Lengkap - 20+ Contoh Soal UTS Fisika Kelas 11 SMA/MA Semester Genap Terbaru

20+ Contoh Soal UTS Fisika Kelas 11 SMA/MA Semester Genap Terbaru - Halo adik adik, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan beberapa contoh soal Fisika yang mungkin akan dibutuhkan adik adik sebagai bahan latihan, soal kali ini adalah soal UTS Fisikan yang berjumlah sebanyak 20 soal untuk semester genap yang dibuat khusus kelas XI SMA/MA. Oiya Menurut Deruxes fisika merupakan sebagai ilmu pengetahuan yang berusaha menguraikan serta menjelaskan hukum alam dan kejadian-kejadian dalam alam dengan gambaran menurut pemikiran manusia. Sedangkan Menurut Kusuma fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala alam yang terjadi pada suatu materi atau energi yang menempati ruang dan memiliki massa. Fisika merupakan cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari gejala alam secara keseluruhan.
20+ Contoh Soal UTS Fisika Kelas 11 SMA/MA Semester Genap Terbaru
20+ Contoh Soal UTS Fisika Kelas 11 SMA/MA Semester Genap Terbaru

Soal UTS Fisika Kelas 11 SMA/MA


20+ Contoh Soal UTS Fisika Kelas 11 SMA/MA Semester Genap Terbaru - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UTS Fisika Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UTS Fisika Kelas 11 SMA/MA Semester 2.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal UTS Fisika Kelas 11 SMA/MA

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !

1. Medan magnet menembus sebuah bidang dengan luas 0.02 cm2 secara tegak lurus terhadap bidang. Tentukanlah besar fluks magnetnya,  jika induksi magnetnya adalah 2 x 105 Wb/m2 ?

2. Sebuah kawat lurus panjang dialiri 0,6 A. Tentukanlah besar induksi magnet pada sebuah titik yang berjarak 30 cm dari kawat tersebut!

3. Suatu selonoida yang panjangnya 2 m memiliki 800 lilitan dan jari-jari 2 cm. Jika solenoida tersebut dialiri Arus listrik 0,5 A, maka berapakah induksi magnetiknya?

4. Sebuah toroida memiliki 400 lilitan dan jari-jari 2 cm,  jika diketahui terdapat arus listrik sebesar 8 A yang mengalir pada toroida tersebut , maka Tentukanlah besar induksi magnet toroida tersebut!

5. Induksi magnet yang timbul pada sebuah toroida sebesar 4,5 x 10-4 T. Jika toroida tersebut memiliki 150 lilitan dan berjari-jari 20 cm, maka besar arus listrik yang mengalir pada toroida tersebut adalah….

6. Sebuah kawat berarus listrik 10A dengan arah ke atas berada dalam medan magnetik 0,5 T dengan membetuk sudut 300 terhadap kawat. Jika panjang kawat adalah 5 m, maka berapakah besar gaya Lorentz yang dialami kawat?

7. Sebuah Partkel bemuatan 6 x 10-19 C bergerak dengan kecepatan 3 x 107 m/s tegak lurus terhadap medan magnet homogeny 18T. Jika massa muatan tersebut adalah 2,4 x 10-27 kg, maka berapakah jari-jari lintasan gerak muatan tersebut?

8. Sebuah baling-baling bambu berputar dengan kecepatan sudut tetap 10 rad/s dan momen inersia 0.02 kgm2. Momentum sudut putaran baling-baling itu sebesar … kgm2/s.

9. Bola besi pejal mempunyai lubang yang tepat membelah di kedua ujung sisinya melewati titik pusat. Jari-jari  bola besi itu 10 cm dengan massa 1 kg. Bola diputar melalui lubang dengan kecepatan 500rpm. Momentum sudut bola besi sebesar . . . kgm2/s.

10. Sebatang kayu berbentuk silinder dengan massa 25 kg. Kayu tersebut diberi gaya sehingga menggelinding dengan percepatan sudut 6 rad/s2. Jikajari-jari silinder sebesar 10 cm dan gesekan dengan lantai diabaikan, nilai momen gaya silinder kayu sebesar . . . Nm.

11. Sebuah silinder  pejal menggelinding dari keadaan diam menuruni suatu bidang miring yang tingginya 15 m. Kelajuan linier silinder ketika tiba di dasar bidang miring adalah . . . m/s. (g = 9.8 m/s2)

12. Suatu sistem dirangkai seperti gambar di bawah. Jika sistem dalam keadaan setimbang, maka besarnya gaya F adalah … .

13. Sebuah batang homogen yang massanya 13 kg (g = 10 m/s2) dan panjang 13 m disandarkan pada sebuah tembok tingginya 5 meter dari tanah. Jika tembok licin, lantai kasar, dan batang dalam kesetimbangan, maka koefisien gesekan antara lantai dengan ujung batang adalah … .

14. Pada sistem kesetimbangan benda seperti pada gambar di samping, panjang AB = 80 cm, AC = 60 cm, dan berat 18 N. Jika ujung batang digantungkan beban 30 N, maka tegangan pada tali adalah … .

15. Benda yang mempunyai titik berat yang letaknya sama dengan jari-jari yang dimiliki yaitu . . .  .

16. Besar tekanan fluida di suatu bidang bergantung pada besaran berikut, kecuali … .
    a. kerapatan fluida
    b. massa jenis fluida
    c. luas permukaan bidang
    d. percepatan gravitasi bumi
    e. jarak bidang dari permukaan fluida

17. Sebuah benda mempunyai massa jenis 200 kg/m3 dicelupkan ke dalam air yang kerapatannya 1.000 kg/m3. Jika volum benda yang tercelup , gaya ke atas yang dialami benda sebesar … N. (g = 9,8 m/s2)

18. Sepotong kayu terapung dengan  bagian tercelup di dalam air. Jika massa jenis air 1.000 kg/m3, massa jenis kayu sebesar … kg/m3.

19. Sebuah pipa U mula-mula diisi dengan air ( ρ = 1.000 kg/m3), kemudian salah satu kakinya diisi cairan setinggi 10 cm. Jika selisih permukaan air pada kedua kaki 8 cm, massa jenis cairan tersebut adalah … kg/m3.12

20. Pernyataan di bawah ini yang merupakan asas Bernoulli yaitu … .
   a. Tekanan fluida di tempat yang kecepatannya besar lebih besar daripada di tempat yang kecepatannya kecil.
   b. Tekanan fluida di tempat yang kecepatannya besar lebih kecil daripada di tempat yang kecepatannya kecil.
   c. Tekanan fluida di tempat yang kecepatannya kecil sama dengan tekanan fluida di tempat yang kecepatannya besar.
   d. Tekanan fluida tidak dipengaruhi oleh kecepatannya.
   e. Tekanan fluida sebanding dengan kecepatannya


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 20+ Contoh Soal UTS Fisika Kelas 11 SMA/MA Semester Genap Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal UTS Fisika Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .PDF File Size 189Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal uts fisika kelas 11 semester 2 dan pembahasannya kurikulum 2013
    • soal fisika kelas 11 semester 2 dan pembahasanny
    • soal fisika kelas 11 semester 2 kurikulum 2013
    • soal uas fisika kelas 11 semester 2 dan pembahasannya
    • soal uts fisika kelas 11 semester 2 dan pembahasannya
    • soal uts fisika kelas 11 smk semester 2
    • contoh soal uts fisika kelas 11 semester 2 beserta jawabannya
    • soal uts matematika kelas 11 ipa semester 2
    • 2018,2019,2020,2021,2022