Lengkap - 65+ Contoh Soal Essay PAI Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

65+ Contoh Soal Essay PAI Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Assalammualaikum adik adik. nah, pada kesempatan yang berbahagia ini kakak ingin berbagi 65 Contoh soal Essay untuk mata pelajaran PENDIDIKAN AGAMA ISLAM dikhususkan pada pembahasan semester dua atau semester genap. Dengan adanya soal ini semoga bisa dijadikan sebagai sumber refrensi dan bahan latihan sebelum ujian sekolah berlangsung. Oiya Jika kita berbicara tentang tujuan pendidikan Islam, berarti berbicara tentang nilai-nilai yang bercorak Islami. Hal ini mengandung makna tujuan pendidikan Islam tidak lain adalah tujuan yang merealisasikan idealitas Islami. Sedangkan idealitas Islami itu sendiri pada hakikatnya adalah mengandung nilai perilaku manusia didasari atau dijiwai oleh iman dan taqwa kepada Allah sebagai sumber kekuasaan mutlak yang harus ditaati (Muzayyin,2009:108).
65+ Contoh Soal Essay PAI Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
65+ Contoh Soal Essay PAI Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Ijtihad

Karena al-Qur’an dan Hadits banyak mengandung arti umum, maka para ahli hukum dalam Islam menggunakan ijtihad untuk menetapkan hukum tersebut. Penggunaan ijtihad dapat dilaksanakan dalam seluruh aspek ajaran Islam, termasuk juga aspek pendidikan. Ijtihad dibidang pendidikan ternyata semakin perlu, sebab ajaran Islam yang terdapat dalam al-Qur’an dan sunnah, hanya berupa prinsip-prinsip pokok saja (Ramayulis,2002:128).

Maslahah Mursalah

Maslahah Mursalah yaitu menetapkan peraturan atau ketetapan undang-undang yang tidak disebutkan dalam al-Qur’an dan sunnah atas pertimbangan penarikan kebaikan dan menghindarkan kerusakan (Ramayulis,2002:129).

Masyarakat yang berada disekitar lembaga pendidikan Islam berpengaruh terhadap berlangsungnya pendidikan, maka dalam setiap pengambilan kebijakan hendaklah mempertimbangkan kemaslahatan masyarakat supaya jangan terjadi hal-hal yang dapat menghambat berlangsungnya proses pembelajaran.

‘Urf (Nilai-nilai dan adat istiadat)

‘Urf adalah sesuatu perbuatan dan perkataan yang menjadikan jiwa merasa tenang mengerjakan suatu perbuatan, karena sejalan dengan akal sehat yang diterima oleh tabi’at yang sejahtera. Masud Zuhdi (Ramayulis,2002:130) mengemukakan bahwa ‘urf yang dijadikan dasar pendidikan Islam itu haruslah:

  1. Tidak bertentangan dengan nash baik al-Qur’an maupun sunnah.
  2. Tradisi yang berlaku tidak bertentangan dengan akal sehat dan tabi’at yang sejahtera, serta tidak mengakibatkatkan kedurhakaan, kerusakan dan kemudaratan.



Soal Essay PAI Kelas 10 SMA/MA


65+ Contoh Soal Essay PAI Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay PAI Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal Essay PAI Kelas 10 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal Essay PAI Kelas 10 SMA/MA

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


1. Apa yang dimaksud dengan taqwa?
jawaban: taqwa adalah melaksanakan perintah dan meninggalkan larangan Allah SWT.

2. Sebutkan ciri orang bertaqwa berdasarkan Surah As-Syura ayat: 38?
jawaban: a. senantiasa melaksanakan perintah dan meninggalkan larangan
b. disiplin
c. suka bermusyawarah
d. menafkahkan sebagai rizkinya.

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan murtad?
jawaban: keluar dari agama Islam

4. Sebutkan adab berpakaian dalam Islam?
jawaban: a. berdoa ketika akan berpakaian
b. memakai pakaian yang bersih
c. berdoa ketika melepaskan pakaian
d. menutup aurat
e. laki-laki tidak berpakaian menyerupai wanita

5. Mengapa hasad dilarang dalam agama?
jawaban: perilaku hasad dilarang dalam agama Islam, karena termasuk perilaku tercela dan perbuatan dosa, orang yang beriman wajib menjahuinya.

6. Jelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran[3]: 159!
Jawaban:
a. Allah swt. telah memberikan rahmat dan anugerah yang besar kepada kaum muslim, yaitu Alquran dan hadis yagn memberi petunjuk unutk mengikuti jalan yang benar dan menjauhi jalan yang sesat.
b.  Sikap penuh toleransi, kebersamaan, menghargai, dan menghormati perbedaan, serta sangat didukung dalam ajaran Islam sejauh tidak bertentangan dengan prinsip akidah.
c. Meskipun kita sudah sekuat tenaga memperlakukan orang-orang dengan sebaik mungkin, tetap saja ada orang yang membenci. Namun, kita harus menyikapinya dengan hati lapang dan membuka pintu maaf. Bahkan, kita harus memohonkkan ampun kepada Allah untuk mereka.
d. Allah menyuruh kepada kita untuk senantiasa bermusyawarah dalam segala hal yang bersifat keduniaan. Rasulullah senantiasa bermusyawarah dan meminta pendapat dari para sahabat dalam menghadapi sesuatu. Misalnya, masalah sikap terhadap kaum kafir, masalah Perang Badar, Perang Uhud, Perang Khandak, dan Perjanjian Hudaibiyah.
e. Setiap muslim agar memegang teguh hasil-hasil musyawarah, karena hal itu merupakan kesepakatan bersama yang harus dipertangungjawabkan bersama pula. Hasil musyawarah tersebut, hendaknya diserahkan kepada Allah, Allah-lah penentu segalanya.

7. Sebutkan beberapa perilaku yang merupakan perwujudan dari kandungan Q.S. Ali Imran[3]:159!
Jawaban:
a. Bersikap lemah lembut terhadap sesama, tidak kasar dan keras hati
b. Pandai memaafkan kesalahan orang lain
c. Berdoa memohonkan ampunan bagi orang yang bersalah kepada diri kita.
d. Bermusyarah dalam menyelesaikan segala urusan duniawi yang menyangkut kepentingan khalayak orang banyak
e. Memegang teguh hasil-hasil musyawarah dan selalu bertawakal kepada Allah.

8. Bagaiamana pandangan Islam tentang demokrasi? Jelaskan!
Jawaban: Islam sangat menghargai dan mendukung prinsip-prinsip demokrasi selama tidka bertentangan dengan akidah Islam.

9. Jelaskan pengertian musyawarah menurut bahasa dan istilah!
Jawaban: Musyawarah menurut bahasa berasal dari kata
شَا وَرَ
yang berarti berunding, urun rembuk, atau mengatakan atau mengajukan sesuatu. Adapaun menurut istilah, musyawarah adalah perundingan antara dua orang atau lebih untuk memutuskan masalah secara bersama-sama.

10. Apa fungsi musyawarah? Jelaskan!
Jawaban: Fungsi musyawarah adalah sebagai upaya upaya untuk memecahkan persoalan (mencari jalan keluar) guna mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian atau pemecahan masalah yang menyangkut urusan keduniawian.

11. Jelaskan prinsip-prinsip musyawarah!
Jawaban: prinsip-prinsip musyawarah dalam memecahkan segala persoalan kehidupan, yaitu:
a. tidak memaksakan kehendak/pendapat
b. mengutamakan kepentingan bersama
c. Menjunjung semangat kekeluargaan dan kebersamaan
d. Hasil keputusan harus bersifat mengikat dan dilaksanakan dengan itikad yang baik, penuh rasa tanggung jawab.
e. Menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai kebenaran

12. Sebutkan paling sedikit lima bentuk musyawarah yang dikenal oleh masyarakat Indonesia!
Jawaban:
Pemilihan ketua rt, penentuan jadwal ronda, penentuan waktu kerja bakti, pemilihan RW, membangun tempat ibadah, dll.

13. Siapa sajakah yang akan mendapat karunia Allah menurut Q.S. Asy Syura ayat 38? Jelaskan!
Jawaban: Orang yang akan mendapatkan karunia Allah menurut Q.S. Asy Syura ayat 38 adalah orang yang patuh kepada Allah, mendirikan salat, menuntaskan masalah di antara mereka dengan musyawarah, dan membelanjakan sebagian hartanya di jalan Allah.

14. Sebutkan tiga pelajaran yang dapat diambil dari Q.S. Asy Syura ayat 38?
Jawaban:
a. Setiap muslim diwajibkan taat dan patuh kepada Khaliknya, yaitu dengan meningkatkan kualitas iman dan tkawa kepada-Nya. Salah satunya dengan mendirikan salat.
b. Setiap urusan duniawai yang menyangkut kepentingan khalayak banyak hendaknya diputuskan melalui jalan musyawarah, sebab segala keputusan akan direncakan, dilaksanakan, dan dipertanggung-jawabkan bersama
c. Pentingya memberikan sebagian rezeki yang diberikan Allah untuk menolong orang-orang yang membutuhkan bantuan.

15. Tuliskan tata krama atau etika dalam melakukan musyawarah menurut ajaran Islam!
Jawaban:
a. Melaksanakan hasil musyawarah dengan penuh tawakal.
b. Menghargai kebebasan berdemokrasi dengan menegakkan kebenaran dan keadilan
c. Menjunjung tinggi hak dan kebebasan berpikir dan mengemukakan pendapat untuk kebenaran dan kebajikan.
d. Konsepsi kebebasan berekspresi dan berpendapat ini ditujukan untuk amar makruf dan nahi munkar
e. Bersikap lemah lembut, menghindari tutur kata yang kasar dan sikap keras kepala.
f. Bersikap lapang dada dan selalu bersedia memberi maaf, karena tiada musyawarah jika kecerahan pikiran dan kejernihan nurani tidak hadir di lubuk hati peserta musyawarah.
g. Seimbang dalama pemakaian pertimbangan akal sehat dan hati nurnai, khusus hati nurani ini dalam istilah keagamaan disebut juga ilham, hidayah, atau firasat.
h. Mengimplementasikan prinsip-prinsip musyawarah dalam memecahkan segala persoalan kehidupan, yaitu: tidak memaksakan kehendak/pendapat, mengutamakan kepentingan bersama, menjunjung semangat kekeluargaan dan kebersamaan, menjunjung semangat kekeluargaan dan kebersamaan, hasil keputusan harus bersifat mengikat dan dilaksanakan dengan itikad yang baik, penuh rasa tanggung jawab, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai kebenaran.

