Lengkap - 20+ Contoh Soal UH / PH untuk kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 1 Pengetahuan

20+ Contoh Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 1 Pengetahuan - Adik adik yang baik, apa kabar? semoga sehat selalu ya, nah kali ini kakak menyiapkan beberapa contoh soal yang mungkin adik adik butuhkan, soal ini kakak ambil dari mata pelajaran tematik kelas VI SD/MI yang berjumlah 20 soal plus dengan kunci jawabannya. Nah tentunya soal yang kakak bagikan ini adalah soal tema 3 subtema 1 tentang pengetahuan. Semoga bermanfaat ya.
20+ Contoh Soal UH / PH untuk kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 1 Pengetahuan
20+ Contoh Soal UH / PH untuk kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 1 Pengetahuan

Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 1 Pengetahuan

20+ Contoh Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 1 Pengetahuan - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 1 Pengetahuan ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 1 Pengetahuan.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 1 Pengetahuan

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

Kerjakan soal-soal berikut ini !

1. Berikan contoh hak di rumah!
2. Tuliskan contoh hak di sekolah!
3. Sebutkan hak sebagai warga masyarakat!
4. Apa hak dan kewajiban itu?
5. Apa yang dimaksud Teks eksplanasi ilmiah?
6. Fungsi teks eksplanasi ilmiah adalah …..
7. Jelaskan kandungan teks eksplanasi ilmiah!

Bacalah teks eksplanasi di bawah ini! (Bacaan soal No 8-9)

GEMPA BUMI

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang disebabkan karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. persitiwa ini banyak terjadi di daerah yang berdekatan dengan gunung berapi dan disekeliling lautan luas.

Gempa bumi terjadi karena adanya gerakan pada lapisan bawah bumi dan juga letusan gunung berapi yang dahsyat. Peristiwa ini terjadi dengan cepat dan tiba-tiba, namun dampak yang ditimbulkan cukup besar dan luas. Selain kerugian berupa harta benda, gempa bumi ini juga menelan korban jiwa yang tidak sedikit, hal ini karena datangnya yang tidak dapat diprediksi secara pasti sehingga banyak orang tidak dapat mempersiapkan diri saat terjadinya peristiwa ini.

Berdasarkan penyebabnya, gempa bumi dibedakan menjadi 2 yaitu gempa bumi tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. Sedangkan gempa bumi vulkanik disebabkan karena adanya aktivitas gunung berapi. Gempa tektonik lebih sering terjadi daripada gempa vulkanik.

Berdasarkan penjelasan diatas, gempa bumi adalah fenomena alam yang terjadi secara tiba-tiba dalam waktu yang cukup singkat namun dampak yang diakibatkan bisa sangat besar dan meluas.
(http://www.informasibelajar.com/contoh-teks-eksplanasi)

8. Tuliskan pernyataan umum dari bacaan di atas!
9. Tuliskan pernyataan penutup dari bacaan di atas!
10. Manfaat bola lampu dalam kehidupan sehari - hari?
11. teknologi baru banyak membawa perkembangan bagi kehidupan masyakat. Perkembangan tersebut membawa ke arah modernisasi. Sebutkan penemuan yang memudahkan pekerjaan manusia?
12. Berikan 3 contoh penemuan yang berpengaruh di kehidupan sekarang?
13. Apa yang dimaksud dengan interval nada?
14. Jarak Mi ke Fa adalah?
15. Berapa jarak Mi ke Sol?
16. Apa yang dimaksud gelombang elektromagnetik??
17. Apa yang dimaksud dengan arus listrik?
18. Apa karakteriksik rangkaian seri?
19. Apa karakteriksik rangkaian paralel?
20. Apa yang kamu ketahui tentang hambatan listrik?

