ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Kumpulan Contoh Teks Pidato Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober Terbaik dan Terbaru

Kumpulan Contoh Teks Pidato Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober Terbaik dan TerbaruTeman teman dimana saja berada, Admin bospedia sudah selesai mengumpulkan beberapa teks pidato Peringatan hari Sumpah Pemudah yang mungkin akan dibutuhkan sahabat disini karena admin sudah mempersiapkan sekitar 4 pidata ada yang panjang ada juga yang pendek, Semoga bermanfaat ya. Oiya Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudia mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia Asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.


Kumpulan Contoh Teks Pidato Peringata Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober Terbaik dan Terbaru
Kumpulan Contoh Teks Pidato Peringata Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober Terbaik dan Terbaru

Berikut ini kumpulan Contoh Teks Pidato untuk menyambut hari Sumpah Pemuda biar makin semangat - Kumpulan Contoh Teks Pidato Peringata Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober Terbaik dan Terbaru




Pidato Pertama


Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati, Bapak wali kelas yang saya hormati, juga dewan guru yang saya hormati, tak lupa juga kepada rekan-rekan kelas 3 yang saya cintai.

Pertama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan nikmatnya berupa kesehatan sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul disini dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda.

Rekan-rekan dan hadirin yang saya cintai.
Jika kita melihat kenyataan sekarang, orang-orang yang dimanjakan oleh zaman. Kemajuan tekhnologi yang semakin tinggi ini semakin “meninabobokan” kita sehingga tertidur lelap. Telivisi sudah memakai remote, handphone sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Kendaraan yang sudah semakin lengkap dan banyak. Semuanya serba bisa kita temukan di zaman sekarang.

Namun dibalik semua itu muncul suatu kebiasaan baru yaitu kebiasaan bermalas-malasan. Semua kemudahan membuat kita malas untuk melakukan hal-hal yang dianggap sulit.

Jika hal ini kita biarkan tentunya dapaknya akan sangat buruk bagi mereka dan masa depan mereka. Kita bagi kaum muda juga harus mewaspadai penyakit malas ini. Penyakit malas ini sangat berbahaya bagi masa depan kita. Lambat laun kemalasan akan membuat kita tidak bisa berbuat apa-apa ketika kita dihadapkan dengan kerasnya kehidupan.

Rekan-rekan saya yang saya banggakan, maka dari itu mulai saat ini marilah kita singsingkan lengan baju dan bangkitkan semangat kita. Jangan biarkan rasa malas membelenggu kita. Jangan biarkan rasa malas mengungkung kita sehingga kita menjadi generasi pengecut, menjadi generasi yang lemah dan tidak bisa berbuat apa-apa.

Kita harus bisa menjadi generasi yang bisa diandalkan dan dibanggakan. Kita harus mampu menjadi agen pembaharu lingkungan kita. Masa muda adalah masa yang penuh semangat, masa muda adalah masa yang penuh gairah. Mari kita bertindak ke arah yang positif. Kita buat diri kita menjadi contoh kebaikan yang mampu menularkan semangat kepada rekan-rekan kita yang lain.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga lain kali kita bisa berjumpa lagi. Mohon maaf jika ada salah kata atau kata-kata yang kurang berkenan.
Saya ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb


Pidato Kedua


Assalamualaikum wr. wb
Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi Kita Semua !

Kepada yang terhormat Bapak Zainudin Nugraha selaku Kepala SMAN 2 Kota Baru
Yang terhormat Ibu Zulaeha selaku Kepala SMAN 2 Kota Baru
Yang terhormat bapak dan ibu dewan guru,
Serta teman – teman yang saya cintai.

Marilah bersama – sama kita memanjatkan rasa puja, puji, dan syukur kepada Alllah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Berkat rahmat dan Inayah Nya lah kita semua bisa berkumpul di dalam ruangan ini dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda dengan kondisi yang sehat walafiat.

Selain itu, tidak lupa juga shalawat serta salam senantiasa kita sanjungkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita keluar dari jaman kebodohan, semoga kita semua akan diberikan syafaatnya di Yaumil Akhir kelak, amin.

Pada pagi hari yang cerah ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul ayo kembali ke dalam semangat persatuan. Semoga apa yang bisa saya sampaikan ini dapat mendorong kita untuk kembali ke semangat persatuan seperti yang para pemuda sebelum kita dalam sumpah pemudanya.

Hadirin yang saya hormati,

Hari ini, tepat XX tahun yang lalu, sebuah peristiwa yang sangat bersejarah terjadi di negeri tercinta kita ini. Pada waktu itu, semua aktivis pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan di seluruh Indonesia bersatu dan berkumpul untuk berdiskusi, dan memprakarsai tonggak persatuan bangsa, yang tertuang pada tiga sila sumpah. Sumpah tersebut kemudian disebut dengan sumpah pemuda, yang berbunyi :

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sumpah tersebutlah yang kemudian mempersatukan seluruh pemuda di Nusantara untuk sama – sama berjuang demi bangsa kini.

Hadirin yang berbahagia,

Namun yang terjadi saat ini sungguh ironis, kesakralan sumpah pemuda kini sedikit demi sedikit mulai memudar karena kurangnya pemaknaan sumpah pemuda tersebut oleh para pemuda saat ini. Pada zaman dahulu, pemuda – pemuda Indonesia dan seluruh bangsa ini menghadapi musuh yang nyata, yaitu para penjajah.

Namun para pemuda dan bangsa ini menghadapi musuh yang berbeda ‘musuh semu’ yang perlahan – lahan terus menyusup ke dalam budaya bangsa kita ini. Salah satunya adalah individualisme. Hal inilah yang membuat pemuda menjadi individualis dan acuh tak acuh terhadap keadaan yang terjadi disekitarnya.

Padahal Ir. Soekarno, presiden pertama Indonesia pernah berkata “Beri aku 10 pemuda, maka akan kuguncangkan dunia”. Beliau menganggap pemuda sebagai agent of change, pelopor perubahan dan kemajuan dalam masyarakat ini.

Hadirin yang berbahagia,

Saat ini, Bangsa Indonesia menghadapi permasalahan yang semakin kompleks dari hari ke hari. Misalnya, permasalahan hukum, politik, pendidikan, kesenjangan ekonomi, dan kesejahteraan sosial masyarakat yang semakin gencar menggerus kehidupan bangsa ini.

Lalu, kemana perginya para pemuda saat ini ? Kemana perginya mereka ketika Indonesia membutuhkan tenaga mereka demi perubahan bangsa ini ke arah yang lebih baik?

Para pemuda saat ini banyak yang memilih tidak mau tahu. Mereka pura-pura tidak melihat, menutup mata dan telinga. Mereka disibukan dengan urusan masing-masing tanpa menghiraukan keadaan yang terjadi di sekitarnya. Padahal, banyak sekali kebijakan yang butuh dikritisi dengan memberikan solusi – solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.

Wahai para pemuda – pemudi bangsa,

Peran pemuda saat ini sangat dibutuhkan untuk membentuk sebuah Negara harmonis dan kuat. Dengan perkembangan tekhnologi saat ini dan kebebasan berpendapat yang makin dijunjung tinggi, seharusnya pemuda bisa lebih optimal lagi dalam menjalankan perannya sebagai agent of change.

Kita dapat menyampaikan pendapat melalui berbagai cara, seperti melalui film, musik, fotografi, maupun media lain. Dengan begitu, sebagai pemuda kita mejadi aktif dalam menjaga bangsa ini bukannya hanya diam.

Sebenarnya, Sumpah Pemuda bukan hanya berprean sebagai pemersatu bangsa, tetapi juga sebagai pendorong para pemuda agar tetap bersemangat dalam berkarya dan memberikan kontribusi yang nyata demi Indonesia.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Di akhir pidato ini saya berpesan kepada seluruh pemuda – pemudi Indonesia untuk tidak hanya diam tetapi ikut aktif dalam mengawasi jalannya pemerintahan Indonesia saat ini.

Terimakasih atas perhatiannya, akhir kata saya ucapkan wassalamualaikum wr. wb.


Pidato Ketiga


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Saudara-saudara sebangsa dan setanah Air, yang berbahagia.

Dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt, karena pada pagi hari ini kita bisa berkumpul di tempat ini guna memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Indonesia, yang berbahagia.

