Pengertian Bulan Ramadhan, Ciri-ciri, manfaat dan Keutamaan Bulan Ramadhan

Pengertian Bulan Ramadhan, Ciri-ciri, manfaat dan Keutamaan Bulan Ramadhan - Pengertian bulan suci Ramahdan adalah bulan dimana semua umat islam diwajibkan untuk berpuasa, karena puasa merupakan salah satu Rukun Islam (Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa, dan Berhaji), jadi jika ada orang islam yang tidak berpuasa, maka wajib dipertanyakan status keislamannya.

Puasa adalah ibadah kepada Allah ta’ala dengan menahan diri dari makan minum dan segala sesuatu yang membatalkannya sejak terbit fajar sampai terbenam matahari ibadah puasa mensucikan dan membersihkan jiwa dari segala perbuatan dan perkataan yang tercela tubuh kita juga menjadi sehat.

Pengertian Bulan Ramadhan, Ciri-ciri, manfaat dan Keutamaan Bulan Ramadhan
Pengertian Bulan Ramadhan, Ciri-ciri, manfaat dan Keutamaan Bulan Ramadhan
Ramadan (/ˌræməˈdɑːn/; Arab: رمضان‎ Ramaḍān, IPA: [ramaˈdˤaːn];[note 1] juga diromanisasikan sebagai Ramazan, Ramadhan, atau Ramathan) adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, dan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dengan puasa (saum) dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad menurut keyakinan umat Muslim.[3][4] Perayaan tahunan ini dihormati sebagai salah satu dari rukun Islam. Bulan Ramadan akan berlangsung selama 29–30 hari berdasarkan pengamatan hilal, menurut beberapa aturan yang tertulis dalam hadits.

Kata Ramadan berasal dari akar kata bahasa Arab ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Puasa Ramadhan dalam hukumnya merupakan fardhu (diwajibkan) untuk Muslim dewasa, kecuali mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, dalam perjalanan, sudah tua, hamil, menyusui, diabetes atau sedang mengalami menstruasi. Kewajiban berpuasa pada bulan Ramadan turun pada bulan Sya'ban tahun kedua setelah hijrahnya umat Muslim dari Mekkah ke Madinah. Bulan Ramadan diawali dengan penentuan bulan sabit sebagai pertanda bulan baru.

Selama berpuasa dari pagi hingga petang, Muslim dilarang untuk makan, minum cairan apapun, merokok, dan berhubungan seksual. Selain itu, mereka diperintahkan untuk menghindari perbuatan dosa untuk menyempurnakan pahala puasa, seperti berkata yang jelek (seperti menghina, memfitnah, mengutuk, berbohong) dan berkelahi. Makanan dan minuman dapat disediakan setiap hari, yakni ketika sebelum Matahari terbit (Subuh) hingga terbenamnya Matahari (Magrib). Pendekatan spiritual (taubat) ketika bulan Ramadan ramai dilakukan. Berpuasa bagi Muslim saat Ramadan biasanya diikuti dengan memperbanyak salat dan membaca Al-Quran.

Apakah semua umat islam wajib berpuasa di bulan Suci Ramadhan?
Jawabannya adalah tidak, karena berpuasa diwajibkan untuk mereka yang: beragama Islam,  telah mencapai umur dewasa (Baligh), sehat fisik dan akal (tidak dalam keadaan sakit), tidak dalam perjalanan (keadaan musafir), wanita yang tidak haid/nifas. Nah buat kamu yang termasuk pada kategori tersebut, maka wajib berpuasa.

Apa hukuman bagi orang yang tidak berpuasa di bulan Ramadhan?
  1. Jika kamu termasuk dalam kategori di atas dan sengaja tidak melaksanakan puasa, maka kamu termasuk orang yang berdosa.
  2. Jika kamu masih di bawah umur sebetulnya puasanya tidak wajib, tetapi harus dicoba sampai selesai (waktu magrib) sebagai latihan kamu berpuasa
  3. Jika kamu dalam keadaan sakit dan tidak kuat untuk berpuasa, maka diperbolehkan untuk berbuka, tetapi dengan catatan kamu harus menggantinya setelah bulan suci Ramahdan selesai, biasanya pada bulan sawal. Jika tidak bisa membayar dengan berpuasa, kamu bisa membayar dengan fidyah.
Apa keutamaan bulan suci Ramadhan
  1. Pada bulan suci Ramadhan Al-Quran diturunkan ke bumi, sebagai petunjuk umat manusia.
  2. Pada bulan suci Ramadhan pintu Surga dibuka sedangkan pintu Neraka ditutup.
  3. Pada bulan suci Ramadhan dibukakan pintu taubat yang selebar-lebarnya bagi orang yang memohon maaf dengan ikhlas kepada Allah SWT.
  4. Pada bulan suci Ramadhan dilipat gandakan semua pahala yang kita dapat
  5. Pada bulan suci Ramadhan juga terdapat malam Lailatul Qadr, dimana jika kita beribadah pada malam tersebut pahala yang didapat setara dengan beribadah seribu bulan.
  6. dll.

Apa ciri-ciri dibulan Ramadhan

   Sahur
Sahur adalah aktivitas makan dan minum yang dilakukan pada dini hari sebelum menjalankan puasa. Biasanya, banyak godaan untuk bisa bangun lebih pagi. Namun, rasa malas untuk bangun sahur inilah yang akan Anda rindukan.

   Berbuka
Buka puasa adalah momen yang paling berkesan dan paling ditunggu-tunggu. Biasanya, menjelang buka puasa Anda akan sibuk menyiapkan hidangan yang hendak disantap untuk berbuka nanti. Anda juga akan menjumpai sesuatu yang tak biasa Anda dapat di bulan-bulan biasa, seperti makan bersama keluarga dan teman-teman, atau menyantap hidangan istimew yang hanya bisa Anda dapatkan di bulan Ramadhan.

   Ngabuburit
Istilah "ngabuburit" sudah tidak asing lagi di bulan Ramadhan.
Momen ini pun merupakan saat yang paling di tunggu-tunggu ketika tengah melaksanakan ibadah puasa.
"Ngabuburit” sendiri merupakan kegiatan menghabiskan waktu sebelum waktu berbuka puasa tiba.

   Shalat Tarawih
Shalat tarawih juga bisa menjadi momen yang membuat Anda rindu terhadap bulan Ramadhan. Walaupun mungkin terkadang malas melaksanakan salat sunah ini, namun tak bisa dipungkiri ketika membahas sesuatu yang berhubungan dengan Ramadhan terdapat rasa rindu akan salat tarawih ini.

   Setiap waktu melirik jam
Di bulan puasa, Anda biasanya akan lebih sering melirik jam dan berharap bahwa waktu berlalu dengan cepat. Sebab, Anda sudah tidak sabar ingin segera menyantap beragam hidangan yang menggoda.

   Acara TV bertema Ramadhan
Menjelang Ramadhan, hampir seluruh stasiun televisi berlomba-lomba saling mengenalkan program acara bertema Ramadhan, mulai dari sinetron hingga iklan pun berubah tema menjadi Ramadhan. Kondisi itulah membuat bulan Ramadhan kian berkesan.

Syarat Wajib Puasa Ramadhan

Untuk bisa melangsungkan ibadah puasa ramadhan tentu saja selain mengerti apa pengertian puasa ramadhan yang benar, tentunya ada beberapa syarat wajib untuk bisa ikut melaksanakannya. Nah untuk kalian yang saat ini tengah mencari informasi apa saja syarat wajib puasa ramadhan, berikut dapat kalian lihat di informasi terbaru bospedia.com dibawah ini.
  • Mempunyai keyakinan Islam atau beragama Islam
  • Telah melalui masa Baligh atau telah mencapai umur dewasa
  • Berakal
  • Sehat
  • Tidak Musafir
  • Suci dari Haid dan Nifas
  • Mampu (kuat dalam menjalankan ibada puasa)

Rukun Puasa

Seperti kita ketahui bersama, bahwasannya dalam menjalankan ibadah puasa selain sudah memenuhi syarat wajib puasa dan memahami tentang pengertian puasa ramadhan yang kami sampaikan diatas, kalian juga harus tahu betul tentang rukun islam yang harus kalian lakukan agar puasa ramadhan yang kalian kerjakan benar-benar menjadi puasa yang di terima Allah SWT. Adapun rukun puasa sendiri sangatlah simple yaitu membaca niat puasa ramadhan dan juga mampu menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa.

Hal Yang Sunah Ketika Berpuasa

Tentunya selain kalian mengetahui pengertian puasa ramadhan seabgaimana telah kami sampaikan diatas, dan juga telah mengetahui rukun puasa serta syarat wajib berpuasa, sebenarnya kalian juga harus mengerti hal sunah lain yang boleh di lakukan ketika berpuasa, untuk itu agar lebih jelasnya bisa kalian lihat berikut ini.
  • Bersahur yang dilakukan sebelum waktu dimulainya berpuasa yaitu saat fajar pagi terbit
  • Mentakhirkan makan makanan sahur yang sudah ada
  • Segerakan berbuka puasa ketika telah masuk waktu berbuka
  • Membaca doa berbuka puasa dengan baik dan benar
  • Berbuka dengan minuman yang manis-manis dan makanan yang manis-manis (kurma)

Hal-Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

Selain itu ada pula beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan saat berpuasa dengan tujuan akan membatalkan puasa kalian. Adapun beberpa hal tersebut bisa kalian simak di bawah ini
  • Murtad atau keluar dari agama Islam
  • Mengeluarkan sesuatu dari dalam mulut (muntah) yang di lakukan dengan sengaja
  • Memasukan sesuatu kedalam rongga badan
  • Hilang akal disebkan karena pingsan ataupun khamar (mabuk)
  • Kedatangan haid (bagi wanita), nifas atau wiadah
  • Bersetubuh diwaktu berpuasa atau mengeluarkan mani dengan sengaja

Hal-hal Yang Makruh Saat Berpuasa

Kemudian hal-hal yang sebenarnya memiliki hukum makruh bila di kerjakan saat berpuasa juga menjadi salah satu tidak sempurnanya berpuasa ramadhan. Lalu apa saja hal yang dianggap makruh saat tengah berpuasa?
  • Berbekam (terkecuali memang di perlukan)
  • Mengulum sesuatu di dalam mulut
  • Merasa makanan dengan lidah contohnya saat memasak dan mencicipinya
  • Memakai wangi-wangian
  • Bersiawak dan menggosok gigi saat terkena terik matahari
  • Berkumur diluar kumur wudhu

Amalan Sunnah Saat Berpuasa

Tentunya sebagai bagian dari salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, ketika bulan ramadhan datang kalian juga boleh mengerjakan amalan-amalan sunah yang akan membuat ibadah kalian jauh lebih di terima oleh Allah asalkan dengan niat yang benar. Ada banyak tentunya amalan yang bisa kita kerjakan disaat bulan ramadhan telah datang seperti halnya,
  • Tidur disaat berpuasa dengan tujuan agar kalian tidak menonton televisi yang bisa saja membatalkan puasa atau merumpi (gosip)
  • Bertadarus disetiap waktu baik setelah sholat wajib ataupun setelah sholat tarawih
  • Memperbanyak Zikir setelah mengerjakan sholat
  • Melaksanakan sholat Tarawih setiap malam selama bulan puasa
  • Perbanyaklan sholat sunah

Sekiranya itu dia beberpa hal yang berkaitan dengan puasa ramadhan, namun yang terpenting disini sebelum kalian melaksanakan puasa ramadhan selama 1 bulan penuh mungkin kalian bisa memahami terlebih dahulu tentang pengerian puasa ramadhan serta beberpa syariatnya sebagaimana telah kami sampaikan diatas. Semoga dengan melihat, membaca, dan menyimak informasi terbaru dari bospedia.com diatas bisa membuat kalian lebih mengetahui makna tentang puasa ramadhan.

Sumber : penuliscilik.com, rilis.id, niatpuasa.com, wikipedia.org

Pencarian yang paling banyak dicari
  • arti kalimat ramadhan
  • keutamaan bulan ramadhan dan dalilnya
  • 3 keutamaan di bulan ramadhan
  • makna bulan ramadhan yg menginspirasi
  • kenapa bulan ramadhan istimewa
  • tuliskan 3 keistimewaan bulan ramadhan
  • bulan ramadhan disebut juga
  • kepanjangan ramadhan