Kunci Jawaban
1. Mendapatkan kasih sayang dan perhatian Mendapat perlindungan dan keamanan Mendapatkan bimbingan.
2. Mengikuti pelajaran, Mendapat perlindungan dan keamanan, dan Memakai fasilitas sekolah sesuai dengan fungsinya.
3. Kebebasan dalam bergaul, Mendapat keamanan, dan Menggunakan fasilitas umum.
4. Hak adalah: Sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri. Contohnya: hak mendapatkan pengajaran, hak mengeluarkan pendapat.
Kewajiban adalah: Sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab.Contohnya: melaksanakan tata tertib di sekolah, membayar SPP atau melaksanakan tugas yang diberikan guru dengan sebaik-baiknya dan sebagainya."
5. Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.
6. Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebab-akibat.
7. Teks eksplanasi terdiri atas: pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (kesimpulan).
Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan/diinformasikan.
Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap/berurutan.
 Bagian penutup adalah kesimpulan yang  berisi interpretasi/pendapat singkat penulis tentang topik  yang dijelaskan."
8. Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang disebabkan karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. persitiwa ini banyak terjadi di daerah yang berdekatan dengan gunung berapi dan disekeliling lautan luas.
9. Berdasarkan penjelasan diatas, gempa bumi adalah fenomena alam yang terjadi secara tiba-tiba dalam waktu yang cukup singkat namun dampak yang diakibatkan bisa sangat besar dan meluas.
10. Memberikan penerangan untuk melancarkan aktifitas.
11. Setrika arang menjadi strika listrik Kompor minyak menjadi kompor gas Mesin ketik menjadi komputer"
12. Alexander Graham Bell penemu telepon tahun 1876
Thomas Alva Edison penemu lampu tahun 1879
Charles Goodyear penemu ban karet tahun 1839
Thomson dan Dunlop penemu ban berisi udara tahun 1845"
13. Interval adalah jarak antara nada satu dengan nada yang lain
14. setengah
15. satu setengah
16. gelombang elektromagnetik yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara. Gelombang elektromagnetik terbentuk dari hasil perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi terus menerus. "
17. Arus listrik adalah aliran dari muatan listrik dari satu titik ke titik yang lain. Arus listrik terjadi karena adanya media penghantar antara dua titik yang mempunyai beda potensial. Semakin besar beda potensial listrik antara dua titik tersebut maka semakin besar pula arus yang mengalir.
18. Cara menyusun rangkaian cenderung praktis dan sederhana.Semua komponen listrik disusun secara sejajar (berderet atau berurutan).Kabel penghubung pada seluruh komponen tidak memiliki percabangan sepanjang rangkaian.Hanya ada satu jalan yang dapat dilalui oleh arus, jadi jika ada satu jalur yang terputus maka rangkaian tidak dapat berfungsi dengan benar.Arus listrik yang mengalir di berbagai titik dalam rangkaian sama besarnyaSetiap komponen yang terpasang akan mendapat arus yang sama.Beda potensial/tegangan pada setiap komponen yang terpasang memiliki nilai yang berbeda.Memiliki hambatan total yang lebih besar daripada hambatan penyusunnya.
19. "Cara menyusun rangkaian cenderung lebih rumit.Semua komponen listrik terpasang secara bersusun atau sejajar.Kabel penghubung pada sebuah rangkaian memiliki percabangan.Terdapat beberapa jalan yang dapat dilalui oleh arus.Arus yang mengalir pada setiap cabang memiliki besar nilai yang berbeda.Setiap komponen yang terpasang mendapat besar arus yang berbeda.Semua komponen mendapat tegangan yang sama besar.Hambatan totalnya lebih kecil dari hambatan pada tiap-tiap komponen penyusunnya."
20. Hambatan listrik adalah sesuatu yang menahan aliran listrik. Hambatan listrik sering disebut juga dengan resistansi. Pada dasarnya setiap material memiliki hambatan listrik. Sebuah konduktor yang cenderung menghantarkan listrik memiliki hambatan yang kecil dan sebuah isolator yang tidak bisa dialiri listrik memiliki hambatan yang besar.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 20+ Contoh Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 1 Pengetahuan ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 1 Pengetahuan   File ini dalam Bentuk .pdf File Size 60kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal kelas 6 tema 3 subtema 1
    • soal tema 3 subtema 1 kelas 6 sd
    • kisi kisi soal kelas 6 tema 3 subtema 1
    • soal tema 3 kelas 6 revisi 2020
    • soal tema 3 kelas 6 revisi 2021
    • soal sbdp kelas 6 tema 3 subtema 1
    • soal ulangan tema 3 kelas 6 organ gerak hewan dan manusia
    • soal tema 3 kelas 6 revisi 2019
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022




    Loading...

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel