17 Cara Jitu Agar Kamu Bisa Bangun Sahur tepat Waktu

17 Cara Jitu Agar Kamu Bisa Bangun Sahur tepat Waktu - Sahur tidak hanya perkara makan pagi hari sebelum puasa agar bisa kuat saja. Lebih dari itu, sahur memegang peran  sentral agar tubuh tetap sehat selama puasa, tidak mengalami dehidrasi, hingga membuat Anda bisa konsentrasi kerja atau melakukan aktivitas apa pun.

Mengingat sahur sangat penting dan sangat direkomendasikan. Anda harus melakukannya dengan maksimal. Apa yang disantap harus sesuai dengan kebutuhan tubuh. Anda harus menyantap makanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, dan mineral lainnya.

17 Cara Jitu Agar Kamu Bisa Bangun Sahur tepat Waktu
17 Cara Jitu Agar Kamu Bisa Bangun Sahur tepat Waktu
Nah, agar makan sahur yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar, cobalah untuk bangun lebih awal. Kalau Anda susah untuk bangun sahur lebih awal, coba lakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Tidur lebih awal

Kalau Anda ingin bangun sahur lebih awal, jangan begadang atau tidur di atas pukul 22.00. Begitu pukul 21.00 segera untuk naik ke kasur untuk tidur. Jauhkan tubuh dari gadget yang akan membuat rasa kantuk enggan datang dan mata terus terjaga.

Sebisa mungkin untuk segera tidur meski Anda belum begitu mengantuk. Jika berada di ruangan yang redup dan segera menghangatkan diri, kantuk akan segera datang dengan mudah.

2. Jangan mengonsumsi kafeina terlalu banyak

Selain begadang dengan alasan apa pun, coba untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi kafeina dari minuman apa pun. Kafeina akan membuat Anda selalu terjaga dan rasa kantuk akan hilang.

Kalau tidak ada rasa kantuk, kira-kira apa yang akan terjadi? Tidur bisa lebih larut dan Anda susah bangun sahur lebih pagi.

3. Hindari makanan terlalu berlemak

Hindari makanan yang terlalu banyak lemak karena pencernaan akan berjalan dengan lambat. Kalau pencernaan berjalan dengan lambat Anda akan susah tidur karena perut akan terus terasa sakit karena kembung atau begah.

4. Cobalah melakukan olahraga rutin setiap hari

Olahraga akan membuat Anda mudah sekali tidur karena peredaran darah bisa berjalan dengan lancar. Selain itu kondisi tubuh yang segar dan rasa capai akibat olahraga membuat tubuh menurunkan kerja organ dengan cepat agar penyembuhan bisa segera terjadi. Nah, pada proses ini Anda bisa tidur dengan nyenyak.

5. Biasakan tubuh untuk bangun lebih pagi

Kalau ingin bangun sahur lebih awal, biasakan tubuh untuk melakukannya setiap hari. Dengan membiasakan diri, jam tidur akan berubah dengan sendirinya. Menjalang pukul 20.00 Anda akan langsung mengantuk dengan sendirinya dan saat pagi hari Anda bisa bangun dengan cepat tanpa alarm sekali pun.

Kalau jam tidur sudah terbiasa untuk melakukannya, Anda tetap akan tidur dengan porsi 6-7 jam. Meski tidur agak malam karena ibadah, bangun tetap seperti semula sekitar pukul 03.00.

6. Pasang alarm lebih awal

Kalau Anda tidak bisa bangun dengan sendirinya, coba untuk memasang alarm dengan jam lebih awal. Misal Anda harus bangun pada pukul 03.00, pasang alarm 30 menit sebelum waktunya agar Anda bisa benar-benar bangun saat jam makan sahur.

7. Jangan terlalu capai

Capai karena olahraga ringan akan membuat Anda cepat tidur, tapi kalau capainya karena memaksakan diri olahraga dengan intensitas tinggi Anda akan susah bangun. Tubuh yang butuh waktu penyembuhan lebih lama akan tidur lebih lama juga.

8. Tidak Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Terkadang kebanyakan orang menjadikan waktu buka puasa untuk membalas dendam setelah seharian berpuasa.

Makan berlebihan waktu berbuka bisa menyebabkan perut menjadi terlalu kenyang, sehingga dapat menyebabkan tidur jadi lebih nyenyak dan sulit untuk bangun sahur.

