis menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berbeda dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus .... dengan baik.
a. terlihat
b. terstruktur
c. terakomodir
d. terencana
e. teramati
jawaban: b

27. Salah satu bentuk perdebatan yang banyak digunakan. Pada paruh waktu pertama perdebatan, setiap tim memiliki dua segmen untuk menyajikan argumen. Hal tersebut merupakan pengertian debat...
a. antartim
b. publik
c. formal
d. bebas
e. Lincoln-Douglas
jawaban: a

28. Dalam kegiatan debat, kita diberi kesepakatan untuk menyampaikan pendapat atau snggahan yang ditujukan pada....
a. narasumber
b. lawan debat
c. moderator
d. pembicara
e. penengah
jawaban: b

29. Pentingnya membuat kerangka (bagan) untuk sebuah acara perdebatan merupakan salah satu kewajiaban seseorang .... sebelum melakukan debat.
a. tim debat
b. panelis
c. lawan debat
d. moderator
e. narasumber
jawaban: d

30. Dalam kegiatan debat, moderator layaknya seorang wasit dalam pertandingan. Untuk itu, moderator yang dipilih harus....
a. baik
b. memihak salah satu peserta
c. tidak mau peduli terhadap jalannya debat
d. memebuat suasana memanas
e. netral atau tidak memihak salah satu peserta debat
jawaban: e

31. Kegiatan adu argumentasi dalam memutuskan masalah dan perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. debat
b. argumen
c. diskusi
d. seminar
e. simposium
jawaban: a

32. Kegiatan debat yang dilakukan oleh anggota parlemen termasuk jenis debat....
a. informal
b. formal
c. terstruktur
d. ada aturannya
e. terencana
jawaban: b

33. Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa debat merupakan kegiatan mematahkan pendapat lawan. Sebenarnya debat adalah bagaimana cara kita (debater) membuat orang lain....
a. membela kita
b. memberikan yang terbaik
c. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan
d. membuat audiens terpukau karna kita mampu menjatuhkan lawan debat
e. membuat lawan debat mengamuk.
Jawaban: c

34. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam debat adalah metode....
a. langka
b. menjatuhkan lawan
c. mengkritik lawan
d. terpatahkan
e. logika
jawaban: e

35. Salah satu manfaat membuat kerangka debat adalah....
a. memudahkan menjatuhkan lawan debat
b. menilai kerja lawan
c. membuat argumen-argumen yang tepat
d. memudahkan dalam menentukan sebuah topik
e. memilih cara damai
jawaban: d

36. Dapat digunakan jika diperlukan pemahaman dan keterampilan dalam bertanya. Berdasarkan pernyataan tersebut, metode yang digunakan dalam kegiatan debat adalah....
a. metode debat
b. metode logika
c. metode dialektika
d. metode tanya jawab
e. metode impromtu
jawaban: c

37. Pada dasarnya, menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berdeba dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus....
a. rapi dan bijaksana
b. terstruktur dengan baik
c. terorganisir dan dipresentasikan
d. adanya tanya jawab dengan narasumber
e. dapat mengajukan gagasan atau sanggahan yang sesuai dengan topik
jawaban: b

38. Perlu disadari bahwa adanya perbedaan pendapat lumrah dalam suatu debat. Kedua belah pihak harus menyadari tujuan mengikuti debat, yaitu....
a. mengikuti ajang bergengsi dari setiap sekolah.
b. mematikan lawan debat dengan sempurna.
c. menilai jalannya kegiatan debat.
d. menyimpulkan hasil debat.
e. menyampaikan pendapat masing-masing.
Jawaban: e

39. Salah satu hal yang tidak dibenarkan dalam kegiatan debat adalah....
a. menilai baik lawan debat
b. berdiskusi dengan lawan debat
c. melakukan perlawanan terhadap dewan juri
d. tidak menghina lawan debat
e. memberikankeleluasaan kaepada lawan debat
jawaban: c

