Lengkap - Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia - Halo adik adik yang baik, pada kesempatan yang cerah ini tentunya kakak akan menyiapkan soal soal, kebetulan soal ini sudah selesai, nah kakak akan membagikan soal ulangan harian atau soal penilaian harian kepada adik adik kelas IV SD/MI, tentunya soal ini sudah tersedia kunci jawabannya dari pembahasan mata pelajaran tematik tentang Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

Kerjakan soal-soal berikut ini !

BELAJAR DI KELAS
A. Soal I

Angin memiliki tenaga yang bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan mesin. Angin oleh dunia pertanian juga dimanfaatkan untuk menggerakkan pompa-pompa air dalam sistem irigrasi. Selain untuk menyirami tanaman. Manfaat energi angin bisa juga digunakan untuk menggerakkan pompa yang di fungsikan untuk mendapatkan air tawar bagi hewan ternak.

1. Paragraf di atas menjelaskan tentang manfaat adanya energi .......
Air laut memiliki rasa yang asin dan biasanya dijadikan sebagai bahan baku pembuatan garam bagi warga sekitar. Cara untuk membuat garam dari air laut juga tergolong sederhana sekali. Hanya perlu memanfaatkan air laut kemudian air laut itu di jemur di bawah sinar matahari ditambah dengan bantuan dari kincir angin agar prosesnya menjadi lebih cepat. Jika air laut mengering maka akan tampak butiran – butiran garam yang telah jadi untuk kemudian di kemas. Dalam seharinya para petani garam ini dapat menghasilkan ratusan ton garam yang siap untuk dipasarkan. Namun lain halnya jika cuaca kurang bersahabat makan hasil panen garam ini bisa saja berkurang.
2. Paragraf di atas menjelaskan tentang manfaat adanya energi .......

3.
Gambar di atas menjelaskan tentang manfaat adanya energi .......

4.
Tempo yang digunakan oleh lagu “Memandang Alam” yaitu ......

5.
Salah satu manfaat gotong royong yaitu untuk mempererat ......


6.
Salah satu manfaat dilakukannya kerja bakti adalah ..... menjadi lebih ringan dan cepat

(teks wawancara unutuk soal nomor 7 dan 8)
DVD : Anda telah menghabiskan banyak waktu bersama masyarakat desa sekitar hutan, bisakah anda gambarkan bagaimana situasi penghidupan masyarakat desa saat ini.?
MUL : Jika melihat penghidupan masyarakat desa, sebenarnya saat ini sudah dalam kondisi terjepit terutama terkait dengan akses terhadap sumberdaya alam. Lahan yang selama ini menjadi sumber penghidupan semakin sulit untuk diakses, karena penguasaan negara, pengusaha dan pihak diluar masyarakat lokal. Air sebagai kebutuhan dasar saat ini menjadi sulit karena kerusakan hutan. Secara sosial, masyarakat semakin kesulitan untuk mengkombinasikan antara usaha pemanfaatan sumberdaya alam dengan pelestarian sumberdaya alam itu sendiri.
DVD :   Mengapa terjadi demikian ?
MUL : Tekanan modernisasi membuat perubahan budaya dalam masyarakat, sehingga terjadi degradasi nilai nilai lokal seperti yang ada pada masyarakat tradisional. Pembangunan telah merubah kehidupan masyarakat menjadi semakin jauh dari nilai nilai lokal yang selaras dengan kelestarian alam.
DVD :   Bisakah anda berikan satu kasus yang menjelaskan hal tersebut ?
MUL :   Saya melihat masalah energi di pedesaan menjadi hal yang serius. Masyarakat desa hutan pada umumnya menggunakan kayu bakar untuk sumber energi, dan kebutuhan itu sudah mencapai taraf yang menurut saya sudah diatas kemampuan hutan untuk menyediakannya. Namun kan tidak bisa kebiasaan ini kemudian dihapuskan begitu saja, namun harus ada cara untuk menyediakan kayu bakar tanpa merusak hutan. Misalnya dengan mengembangkan persediaan stok biomassa untuk kebutuhan energi, bisa pada lahan masyarakat atau lahan umum seperti tanah desa. Inovasi juga perlu dilakukan seperti pengembangan alternatif sumber energi dari kayu bulat menjadi serbuk, pemanfaatan sekam atau yang banyak berkembang adalah biogas.

7. Berdasarkan hasil wawancara di atas, usaha pelestarian kekayaan hayati yang dilakukan adalah .....
8. Tema pada dialog wawancara di atas adalah .........
Penghijauan dilakukan dengan cara menanam berbagi henus tanaman di berbagai tempat yang telah direncanakan, dapat dihalaman sekitar rumah, hutan-hutan yang gundul akibat penebangan liar, dan tempat lain yang diduga terhindar dari bencana jika ditanami tumbuhan. Kegiatan penghijauan tidak hanya menanam, tetapi yang lebih penting adalah merawat tanaman yang ditanam.

9. Upaya pelestarian keanekaragaman hayati yang disebutkan dalam paragraf di atas adalah ......

10.
Gambar di atas merupakan contoh kegiatan yang dapat merusak lingkungan yaitu ........

Kunci Jawaban
A. Soal I
1. Angin
2. Air
3. Bahan bakar organik
4. Mengalir tenang
5. Persaudaraan, persatuan dan kesatuan masyarakat
6. Pekerjaan
7. Mengembangkan persediaan stok biomassa untuk kebutuhan energi, bisa pada lahan masyarakat atau lahan umum seperti tanah desa. Inovasi juga perlu dilakukan seperti pengembangan alternatif sumber energi dari kayu bulat menjadi serbuk, pemanfaatan sekam atau yang banyak berkembang adalah biogas
8. Usaha pelestarian kekayaan hayati
9. Melakukan penghijauan/reboisasi
10. Penebangan liar


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia  ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 9 Subtema 3 File ini dalam Bentuk .pdf File Size 60kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal kelas 4 tema 9 subtema 3
    • soal tema 9 subtema 3 kelas 4 sd
    • kisi kisi soal kelas 4 tema 9 subtema 3
    • soal tema 9 kelas 4 revisi 2020
    • soal tema 9 kelas 4 revisi 2021
    • soal sbdp kelas 4 tema 9 subtema 3
    • soal ulangan tema 9 kelas 4  Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia
    • soal tema 9 kelas 4 revisi 2019
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022