Rangkuman Materi Masuknya Hindhu Budha di Indonesia Lengkap

Rangkuman Materi Masuknya Hindhu Budha di Indonesia Lengkap - Indonesia, negara yang kita tempati sekarang. Kini, Indonesia identik dengan penduduknya mayoritas beragama Islam. Namun, sebenarnya, agama yang pertama kali dikenal oleh penduduk Indonesia (yang dulunya Nusantara) adalah agama Hindu dan Buddha. Nah, bagaimana sehingga agama tersebut menjadi agama yang pertama kali dikenal di Nusantara ? Siapa yang memperkenalkan agama tersebut ? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.....
Rangkuman Materi Masuknya Hindhu Budha di Indonesia Lengkap
Rangkuman Materi Masuknya Hindhu Budha di Indonesia Lengkap

Sebelum berbicara mengenai proses masuknya agama tersebut ke Indonesia, saya akan membahas proses munculnya kedua agama tersebut di dunia.

A. Lahirnya Agama Hindhu
Agama hindhu lahir pada 1500 SM yang merupakan akulturasi antara Bangsa Arya dan Dravida di lembah Sungai Indus, India. Kitab suci agama hindhu yaitu Weda yang terbagi atas 4 buah kitab yaitu Reg-Weda, Sama-Weda, Yajur-Weda, dan Atharwa-Weda. Dalam agama hindhu dewa yang terkenal banyak dewa, dan 3 dewa tertinggi disebut Trimurti. Dewa Brahma(pencipta), Dewa Wisnu(pemelihara), Dewa Siwa(perusak).

Candi Borobudur Salah Satu Peninggalan Budha di Indonesia - Sumber gambar: ritaelfianis.com
Masyarakat Hindhu terbagi dalam kasta-kasta yang disebut Catur Warna:
1. Kasta Brahma(Pendeta)
2. Kasta Ksatria(Prajurit/Bangsawan)
3. Kasta Waisya(Pedagang, Petani, dsb)
4. Kasta Sudra(Rakyat biasa/budak)
Sedangkan orang yang dibawahnya lagi disebut kasta Paria yaitu golongan pengemis.

B. Lahirnya Agama Budha
Agama Budha lahir pada abas 5 SM yang merupakan ajaran dari Sidharta Gautama, munculnya agama Budha akibat adanya reaksi tentang sisem kasta dalam agama Hindhu. Kitab agama Budha yaitu Tripitaka yang memili arti keranjang. Di agama Budha tidak mengenal Kasta dan Dewa, dan mengenal kepercayaan Reinkarnasi.

C. Teori Masuknya Agama Hindhu-Budha Ke Indonesia

1. Teori Ksatria (R.C Majumdar)
Dr. Ramesh Chandra Majumdar - Sumber gambar: rameshchandramajumdar.com
Teori ini dikemukakakn oleh R.C Majundar, yang menyimpulkan bahwa agama Hindhu-Budha dibawa oleh para prajurit yang kalah perang di India dan melakukan kolonisasi di Indonesia. Teori ini memiliki kelamahan karena tidak ada bukti tentang ekspansi praurit India ke Indonesia.

2. Teori Waisya (N.J Kroom)
Bahwa agama Hindhu-Budha dibawa oleh para pedagang, akan tetapi kelemahan teori ini adalah di India para pedagang tidak diajari cara membaca kitab Weda sehingga mereka tidak bisa menyebarkannya.

3. Teori Brahmana (J.C Van Leur)
Agama dibawa oleh pendeta yang diundang raja di Indonesia. Kelemahan dari teori ini adalah para pendeta memiliki pantangan/larangan untuk menyebrangi lautan. Sedangkan Indonesia dan India terpisah oleh lautan, jadi mustahil bagi para pendeta untuk sampai ke Indonesia tanpa menyebrangi lautan.

4. Teori Arus Balik
Menurut teori ini agama Hindhu-Budha dibawa oleh para pelajar dari Indonesia yang belajar di India lalu kembali lagi dan menyebarkan agama di Indonesia.

Nah, itu tadi rangkuman materi tentang Teori Masuknya Agama Hindhu Budha di Indonesia. Apabila ada kesalahan penulisan ataupun kosakata saya mohon maaf. Jika ada hal yang kurang jelas, kritik dan saran silahkan ditulis di kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Penulis itdadakan



Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel