Lengkap - 75+ Contoh Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

75+ Contoh Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya - Assalammualaikum adik adik. Bagaimana kabarnya? semoga sehat ya, nah pada kesempatan yang baik ini, lagi lagi kakak akan memberikan Contoh soal latihan sebanyak 75 soal yang dibahas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, soal ini sudah kakak susun dalam bentuk Essay dan merupakan soal terbaru dari kurikulum 2013. Oiya Pengertian pendidikan itu bermacam-macam, hal ini disebabkan karena perbedaan falsafah hidup yang dianut dan sudut pandang yang memberikan rumusan tentang pendidikan itu.
75+ Contoh Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
75+ Contoh Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



MATERI PENDIDIKAN ISLAM

Materi pendidikan Islam mencakup beberapa bidang studi, isi program setiap bidang studi yaitu bahan pengajaran yang diuraikan dalam bentuk pokok bahasan (topik) yang dilengkapi dngan sub-pokok bahasan. Isi program bidang studi ini ditetapkan berdasarkan tujuan-tujuan kurikuler dan tujuan-tujuan instruksional (Haitami,2012:207).

Setiap mata pelajaran memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan mata pelajaran lain. Adapun karakteristik mata pelajaran Agama Islam adalah sebagai berikut (Choirul Anam,2011:30-31):

  1. Secara umum mata pelajaran Agama Islam, merupakan mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat dalam agam Islam, yang terdapat dalam kitab suci al-Qur’an dan Hadits. Untuk kepentingan pendidikan, dengan melalui proses Ijtihad, para ulama mengembangkan materi agama Islam pada tingkat yang lebih rinci. Sebagaimana dalam al-Qur’an Surat An-Nahl ayat 64; “Dan Kami tidak menurunkan kepadamu Al-Kitab (Al Quran) ini, melainkan agar kamu dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan itu dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman”.
  2. Mata pelajaran Agama Islam tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai berbagai ilmu tentang Islam, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana peserta didik mengamalkan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Mata pelajaran Agama Islam menekankan kebutuhan dan keterpaduan antara ranah kognitif, afektif dan psikomotornya.



Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA


75+ Contoh Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA Semester 2.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


1. Apakah yang dimaksud dengan Iman kepada kitab-kitab Allah?
jawaban: Iman adalah mempercayai sepenuh hati bahwa Allah telah menurunkan kitab-kitabnya kepada nabi dan rasul yang berisi wahyu untuk disampaikan kepada umatnya.

2. Sebutkan persamaan dan perbedaan antara kitab dan suhuf?
jawaban: Persamaan kitab dan suhuf yaitu sama-sama wahyu dari Allah SWT
Perbedaannya: a. isi kitab lebih lengkap dari isi suhuf
b. kitab dibukukan sedangkan suhuf tidak dibukukan.

3. Jelaskan isi kandungan dalam Al-Qur'an surah Al-Fath ayat: 29!
jawaban: Dalam suah Al-Fath ayat 29 Allah menerangkan kepada kita bahwa Muhammad Saw adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersamanya dan dia adalah keras terhadap orang kafir tetapi berkasih sayang sesama mereka.

4. Jelaskan alasan dalam menghormati dan menghargai karya orang lain dan tidak boleh membeda-bedakan.?
jawaban: menghormati dan menghargai karya orang lain harus dilakukan tanpa memandang derajat status, warna kulit atau pekerjaan orang tersebut, karena hasil usaha mereka pencerminan kepribadiannya.

5. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara khutbah dengan dakwah?
jawaban: perbedaannya adalah:
khutbah:
a. dilakukan secara rutin
b. ada rukun dan syraratnya
c. ada mimbar
d. waktunya terbatas

dakwah:
a. dilaksanakan kapan saja
b. tidak ada rukun dan syarat
c. tidak ada mimbar
d. waktu tidak dibatasi.

6. Tuliskan terjemahan Q.S Ar Rum[30] :41!
Jawaban: Telah tampak kerusakan di darat dan dilaut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)

7. Jelaskan kandungan makan Q.S. Ar Rum[30]:41-42!
Jawaban: kandungan maknanya adalah sebagai berikut:
a. Melalui ayat ini diperoleh pemahaman bahwa kerusakan berupa musibah, bencana dan malapetaka yang terjadi di permukaan bumi baik di darat maupun di laut disebabkan ulah manusia itu sendiri.

b. Faktor yang menjadi penyebab kerusakan antara lain: kelalaian di bidang manajemen, benar-benar diabaikannya aturan Allah SWT., dan tidak mengindahkan keseimbangan alam.

c. Alasan Allah menambahkan bencana akibat ulah manusia tersebut adalah sebagai azab atas perbuatan jahat mereka dan sebagai ujian bagi kaum mukminin.

d. Seorang mukmin harus pandai mengambil pelajaran dari sejarah umat-umat terdahuu dan menjadikannya sebagai cermin kehidupan sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta menjauhkan diri dari perusakan dan kemungkaran.

