ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Sumber Energi Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber Energi Yang Tidak Dapat Diperbaharui - Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber energi yang suatu saat nanti akan habis. Saat ini sumber daya yang digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia adalah sumber yang tidak dapat diperbaharui. Yang berarti suatu saat nanti pasti seluruh dunia harus beralih ke sumber energi yang lebih ramah lingkungan yaitu Sumber Energi Alternatif
Sumber Energi Yang Tidak Dapat Diperbaharui
Perbedaan antara energi yang tidak diperbaharui dan dapat diperbaharui adalah ketersediaan energi tersebut. Jika dibandingkan dengan yang tidak dapat diperbaharui, sumber energi yang dapat diperbaharui memiliki ketersediaan yang tidak terbatas atau tidak akan pernah habis karena bersumber dari sesuatu yang bersifat kekal seperti matahari, angin, air dan lain – lain.


Jenis Sumber Energi Yang Tidak Dapat Diperbaharui


Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui terbagi menjadi 2 jenis yaitu bahan bakar fosil dan bahan bakar nuklir (uranium). 2 jenis bahan bakar tersebut akan dijelaskan lebih lengkap yaitu sebagai berikut :

1. Bahan Bakar Fosil
Bahan bakar fosil adalah bahan bakar yang saat ini paling banyak digunakan oleh seluruh dunia. Bahan bakar ini bersumber dari mikroorganisme yang telah lama ada namun terkubur jutaan tahun di dalam perut bumi. Mikroorganisme yang terkubur selama jutaan tahun tersebut kemudian di manfaatkan oleh para ilmuan menjadi sebuah bahan bakar yang saat ini bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari. Berikut adalah beberapa contoh bahan bakar fosil :

* Minyak Bumi
Pasti diantara kalian tidak asing dengan kata minyak bumi. Minyak bumi adalah bahan bakar yang paling familiar karena memang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari.


Minyak bumi diambil dari perut bumi lalu diolah kemudian dijadikan bahan bakar. Beberapa contoh bahan bakar yang berasal dari minyak bumi yaitu seperti bensin, minyak tanah, solar dan lain – lain.

*Gas Bumi
 Minyak bumi dan gas bumi juga sebenarnya berasal dari sumber yang sama. Saat pengolahan minyak bumi, pasti juga akan menghasilkan gas bumi.


Gas bumi sering dimanfaatkan untuk pembangkit listrik di lingkungan masyarakat. Selain itu gas bumi juga dimanfaatkan untuk bahan pembuatan pupuk, karena dalam gas bumi terkandung CH4 (metana).

*Batu Bara
 Sama seperti bahan bakar fosil lainnya, batu baru juga berasal dari mikroorganisme yang telah terkubur jutaan tahun dan berada tertimbun di lapisan bumi.


 Mungkin batu bara dulu sangat familiar dikenal sebagai bahan bakar kereta api akan tetapi karena kereta saat ini sudah banyak yang menggunakan listrik, batu bara sudah jarang digandakan sebagai bahan bakar kereta. Saat ini batu baru lebih sering digunakan untuk pembangkit listrik.

2. Bahan Bakar Nuklir
Bahan bakar nuklir saat ini sudah mulai terkenal karena sering dibicarakan oleh media – media di seluruh dunia dan bahkan sudah dimanfaatkan oleh negara – negara maju seperti Jepang. Bahan bakar nuklir berasal dari uranium. Seperti bahan bakar fosil, bahan bakar nuklir yaitu uranium juga berada tertimbun di lapisan bumi dan diperlukan penambangan untuk mengambilnya.

Sedikit saja bahan bakar nuklir yang dihasilkan, cukup untuk dimanfaatkan untuk hal yang sangat besar seperti pembangkit listrik. Akan tetapi nuklir memiliki efek yang berbahaya karena memiliki radiasi yang bisa membuat manusia meninggal. Oleh karena itu, saat ini nuklir hanya dimanfaatkan oleh negara negara maju saja.

Demikianlah bahasan kali ini mengenai Sumber Energi Yang Tidak Dapat Diperbaharui. Semoga bisa informasi yang disampaikan bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment

Post a Comment