Lengkap - Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 5 Subtema 3 Pengetahuan

Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 5 Subtema 3 Pengetahuan - Adik adik dimana saja berada, pada kesempatan yang baik ini tentunya kakak telah menyiapkan beberapa contoh soal yang mungkin adik adik butuhkan soal ini kakak ambi dari contoh soal latihan ulangan harian atau contoh soal penilaian harian yang tersedia untuk adik adik kelas 4 SD/MI, dalam pembahasan soal ini tentang mata pelajaran tematik, tema 5 subtema 3 pengetahuna. Tetap semangat ya!!
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 5 Subtema 3 Pengetahuan
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 5 Subtema 3 Pengetahuan

Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 5 Subtema 3 Pengetahuan

Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 5 Subtema 3 Pengetahuan - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 5 Subtema 3 Pengetahuan ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 5 Subtema 3 Pengetahuan.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 5 Subtema 3 Pengetahuan

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

Kerjakan soal-soal berikut ini !

1. Sebutkan sikap-sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila!
2. Berikan contoh sikap kepahlawanan yang telah kamu terapkan !
3. Perhatikan gambar berikut !

Apakah sikap pada gambar diatas sudah menerapkan nilai – nilai Pancasila?
4. Apa upaya kita menghargai jasa pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan kita?
5. Perhatikan cerita berikut !
Gimin tinggal di Desa Lemah Abang, Karawang. Pekerjaannya sangat mulia. Banyak orang yang telah ia selamatkan. Namun demikian, banyak orang yang tidak peduli terhadap pekerjaan yang ia lakukan. Tidak ada ucapan terima kasih yang diberikan kepadanya. Pendapatannya sangat kecil dan tentunya kurang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Jam istirahatnya tidak menentu. Bahkan suatu saat, ia tidak bisa menikmati makan siangnya karena tiba-tiba ada pekerjaan yang harus ia lakukan. Hari raya pun terkadang ia harus masuk bekerja. Namun, Gimin tetap berusaha untuk bekerja sepenuh hati. Gimin sangat mencintai pekerjaannya. Ia sudah melakukan pekerjaannya hampir 30 tahun lamanya.
Gimin adalah seorang penjaga pintu perlintasan kereta api. Ia sangat bangga dengan pekerjaan yang ia lakukan karena ia bisa menyelamatkan banyak orang, mulai dari pejalan kaki, pengguna sepeda motor, penumpang mobil atau pengguna kendaraan lainnya.  Panas terik atau guyuran air hujan tidak pernah ia pedulikan. Begitu juga dengan suara bising kendaraan. Ia tidak pernah terganggu dengan semua itu. Bahkan, umpatan dari mereka yang marah karena Gimin menutup pintu rel pun ia abaikan. Di dalam pikirannya yang ada  hanyalah usaha untuk menyelamatkan orang-orang.
Amanat apa yang dapat kita pelajari dari cerita diatas?
6. Bacalah teks berikut !
Berbuat baik tidak harus menunggu kaya. Itulah falsafah hidup seorang pria 65 tahun yang tinggal di Sumedang, Jawa Barat. Dengan ketekunan dan kesederhanaan,sang kakek mampu mengubah lahan yang tandus di kaki Gunung Tampomas menjadi lahan hijau.
Kaki Gunung Tampomas dulunya hanyalah padang tandus yang rusak karena penambangan pasir. Setelah pasir habis ditambang, tempat tersebut ditinggal begitu saja kering dan gersang. Tidak ada yang bertanggung jawab. Tidak ada yang dikenai sanksi karena kerusakan ekosistem ini.
Duha  Juhaeri menjadi penyelamat lahan yang rusak. Selama 26 tahun tanpa dibayar, tanpa pamrih, terus berupaya supaya lahan kering menjadi hijau. Usaha kakek ini tidak sia-sia. Kini puluhan petani dan peternak menggantungkan hidup dari jerih payah Juhaeri.
Karena itu ketekunannya pula, sang kakek rajin ini berhasil menjadi peternak. Namun, Juhaeri bukanlah tipe orang egois. Ketika berhasil, dia membagi kebahagiaan itu kepada penduduk sekitar untuk diajak menjadi peternak.
Kini Kakek Juhaeri menuai kebahagiaan dari benih kebaikan yang ditabur. Hanya dengan upaya sederhana, Juhaeri ternyata mampu mengubah dari tiada menjadi ada. Dari kerusakan menjadi keteduhan. Untuk berbuat baik, perlu usaha yang tiada henti.(Sumber: Liputan6.com)
Informasi apa yang kamu peroleh dari bacaan teks diatas !
7. Apa langkah-langkah menyusun karangan nonfiksi?
8. Tuliskan satu paragraf tentang teman mu !
9. Siapa dan darimana Sultan Iskandar Muda?
10. Pahlawan nasional yang populer dengan peristiwa 10 November  di Surabaya, yang terkenal karena perannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda yang membonceng tentara NICA bernama …..
11. Pahlawan nasional Indonesia telah sangat berjasa dalam kemerdekaan Indonesia. Sebutkan 5 pahlawan nasional yang kamu ketahui !
12. Kapan hari pahlawan diperingati?
13. Siapakah pencipta lagu “Hari Merdeka”?
14. “Tak gentar-tak gentar, Menyerang-menyerang Majulah-majulah menang”, merupakan penggalan dari lagu yang berjudul …..
15. Jika birama dalam sebuah lagu adalah 4/4 itu menunjukkan bahwa dalam satu birama terdapat 4 ketukan. Satu ketukan akan bernilai …..
16. Tangga nada ke 3 yaitu …..
17. Sebutkan macan macam cermin !
18. Perhatikan gambar dibawah ini !

