Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lengkap - [IPA] e-Modul Pembelajaran Sejarah Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA

Modul Pembelajaran Sejarah Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA  - Hai adik adik yang baik, nah pada kesempatan kali ini kakak ingin membagikan kepad adik adik mengenai modul pembelajaran Sejarah untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang akan kakak bagikan kepada adik adik. Modul ini dikhususkan untuk adik adik kelas X, kelas XI dan kelas XII. Semoga dengan adanya modul ini bisa menambah wawasan adik adiks sekalian. Tetap semgat!!

Modul termasuk salah satu hal penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Modul sedikit berbeda dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dimana akan bernilai sangat baik jika guru yang mengajar, merancang atau menyusun langsung RPP yang akan digunakan. Sedagkan modul, masih baik jika kita menggunkan modul yang disusun oleh orang lain, selama modul yang disusun sudah kita pelajari dan kita anggap cocok untuk anak didik.
Modul Pembelajaran Sejarah Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA
Modul Pembelajaran Sejarah Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA

Modul Pembelajaran Sejarah Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA  - Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis, didalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan didesain untuk membantu peserta didik menguasai tujuan belajar yang spesifik. Modul minimal memuat tujuan pembelajaran, materi/substansi belajar, dan evaluasi.

Penulisan modul bertujuan :
  1. Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal.
  2. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera, baik siswa atau peserta diklat maupun guru/instruktur.
  3. Dapat digunakan secara tepat dan bervariasi, seperti :
  4. Meningkatkan motivasi dan gairah belajar bagi siswa atau peserta diklat;
  5. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya,
  6. Memungkinkan siswa atau peserta diklat belajar mandiri sesuai kemampuan dan
  7. minatnya.
  8. Memungkinkan siswa atau peserta diklat dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri
  9. hasil belajarnya.
Pembelajaran sejarah merupakan bidang ilmu yang memiliki tujuan agar setiap peserta didik membangun kesadaran tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini dan masa depan sehingga peserta didik sadar bahwa dirinya merupakan bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki rasa bangga dan cinta tanah air yang dapat diimplementasikan dalam berbagai kehidupan baik nasional maupun internasional (Widja, 1989:30). Pembelajaran sejarah ini mempunyai peranan dalam upaya pembentukan karakter bangsa dan menanamkan nilai budaya. Tujuan pembelajaran sejarah menurut Kasmadi (1996:13) adalah untuk menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air, bangsa dan negara. Materi dalam pembelajaran sejarah ini mampu untuk mengembangkan potensi peserta didik untuk lebih mengenal nilai-nilai bangsa yang diperjuangkan pada masa lampau, dipertahankan, dan disesuaikan untuk masa yang kini dan dikembangkan dimasa yang akan datang, juga dalam sejarah dipaparkan mengenai berbagai peristiwa dan kejadian yang nyata yang telah terjadi dimasa lampau, bukan hanya karangan fiktif belaka, seperti kegigihan para pejuang melawan penjajah dalam mempertahankan harga diri bangsa.

Pembelajaran sejarah merupakan cabang ilmu pengetahuan yang menelaah tentang asal-usul dan perkembangan serta penanan maasyarakat pada masa lampau yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak dan kepribadian peserta didik (Sapriya, 2012:209-210). Pembelajaran sejarah berfungsi untuk menyadarkan peserta didik akan adanya proses perubahan dan perkembangan masyarakat dalam dimensi waktu dan untuk membangun perspektif serta kesadaran sejarah dalam menemukan, memahami, dan menjelaskan jati diri bangsa di masa lalu, masa kini, dan masa depan di tengah-tengah perubahan dunia (Depdiknas, 2003:6). Pembelajaran sejarah juga merupakan cara untuk membentuk sikap sosial. Adapun sikap sosial tersebut antara lain: saling menghormati, menghargai perbedaan, toleransi dan kesediaan untuk hidup berdampingan dalam nuansa multikulturalisme (Susanto, 2014:62).

Pembelajaran sejarah memiliki peran yang sangat penting di dalam pembentukan watak, sikap dan perkembangan bangsa yang bermakna dalam pembentukan bangsa Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan, intelektual, menghargai perjuangan bangsanya dan rasa nasionalisme. Menurut Sapriya (2012:209) pembelajaran sejarah memiliki cakupan materi sebagai berikut: (1) mengandung nilai-nilai kepahlawanan, keteladanan, kepeloporan, patriotisme, nasionalisme, dan semangat pantang menyerah yang mendasari proses pembentukan watak dan kepribadian peserta didik; (2) memuat khasanah mengenai peradaban bangsa-bangsa termasuk peradaban bangsa Indonesia; (3) menanamkan kesadaran persatuan dan persaudaraan serta solidaritas untuk menjadi pemersatu bangsa dalam menghadapi ancaman disintegrasi; (4) memuat ajaran moral dan kearifan yang berguna dalam mengatasi krisis multidimensi yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari; (5) menanamkan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab dalam memelihara keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup.