40. Dalam kegiatan debat sangat deiperlukan seorang yang bisa bertindak atau menangani acara dbat tersebut. Orang yang dimaksud adalah....
a. moderator
b. dewan juri
c. peserta
d. lawab debat
e. narasumber
jawaban: a

41. Di Indonesia, debat kompotitif dalam sistem debat parlementer sudah mulai berkembang, walupun masih didominasi oleh kompetisi debat bahasa inggris. Kejuaraan debat se Indonesia yang pertama adalah....
a. Indonesia Varsity English Debate (IVED)
b. Java Overland Varsities English Debate (JOVED)
c. ASEAN Law Student Association (ALSA)
d. ALSA Universitas Padjadjaran English Challenge
e. National Environmental Debate (NED)
jawaban:  a

42. Salah satu sistem debat yang umum digunakan di kejuruan-kejuaruan di Indonesia adalah....
a. Indonesia Dabate
b. Indonesia Varsity English Dabete
c. Dabete Competition
d. Australasian Parliamentery
e. National Universities English Debating Championship
jawaban: d

43. Suatau sistem debat atau adu argumen dengan salah satu dari tiga sistem yang diakui dalam skala global (dunia). Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. perdebatan
b. debat dua kelompok
c. debat parlementer
d. debat formal
e. debat  bebas
jawaban: c

44. Pihak yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan debat. Hal tersebut merupakan pengertian dari....
a. debat parlementer
b. moderator
c. narasumber
d. peserta debat
e. audiens debat
jawaban: c

45. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat lawan debat tidak berkutik saat adu argumen adalah....
a.  katakan dengan kata fakta dan data.
b. baut suasana debat tegang.
c. lakukan debat dengan ikhlas.
d. matikan lawan dengan berbagai cara.
e. buat lawan bertekuk lutut.
Jawaban: a

46. Dalam melakukan debat, jumlah peserta dari kedua kelompok tersebut harus sama. Dalam debat terdapat dua kelompok ,yaitu....
a. positif dan negatif
b. pro dan kontra
c. pasif dan aktif
d. afirmatif dan negatif
e. plus dan minus
jawaban: d

47. Sebelum debat dimulai, harus menentukan topik yang akan diperdebatkan. Topik debat harus dapat....
a. dipertentangkan
b. dipertanyakan
c. ditanya-jawab
d. dianalisis
e. diambil hikmatnya
jawaban: a

48. Berikut ini termasuk cara-cara untuk menangkap dan menafsirkan topik, kecuali....
a. kuasailah topik yang akan iperdebatkan.
b. carilah sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran.
c. carilah narasumber yang tepat dan dipercaya.
d. kupaslah topik itu secara mendalam
e. tanggaplah penafsiran topik pembicaraan debat dengan cara memahami konsep inti yang akan dibicarakan.
Jawaban: c

49. Berikut ini kaidah-kaidah yang harus diperhatikan untuk menyampaikan gagasan dalam debat, kecuali....
a. sampikanlah gagasan dengan jelas dan dengan argumen yang masuk akal.
b. gunakan kalimat yang efektif yang mudah dipahami audiens
c. gunakan bahas yang baik dan benar
d. sesuai gagasan dengan topik yang dipedebatkan
e. gunakan lafal, suara, dan intonasi yang jelas.
Jawaban: b

50. Bentuk rasa tidak setuju seseorang terhadap gagasan orang lain. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. sanggahan
b. gagasan
c. opini
d. pendapat
e. fakta
jawaban:  a

51. Biografi berasal dari bahasa Yunani, bios berarti hidup dan graphien berarti....
a. lisan
b. kata
c. tulis
d. kalimat
e. indah
jawaban: c