8. Kerusakan yang terjadi di dunia ini dapat dikelompokkan menjadi lima bidang kehidupan. Sebutkan!
Jawaban:
a. kerusakan di bidang keimanan
b. kerusakan dalam bidang mental dan intelektual
c. Kerusakan dalam bidang pembinaan mental dan intelektual
d. Kersuakan dalam bidang martabat manusia
e. Kerusakan dalam bidang material dan sumber daya alam

9. Tulislah Q.S. Al A’raf[7] lengkap beserta terjamahannya!
Jawaban:  Dan jangalah kamu berbaut kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.

10. Sebutkan beberapa pelajaran dalam Q.S. Al A’raf[7]:56!
Jawaban:
a. Larangan berbuat kerusakan di bumi
b. Perintah agar berdoa kepada Allah dengan rasa takut
c. Anjuran untuk berbuat kebajikan
d. Kabar berita bahwa rahmat Allah sangat dekat bagi orang-orang yang berbuat kebaikan.

11. Bagaimana Allah menumbuhkan tumbuhan dan buah-buahan di bumi ini? Jelaskan!
Jawaban: Allah meniupkan angin yang membawa awan mendung dan tebal. Kemudian, awan mendung itu (awan yang mengandung air hujan itu) dihalau ke suatu daerah yang tidak ada tetumbuhannya guna menyuburkannya, lalu Allah turunkan di daerah itu hujan, maka Allah keluarkan dengan sebab hujan itu berbagai macam buah-buahan.

12. Tulislah terjemahahan Q.S. Sad[38]: 27!
Jawaban: Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yagn yang ada di antaranya keduanya dengan sia-sia. Itu anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang yang kafir itu karena mereka akan masuk neraka.

13. Apa pesan yang hendak disampaikan oleh Allah kepada hamba-Nya dalam Q.S. Al A’raf[7]:58? Jelaskan!
Jawaban: Allah swt. menjelaskan bahwa tanah yang baik adalah tanah yang subur. Tanaman-tanamanya tumbuh subur serta tumbuh dengan baik. Hal ini merupakan perumpamaan bagi orang mukmin yang mau mendengar dan mengamalkan ajaran-ajaran yang bersumber kepada Alquran dan hadis yang disampaikan kepadanya kemudian mengambil manfaat dan mengamalkannya dalam kehidupannya. Bagi orang mukmin, hidup ini tidak lain adalah untuk beribadah kepada Allah swt...

14. Jelaskan kandungan makna Q.S. Sad[38]:27!
Jawaban: Q.S. Sad[38]:27 merupakan bantahan terhadap pandangan kaum kafir yang memandang langit dan bumi serta segala sesuatu yang berada di dalamnya sebagai sesutu yang sia-sia. Dalam ayat ini juga Allah menegaskan ancaman kecelakaan (siksa neraka) bagi kaum kafir karena pandangan sesatnya itu.

15. Sebutkan beberapa contoh perilaku yang mencerminkan pengalaman kandungan Q.S. Ar Rum[30]: 41-42, Q.S. Al A’raf[7]: 56-58, dan Q.S. Sad[38]:27!
Jawaban:
a. Selalu peduli dan berusaha menjaga kelestarian laam.
b. Selalu berusaha mengambil pelajaran dari semua peristiwa yang ditampakkan oleh Allah
c. Senantiasa memelihara tatanan non fisik, misalnya ajaran agama, norma, dan adat isitadat setempat sehingga tercapai kebahagiaan hakiki (jasmani dan rohani).
d. Senantiasa berhati-hati dalam menjalani kehidupan di bumi.
e. Selalu berusaha untuk menjaga diri (menghindari) dari perbuatan dosa (maksiat) dan kemusyrikan
f. Selalu mengharapkan rahmat dan kasih sayang Allah swt, dengan selalu berperilaku dan berbuat baik dalam kehidupan sehari-hari.
g. Selalu mengingat mati dan menyadari bahwa kita pati akan mati
h. Selalu meningkatkan keimanan dan rasa syukur atas semua yang dianugerahkan Allah swt.
i. Senantiasa mengadakanpenelitian tentang kegunaan/manfaat masing-masing ciptaan Allah swt.,
j. Memanfaatkan dan mengelola dengan benar semua yang telah berikan (sediakan) di bumi ini.
k. Berbaik sangka terhadap semua kejadian yang terjadi pada diri kita.
l. Senantiasa bersyukur kepada Allah swt. karena Allah swt. telah menciptakan berbagai makhluk dengan faedah yang berbeda-beda.

