ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Lengkap - e-Modul Pembelajaran Geografi Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA

e-Modul Pembelajaran Geografi Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA  - Hai adik adik yang baik, yang sedang duduk dibangku kelas X, kelas XI dan kelas XII SMA/MA, kali ini kakak ingin memebagikan kepada adik adik mengenai modul Pembelajaran Geografi yang bisa adik adik download pada link dibawah, sepertinya yang kita ketahui bersama bahwa modul pembelajaran ini juga disediakan untuk ibu dan Bapak guru serta Orang tua. Semoga bermanfaat.

Modul termasuk salah satu hal penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Modul sedikit berbeda dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dimana akan bernilai sangat baik jika guru yang mengajar, merancang atau menyusun langsung RPP yang akan digunakan. Sedagkan modul, masih baik jika kita menggunkan modul yang disusun oleh orang lain, selama modul yang disusun sudah kita pelajari dan kita anggap cocok untuk anak didik.
Lengkap - e-Modul Pembelajaran Geografi Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA
Lengkap - e-Modul Pembelajaran Geografi Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA

e-Modul Pembelajaran Geografi Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA  - Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis, didalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan didesain untuk membantu peserta didik menguasai tujuan belajar yang spesifik. Modul minimal memuat tujuan pembelajaran, materi/substansi belajar, dan evaluasi.

Penulisan modul bertujuan :
  1. Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal.
  2. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera, baik siswa atau peserta diklat maupun guru/instruktur.
  3. Dapat digunakan secara tepat dan bervariasi, seperti :
  4. Meningkatkan motivasi dan gairah belajar bagi siswa atau peserta diklat;
  5. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya,
  6. Memungkinkan siswa atau peserta diklat belajar mandiri sesuai kemampuan dan
  7. minatnya.
  8. Memungkinkan siswa atau peserta diklat dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri
  9. hasil belajarnya.
Secara umum ilmu Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), geografi adalah ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi. Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), geografi merupakan studi tentang beragam lingkungan, tempat, dan ruang bumi serta interaksi mereka. Geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu Geo yang berati bumi dan Graphein yang berati tulisan. Sehingga saat digabungkan menjadi tulisan bumi atau deskripsi bumi. Ada beragam definisi mengenai geoagrafi yang disampaikan oleh para ahli, baik dari luar negeri maupun dalam negeri.

Pengertian Geografi menurut ahli Berikut adalah definisi geografi menurut para ahli: Claudius Ptolemaeus Ptolemy Dalam bukunya berjudul Guide to Geography (abad ke-2 M), Ptolemy mendefinisikan geografi sebagai "representasi dalam gambar-gambar seluruh dunia yang diketahui bersama dengan fenomena yang terkandung di dalamnya. Erathostenes Erathostenes merupakan seorang pustakawan, geografer, matematikan, astronom, sejarawan, dan penyair. Erathostenes berpendapat istilah geografi berasal dari kata geographica yang berati penulisan atau penggambaran tentang bentuk muka bumi. Dalam buku Pengantar Sistem Informasi Geografis: Sejarah, Definisi dan 

Konsep Dasar (2019) karya Rolly Maulana Awangga, dalam karya jilid tiganya Geografi, ia menggambarkan dan memetakan seluruh dunia yang dikenalnya. Baca juga: Kondisi Geografi Asia Tenggara: Luas dan Bentangnya Bahkan membagi bumi menjadi lima zona iklim. Dua zona pembekuan di sekitar kutub, dua zona beriklim sedang, dan sebuah zona yang meliputi khatulistiwa dan daerah tropis. Karl Ritther Karl Ritther memberikan definisi geografi ada suatu telaah mengenai bumi sebagai tempat hidup manusia. Studi geogragrafi mencakup berbagai macam fenomena di permukaan bumi. 