52. Dengan adanya biografi, kita dapat menemukan hubungan, sebuah mistri yang melingkupi hidup seseorang, dan penjelasan mengenai tindakan  atau perilaku dalam hidupnya. Berdasarkan uraian tersebut dapat dikatakan bahwa biografi adalah....
a. Buku yang didalamnya menceritakan kejadian-kejadian hidup seseorang.
b. Buku tentang kisah manusia.
c. Buku keindahan alam.
d. Buku tentang kejadian indah yang dirasakan seseorang.
e. Buku tentang kesengajaan sosial dalam masyarakat.
Jawaban: a

53. Biografi berasal dari kata bios berati hidup dan graphien berarti tulis. Berdasarkan kata dasarnya, biografi berasal dari bahasa....
a. Inggris
b. Turki
c. Latin
d. Yunani
e. Arab
jawaban: d

54. Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk....
a. cerita
b. kisah
c. kehidupan
d. narasi
e. deskripsi
jawaban: d

55. Salah satu ciri dari biografi adalah....
a. Memiliki makna kata.
b. Memiliki struktur yang terdiri atas orientasi, peristiwa atau masalah, serta reorientasi.

d. Berkaitan antara satu dengan lainnya.
e. Kalimat yang disajikan akurat.
Jawaban: b

56. Sebuah teks biografi dikatakan faktual jika berdasarkan...
a. pengalaman penulis
b. Keinginan penulis menuangkan ide.
c. Pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi tersebut.
d. Keutuhan teks bacaan
e. keakuratan data dilapangan
jawaban: c

57. Biografi dapat mengisahkan tentang kehidupan seorang tokoh penting atau terkenal maupun tidak terkenal. Namun kebanyakan biografi bercerita tentang....
a. tokoh sejarah
b. kehidupan pribadi penulis
c. pengalaman pribadi tokoh idola
d. kehidupan nyata tokoh
e. pengalaman tokoh dalam mengarungi hidupnya
jawaban: a

58. Penulis biografi dapat berbentuk hanya beberapa baris kalimat, bahkan dalam bentuk buku. Biografi yang hanya menjelaskan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang serta peran pentingnya adalah....
a. biografi
b. teks biografi
c. biografi singkat
d. biografi panjang
e. biografi tokoh
jawaban: c

59. Dari biografi kita dapat menemukan kejadian-kejadian hidup seseorang atau misteri hidup seseorang dengan penjelasan berupa....
a. kisah hidupnya
b. pengalamannya dalam menjalani hidup
c. kehidupan sehari-hari
d. kehidupan perih seseorang
e. tindakan atau perilaku dalam hidupnya
jawaban: e

60. Dalam membuat teks biografi, diperlukan berbagai bahan utama dan bahan pendukung. Yang termasuk bahan utama pembuatan teks biografi adalah....
a. buku referensi
b. buku sejarah yang memaparkan peranan orang dalam biografi tersebut, dan sebagainya
c. buku referensi, atau sejarah yang memaparkan peranan orang dalam biografi tersebut, dan sebagainya
d. buku kehidupan tokoh
e. buku harian, surat-surat, kliping koran, dan sebagainya
jawaban: e

61. penyajian biografi saat ini, biasanya ditulis secara....
a. faktual
b. kronologis
c. kekinian
d. terbaru
e. up to date
jawaban: b

62. Biografi termasuk teks.... yang tergolong pada teks makro.
a. eksplanasi
b. deskriptif
c. argumentatif
d. sejarah
e. Naratif
jawaban: e

63. Berikut ini yang termasuk biografi berdasarkan sisi penulisnya adalah....
a. autografi dan biografi yang ditulis orang lain
b. biografi perjalanan hidup
c. biografi karier
d. biografi jurnalistik
e. biografi sendiri
jawaban: a

64. Catatan riwayat hidup yang ditulis oleh diri tokoh sendiri disebut....
a. biografi
b. autografi
c. bibliografi
d. phobiografi
e. sinematografi
jawaban: b

65. Berikut yang termasuk dalam struktur pembuatan tks biografi adalah....
a. kontribusi
b. penilaian
c. nilai teladan
d. bahan utama
e. reorientasi
jawaban: e