Bagian sisi belakang sendok merupakan salah satu contoh dari cermin …..
19. Alat optik yang berfungsi untuk mengamati benda dalam jarak jauh atau berada dalam sudut tertentu, banyak digunakan oleh kapal selam disebut …..
20. Sebutkan contoh penggunaan cerming cembung dan cermin cekung dalam kehidupan sehari-hari!

Kunci Jawaban
1. Membantu teman yang mengalami kecelakaan, mengumpulkan sumbangan untuk korban bencana, kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar
2. Saya ikut menjaga kebersihan kebersihan lingkumngan sekitar
3. Benar, karena meminta maaf atau memaafkan apabila melakukan kesalahan merupakan pengamalan sila ke 2 yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab
4. Belajar dengan rajin, mengamalkan nilai Pancasila, saling menghargai antar sesama
5. Tetaplah berbuat baik dan memberi manfaat untuk orang lain
6. Lahan tandus Gunung Tampomas dirubah menjadi lahan yang hijau oleh Duha Juhaeri selama 26 tahun dan ia juga berhasil menjadi perternak yang  bermanfaat bagi penduduk sekitar
7. Menentukan tema, Merumuskan tujuan, Mengumpulkan dan menganalisis data, Menyusun kerangka karangan, Menyusun paragraf
8. Teman saya namanya tatag, lahir pada tanggal 26 Agustus 2008, dia sekanga sekolah di SD N Jurug kelas IV, dia merupakan anak yang rajin dan pendiam, hobi dia adalah bermain sepak bola
9. Sultan yang memimpin Kesultanan Aceh dalam melawan penjajahan
10. Bung Tomo
11. Pattimura, Hassanudin, Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, Cut Nyak Dien
12. 10 November
13. H. Mutahar
14. Maju Tak Gentar
15. 1/4
16. Mi
17. Cermin Datar, Cermin Cekung, Cermin Cembung
18. Cembung
19. Periskop
20. Cermin cembung = Spion motor/mobil
Cermin Cekung = Pemantul ada lampu senter

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 5 Subtema 3 Pengetahuan ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 5 Subtema 1 File ini dalam Bentuk .pdf File Size 60kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal kelas 4 tema 5 subtema 3
    • soal tema 5 subtema 3 kelas 4 sd
    • kisi kisi soal kelas 4 tema 5 subtema 3
    • soal tema 5 kelas 4 revisi 2020
    • soal tema 5 kelas 4 revisi 2021
    • soal sbdp kelas 4 tema 5 subtema 3
    • soal ulangan tema 5 kelas 4 Masyarakat Peduli Lingkungan
    • soal tema 5 kelas 4 revisi 2019
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022