16. Apa yang dimaksud dengan kitabullah? Jelaskan!
Jawaban: Kitabullah adalah kumpulan wahyu-wahyu Allah swt. yang mengandung petunjuk dan kebenaran.

17. Apa yang dimaksud dengan beriman kepada kitab-kitab Allah? Jelaskan!
Jawaban: Beriman kepada kitab-kitab Allah artinya memercayai dan meyakini bahwa Allah benar-benar telah menurunkan kitab-kitab tersebut, percaya dan yakin bahwa kitab-kitab tersbut, percaya dan yakin bahw kitab-kitab tersebut bukan buatan manusia, kemudian menjadikannya sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

18. Setiap muslim wajib beriman kepada kitab-kitab Allah. Apakah wajib juga untuk mempelajari semua isi kitab Allah tersebut? Apakah wajib juga mengamalkannya?
Jawaban: Memang benar bahwa setiap muslim wajib beriman kepada kitab-kitab Allah. Namun, tidak semua kitab Allah tersebut wajib dipelajari dan diamalkan, karena yang wajib dipelajari dan diamalkan oleh umat Islam akhir zaman hanyalah Alquran. Adapun semua isi kitab sebelumnya semuanya sudah dijelaskan dalam Alquran

19. Bagaimana kedudukan Alquran terhadap kitab-kitab Allah sebelumnya?
Jawaban:
a. Sebagai pedoman manusia dalam berhubungan dengan Allah swt..
b. Sebagai pedoman hidup manusia dalam memandang dan memposisikan diri sendiri.
c. Sebagai pedoman hidup manusia dalam hubungan dengan sesama manusia
d. Sebagai pedoman hidup manusia dalam hubungan dengan alam dan lingkungannya.

20. Apa fungsi kitab-kitab Allah swt. dalam kehidupan sehari-hari? Sebutkan!
Jawaban:
a. Pedoman dalam kehidupan pribadi, yaitu:
1) Pedoman dalam mendapat sumber asasi guna mengatur kehidupan manusia dalam meningkatkan kebudayaannya, cara berpikirnya dan tindak tanduknya.
2) Pedoman dalam mencari petunjuk dalam kehidupannya.
b. Pedoman kehidupan bermasyarakat
c. Pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
d. Pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

21. Sebutkan beberapa hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah!
Jawaban:
a. Dampak menemukan petunjuk, jalan keluar dari jalan yang sesat menuju jalan yang diridai Allah swt...
b. Mendapatkan ketenangan jiwa
c. Mendapatkan kabar gembira dan peringatan untuk selalu berada di jalan yang benar.
d. Mendapatkan rahmat Allah

22. Bagaimana kedudukan Alquran terhadap kitab-kitab Allah sebelumnya?
Jawaban:
a. Menjadi saksi tentang kebenaran kitab-kitab Allah swt. sebelumnya
b. Menjawab dan menyelesaikan perbedaan-perbedaan pendpat para penganut agama
c. Mengoreksi kitab Allah swt. yang sudah diubah oleh manusia yang ingkar, misalnya:
- tentang ajaran Trinitas;
- tentang Isa a.s.;
- tentang penyaliban Nabi Isa a.s.;
- tentang Nabi Luth a.s.;
- tentang Nabi Harun a.s.;
- Tentang Nabi Sulaiman a.s.;

23. Seseorang yang sudah menghayati fungsi iman kepada kitab-kitab Allah swt. akan melahirkan sikap tanggung jawab yang terlihat dalam sikap dan perilakunya, misalnya tanggung jawab terhadap agama. Jelaskan maksudnya!
Jawaban: seseorang yang sudah mengimanani kitabullah akan meyakini bahwa agama yang benar adalah Islam seperti ditegaskan dalam Q.S. Ali Imran[3]: 19 dan 85, kemdian mempelajari ajaran agama dengan baik, lalu diamalkan dalam kehidupannya, mendakwahkannya terhadap sesama seperti perintah Q.S. An Nahl[16]: 125, serta menjaga martabat dan kemuliaan agama.

24. Sebutkan beberapa contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap kitabullah!
Jawaban:
a. Membaca Alquran setiap kesempatan
b. Mendengarkan dan merenungkan kandungan Alquran
c. Membaca Alquran sampai khatam (tamat).
d. Belajar dan mengajarkan Alquran
e. Mengamalkan isi kandungan Alquran

25. Jelaskan maksud kandungan ayat dalam Q.S. Al Hijr[15]: 9!
Jawaban: ayat tersebut menjelaskan bawha Alquran itu benar-benar merupakan wahyu Allah dan terjamin kemurniannya sampai kapan pun karena Allah sendiri yagn menjaga kemurniannya.

26. Apa yang dimaksud dengan hak cipta? Jelaskan!
Jawaban: Hak cipta adalah terminologi hukum yang menggambarkan hak-hak yang diberikan kepada pencipta untuk karya-karya mereka dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra.

27. Sebutkan beberapa contoh karya yang hak ciptanya dilindungi oleh undang-undang!
Jawaban:
a. Buku, program komputer, pamflet, susunan perwajahan karya tulis yang diterbitkan dan hasil karya ciptaan lain.
b. Ceramah, kuliah, pidato, dan ciptaan lainnya yang diwujudkan dengan cara diucapkan.
c. Alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan.
d. Ciptaan lagu atau musik dengan tanpa teks, termasuk kerawitan dan rekaman suara
e. Drama, tari, pewayangan, pantomim
f. karya pertunjukan
g. Karya siaran
h. Seni rupa dalam segala bentuk seperti seni lukis, gambar, seni ukir, seni kaligrafi, seni pahat, seni patung, kolase, seni terapan yang berupa seni kerajinan tangan.
i. Arsitektur
j. Peta
k. Seni Batik
l. Sinematografi
m. Terjemahan, tafsir, saduran, bunga rantai dan karya-karya lainnya dari hasil perwujudan cipta dan karya.

28. Apa yang dimaksud menghargai hasil karya orang lain?
Jawaban: Menghargai karya orang lain adalah perilaku menilai, menghormatai, atau menganggap penting hasil karya orang lain dengan mengakui kelebihan orang lain dan menyadari kelemahan yang dimilikinya.

29. Bagaimana cara menghargai hasil karya orang lain?
Jawaban: cara menghargai hasil karya orang lain diantaranya sebagai berikut:
a. memberikan penilaian
b. Menghormati karya orang lain
c. Menjaga, melestarikan, atau tidak merusaknya
d. Memanfaatkan dengan sebaik-baiknya
e. Memberi saran yang membangun
f. Tidak membajak hasil karya orang lain
g. Tidak merekayasa hasil karya orang lain dan mengakui sebagai karyanya sendiri

30. Tulislah terjamah Q.S. An-Nisa[4]: 29
Jawaban: Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka di antara kamu.

31. Jelakan arti ayat diatas berkenaan dengan hak ekonomi dalam sebuah hak cipta!
Jawaban: pemegang hak cipta memiliki untuk mengambil keuntungan dari kegiatan ekonomi terhadasp ciptaan tersebut. Oleh karena itu, jika pihak lain akan memanfaatkan hasil karyanya, tenntunya harus diperoleh dengan cara ang saling menguntungkan.

32. Apa yang dimaksud dengan memberikan penilaian terhadap sebuah hasil karya dan bagaimana bentuk penilaian tersebuat? Jelaskan!
Jawaban: memberikan penilaian terhadap sebuah karya artinya memberikan respon terhadap karya tersebut. Penilaian itu pun berbeda, ada penilaian sepintas atau sederhana, seperti ungkapan “Wah, bagus nih!”, Wow, sempurna”!”, “Kayaknya kurang di bagian ini”, atau ungkapan lain. Ada juga penilaian yang lebih mendalam atau biasa disebut interpretasi. Dalam hal ini, orang yang memberikan penilaian akan menyelidiki apa latar belakang munculnya karya tersebut, dan sebagainya. Dengan kata lain, dalam penilaian yang kedua ini ada proses analisis terhdap suatu karya yang ada.

33. Bagaimana tindakan yang tepat jika ingin memanfaatkan hasil karya orang lain yang memang diciptakan untuk diambil manfaatnya oleh khalayak umum?
Jawaban: jika kita ingin memanfaatkan hasil karya orang lain yang memang diciptakan untuk diambil manfaatnya oleh khalayak umum, sebaiknya kita memanfaatkan hasil karya tersebut sesuai dengan tujuan awal penciptaannya, tidak digunakan secara menyimpang, apalagi digunakan untuk hal-hal yang mengandung kemaksiatan dan merugikan orang lain.

34. Seperti apa rekayasa terhadap hasil karya orang lain yang dikataklan lebih buruk dari pada pembajakan? Jelaskan!
Jawaban:  Rekayasa hasil karya orang lain yang dikatakan lebih buruk daripada pembajakan adalah rekayasa yang dilakukan terhadap sebuah karya orang lain dan kemudian sebagai hasil karya sendiri. Jika membajak suatu hasil karya itu hanya berkaitan dengan mengambil manfaat dari karya orang lain dan merugikan orang lain yang seharusnya mendapatkan keuntungan dari pemanfaatan karya tersebut. Adapun merekayasa dan mengakui sebagai hasil karya sendiri, selain mengambil manfaat, juga terjadi prampasan terhadap hak paten yang dimiliki kreatornya.