66. Berikut ini termasuk unsur-unsur kebahasaan dalam teks biografi, kecuali....
a. kata hubung
b. rujukan kata
c. waktu, aktifitas dan tempat
d. kata kerja
e. kata majemuk
jawaban: e

67. Bahan pendukung dalam pembuatan teks biografi adalah....
a. kliping koran
b. buku harian
c. surat-surat
e. majalah
jawaban: d

68. Karya-karya W.S Rendra tidak hanya terkenal didalam negri, tetapi juga di luar negri. Kata penghubung yang digunakan dalam kalimat tersebut termasuk dalam jenis....
a. konjungsi
b. konjungsi intrakalimat
c. konjungsi antar kalimat
d. kata hubung
e. kata sambung
jawaban: b

69. Biografi yang ditulis oleh orang lain dengan izin dari tokoh yang akan diceritakan. Pernyataan tersebut merupakan jenis biografi jika dilihat dari....
a. sisi penulisnya
b. isinya
c. personal yang dibahas
d. penerbitnya
e. perjalanan hidup
jawaban: a

70. Biografi yang isinya menceritakan tentang tokoh-tokoh yang berkecimpung pada dunia politik. Jenis biografi yang dimaksud adalah....
a. biografi tokoh idola
b. bografi politik
c. biografi perjalanan karier
d. biografi tokoh penting
e. biografi subsidi
jawaban: b

71. Perhatikan contoh kalimat berikut!
Pertama kali, WS Rendra mempublikasikan puisinya di media masa pada tahun 1952 melalui majalah siasat. Kemudian puisi-puisinya pun lancar mengalir menghiasi berbagai majalah saat itu. Kata  yang dicetak miring memiliki makna hubungan kata....
a. hubungan penambahan
b. hubungan tujuan
c. hubungan waktu
d. hubungan kelanjutan
e. hubungan akibat
jawaban: d

72. Berikut hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi, kecuali....
a. sikap hidup
b. pandangan hidup
c. prestasi
d. mengahalalkan berbagai cara
e. riwayat pendidikan
jawaban: d

73. Untuk membuat teks biografi yang baik dan digemari oleh pembaca, maka harus memperhatikan.... teks biografi.
a. struktur
b. kebahasaan
c. sturktur dan kebahasaan
d. unsur-unsur pembangunan
e. nilai-nilai kehidupan
jawaban: c

74. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menceritakan kembali isi teks bografi, kecuali....
a. baca teks biografi dengan seksama
b. catat unsur-unsur menarik
c. baca teks biografi dengan cepat
d. kembangkan ide pokok dengan bahasa sendiri
e. tentukan ide pokok
jwaban: c

75. “ Selain itu, Chairil Anwar juga menerjemahkan karya sastra asing kedalam bahasa indonesia”. Unsur kebahasaan yang tekandung dari kata yang dicetak miring pada kutipan teks biografi tersebut adalah....
a. kata kerja
b. kata sifat
c. kata benda
d. kata kerja tindakan
e. kata sambung
jawaban: d

76. Suatu karya puisi yang baik memiliki makna yang mendalam. Makna diungkapkan dengan memadatkan berbagai....
a. kata
b. bahasa kias
c. unsur bahasa
d. kata imajinatif
e. nilai puisi
jawaban: c

77. Puisi merupakan karya sastra hasil ungkapan pemikiran dan perasaan manusia yang bahasanya terikat oleh hal-hal berikut, kecuali....
a. ragam
b. irama
c. matra
d. rima
e. penyusunan lirik
jawaban: a

78. Dengan adanya irama, puisi yang ditulis dapat disajikan dengan indah, sehingga mampu memengaruhi ketertarikan pembaca atau pendengar terhadap puisi. Berdasarkan pernyataan tersebut, pengertian irama adalah....
a. Karya sasrta hasil ungkapan pemikiran dan perasaan manusia.
b. Penyusunan bunyi dari kata-kata dalam sebuah puisi.
c. Pergantian, keras lembut, lambat cepat, panjang pendek, atau tinggi rendahnya pengucapan kata dalam puisi.
d. Hasil dari upaya memilih kata kata tertentu untuk dipakai dalam suatu tuturan bahasa.
e. Bentuk karya sastra dari hasil ungkapan dan perasaan penyair
jawaban: c