Modul Pembelajaran Sejarah IPA 

Ini merupakan kumpulan Modul Pembelajaran Sejarah kelas X SMA/MA yang sudah disusun sedemikian rupa sehingga bisa didownload dengan gratis pada link dibawah ini:

Modul Pembelajaran Sejarah IPA Kelas 10 (Sepuluh)

1KD 3.1: Konsep Berpikir Sinkronik dan Diakronik Dalam Sejarah.pdfDownload
2KD 3.2: Perubahan dan Keberlanjutan Dalam Sejarah Indonesia.pdfDownload
3KD 3.3: Kehidupan Manusia Pruba dan Asal Usul Nenek Moyang.pdfDownload
4KD 3.4: Kehidupan Masyarakat Praaksara Indonesia.pdfDownload
5KD 3.5: Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu.pdfDownload
6KD 3.6: Perkembangan Kehidupan Masyarakat Pemerintah dan Budaya Pada Masa Kerajaan-Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia.pdfDownload
7KD 3.7: Teori Tentang Proses Masuknya Agama dan Kebudayaan Islam ke Indonesia.pdfDownload
8KD 3.8: Perkembangan Kehidupan Masyarakat Pada Masa Kerajaan Islam.pdfDownload

Ini merupakan kumpulan Modul Pembelajaran Sejarah kelas XI SMA/MA Yang sudah disusun sedemikian rupa sehingga bisa didownload dengan gratis pada link dibawah ini:

Modul Pembelajaran Sejarah IPA Kelas 11 (Sebelas)

1KD 3.1: Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia.pdfDownload
2KD 3.2: Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Bangsa Barat.pdfDownload
3KD 3.3: Dampak Politik, Budaya, Sosial, Ekonomi, dan Pendidikan Pada Masa Penjajahan Bangsa Eropa.pdfDownload
4KD 3.4: Sumpah Pemuda.pdfDownload
5KD 3.5: Pendudukan Jepang Di Indonesia.pdfDownload
6KD 3.6: Peran Tokoh-tokoh Nasional dan Daerah Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.pdfDownload
7KD 3.7: Proklamasi Kemerdekaan dan Maknanya Bagi Bangsa Indonesia.pdfDownload
8KD 3.8: Pembentukan Pemerintahan Awal Indonesia.pdfDownload
9KD 3.9: Peran Serta Nilai-nilai perjuangan Proklamator Bung KArno dan Bung Hatta di Sekitar Proklamasi.pdfDownload
10KD 3.10: Strategi Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.pdfDownload

Ini merupakan kumpulan Modul Pembelajaran Sejarahkelas XII SMA/MA yang sudah disusun sedemikian rupa sehingga bisa didownload dengan gratis pada link dibawah ini:

Modul Pembelajaran Sejarah IPA Kelas 12 (Duabelas)

1KD 3.1: Upaya Bangsa Indonesia Dalam Menghadapi Distegegrasi Pada Awal Kemerdekaan.pdfDownload
2KD 3.2: Perjuangan Tokoh Nasional dan Daerah Dalam Mempertahankan Keutuhan Negara dan Bangsa Indonesia Pada Masa 1945-1965.pdfDownload
3KD 3.3: Indonesia Pada Masa Awal Kemerdekaan Sampai Masa Demokrasi Liberal.pdfDownload
4KD 3.4: Kehidupan Politik dan Ekonomi Bangsa Indonesia Masa Demokrasi Terpimpin.pdfDownload
5KD 3.5: Indonesia Pada Masa Orde Baru.pdfDownload
6KD 3.6: Perkembangan Kehidupan Politik dan Ekonomi Bangsa Indonesia Pada Masa Awal Reformasi.pdfDownload
7KD 3.7: Peran Pelajar, Mahasiswa, dan Pemuda Dalam Perubahan Politik dan Ketatatnegaraan.pdfDownload
8KD 3.8: Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia.pdfDownload
9KD 3.9: Transformasi Teknologi di Indonesia Dalam Perjalanan Sejarahnya.pdfDownload

Modul Pembelajaran Sejarah Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA  - Semoga dengan Kumpulan Modul Biologi ini bisa memberikan guna untuk memudahkan Ibu Bapak Guru atau siswa dan siswi dalam menilik setiap materi pembelajaran yang telah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selamat belajar dan berkarya semoga sukses. Jangan lupa komentar dan saran dibawah ini. Jika ingin menghubungi saya bisa lewat Sosial media dan kontak pesan email.

Baca Juga yang sejenis
Pencarian yang paling banyak dicari 
  • modul Sejarah IPA kelas 11
  • download buku Sejarah IPA kelas 10
  • materi Sejarah IPA kelas 10 semester 2 k13
  • kunci jawaban lks Sejarah IPA  kelas 10 semester 1 kurikulum 2013
  • modul Sejarah IPA sd
  • buku Sejarah IPA kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2021
  • materi Sejarah IPA  kelas 12
  • kunci jawaban lks Sejarah IPA kelas 10 semester 2 kurikulum 2013
  • revisi 2020, revisi 2021, revisi 2022, revisi 2023