16. Jelaskan pengertian iman kepada malaika!
Jawaban: iman kepada malaikat ialah percaya dan yakin bahwa Allah telah menciptakan malaikat yang diberi tugas tertentu, untuk mengatur dan mengurus perjalanan alam semesta.

17. Tulislah ayat Alquran yang memerintahkan agar kita beriman kepada malaikat Allah!
Jawaban: Q.S. An Nisa[4]:136.

يا يها الذ ين امنواامنوبا لله ورسوله  والكتب الذى نزل على رسوله والكتب الذ ي انزل من قبل ومن يكفر با ا لله وملئكته وكتبه ورسله واليوم الخرفقد
ضل ضللا بعيدا

 Yaaayyuhalladziina aamanuu aaminuu billaahi warosuulihii, walkitabilladzii najjala ala rosuulihii,  walkitabilladzii anjala min koblu, waman yakfur billahi wamalaaaikatihii wakutubihii warosulihii walyaumil akhiri fakod dholla dholaalam baiidan.

18. Jelaskan sifat dan ciri-ciri malaikat!
Jawaban:
a. Makhluk yang selalu patuh karena suci dari keinginan dan nafsu
b. Bisa bercakap-cakap dan menjelma menjadi manusia dengan izin Allah
c. Makhluk yang mulia dan mempunyai kedudukan tertentu
d. Makhluk yang tidak pernah melakukan dosa dan maksiat
e. Makhluk yang tidak sombong dan selalu bertasbih kepada Allah
f. Tidak berjenis kelamin, tidak tidur, tidak makan dan minum, serta tidak dapat dilihat oleh indera manusia.

19. Apa fungsi beriman kepada malaikat? Jelaskan!
Jawaban: Fungsi iman kepada malaikat adalah:
a. Meningkatkan martabat manusia. Dengan beriman kepada yang gaib termasuk malaikat, pengetahuannya bisa meningkatkan wawasannya, bukan hanya di bidang materi, tetapi melebar ke bidang non materi.
b. Terhindar dari penyakit tahayul dan khurafat dan bersamaan dengan itu untuk memperkokoh jiwa tauhid.
c. Hidup ini harus dijalani dengan penuh harapan dan optimisme, meskipun berbagai cobaan siap menghadang
d. Hidup ini harus ditempuh dengan hati-hati dan penuh perhitungan, sekecil apa pun perbuatan yang dilakukan akan mendapat balasannya.
e. Mendidik kedisiplinan dan membiasakan untuk selalu taat kepada ajaran Islam.

20. Tulislah hadis yang menjelaskan bahwa malaikat diciptakan dari cahaya!
Jawaban: an aisyah kolat koola rosuulullohi sollalloohi alaihi wasallama kholikotil malaaikatu min nuuriwwakhulikol jaanu minnaariwwkhuliko aadamu mimmaa washoppa lakum (HR. Muslim)

21. Sebutkan contoh perilaku beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban:
a. Berprerilaku baik dan jujur karena merasa selalu diawasi oleh malaikat.
b. Taat melaksanakan perintah Allah swt. sebagaimana dicontohkan oleh para malaikat dalam pengabdiannya hanya kepada Allah swt.
c. Penuh rasa optimis dalam menghadapi bentuk kehidupa ini, karena yakin ada pelindung dan penolong.
d. Meyakini keagungan Allah swt., kekuatan-Nya, dan kekuasaan-Nya. Kebesaran makhluk pada hakikatnya adalah dari keagungan sang pencipta.
e. Selalu bersyukur kepada Allah swt. atas perhatian-Nya terhadap manusia sehingga menugaskan malaikat untuk memelihara, mencatat, merekam amal-amal, dan berbagai kemaslahatan yang lain.

22. Jelaskan perbedaan sifat antara malaikat dan manusia!
Jawaban:
a. Malaikat itu gaib, sedangkan manusia bariz
b. Malaikat adalah makhluk mulia dan terpuji sedangkan manusia ada yang mula ada pula yang hina
c. Malaikat tidak angkuh dan tidak sombong, sedangkan manusia ada yang tidak angkuh dan tidak sombong tetapi ada pula yang angkuh dan sombong
d. Malaikat bertugas menurunkan wahyu, membagi rezeki, menjaga neraka, menjaga surga, dan mengurus urusan yang berhubungan dengan manusia. Sementara tugas manusia adalah beribadah kepada Allah langsung dan menjadi khalifah di bumi, tidak mengurus urusan malaikat.
e. Malaikat dapat berubah wujud menjadi manusia dan sebagainya, sedangkan manusia tidak bisa berubah wujud.
f. Malaikat senantiasa taat kepada Allah swt., sedangkan manusia ada yang taat ada pula yang ingkar.
g. Malaikat senantiasa memuji (bertasbih) nama Allah swt. siang dan malam tiada henti, sedangkan manusia tidak selamanya melakukan ketaatan kepada Allah, bahkan ada yang ingkar.
h. Malaikat tidak akan masuk neraka, sedangkan manusia ada yang akan masuk neraka ada pula yang masuk surga.