35. Sebutkan beberapa hikmah perilaku menghargai hasil karya orang lain!
Jawaban: Hikmah perilaku menghargai hasil karya orang lain antara lain memperoleh manfaat dari sebuah karya dengan berkah, memotivasi untuk melahirkan karya-karya baru, menimbulkan perbaikan bagi beberapa karya yang memang perlu penyempurnaan, dan tidak adanya perilaku yagn merugikan pihak pembuat sebuah karya.

36. Apa pengertian dosa secara formal dan secara psikologis?
Jawaban: secara formal, dosa adalah segala perbuatan yang dilarang oleh Allah swt. dan rasul-Nya yang tercantum dalam Alquran dan hadis. Adapun secara psikologis pengertian dosa adalah sesuatu yang merisaukan hati.

37. Apa yang dimaksud dengan dosa besar dan dosa kecil? Jelaskan!
Jawaban: Dosa besar adalah suatu perbuatan dosa yang pelakunya mendapat laknat Allah swt. di dunia dan disiksa di akhirat berupa ancaman api neraka. Adapun dosa kecil adalah perbuatan dosa yang dapat menimbulkan kerusakan atau kerugian bagi manusia dan perbuatan ini dibenci Allah swt. tetapi tidak diancam dengan api neraka. Jika dosa kecil terebut terus-menerus dikerjakan dengan sadar dan disengaja, lambat-laun akan menjadi dosa besar karena dosa-dosa besar biasanya dimulai dengan melakukan dosa kecil.

38. Sebutkan ciri-ciri dosa besar!
Jawaban:
a. Setiap dosa yang Allah memberikan ancaman siksa (atasnya) dalam Alquran;
b. Setiap dosa yang hukumannya telah Allah tentukan dalam Alquran, seperti dosa merampok, membunuh, dan berzina;
c. Setiap dosa yang menunjukkan ketidakpedulian terhadap agama;
d. Setiap dosa yang keharaman dan besar (dosa) nya telah diterangkan dengan argumentasi yang pasti; dan
e. Setiap dosa yang pelakunya mendapatkan ancaman dalam Alquran dan hadis.

39. Apa yang dimaksud dengan syirik?
Jawaban: Syirik adalah perbuatan menyekutukan Allah swt. dengan sesuatu selain-Nya, baik dalam zat-Nya, sifat-Nya, perbuatan-Nya, maupun dalam ketaatan yang seharusnya hanya ditujukan kepada-Nya.

40. Bagaimana trik agar terhindar dari dosa syirik?
Jawaban: trik agar terhindar dari dosa syirik adalah sebagai berikut.
a. Banyak mengingat Allah swt.
b. Ikhlas dalam melakukan amal kebaikan.

41. Tuliskan ayat Al-quran yang menjelaskan larangan membunuh!
Jawaban: Tulis ayat alquran Q.S. Al Isra[17]:33

42. Jelaskan pengertian Riddah secara bahasa dan istilah!
Jawaban: Secara bahasa riddah artinya kembali atau balik, sedangkan menurut istilah, riddah adalah kembali lagi kepada kekafiran setelah memeluk agama Islam.

43. Tulislah ayat Al-quran yang menjelaskan larangan zina!
Jawaban: tulis Q.S. Al Isra[17]:32

44. Bagaimana cara agar terhindar dari dosa besar?
Jawaban:
a. memperbanyak ingat kepada Allah swt. (zikir)
b. Berusaha untuk memeperdalam ilmu agama Islam
c. Mengetahui hal-hal yang akan menjerumuskannya pada perbuatan dosa dan mengetahui bagaimana caranya untuk menjauhinya.
d. Menempatkan dirinya berada di tempat-tempat yang akan mendorong selalu berbuat baik
e. Menghindari dan meninggalkan tempat-tempat yagn akan menjerumuskan pada perbuatan dosa
f. Tidak bergaul dengan orang-orang yang terbukti suka melakukan perbuatan dosa besar
g.  Mengetahui dan memahami akibat buruk yang ditimbulkan dari perbuatan dosa tersebut.

45. Apa maksud hadis berikut?
كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ وَِكُلُّ خَمْرٍ حَرَامٌ ( رواه أبو داود )
Jawaban: Setiap yang memabukkan termasuk khamar dan setiap khamar hukumnya haram.

46. Apa yang sebaiknya kita lakukan jika menjumpai orang yang dalam keadaan sakaratul maut?
Jawaban: Jika kita menjumpai orang yang sedang dalam keadaan sakratul matu, kita dituntut untuk melakukan talqin (bimbingan) kepadanya dengan mencucapkan kalimat tahudi “La ilaha illallah” agar ia tetap sebagai muslim hingga akhir hayatnya.

47. Apa yang harus dilakukan ketika seorang muslim telah dipastikan meninggal dunia?
Jawaban: Apabila seorang muslim telah dipastikan meninggal dunia, wajib bagi orang yang ada didekatnya untuk melakukan hal-hal berikut ini.
a. menutup kedua mata si mayat seperti Rasulullah menutup kedua mata Abu Salamah ketika wafat.
b. Melemaskan seluruh persendian si mayar agar tidka mengaeras serta  meletakkan sesuatu di atas perutnya agar tidak mengembung
c. Menutup sekujur jasad si mayat dengan kain
d. Menyegerakan penyelenggaraan jenazahnya, penyalatan, dan penguburannya
e. Mengubur jenazah di kota tempatnya meninggal dunia, esbba pada saat Perang Uhud, Rasululah saw. memerintahkan para sahabat agar menguburkan para syuhada yang gugur di tempatnya masing-masing, tidka perlu di pindah ke tempat lain

48. Siapa orang yang berhak memandikan jenazah?
Jawaban:
a. Orang Islam yang berakal sehat dan balig
b. Jenis kelamin sama, jenazah laki-laki dimandikan oleh laki-laki, jenazah perempuan dimandikan oleh perempuan, kecuali suami istri atau mahramnya jenazah.
c. Keluarga yang mengetahui tata cara dan mampu memandikan jenazah
d. Dapat menjaga kerahasiaan jenazah (amanah).

49. Jelaskan tata cara memandikan jenazah!
Jawaban: Tata cara memandikan jenazah adalah sebagai berikut.
a. Jenazah dibaringkan di tempat yang lebih tinggi (balai-balai) terhindar dari hujan, matahari, dan tertutup (tidak terlihat kecuali oleh orang yang memandikan dan mahramnya).
b. Jenazah dipakaikan kain agar auratnya tertutup.
c. Membersihkan kotoran dan najis yang melekat pada anggota badan jenazah, mengeluarkan kotoran bagian dalam perut dengan cara menekan bagian bawah perut dan mengangkat sedikit bagian kepala dan badan supaya kotoran yang mungkin ada di dalam perut dapat keluar.
d. Menyiram air ke seluruh badan secara merata dari kepala sampai ke kaki (disunahkan tiga kali atau lebih), dengan mendahulukan anggota badan sebelah kanan lalu bagian sebelah kiri.
e. Mewujudkan jenazah sebagaimana wudu akan salat setelah semuanya bersih.
f. Terakhir disirami dengan larutan kapur barus dan harum-haruman

50. Tulislah terjemah hadis berikut!

عَنْ جَا بِرٍ اَنَّ النَّبِيَّ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُفِى قَتْلَى اَحُدٍ بِدَفْنِهِمْ وَلَمْ يُغَسَّلُوْا وَلَمْ يُصَلُّ عَلَيْهِمْ (رواه البخاري

Jawaban: Dari Jabir, sesungguhnya Nabi Muhammad saw. telah memerintahkan terhadap orang-orang yang gugur dalam Perang Uhud supaya dikuburkan dengan darah mereka, tidak dimandikan dan tidak disalatkan. (H.R. Bukhari).

51. Tulislah dalil yang mengisyarakatan sunahnya menyalatkan mayit dalam tiga saf!
Jawaban:
عَنْ مَلِكِ ا بْنَ هُبَيْرَةَ، قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ٠ مَا مِنْ مُّؤْ مِنٍ يَمُوْتُ فَيُصَلِّى عَلَيْهِ اُمَّةٌ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ يَبْلُغُوْنَ اَنْ يَكُوْنُوْاثَلَا ثَةَ صُفُوْفٍ اِلاَّ غَفِرُلَهُ (رواه الخسة ال النسائي


52. Jelaskan rangkaian cara salat jenazah!
Jawaban: Rangkaian salat jenazah adalah sebagai berikut.
a. Berdiri dengan niat melakukan salat jenazah. Jika jenazahnya laki-laki, hendaknya berdiri menghadap jenazah sejajar dengan kepalanya, sedangkan jika jenazahnya perempuan, maka berdiri sejajar dengan bagian tengah si mayat.
b. Takbiratuliharm (takbir pertama), kemudian membaca surat Al Fatihah
c. Takbir yang kedua, kemudian membaca salawat atas Nabi Muhammad saw.
d. Takbir ketiga, kemudian mendoakan jenazah
e. Takbir yang keempat, kemudian membaca doa untuk keluarga mayit
f. Membaca salam dengan memalingkan muka ke kanan dan ke kiri.