Pagi ini tepatnya tanggai 28 Oktober tahun …. segenap lapisan bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pala tanggal terbut mempunyai arti terpenting dalam sejarah bangsa, karena generasi muda mengadakan konggres II di Jakarta mengikrarkan Sumpah Sakti yang mengikat persatuan dan kesatuan bangsa. Adapaun isi sumpah pemuda adalah sebagai berikut

Kami putra putri bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia.
Kami putra putri bangsa Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia
Kami putra putri bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia.

Itulah ikrar Sumpah Pemuda yang telah dikenal oleh semua Lipisan bangsa Indonesia. Dengan memperingati hari Sumpah Pemuda yang terpenting bagi kita semua adalah hendaknya kita menjadi pemuda yang aktif dalam ikut berpartisipasi dalam pembangunan pada masa sekarang ini.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Indonesia, yang berbahagia.

Demikian pidato saya dalam peringatan hari Sumpah Pemuda, mudah-mudahan generasi semakin semangat dalam melaksanakan berbagai aktifitas yang positif. Kurang lebihnya kami mohon maaf, Ihdinash shiraathal mustaqiim.


Pidato Keempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati, Bapak wali kelas yang saya hormati, juga dewan guru yang saya hormati, tak lupa juga kepada rekan-rekan kelas 3 yang saya cintai.

Pertama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan nikmatnya berupa kesehatan sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul disini dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda.

Rekan-rekan dan hadirin yang saya cintai.
Jika kita melihat kenyataan sekarang, orang-orang yang dimanjakan oleh zaman. Kemajuan tekhnologi yang semakin tinggi ini semakin “meninabobokan” kita sehingga tertidur lelap. Telivisi sudah memakai remote, handphone sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Kendaraan yang sudah semakin lengkap dan banyak. Semuanya serba bisa kita temukan di zaman sekarang.

Namun dibalik semua itu muncul suatu kebiasaan baru yaitu kebiasaan bermalas-malasan. Semua kemudahan membuat kita malas untuk melakukan hal-hal yang dianggap sulit.

Jika hal ini kita biarkan tentunya dapaknya akan sangat buruk bagi mereka dan masa depan mereka. Kita bagi kaum muda juga harus mewaspadai penyakit malas ini. Penyakit malas ini sangat berbahaya bagi masa depan kita. Lambat laun kemalasan akan membuat kita tidak bisa berbuat apa-apa ketika kita dihadapkan dengan kerasnya kehidupan.

Rekan-rekan saya yang saya banggakan, maka dari itu mulai saat ini marilah kita singsingkan lengan baju dan bangkitkan semangat kita. Jangan biarkan rasa malas membelenggu kita. Jangan biarkan rasa malas mengungkung kita sehingga kita menjadi generasi pengecut, menjadi generasi yang lemah dan tidak bisa berbuat apa-apa.

Kita harus bisa menjadi generasi yang bisa diandalkan dan dibanggakan. Kita harus mampu menjadi agen pembaharu lingkungan kita. Masa muda adalah masa yang penuh semangat, masa muda adalah masa yang penuh gairah. Mari kita bertindak ke arah yang positif. Kita buat diri kita menjadi contoh kebaikan yang mampu menularkan semangat kepada rekan-rekan kita yang lain.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga lain kali kita bisa berjumpa lagi. Mohon maaf jika ada salah kata atau kata-kata yang kurang berkenan.
Saya ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb



Hanya ini dari Kumpulan Contoh Teks Pidato Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober Terbaik dan Terbaru dan Sejarahnya, Semoga Bemanfaat yaa..

Baca Juga dengan Artikel yang sama

Paling Banyak dilihat

  • pidato sumpah pemuda 2018
  • pidato sumpah pemuda panjang
  • contoh pidato sumpah pemuda untuk pelajar singkat
  • pidato sumpah pemuda 1928
  • naskah pidato sumpah pemuda untuk smp
  • pidato sumpah pemuda 2018
  • pidato sumpah pemuda lucu
  • pidato tentang sumpah pemuda 2018
  • kata kata unik sumpah pemuda 2018, 2019, 2020, 2021, 2022, 2023
Post a Comment

Post a Comment