Lobeck Menurut Lobeck, geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan-hubungan yang terbentuk antara kehidupan dengan lingkungan. Preston E. James Preston E. James mengungkapkan bahwa geografi merupakan induk dari segala ilmu pengetahuan atau mother of all science. Baca juga: Tasya 

Kamila Kini Jadi Guru Geografi, Ini Alasannya Ia menilai karena semua studi mencoba mempelajari bumi, maka semua analisis awalnya berasal dari geografi. Dari geografi, kemudian bercabang ke studi-studi lainnya. Ferdinan von Richoffen Geografi menurut Ferdinan von Richoffen sebagai studi tentang gejala dan sifat-sifat permukaan bumi. Di mana yang disusun berdasarkan letak dan mencari hubungan timbal balik antara gejala dan sifat-sifat itu. Alexander von Humboldt Menurut Alaxander, geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia. Bintarto Geografi menurut 

Biantarto, geografi sebuah ilmu mempelajari mengenai hubungan kausal yang ada pada gejala-gejala permukaan bumi.

Modul Pembelajaran Geografi 

Ini merupakan kumpulan Modul Pembelajaran Geografi yang sudah disusun sedemikian rupa sehingga bisa didownload dengan gratis pada link dibawah ini :

Modul Pembelajaran PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas 10

1KD 3.1: Pengetahuan Dasar Geografi.pdfDownload
2KD 3.2: Dasar-dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG).pdfDownload
3KD 3.3: Langkah-langkah Penelitian Geografi.pdfDownload
4KD 3.4: Bumi Sebagai Ruang Kehidupan.pdfDownload
5KD 3.5: Dinamika Litosfer dan Dampaknya Bagi Kehidupan.pdfDownload
6KD 3.6: Dinamika Atmosfer dan Dampaknya Bagi Kehidupan.pdfDownload
7KD 3.7: Dinamika Hidrosfer.pdfDownload

Ini merupakan kumpulan Modul Pembelajaran Geografi Yang sudah disusun sedemikian rupa sehingga bisa didownload dengan gratis pada link dibawah ini :

Modul Pembelajaran PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas 11

1KD 3.1: Indonesia Sebagai Proros Maritim.pdfDownload
2KD 3.2: Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia.pdfDownload
3KD 3.3: Sebaran dan Pengolahan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan dan Pariwisata.pdfDownload
4KD 3.4: Ketahanan Pangan Nasional, Penyediaan Bahan Industri, Serta Postensi energi Baru dan terbarukan di Indonesia.pdfDownload
5KD 3.5: Dinamika Kependudukan di Indonesia.pdfDownload
6KD 3.6: Dinamika Atmosfer dan Dampaknya Bagi Kehidupan.pdfDownload
7KD 3.7: Mitigasi Bencana Alam.pdfDownload

Ini merupakan kumpulan Modul Pembelajaran Geografi yang sudah disusun sedemikian rupa sehingga bisa didownload dengan gratis pada link dibawah ini :

Modul Pembelajaran PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas 12

1KD 3.1: Konsep Wilayah Dalam Perencanaan Tata Ruang.pdfDownload
2KD 3.2: Pola Keruangan Desa dan Kota.pdfDownload
3KD 3.3: Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG).pdfDownload
4KD 3.4: Negara Maju dan Negara Berkembang Dalam Konteks Pasar Bebas.pdfDownload

e-Modul Pembelajaran Geografi Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA  - Semoga dengan Kumpulan Modul Geografi ini bisa memberikan guna untuk memudahkan Ibu Bapak Guru atau siswa dan siswi dalam menilik setiap materi pembelajaran yang telah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selamat belajar dan berkarya semoga sukses. Jangan lupa komentar dan saran dibawah ini. Jika ingin menghubungi saya bisa lewat Sosial media dan kontak pesan email.

Baca Juga yang sejenis
Pencarian yang paling banyak dicari 
  • modul Geografi kelas 11
  • download buku Geografi kelas 10
  • materi Geografi kelas 10 semester 2 k13
  • kunci jawaban lks Geografi kelas 10 semester 1 kurikulum 2013
  • modul Geografi sd
  • buku Geografi kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2021
  • materi Geografi kelas 12
  • kunci jawaban lks Geografi kelas 10 semester 2 kurikulum 2013
  • revisi 2020, revisi 2021, revisi 2022, revisi 2023