23. Jelaskan perbedaan malaikat, jin, dan setan atau iblis!
Jawaban:

Malaikat
a. Diciptakan dari cahaya
b. Selalu patuh terhadap perintah Allah swt.
c. Tidak sombong terhadap penciptaan manusia
d. Selalu mengingatkan tentang kebaikan

Jin
a. Diciptakan dari api yang menyala
b. Ada yang patuh terhadap perintah Allah swt., ada yang membangkang

Setan atau Iblis
a. Diciptakan dari api yang menyala
b. Tidak patuh terhadap perintah Allah swt.
c. Sombong terhadap penciptaan manusia.
d. Selalu membisikan tentang kemaksiatan kepada manusia

24. Tulislah terjemah hadis tentang asal penciptaan malaikat!
Jawaban: malaikat itu diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api, sedangkan Adam dari apa yang telah diterangkan kepada kamu semua (H.R. Muslim)

25. Menurut pendapatmu, apa hikmah diciptakannya malaikat bagi kepentingan manusia? Jelaskan!
Allah swt. menciptakan malaikat dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Mereka selalu patuh dan taat akan perintah-Nya, karena sudah menjadi tanggung jawab sebagai makhluk Allah, kita juga harus bersikap tanggung jawab terhadap apa yang dibebankan kepada kita.
Sikap tanggung jawab ini harus kita biasakan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai seorang pelajar kita harus tanggung jawab dalam belajar, mengerjakan tugas, agar kita menjadi pribadi yang amanah (dipercaya).

26. Sebutkan beberapa tujuan berpakaian!
Jawaban:
a. Menutupi aurat
b. Menghindari godaan setan
c. Beribadah kepada Allah swt...
d. Memelihara diri dari panas dan bahaya lainnya.
e. Dikenal sebagai muslimah dan terhindar dari gangguan orang jahil
f. Untuk memperoleh rida Allah

27. Sebutkan beberapa contoh cara berapakaian yang Islami!
Jawaban:
a. Bagi wanita, memakai kerudung atau jilbab yang menutup dada
b. Bagi wanita tertutup seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan kecuali di hadapan mahramnya.
c. Bahan pakain wanita tidak boleh tembus pandang (H.R. Abu Dawud dan Ahmad)
d. Bagi pria minimal menutup lutut sampai pusat
e. Tidak menyerupai wanita (bagi pria) dan tidak menyerupai pria (bagi wanita).
f. Tidak terlalu ketat sehingga membentuk lekuk tubuh.
g. tidak terlalu panjang sampai menyapu tanah

28. Apa maksud hadist berikut? Jelaskan!
La’ana rosuululloohi alwaashilata wal mustaushilah
Jawaban: Hadis tersebut menjelaskan bahwa Rasullullah saw. melaknat orang yang menyambung rambut atau meminta disambung rambutnya. Artinya, menyambung dan meminta disambung rambut itu dilarang.

29. Apa yang dimaksud dengan bertamu?
Jawaban: Bertamu adalah berkunjung kepada seseorang atau sekelompok orang dengan niat baik.

30. Tulis terjemahan hadis berikut!
Waddhiyaafatu salaasatu ayyaamin
Jawaban: bertamu itu (maksimal) tiga hari.

31. Sebutkan tata krama dalam bertamu!
Jawaban:
a. Meminta izin dengan cara mengetuk pintu atau memijit bel (jika ada), kemudian mengucapkan salam ketika akan masuk ke dalam rumah.
b. Jika sudah tiga kali mengetuk pintu atau memijit bel tetapi tuan rumah belum juga ke luar dari rumahnya, hendaklah jangan memaksa untuk masuk, karena mungkin saja tuan rumah sedang tidak ada dan tidak menghendaki kedatangan kita.
c. Jangan dulu masuk ke dalam rumah sebelum dipersilahkan masuk oleh tuan rumah
d. Jangan berbicara tentang hal yang menyakitkan
e. Jika sedang berpuasa sunah, boleh dibatalkan demi untuk menghormati tuan rumah
f. Jangan menyusahkan tuan rumah
g. Bertamu tidak lebih dari tiga hari.
h. Hadirilah undangan
i. Doakanlah orang atau keluarga yang menjamu kita
j. Jangan menganggap remeh jamuan dari tuan rumah

32. Sebutkan tata krama menerima tamu!
Jawaban:
a. Sambutlah tamu dengan wajah berseri
b. Menjawab salam ketika tamu memberi salam
c. Mempersilahkan masuk dan mempersilahkan duduk kepada tamu.
d. Menyajikan makanan jika ada
e. Tidak boleh mengusir tamu kecuali ada alasan yang kuat

33. Tulislah terjemah doa berikut!
Subhaanalladzii sakhhoro lanaa HAAdzaa wamaa kunnaa lahuu mukriniina wainnaa ila robbinaa lamunkolibuuna
Jawaban: Maha suci (Allah) yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

34. Sebutkan beberapa etika dalam perjalanan!
Jawaban:
a. Mulailah dengan mengucapkan basmallah dan berdoa
b. Tujuan bepergiannya untuk yang bermanfaat, bukan untuk maksiat
c. Hendaklah berjalan dengan rendah hati dan tidak sombong
d. Apabila menemukan duri atau sesuatu yang dapat mencelakakan orang lain, sebaiknya disingkirkan
e. Memberikan salam apabila bertemu dengan sesama muslim

35. Tulisah salah satu doa ketika hendak bepergian!
Jawaban: bismillaahi tawakaltu alloohi laa haula walaa kuwwata illa billaahi.