79. Untuk menemukan makan dalam sebuah puisi, pembaca harus membaca puisi dengan saksama dan memperhatikan banyak faktor dalam puisi tersebut. Salah satunya adalah....
a. Nilai seni dari pembacaan puisi
b. Penggunaan bahasa
c. Kemampuan seseorang membaca puisi
d. Pendengar merasa terbawa dalam puisi yang dibacakan
e. penggunaan kata-kata kiasan
jawaban: b

80. Puisi lama merupakan puisi yang...
a. bebas
b. penyampaiannya terencana
c. berdiri sendiri
d. masih terikat oleh aturan-aturan
e. lugas dan konkret
jawaban: d

81. Bentuk karya sastra dari hasil ungkapan dan perasaan penyair dengan bahasa yang terikat irama, matra, rima, penyusun lirik dan bait, serta penuh makna. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. prosa
b. cerita pendek
c. karya sastra
d. puisi
e. gurindam
jawaban: d

82. Buku yang memuat kumpulan puisi, baik dari seorang penyair atau beberapa penyair, pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. pembacaan puisi
b. memahami puisi
c. antologi puisi
d. penilaian puisi
e. menulis puisi
jawaban: c

83. Memahami isi puisi adalah upaya awal yang harus dilakukan oleh pembaca puisi untuk mengungkap makna yang...
a. indah
b. tersirat
c. tersurat
d. menarik
e. imajinatif
jawaban: b

84. Puisi mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan kekuatan bahasa dengan....
a. strukturnya
b. unsur pembangunannya
c. unsur intrinsik
d. unsur ekstrinsik
e. struktur fisik dan struktur batinnya
jawaban: e

85. Puisi berjudul “aku“ merupakan karya dari....
a. Goenawan Muhammad
b. Chairil Anwar
c. Acep Zamzam
d. H.B. Jasin
e. Sitor Situmorang
jawaban: b

86. berikut ini termasuk jenis-jenis dari puisi lama, kecuali....
a. mantra
b. pantun
c. karmina
d. seloka
e. himne
jawaban: e

87. Puisi sanjungan bagi orang yang telah berjasa dan membahas sesuatu yang mulia, memiliki sifat yang menyanjung, baik itu terhadap pribadi tertentu atau suatu peristiwa umum. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. balada
b. ode
c. karmina
d. seloka
e. himne
jawaban: b

88. Elegi adalah puisi tentang....
a. kasih sayang
b. pengorbanan
c. kesetian seorang kekasih
d. kesempurnaan cinta
e. kesedihan
jawaban: e

89. Perhatikan penggalan puisi berikut!

 Sajak putih
 Karya : Chairil Anwar
Bersandar pada tari warna pelangi
Kau depanku bertudung sutra senja
Di hitam matamu kembang mawar dan melati
Harum rambutmu mengalun bergelut senda

Diksi yang ditumbulkan dari kata “warna pelangi” dalam puisi tersebut adalah....
a. gambaran hati seoarang pemuda yang sedang senang
b. pada sore hari
c. bola matanya yang indah
d. indahnya menjalani kehidupan
e. mengagumi wanita yang dicintai
jawaban: a

90. Perhatikan pengalan puisi berikut!
Kau depanku menarik menari
Citraan yang ditimbulkan dari penggalan puisi tersebut adalah....
a. penciuman
b. pendengaran
c. indra
d. visual
e. mata
jawaban: d

91. Bentuk puisi seprti halaman yang tidak dipenuhi kata-kata, tepi kanan kiri, pengaturan barisnya, hingga baris puisi yang tidak selalu dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. perwajaha puisi
b. diksi
c. imaji
d. kata konkret
e. amanat
jawaban: a