9. Jangan Melakukan Kegiatan Yang Melelahkan

Usahakan jangan banyak melakukan kegiatan yang melelahkan saat menjalani puasa di siang hari, karena akan membuat tubuh menjadi lelah. Tubuh yang capek dan lelah akan membuat tidur menjadi nyenyak dan susah untuk bangun sahur.

10. Jangan Tidur Terlalu Malam atau Jangan Begadang

Tips-tips jitu agar tidak terlambat bangun pagi untuk makan sahur. Jika ingin bangun pagi untuk sahur, maka usahakan jangan sampai begadang atau tidur telalu larut. Jika kamu mempunyai kebiasaan tidur larut malam, maka di bulan ramadhan ini usahakan agar menjadwalkan tidur lebih awal.

11. Usahakan Untuk Memasang Alarm

Meskipun klasik, namun ini salah satu cara yang ampuh agar bisa bangun pagi untuk sahur. Set alarm sebelum tidur, sehingga nanti diharapkan pada saat alarm berbunyi kita langsung bangun untuk melakukan sahur.

12. Meminta Bantuan

Jika kamu tinggal di rumah bersama keluarga, maka cara yang paling efektif juga adalah dengan meminta bantuan mereka, ayah, ibu atau saudara untuk membangunkan saat waktu sahur.

13. Niat

Dari sekian cara diatas namun inilah yang paling penting. Karena seberapapun usaha yang dilakukan tapi tidak dibarengi dengan niat untuk bangun sahur, maka akan sia-sia dan mustahil.

14. Berbuka Secukupnya

Apa hubungan antara berbuka dengan sahur? Tentu ada! Banyak orang yang memanfaatkan momen berbuka sebagai ajang “balas dendam”, sehingga porsi makannya tak terkontrol. Usahakan untuk tidak makan berlebihan saat berbuka.

Makan yang terlalu banyak hanya akan membuat kantuk semakin berat dan tidur jadi lebih nyenyak. Kalau sudah begini tentu Anda akan kesulitan untuk bangun sahur di keesokan harinya. Sebaliknya, jika Anda berbuka secukupnya maka akan lebih sehat dan tubuh tidak akan terlalu lemas.

15. Siapkan makanan kesukaan anak saat sahur

Anak akan menunjukkan rasa tidak nyaman jika sahur dalam keadaan masih mengantuk. Agar anak melek dan bersemangat, ibu bisa menyiasatinya dengan memasak makanan kesukaan si Kecil.

Selain itu, makanan kesukaan tersebut membantu meningkatkan selera makan anak, dan si Kecil akan bersemangat untuk sahur. Carilah menu favorit kaya nutrisi dan vitamin, supaya anak punya cukup stamina untuk menjalankan ibadah puasa.

16. Sahur di akhir waktu

Pilihlah makan di akhir waktu jika menginginkan anak ikutan sahur bersama. Sahur terlalu cepat, kata Reza, dapat membuat anak lebih cepat lapar di siang hari.

Maka itu, biarkan anak tidur sembari ibu menyiapkan makanan. Kemudian, satu atau setengah jam sebelum imsak, bangunkan mereka untuk segera sahur.

17. Beri penghargaan

"Memberikan penghargaan untuk anak yang mau bangun sahur merupakan salah satu cara agar anak bersemangat untuk sahur," kata Reza.

Adapun penghargaan yang bisa orangtua berikan antara lain pujian, atau hadiah kecil agar anak lebih tergugah untuk bangun sahur.

nda sudah berhasil bangun tepat waktu saat sahur? Selamat! Sekarang, hal yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan pola makan saat sahur. Ada sejumlah “dosa” yang harus dihindari saat sahur, seperti mengonsumsi makanan yang kurang serat dan tinggi gula, langsung menyantap makanan dalam porsi besar, serta tidak cukup minum.

Mengonsumsi makanan yang kurang serat dan tinggi gula malah akan membuat tubuh mudah lapar dan lemas. Menyantap makanan dalam porsi besar juga tidak membantu karena dapat membebani perut. Lalu, jangan langsung buru-buru tidur usai sahur dan pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik. Dua gelas air putih saat sahur sebenarnya sudah cukup. Yuk, lakukan sahur dengan tepat waktu dan cerdas agar puasa jadi lancar


Sumber : liputan6.com, doktersehat.com, pasberita.com, 99.co, klikdokter.com

Pencarian yang paling banyak dicari
  • video bangunin sahur
  • youtube duo harbatah
  • film harbatah
  • vidtrim sahur
  • tipe tipe buka puasa
  • harbatah sultan
  • @harbatah
  • tipe tipe makan