36. Jelaskan pengertian hasud!
Jawaban: hasud menurut bahasa artinya dengki, sedangkan menurut istilah hasud adalah perasaan tidak senang melihat orang lain mendapatkan nikmat dari Allah swt., baik nikmat harta, ilmu, atau kedudukan dan disertai dengan harapan agar dirinya yang mendapatkan nikmat tersebut, bahkan berusaha dengan berbagai cara agar orang yang mendapat nikmat dan kesenangan tersebut kembali seperti semula.

37. Sebutkan contoh kasus perilaku hasud dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban: Melihat teman sekerja naik jabatan karena berprestasi, sedangkan dirinya tidak naik jabatan, timbul rasa tidak senang didalam dirinya dan berharap dia yang naik jabatan.

38. Tulislah terjemah hadis berikut!
Iyyaakum walhasada fainnal hasada ya’kulul hasanaati kamaa ta’kulunnaarul hathoba (H.R. Abu dawud)
Jawaban: Jauilah olehmu sifat dengki, karena sesungguhnya dengki itu memakan kebaikan-kebaikan seperti api memakan kayu bakar (H.R. Abu Dawud)

39. Apa akibat perilaku hasud menurut Abu Lais as Samarkandi? Sebutkan!
Jawaban:
a. Kerisauan dan kegelisahan akibat kebencian tak putus-putus.
b. Apalagi ia menyadari bahwa orang lain telah memahami hasudannya, maka ia akan dipandang rendah dan pasti dijauhi.
c. Jauh dari rahmat Allah swt. dan sesama manusia
d. Hancurnya kebaikan-kebaikan yang telah dilakukannya.

40. Jelaskan pengertian ria!
Jawaban: secara bahasa ria adalah pamer atau ingin memperlihatkan yang bukan sebenarnya. Adapun secara istilah ria adalah mengerjakan suatu kebaikan, namun dengan harapan agar mendpat pujian atau penghargaan dari orang lain, bukan karena Allah swt.. Dengan kata lain, ria adalah melakukan amal atau ibadah dengan niat bukan karena Allah swt., tetapi ingin mendapat pujian atau dilihat oleh orang lain.

41. Sebutkan macam-macam ria!
Jawaban:
a. Ria dalam niat, yaitu ria yang muncul sejak awal perbuatan, bahkan sebelumnya sudah didasari oleh ria. Dengan demikian, ria dalam niat adalah apabila seseorang melakukan sesuatu pekerjaan, hatinya merasa bangga dan mengharap pujian, sanjungan dan penghargaan dari orang lain. Apa yang dilakukannya tidak didasari ikhlas. Oleh karena itu, apa yang ia kerjakan, baik ibadah salat, puasa, haji, maupun amaliah lainnya akan menjadi sia-sia dan musnah.
b. Ria dalam dalam perbuatan, yaitu ria yang muncul ketika sedang melakukan perbuatan. Baik ibadah maupun pekerjaan amaliah yang bersifat keduniaan.

42. Sebutkan ciri-ciri perbuatan ria!
Jawaban:
a. Menambah ibadah ketika akan mendapat pujian dan berkurang ibadahnya jika dicela
b. Rajin ibadah jika di tengah keramaian dan malas jika sendirian
c. Tidak berbuat baik jika orang lain tidak melihat
d. Berbuat baik karena berharap mendapat pujian manusia.
e. Sering berkata ikhlas, karena takut tidak dianggap ikhlas atau takut orang lain tak percaya bahwa dirinya ikhlas

43. Jelaskan pengertian aniaya!
Jawaban: secara bahasa, aniaya berasal dari bahasa arab dzholama yang berarti aniaya, berperilaku bukan pada tempatnya atau kegelapan. Adapun secara istilah, aniaya dapat diartikan sebagai suatu tindakan, baik berupa perkataan atau perbuatan kepada diri sendiri atau orang lain yang membuat sakit, seperti penyiksaan, penindasan, dan sebagainya.

44. Sebutkan beberapa cara menghindari perilaku aniaya!
Jawaban:
a. Menyadari bahwa setiap perbuatan mempunyai sebab akibat sesuai dengan sunatullah.
b. Menyadari bahwa dua orang yang teraniaya itu makbul
c. Menyadari bahwa tidak menjalankan perintah Allah swt. serta melanggar aturan-Nya merupakan perbuatan zalim.
d. Mengambil pelajaran dari kisah-kisah orang yang berbuat zalim pada masa lampau
e. Meyakini bahwa aniaya atau zalim adalah perbuatan buruk
f. Berdoa untuk senantiasa dihindarkan dari berbagai sifat aniaya atau zalim.
g. Memperbanyak berbuat kebajikan, sehingga tak ada waktu untuk berbuat aniaya.

45. Jelaskan maksud firman Allah berikut!
Walakod aHlaknaal kuruuna min koblikum lammaa dzolamuu, wazaaathHum rusuluHum bilbayyinaati wamaa kaanuu liyu’minuu kadzaalika nazjil koumal muzrimiina (Q.S. Yunus[10]: 13)
Jawaban: Firman Allah (Q.S. Yunus[10]: 13) tersebut menjelaskan akibat yang akan diterima oleh orang-orang yang zalim, yaitu akan binasa akibat perbuatannya, seperti dialami oleh umat sebelum zaman Nabi Muhammad dahulu yang binasa akibat kezaliamannya (tidak mau beriman) terhadap Allah.

46. Jelaskan pengertian zakat, infak, dan sedekah!
Jawaban:
a. Zakat menurut bahasa artinya tumbuh, suci, atau berkah, sedangkan menurut istilah adalah pemberian harta dengan kadar tertentu dan syarat tertentu kepada yang berhak sebagai ibadah wajib kepada Allah. Zakat terbagi dua, yaitu zakat mal dan zakat fitrah
b. Infak adalah segala pemberian yang dikeluarkan dalam mencari rida Allah swt.. Infak terbagi dua: infak wakjib, seperti zakat, nafkah keluarga, dan nazar; infak sunah, contohnya sedekah.
c. Sedekah adalah pemberian sesuatu berupa materi atau non materi kepada seseorang yang membutuhkan dengan mengharap rida Allah swt.. Contohnya hibah, wakaf, tersenyum, dan lain-lain.

47. Apa syarat-syarat harta yang wajib dizakati? Jelaskan!
Jawaban:
a. Menjadi milik sempurna, berarti benda tersebut dimiliki secara sah dan dikuasai secara penuh oleh pribadi muslim.
b. Harta tersebut dapat berkembang atau memiliki potensi untuk dikembangakan.
c. Sudah mencapai nisab, yaitu batas minimal harta, sehingga wajib dizakati.
d. Harta yang melebihi kebutuhan pokok yang diperlukan seseorang dan orang yang menjadi tanggungannya demi kelangsungan hidupnya.
e. Mencapai haul, artinya harta itu sudah dimilikinya selama satu tahun

48. Sebutkan delapan golongan yang berhak menerima zakat berdasarkan Q.S. At Taubah [9]: 60!
Jawaban:
a. Fakir, yaitu seseorang yang tidak memiliki harta atau usaha
b. Miskin, yaitu seseorang yang memiliki harta atau usaha tetapi tidak mencukupi.
c. Amil, yaitu orang yang mengurus dan mengelola zakat
d. Muallaf, yaitu seseorang yang diharapkan tetap bertahan dengan akidah keislamannya.
e. Riqab, yaitu seseorang yang dijanjikan oleh tuannya akan dimerdekakan
f. Garimin, yaitu orang yang terlilit utang
h. Sabilillah, yaitu segala sesuatu untuk kepentingan Islam
i. Musafir, yaitu orang yang kehabisan bekal dalam perjalanan.

49. Berapa nisab zakat emas dan jumlah zakat yang harus dikeluarkannya? Jelaskan!
Jawaban: nisab zakat emas adalah 20 misqal atau 93,6 gram. Adapun zakat yang wajib dikeluarkannya adalah ½ misqal atau 2 ½ %. Misalnya jika emas yang dimiliki pas 93,6 gram, maka zakat yang dikeluarkan sebesar 2,125 gram.

50. Jelaskan pengertian wakaf!
Jawaban: wakaf adalah pemberian atau pengalihan hak milik pribadi untuk menjadi milik suatu institusi atau organisasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas, dengan tujuan untuk mendapatkan rida Allah.

51. Tulislah firman Allah yang menjadi dalil pelaksanaan wakaf!
Jawaban: lan tanaalul birri hatta tunfikuu mimmaa tuhibbuuna wamaa tunfkuu min syai’in fainnallooha bihii alaihim (Q.S. Ali Imran [3]: 92).

52. Jelaskan ketentuan harta yang diwakafkan!
Jawaban:
a. Segala benda yagn bergerak atau tidak, tetap zatnya, dalam keadaan baik, dan berfaedah.
b. Harta yang diwakafkan adalah milik sendiri
c. Harta yang diwakafkan dilakukan atas kehendak sendiri
d. Harta yang diwakafkan atas dasar berhak berbuat baik. Hal ini berarti wakaf non muslim pun bisa diterima.
e. Harta wakaf tidak boleh diperjualbelikan kecuali jika rusak atau tidak bisa diambil manfaatnya, kemudian diganti dengan yang baru menggunakan hasil penjualan barang tersebut.

53. Jelaskan pengertian haji!
Jawaban: Secara bahasa, haji artinya menuju ke suatu tujuan. Adapun menurut syara’ haji adalah berkunjung ke Baitullah (Kakbah) dengan sifat-sifat, waktu, dan syarat-syarat tertentu.

54. Apa perbedaan antara rukun dan wajib haji? Jelaskan!
Jawaban: perbedaan antara rukun dan wajib haji adalah sebagai berikut.
a. Jika rukun haji yang ditinggal, maka ibadah hajinya tidak sah dan tidak diganti dengan dam, melainkan dengan cara mengulanginya pada tahun berikutnya.
b. Jika wajib haji ditinggal (tidak dikerjakan), hajinya tetap sah namun ia wajib membayar dam (denda).

55. Jelaskan perbedaan antara haji dan umrah!
Jawaban: perbedaan antara haji dan umrah adalah sebagai berikut.
a. Pelaksanaan ibadah haji terikat waktu, sedangkan umrah bisa dilaksanakan kapan saja.
b. Rukun haji ada enam, sedangkan rukun umrah hanya lima, karena dalam umrah tidak ada wukuf di Padang Arafah.
c. Wajib haji ada enam, sedangkan wajib umrah hanya dua, yaitu ihram dari miqat dan tidak melakukan hal yang dilarang saat ihram.

56. Apa yang melatarbelakangi perintah Allah agar Rasulullah dan para sahabatnya hijrah ke Madinah?
Jawaban: latar belaakng perintah Allah agar Rasulullah hijrah ke Madinah adalah penindasan kaum kafir Quraisy yang semakin berat dirasakanoleh para sahabat nabi yang mempertahankan keimanan kepada Allah dan adanya upaya pembunuhan terhadap Rasulullah yang direncanakan oleh pemimpin kafir Quraisy, yaitu Abu Lahab, Abu Jahal, al Ash, Walid bin Utbah, Abdul Bahtari, dan Syaibah bin Rabi’ah.

57. Apa hikmah di balik peristiwa hijrah ke Madinah? Sebutkan!
Jawaban:
a. Selamatanya Rasulullah saw. dari pembunuhan orang kafir
b. Rasulullah dapat mendirikan akidah dan syariah
c. Kemenangan agama Islam dan mendirikan pusat pemerintahan Islam
d. Menyebabkan jatihnya Mekah dari kekuasaan kaum musrikin (setelah Fathu Makkah).
e. Menjadi contoh perjuangan Rasulullah saw. dan sahabatnya dalam mempertahankan Islam.

58. Jelakan tahapan-tahapan dakwah Rasullah saw. periode Madinah!
Jawaban:
a. Tahapan awal
Masa ini ditandai dengan cobaan dan rintangan yang muncul dari dlaam dan luar Madinah. Kaum kafir Quraisy dan sekutunya selalu menyerang Madinah untuk membunuh Muhammad dan mengalahkan Islam. Oleh sebab itu, pada masa ini timbul beberapa peperangan besar, seperti Perang Badar, Perang Uhud, Perang Khandak. Akhir dari masa ini, yaitu dengan dikukuhkannya Perjanjian Hudaibiyah tahun ke-6 Hijriah.

b. Tahapan kedua
Ditandai dengan adanya perdamaian dengan para tokoh penyembah berhala (kaum paganisme) dan berakhir dengan Fathu Makkah (terbukanya kota Mekah) pada bulan Ramadhan 8 Hijriah yang merupakan simbol kemenangan untuk Islam. Ditandai dengan korespondensi para raja di Jazirah Arab.

c. Tahapan ketiga
Ditandai dengan masuknya orang-orang ke dalam agama Islam, baik perorangan maupun peran utusan dari berbagai kabilah. Masa ini terus berlangsung sampai Rasulullah saw. wafat pada tahun ke-11 Hijriah.

59. Sebutkan kelompok-kelompok masyarakat di Madinah ketika Rasullah saw. tiba di sana!
Jawaban: Saat Rasulullah tiba di Madinah, masyarakat Madinah dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu:
a. Kaum muslimin yang setia kepada Nabi saw., yang meliputi kelompok Muhajirin dan Ansar.
b. Kelompok musyrik yang kebanyakan tidak membenci Islam dan banyak yang akhirnya berpaling ke Islam. Walaupun ada juga yang membenci Islam, seperti Abdullah bin Ubay (mantan pemimpin kabilah Aus dan Kharaj).
c. Kelompok Yahudi yang telah berbaur dengan orang Arab namun tetap fanatik dengan ajarannya. Kelompok ini terbagai menjadi tiga kabilah besar, yaitu:
1) Bani Qainuqa yang dulu bersekutu dengan Khazraj, tinggal di bagian dalam Madinah.
2) Bani Nadir, yang merupakan kabilah paling vokal terhadap Islam.
3) Bani Quraidah yang dulu bersekutu dengan Aus, tinggal di daerah tepi Madinah.

60. Kapankah terjadi Perang Badar? Apa yang melatarbelakanginya?
Jawaban: Perang Badar terjadi pada 17 Ramadan tahun kedua Hijriah. Perang berawal saat kaum muslim menghadang kafilah pedagang Quraisy dari Syam untuk meminta kembali harta yang mereka tinggal saat diusir dari Mekah. 950 kaum kafir dipimpin Abu Lahab berusaha melindungi kafilah tersebut.

61. Apa sebab kekalahan kaum muslimin dalam Perang Uhud? Apa hikmah di balik kekalahan tersebut?
Jawaban: Kekalahan kaum muslimin dalam Perang Uhud karena pasukan pemanah tidak mematuhi ketentuan Nabi saw. utuk tidak meninggalkan posnya dengan alasan apa pun (karena ingin mengambil harta rampasan), pasukan berkuda Khalid bin Walid berhasil mendobrak pasukan muslim dari belakang. Hikmah dari kekalahan ini adalah kaum muslim tidak lagi melanggar perintah Nabi saw. dan memisahkan antara orang munafik dengan orang muslim yang berbaur dalam pasukan Nabi saw..