53. Tulislah doa untuk jenazah anak-anak!

اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا لِوَالِدَيْهِ وَاجْعَلْهُ لَهُمَا اَجْرًا وَدَخْرًا

54. Apa tujuan takziah? Jawaban:
a. Memberikan bantuan moril dan materil untuk mengurangi kesulitan bagi ahli mayit
b. Memberi hiburan dan nasihat aar ahli mayit sabar dan tabah menerima musibah.
c. Mendoakan yang meninggal agar diampuni segala dosanya.
d. Sebagai pelajaran dan koreksi diri bahwa setiap yang bernyawa pasti mati

55. Apa yang dimaksud dengan ziarah kubur?
Jawaban: Ziarah kubur adalah mengunjungi kuburan kaum muslimin/muslimat dengan tujuan dapat melihat, membersihkan kubur, dan mendoakan ahli kubur.

56. Apa yang dimaksud dengan khotbah? Jelaskan!
Jawaban: khotbah menurut bahasa artinya pidato, sedangkan secara istilah, khotbah artinya menyampaikan ajaran Islam kepada yang hadir dengan mengajak untuk berbuat baik dan menjauhi perbuatan mungkar.

57. Apa sajakah syarat-syarat khotbah? Sebutkan!
Jawaban: syarat khotbah adalah sebagai berikut.
a. Disampaikan setelah masuk waktunya, seperti khotbah jumat disampaikan setelah masuk waktu zuhur pada hari jumat
b. Disampaikan dengan berdiri sehingga orang-orang yang mendengarkan khotbah dapat melihat dengan jelas khatib, kecuali jika khatib tidak mampu berdiri, boleh berkhotbah sambil duduk.
c. Disampaikan dengan suara jelas dan tegas, sekurang-kurangnya terdengar oleh yang hadir
d. Disampaikan memakai bahasa yang dapat dipahami dan dimengerti oleh orang-orang yang hadir

58. Sebutkan rukun-rukun khotbah!
a. Mengucapkan puji-pujian kepada Allah.
b. Membaca selawat untuk Rasulullah saw..
c. Mengucapkan syahadat
d. Berwasiat dengan takwa. Mengajak orang-orang yang hadir untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt..
e. Mengajar untuk melaksanakan amar makruf nahi mungkar, baik mengenai agama maupun dunia sesuai dengan situasi waktu itu.
f. Membaca ayat Alquran pada salah satu kedua khotbah.
g. Mendoakan mukminin dan mukminat pada khotbah kedua.

59. Tulislah terjemah hadis berikut!

كَانَ رَسُوْلُ اللهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَخْطُبُ قَ ئِمًا وَيَجْلِسُ بَيْنَ الْخُطْبَتَيْنِ

Jawaban: Rasulullah saw. berkhotbah dengan berdiri dan beliau duduk di antara dua khotbah

60. Apa yang dimaksud dengan dakwah? Jelaskan!
Jawaban: Menurut bahasa, dakwah berasal dari bahasa Arba yaitu da’a-yad’u-udu aan dan wa da’watan yang artinya memanggil, menyeru, dan mengajak. Adapun menurut istilah, dakwah yaitu mengajak orang lain untuk meyakini kebenaran ajaran Islam dan menjalankan syariatnya, yang terlebih dahulu diyakini dan diamalkan oleh pendakwahnya.

61. Apa tujuan dakwah?
Jawaban: Tujuan dakwah islamiah sebagaimana dijelaskan dalam Q.S. An Nur[24]: 55 yaitu mengajak segenap manusia untuk senantiasa:
a. Beriman benar-benar hanya kepada Allah swt. (bertauhid)
b. Menyembah hanya kepada Allah swst. (Ikhlas)
c. Sama sekali tidak mempersekutukan Allah swt. denga siapa saja dan barang apa saja.
d. Mengerjakan ama saleh dalam arti yang seluas-luasnya.
e. Berakhlak mulia dengan tolak ukur akhlak Rasulullah saw.

62. Apa persamaan antara khotbah dan dakwah?
Jawaban:
a. Sama-sama mengajak manusia untuk bertakwa kepada Allah swt.
b. Sama-sama mengajak manusia untuk menjalankan syariat Islam
c. Sama-sama memberi kabar gembira kepada yang bertakwa dan ancaman kepada yang ingkar (basyiran wa naziran).

63. Apa perbedaan antara khotbah dan dakwah?
Jawaban:
a. Khotbah terikat oleh syarat dan rukun, sedangkan dakwah tidak terikat syarat dan rukun.
b. Khotbah tempatnya di masjid atau tempat salat jumat atau salat Idain, sedangkan dakwah dapat dilakukan dimana saja.
c. Khotbah medianya terbatas, sedangkan dakwah dapat menggunakan media apa saja.