92. Dilihat dari bentuk penulisannya, puisi memiliki suatu tata wajah atau penamilan khusus di atas  kertas, yang biasa disebut....
a. penampilan
b. tipografi
c. antropologi
d. susunan
e. rangakaian
jawaban: b

93. Perhatikan penggalan puisi berikut!
Hati yang terbuat dari baja
Tangguh sungguh perkasa

Kata baja dalam baris puisi tersebut bisa melambangkan....
a. kerasnya hidup
b. sulitnya menjalani hidup
c. manusia harus dapat menjalani cobaan hidup
d. kekuatan yang sulit di pecahkan
e. manusia percaya akan kehadiran tuhan
jawaban: d

94. Dalam puisi terdapat unsur imanji atau disebut citraan. Berikut termasuk dalam kategori citraan dalam puisi, kecuali....
a. citraan pengelihatan
b. citraan pendengaran
c. citraaan perabaan
d. citraaan penciuman
e. citraan musik
jawaban: e

95. Amanat merupakan pesan dari penyair kepada pembaca atau pendengar setelah memahami tema, bunyi, dan makna dalam puisi tersebut. Amanat dalam suatu puisi biasanya disampaikan secara....
a. tersirat
b. tersurat
c. bersampaikan
d. terpendam
e. terabaikan
jawaban: a

96. Perhatikan penggalan puisi berikut!
Kau depanku bertudung sutra senja.
Jenis majas yang digunakan dalam penggalan puisi tersebut adalah....
a. majas hiperbola
b. majas anatonomasia
c. majas personifikasi
d. majas perumpamaan
e. majas repetisi
jawaban: b

97. Perhatikan penggalan puisi berikut!
Hidup dari hidupku, pintu terbuka
Selama matamu bagiku menengadah
Nada yang ingin ditunjukan dalam puisi “sajak putih” ini adalah....
a. kegembiraan dan kebahagiaan
b. kesedihan
c. keindahan
d. kebaikan
e. kemuliaan
jawaban: a

98. Salah satu ciri antologi puisi adalah....
a. terdiri atas beberapa puisi
b. ada banyak buku
c. adanya pengklasifikasian
d. mengisahkan kehidupan manusia
e. adanya penghayatan yang sesuai
jawaban: a

99. Berikut ini termasuk langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk memahami makna puisi, kecuali....
a. menemukan kata kunci dalam setiap baris atau larik karna kata-kata tesebut merupakan inti baris tersebut.
b. menulis hasil interpretasi dengan tepat.
c. menguraikan baik puisi kedalam bentuk prosa atau parafrasa.
d. menfsirkan makna kata.
e. mengaitkan isi ouisi dengan kehidupan nyata.
Jawaban: e

100. Berikut ini unsur vokal yang harus diperhatikan dalam mendemonstrasikan atau membacakan antologi puisi, kecuali.....
a. artikulasi
b. diksi
c. tempo
d. gerak
e. intonasi
jawaban: d

101. Ada banyak jenis buku di Indonesia. Mulai dari buku fiksi yang menghibur hingga buku nonfiksi yang banyak memberikan .... bagi para pembacanya.
a. pengetahuan
b. nilai keidupan
c. pelajaran hidup
d. motivasi
e. penilaian hasil karya
jawaban: a

102. Setiap pembaca diberi kebebsan untuk menikmati setiap karya, baik buku fiksi maupun nonfiksi yang disesuaikan dengan....
a. hobi dan ketubutuhan
b. kebutuhan
c. hobi
d. peluang
e. kesempatan dan peluang
jawaban: a

103. Buku yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. buku
b. buku fiksi
c. buku nonfiksi
d. buku pengayaan
e. buku teks pelajaran
jawaban: b

104. Buku nonfiksi dibuat berdasarkan...., realita, atau hal-hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
a. opini
b. pendapat
c. pandangan seseorang
d. kehidupan seorang tokoh
e. fakta
jawaban: e


105. Salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah....
a. buku biografi
b. cerpen
c. novel
d. puisi
e. drama
jawaban: a

106. Buku nonfiksi lebih populer dikalangan pembaca yang tidak terlalu hobi membaca, karna mereka membeli buku-buku tersebut terdesak oleh....
a. minat baca
b. keutuhan dan pengetahuan
c. keinginan
d. kemauan untuk membaca
e. rasa ingin tahu
jawaban: b

107. Berikut ini termasuk jenis-jenis buku fiksi, kecuali....
a. buku motivasi
b. novel
c. cerpen
d. drama
e. puisi
jawaban: a

108. Baik buku fiksi maupun nonfiksi memiliki tujuan sendiri untuk disampaikan kepada pembacanya, seperti saat membaca buku budidaya akan memberikan keterampilan khusus kepada....
a. masyarakat
b. pembacanya
c. pendengar
d. penulis
e. peserta didik
jawaban: b

109. Kegiatan mengkaji struktur dan bahasa teks secara mendalam. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari....
a. membaca
b. mengabtraksi
c. menganalisis
d. menelaah
e. menilai
jawaban: d

110. Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Sehabis menggendong Tamara punggungku rasanya ingin copot. Bener juga kata Tamara badannya berat. Tapi, tidak apalah daripada sahabat aku Tamara gak pulang ke rumah. Nilai yang terkandung Dari kutipan cerpen tersebut adalah....
a. nilai pendidikan
b. nilai buadaya
c. nilai sosial
d. nilai agama
e. nilai kehidupan
jawaban: c

111. Perhatikan kutipan biografi berikut!
Raden Ajeng Kartini atau lebih dikenal dengan Ibu katini merupakan keturunan keluatga terpandang Jawa. Dia lair 21 April 1879, di mana adat istiadat masih kukuh dipegang oleh masyarakat, termasuk keluarganya. Satu hal yang diwariskan dari keluarganya adalah pendidikan.
Kutipan biografi R.A Kartini tersebut termasuk bagian dari....
a. orientasi
b. permasalahan
c. puncak konflik
d. peristiwa dana masalah
e. reorientasi
jawaban: a

112. Berikut yang termasuk bagian reorientasi pada kutipan-kutipan biografi R.A. Kartini adalah....
a. Raden Ajeng Kartini atau lebih dikenal Ibu Kartini merupakan keturunan keluarga terpandang Jawa. Dia lahir 21 April 1879, dimana adat istiadat masih kukuh dipegang oleh masyarakat, termasuk keluarganya.
b. Kartini menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membaca buku ilmu pengetahuan. Kesukaannya membaca ini berubah menjadi rutinitas harian. Bahkan, dia tidak segan untuk bertanya kepada ayahnya bila ada hal yang tidaj dimengertinya. Lambat laun pengetahuannya bertambah dan wawasannya pun meluas.
c. Dalam pandangannya, wanita tidak hanya harus bisa urusan “belakang” rumah tangga saja. Lebih dari itu, wanita juga harus punya wawasan dan ilmu yang luas. Dia pun mulai bergerak mengumpulkan teman-teman wanitanya untuk diajari baca tulis dan pengetahuan lainnya. Makin hari, Kartini makin disibukkan dengan aktifitas membaca dan mengajarnya.
d. Kartini merupakan seorang wanita jawa yang memiliki pandangan melebihi zamannya. Meski dia sendiri terbelenggu oleh zaman yang mengikatnya dengan adat istiadat. Pada 17 September 1904, Kartini menghembuskan napas terakhir di usia 25 tahun, setelah melahirkan anak pertama dan satu-satunya.
e. Sesuai keppres No. 10 Tahun 1964 pada 2 Mei 1964, Kartini resmi degelari pahlawan nasional oleh pemerintah Indonesia. Keppres ini juga menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini.
Jawaban: e