62. Apa hikmah Perjanjian Hudaibiyah?
Jawaban: Hikmah dari perjanjian Hudaibiyah adalah Rasulullah saw. berhasil mengambil sela-sela dari perjanjian yagn sulit menjadi langkah besar dalam menyebarkan dakwah Islam ke Mekah.

63. Sebutkan raja-raja yang dikirimi surat dakwah oleh Rasullah saw. dan jelaskan pula reaksi mereka!
Jawaban:
a. Najasyi raja Habasyah, diantar pada bulan Muharam 7 H oleh Amr bin Umayyah dan langsung dibalas oleh sanga raja dengan menyatakan diri masuk Islam.
b. Muqauqis raja Mesir, diantar oleh Hathib bin Abu Balthaah di mana raja ini mengkaui kenabian rasul meskipun tidak secara eksplisit menyatakan dirinya masuk Islam melalui suratnya yang dikirim dengan disertai dua orang budak wanita sebagai hadiah.
c. Kisra raja Persia, dikirim oleh Abdullah bin Hudzafah. Surat itu lalu dirobek-robek karena nabi menulis tidak menulis namanya terlebih dahulu. Rasulullah yang mengetahui hal itu mendoakan agar kerajaan Kisra dirobek-robek (hal ini benar-benar terjadi pada masa khalifah Umar).
d. Qaishar/Heraclius raja Romawi, diantar oleh Dihyah bin Khalifah Al Kalby. Saat menerima surat ini, sang kaisar meminta tanya jawab dengan salah seorang yang terdekat hubungan darahnya dengan bai yang ada di Baitul Maqdis, yang ternyata adalah Abu sufyan. Abu Sufyan menjawab pertanyaan tentang nabi dengan jujur sehingga sang kaisar memohon agar ia ditunjuki allah swt. untuk memeluk Islam.
e. Al Munzir bin Sawa pemimpin Bahrain, dibawa oleh al A’la bin al Hadhramy yang kemudian sang raja meminta lagi nabi untuk menulis lagi kepadanya menjelaskan tentang tujuan utama dari Nabi Muhammad.
f. Haudzah bin Ali bin Ali al Hanafy pemimpin Yamamah, diantar oleh Salith bin al Amiry. Sang raja mengirim kembali kurir pulang dengan gemerlap hadiah. Namun tak lama kemudian Jibril mengabarkan kepada nabi bahwa sang pemimpin Yamamah telah wafat.
g. Abu Syamr al Ghassany pemimpin Damaskus, dengan kurir Syuja bin Wahb. Setelah membacanya ia menantang nabi untuk merebut kekuasaannya dan menolak masuk Islam.
h. Ja’far raja Oman, diantar oleh Amr bin al Ash. Setelah debat yang sangat ketat dengan Amr (yang berhasil mengislamkan raja Najasyi) akhirnya sang raja dan adiknya memeluk Islam.

64. Apa substansi dakwah Rasullah saw. pada periode Madinah? Jelaskan!
Jawaban: substansi dakwah periode Madinah adalah sebagai berikut.
a. Mendirikan pemerintahan Islam dan membangun masyarakat Islam.
b. Menerapkan hukum-hukum Islam secara kaffah.
1) Akidah Islam (keimanan)
2) Tata cara ibadah secara rinci, seperti tata cara taharah (bersuci), tata cara salat, zakat, dan haji.
3) Pembentukan hukum-hukum muamalah meliputi:
a) Pembentukan hukum keluarga, meliputi masalah waris, pernikahan, dan wasiat
b) Mengatur hukum pidana dan perdata
c) Mengatur hukum sosial, ekonomi, dan negara
d) Mengatur hubungan dengan nonmuslim (Yahudi dan Nasrani).
e) Pembentukan tentara Islam dalam rangka pembentukan khilafah islamiah (politik dalam Islam).
c. Menyebarkandakwah Islam ke seluruh penjuru dunia.
d. Konsolidasi dan pengembangan daulah Islam menjadi suatu bentuk negara adidaya.

65. Apa strategi dakwah yang dijalankan Rasullah saw. pada periode Madinah?
Jawaban:
a. Dakwah dengan mendirikan masjid
b. Dakwah dengan perjanjian dan bai’at
c. Dakwah dengan peperangan
d. Dakwah dengan korespondensi dan utusan dengan raja-raja
e. Dakwah dengan penerapan sendi-sendi hukum Islam dari segi politik, ekonomi, dan sosial kemasyarakatan.
f. Dakwah dengan akhlakul karimah Rasulullah saw. dalam kehidupan sehari-hari.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 65+ Contoh Soal Essay PAI Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal Essay PAI Kelas 10 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal essay agama islam kelas 10 beserta jawabannya
    • soal essay agama islam kelas 10 beserta jawabannya semester 1
    • soal essay agama islam dan jawaban
    • soal essay agama islam kelas 10 beserta jawabannya semester 2
    • soal agama islam kelas 10 semester 2 kurikulum 2013
    • soal agama islam kelas 10 semester 2 kurikulum 2013 tahun 2017
    • soal agama islam kelas 10 smk beserta jawabannya
    • soal menuntut ilmu kelas 10
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022