64. Apa yang dimaksud dengan tablig? Jelaskan?
Jawaban: Tablig menurut bahasa artinya menyampaikan, bersungguh-sungguh, dan fasih. Adapun yang dimaksud tablig di sini adalah berbicara di depan orang-orang dan menyampaikan ajakan untuk berbuat baik dan melarang manusia melakukan perbuatan mungkar sesuai dengan tuntunan Alquran dan hadis

65. Tulislah struktur penyusunan teks dakwah secara formal!
Jawaban:
a. Pembukaan, terdiri atas:
- puji syukur kepada Allah swt.;
- syahadat; dan
- selawat kepada nabi Muhammad saw..

b. Isi, terdiri atas;
- Sekilas maksud dan tujuan dakwah; dan
- Materi dakwah, yang bersumber dari Alquran dan hadis.

c. penutup

66. Siapa sajakah ahli filsafat yang muncul pada perkembangan Islam periode klasik fase pertama?
Jawaban: Al Kindi, al Farabi, Ibnu Sina, dan Ibnu Maskawaih

67. Dalam perkembangan Islam periode pertengahan ada yang dikenal dengan fase tiga kerjaan besar. Kerajaan apakah yang dimaksud?
Jawaban: Tiga kerajaan besar yang dimaksud  adalah kerajaan Usmani di Turki, Kerajaan Syafawi d Persia dan Kerajaan Mogul di India.

68. Gerakan pembaharuan Islam (modernisme) diawali oleh gerakan pemurnian Islam yang dipelopori oleh Muhammad Ibnu Abdul Wahab (1703-1778). Apa pokok ajaran Muhammad Ibnu Abdul Wahab tersebut?
Jawaban: Pokok ajaran Muhammad Ibnu Abdul Wahab (Wahabi) adalah menentang semua bidah dan khurafat dan kembali kepada ajaran pokok Alquran dan hadis

69. Seorang tokoh pembaharu Islam berpandangan bahwa salah satu faktor kemunduran Islam adalah adanya paham kejumudan yang tidak mau menerima adanya perubahan yang dipengaruhi oleh berbagai macam bid’ah yang membuat umat Islam lupa akan ajaran Islam yang sebenarnya, yaitu Alquran dan hadis. Siapakah tokoh pembaruan Islam yang menyoroti faktor kemunduraan Islam tersebut?
Jawaban: Muhammad Abduh

70. Siapakah pencetus ide pembaharauan di India dan Pakistan?
Jawaban:  Syekh Waliyullah

71. Siapakah yang dikenal dengan sebutan kaum Padri yang menghembuskan ide pembaharauan Islam di Indonesia?
Jawaban: Haji Miskin dan kawan-kawannya

72. Sebutkan beberapa organisasi Islam di Inggris!
Jawaban:
a. The Islamic Council of Europe (Majelis Islam Eropa)
b. The Union of Moslem Organization (Persatuan Organisasi Islam Inggris).
c. The Association for British Moslem’s (Perhimpunan Muslim Inggris)
d. Islamic Foundation dan Moslem Institute, keduanya bergerak di bidang penelitian. Angota-anggotanya terdiri dari orang-orang Inggris dan imigran.

73. Kapan umat Islam Roma mengajukan permohonan untuk mendirikan sebuah pusat kebudayaan Islam kepada Vatikan?
Jawaban: tahun 1973

74. Mengapa perkembangan ajaran Islam di Yunani tidak sepesat di negara-negara Eropa lainnya?
Jawaban: perkembangan ajaran Islam di Yunani tidak sepesat di negara-negara Eropa lainnya karena kurangnya dukungan dan perhatian, baik dari pihak penguasa maupun dari umat Islam sendiri.

75. Sebutkan beberapa perilaku yang mencerminkan penghayatan sejarah perkembangan Islam masa modern!
Jawaban:
a. Mempertahankan kebiasaan lama yang baik, sekaligus mengambil sesuatu yang baru yang lebih baik
b. Mempunyai motivasi untuk mempelajari Islam dari sumber aslinya, yaitu Alquran dan hadis
c. Meneruskan perjuangan yang telah dirintis oleh para ulama terdahulu yang terkenal dengan ulama salaf.
d. Menjauhkan diri dari segala sesuatu yang bertentangan dengan Alquran dan hadis
e. Berusaha memberantas paham yang bertentangan dengan Alquran dan hadis




Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 75+ Contoh Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal pai kelas 11 semester 2
    • soal agama islam kelas 11 semester 2 dan kunci jawaban
    • soal pai sma
    • soal uts pai kelas xi semester 2
    • soal uas pai sma
    • soal agama islam kelas 11 dan kunci jawaban
    • soal dan jawaban agama islam kelas 11
    • soal pai kelas xii semester 1 beserta jawabannya
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022