Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Call Forwarding di Android dengan Mudah

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Call Forwarding di Android - Call Forwarding atau yang lebih dikenal dengan pengalihan panggilan adalah salah satu fitur yang bisa Anda gunakan pada Android. Fungsinya adalah untuk mengalihkan panggilan dari nomor utama ke nomor yang lain. Misalnya, handphone utama Anda sedang dalam keadaan low battery dan dikhawatirkan ada telepon yang masuk maka Anda bisa alihkan ke nomor yang berada pada handphone lain. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi akan tidak terjawabnya panggilan yang masuk.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Call Forwarding di Android dengan Mudah
Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Call Forwarding di Android dengan Mudah
Fitur pengalihan panggilan ini berbeda-beda pada setiap kartu SIM yang ada, jadi Anda tidak bisa menggunakan kode yang sama untuk pengalihan panggilan. Anda harus menyesuaikan kode yang digunakan nanti sesuai kartu yang Anda gunakan.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Pengalihan Panggilan pada Semua Operator

Berikut adalah rincian kode untuk mengaktifkan dan menonaktifkan call forwarding pada masing-masing operator:
Ket : Ganti “…” menjadi nomor tujuan

Berikut cara penggunaannya:
  1. Silakan Anda buka aplikasi telepon bawaan pada HP Anda.
  2. Setelah itu, Anda bisa lihat kode di atas untuk kode dari operator yang Anda gunakan. Apabila tidak terdaftar biasanya masih memiliki kode yang sama dengan CF Unconditional baik dalam mengaktifkan maupun menonaktifkannya. Sebagai contoh saya menggunakan kartu Telkomsel maka saya mencoba dial ke **21*No Tujuan#
  3. Setelah proses dial berhasil nanti akan muncul pesan yang bertuliskan “Penerusan panggilan Pendaftaran berhasil”. 
  4. Kemudian apabila Anda melihat pada floating bar di atas maka akan terdapat pesan bahwa Anda sedang meneruskan semua panggilan (karena saya memilih tipe CF Unconditional).
  5. Untuk menonaktifkannya Anda hanya perlu dial kembali dengan menggunakan kode nonaktif. Berarti di sini saya menggunakan kode ##21#, lalu tunggu sampai muncul pesan “Penerusan panggilan Penghapusan berhasil”.

Nah sampai sini Anda sudah tahu bagaimana cara mengaktifkan dan menonaktifkan fitur pengalihan panggilan. Adapun untuk lebih jelasnya tentang masing-masing conditional akan dijelaskan di bawah ini:
  • Call Forward Unconditional : Fungsinya yaitu, untuk mengalihkan semua panggilan yang masuk ke nomor lain tanpa harus ada syarat tertentu (Biasanya ini yang paling banyak digunakan karena lebih praktis).
  • Call Forward Default : Fungsinya yaitu, untuk mengalihkan semua panggilan yang masuk ke nomor lain ketika kondisi pengguna sedang sibuk , tidak ada respon atau sedang berada diluar jangkauan. Berarti CF Default ini mewakili semuanya, masih tidak beda jauh dengan CF Unconditional hanya saja CF ini lebih spesifik.
  • Call Forward Busy : Adapun CF ini khusus jika pengguna sedang sibuk saja maka nomor akan dialihkan.
  • Call Forward No Reply : Sedangkan yang terakhir berfungsi untuk mengalihkan ke nomor lain ketika tidak ada jawaban saja.
Kesimpulan
Meskipun teknologi saat ini makin maju dengan adanya telepon alternatif yang menggunakan basis VOIP (Voice Over Internet Protocol) seperti, WhatsApp, Telegram, Messenger, Line dll. Namun, fitur ini sebenarnya masih memiliki manfaat. Dengan adanya fitur ini, pengguna lebih mudah untuk mengarahkan panggilan yang masuk sehingga komunikasi tetap terjalin. Mungkin di masa yang akan datang voice call yang berbasis VOIP juga bisa melakukan call forwarding.

Yuk kunjungi situs seputar teknologi yang membahas problem solving komputer, android, tips informasi, belajar desain, tutorial Mikrotik dan tutorial lainnya di: Kacateknologi.



Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel