5 Tips Mengelola Keuangan di Era Serba Digital

Tips mengatur keuangan di era serba digital. Yuk, simak biar gajimu awet sampai bulan depan. Era serba digital seperti sekarang memang memudahkan masyarakat dalam beraktivitas. Belanja, memesan makanan, sampai naik transportasi pun jadi lebih praktis berkat kehadiran teknologi bernama internet, apalagi didukung oleh sistem pembayaran cashless semacam kartu kredit, kartu debit, dan e-money.

5 Tips Mengelola Keuangan di Era Serba Digital
5 Tips Mengelola Keuangan di Era Serba Digital

Namun, kemudahan ini juga harus diimbangi dengan manajemen finansial yang bagus. Kalau tidak, bersiaplah kehabisan uang sebelum waktu gajian berikutnya tiba. Nah, ini beberapa tips keuangan di era serba digital yang bisa kamu tiru.

1. Buat Financial Planning

Membuat perencanaan keuangan adalah hal yang wajib kamu lakukan. Catat dengan detail berapa pemasukan dan pengeluaranmu setiap bulan. Buat daftar prioritas kebutuhan, dan jangan lupa alokasikan sebagian uangmu untuk ditabung/diinvestasikan.

Cara ini efektif banget lho untuk mengontrol keuanganmu. Jadi kamu terhindar dari pengeluaran-pengeluaran yang tak perlu. Sekarang sudah banyak aplikasi pengatur keuangan yang bisa diunduh secara gratis di smartphone.

2. Investasi

Investasi sedini mungkin wajib dilakukan jika ingin hidupmu terjamin di masa depan. Apalagi sekarang sudah banyak instrumen investasi yang bisa dicoba, mulai dari deposito, reksa dana, saham, serta platform pembiayaan syariah berbasis online seperti qazwa.

Berinvestasi akan menyelamatkan asetmu dari gerusan inflasi, sehingga uang tidak turun nilainya dengan percuma. Pilih saja investasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan rencana keuanganmu.

3. Kontrol Transaksi Cashless

Cashless memang memudahkanmu dalam segala hal, tapi gaya hidup yang satu ini juga punya sisi negatif kalau tak disikapi dengan bijak. Jika kamu pengguna kartu kredit atau debit, pastikan nilai transaksi tidak melebihi kemampuan bayarmu, ya.

Kelihatannya memang gampang, kamu belanja ini itu tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Tapi pikirkan ulang, berapa banyak tagihan yang harus kamu bayar ketika jatuh tempo nanti. Apakah gajimu cukup untuk melunasinya? Jangan sampai terjadi besar pasak daripada tiang.

4. Manfaatkan Promo 

Pengguna kartu kredit biasanya mendapatkan keuntungan-keuntungan tambahan seperti diskon ketika berbelanja atau memesan hotel dan tiket pesawat. Nah, manfaatkan promo semacam ini untuk menghemat pengeluaranmu. Namun, jangan tergiur menggunakan kartu kredit untuk membeli sesuatu yang tidak betul-betul kamu butuhkan.

5. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Membawa uang tunai secukupnya ketika bepergian akan menyelamatkanmu dari kebangkrutan di tengah bulan, misalnya saat hangout di akhir pekan. Bila perlu, batasi dengan jelas berapa jumlah maksimal uang yang boleh dikeluarkan. Dengan cara ini, kamu bisa terhindar dari transaksi pembelian yang tidak betul-betul diinginkan.

Dengan menerapkan tips keuangan di atas, kondisi finansialmu dijamin akan jauh lebih stabil. Cerita habis gaji di tengah bulan pun takkan terulang lagi. Semoga bermanfaat, ya!

Artikel dari qazwa


Pencarian yang sama
  • cara mengatur keuangan pribadi
  • cara mengatur keuangan pribadi remaja
  • cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros
  • cara mengatur keuangan bulanan
  • cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta
  • kunci sukses mengatur keuangan keluarga
  • cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta
  • cara mengatur keuangan di masa sulit