113. Setiap buku, baik fiksi maupun nonfiksi yang sudah dibaca dapat kamu analisis berdasarkan....
A. struktur dan kebahasaan
b. nilai dan kehidupan
c. intrinsik dan ekstrinsik
d. kebahasaan dan unsur
e. unsur dan struktur
jawaban: a

114. Berbagai jenis buku fiksi dan nonfiksi dapat kita replikasi dalam bentuk....
a. artikel
b. sinopsis
c. resensi
d. prosa
e. parafrasa
jawaban: c

115. Resensi adalah kegiatan untuk mengulas atau menilai sebuah....
a. keterampilan
b. karya
c. kerajianan
d. nilai
e. kehidupan
jawaban: b

116. Biasanya buku-buku nonfiksi dibuat oleh.... dibidangnya yang ingin menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimilikinya.
a. perorangan
b. prefesional
c. masyarakat umum
d. penulis
e. penyair
jawaban: b

117. Berikut ini termasuk tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan resensi buku fiksi dan buku nonfiksi, kecuali.....
a. Membantu pembaca mengetahui gambaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas.
b. Mengetahui kelebihan dan kelemahan buku yang diresensi.
c. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
d. Menguji kualitas buku dengan membandingkan karya dari penulis yang sama atau penulis lainnya.
e. Memberi penilaian pada karya yang dibuat sendiri.
Jawaban: e

118. Buku motivasi biasanya dibuat oleh....
a. motivator
b. editor
c. komentator
d. pengamat
e. ilustrator
jawaban: a

119. Novel termasuk dalam jenis buku....
a. fiksi
b. nonfiksi
c. bacaan
d. teks pelajaran
e. pengayaan
jawaban: a

120. Buku nonfiksi tentang bisnis biasanya dibuat oleh....
a. komentator
b. editor
c. pembisnis sukses
d. penulis buku
e. penghobi
jawaban: c

121. Buku fiksi merupakan buku yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan....
a. kenyataan
b. kesuksesan seseorang
c. khayalan atau imajinasi pengarang
d. ide penulis
e. hasil pemikiran pembaca
jawaban: c

122. Perhatikan gambar berikut!



Buku-buku tersebut termasuk dalam jenis buku....
a. bacaan
b. teks pelajaran
c. pengayaan
d. fiksi
e. nonfiksi
jawaban: e

123. Berikut ini termasuk hal-hal yang harus dicantumkan dalam penyusunan data buku untuk keperluan resensi, kecuali.....
a. judul buku
b. pengarang
c. kelebihan dan kelemahan buku
d. penerbit
e. tahun peerbi serta catatannya
jawaban:  c

124. Berikut ini termasuk hal-hal yang harus diperhatikan dalam mereplikasi isi buku ilmiah dalam bentuk resensi, kecuali....
a. Cari dan tentukan buku ilmiah yang akan dibuat resensi
b. Catatlah indentitas buku yang akan diresensi
c. Catat dan pahami tujuan dan latar belakang penulisan buku, dengan cara membaca kata pengantar atau pendahuluan buku
d. Tentukan kriteria umur pembaca
e. Tentukan kelebihan dan kekurangan isi buku
jawaban: d

125. Berikut ini termasuk hal-hal yang dibahas pada bagian isi resensi buku ilmiah, kecuali.....
a. sipnosis
b. ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya
c. keunggulan dan kelemahan buku
d. rumusan kerangka buku dan penggunaan bahasa
e. menilai hasil karya
jawaban: e

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 125+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 38Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal bahasa indonesia kelas x kurikulum 2013 dan jawabannya
    • soal bahasa indonesia kelas x semester 2 dan kunci jawaban
    • soal bahasa indonesia kelas 10 semester 2 kurikulum 2013
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 10 semester 2
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 10 semester 1
    • contoh soal bahasa indonesia kelas 10 beserta jawabannya
    • soal essay bahasa indonesia kelas 10 semester 2
    • soal bahasa indonesia kelas 10 semester 1 beserta jawaban 2018,2019,2020,2021,2022