ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Informasi Kalender Terlengkap di Enkosa.Com

Informasi Kalender Terlengkap di Enkosa.Com - Kalender Adalah suatu cara yang teratur dan disepakati untuk menandai unsur rentang waktu yang tidak terbatas dalam daur dan hukum tertentu. Kegunaannya sudah tentu tergantung dari komunitas yang menyepakatinya. Misalnya untuk menentukan daur musim, kegiatan religius, mengukur panjang kurun dan sebagainya.

Informasi Kalender Terlengkap di Enkosa.Com
Informasi Kalender Terlengkap di Enkosa.Com

Informasi Kalender Terlengkap di Enkosa.Com - Dalam kegiatan sehari-hari kita selalu menggunakan kalender sebagai acuan dalam berbagai aktivitas. Merencanakan suatu acara event juga selalu menggunakan kalender sebagai patokan, salah satunya kegiatan event yang memperingati suatu hari penting seperti lomba menari sebagai bentuk memperingati hari kartini.

Tidak terkecuali dalam hal bertani, di Indonesia sendiri kegiatan bertani selalu mengikuti kalender. Meskipun kalender tersebut merupakan gabungan dari kalender Gregorian dan Kalender Bulan. Namun dalam berkehidupan peran kalender tidak lepas dalam berbagai keperluan.

Dibawah ini merupakan beberapa kalender yang digunakan di Indonesia.

1. Kalender Gregorian/Masehi

Kalender Masehi merupakan kalender yang paling banyak digunakan di Dunia termasuk di Indonesia. Hampir semua masyarakat Indonesia menggunakan kalender ini sebagai patokan dalam kehidupan sehari-hari. Namun tahukan kamu sejarah dari Kalender Gregorian atau Kalender Masehi ini, berikut penjelasannya.

Setiap perhitungan kalender selalu berdasarkan dari penglihatan terhadap benda-benda langit sebagai acuannya. Diantaranya adalah penentuan garis busur cahaya pertama dipermukaan bulan, pada kalender ritual Islam.

Namun, sering terjadi kericuhan mengenai standar dalam kesepakatannya. Untuk keperluan duga dini atau pencetakan kalender, tetap diperlukan kalender perkiraan, sedangkan ketelitiannya akan sama-sama dimaklumi perihal geser menggesernya.

Kalender Gregorian (Masehi) juga berdasar benda langit - matahari. Observasi tidak mutlak diperlukan dari waktu ke waktu. Karena itu pendahulunya, kalender Julian, menerapkan kekeliruan berlarut-larut sampai 15 abad lebih lamanya. Karena itu kalender Julian direnovasi menjadi Gregorian dengan memperbaiki aturannya, dan memusnahkan 10 tanggal agar cocok dengan patokan semula.

2. Kalender Hijriyah

Kalender Hijriyah seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, merupakan kalender berbasis garis busur cahaya pertama dipermukaan bulan. Dibandingkan kalender Masehi, kalender Hijriyah selalu maju 11 hari hal ini yang mempengaruhi hari raya muslim selalu maju 11 hari setiap tahunnya.

3. Kalender Bali

Kalender Bali merupakan kalender yang berkembang dalam masyarakat Hindu di Bali yang biasa disebut sebagai Kalender Bali. Sebuah kalender yang di dalamnya berisi beberapa gabungan kalender, seperti kalender Masehi atau Gregorian, Kalender Saka Bali dan Kalender Tika. 

Detailnya, kalender Saka Bali adalah kalender saka yang berkembang di Bali menggunakan Tarik Candra, Tarik Candra di Bali ialah system penghitungan kalender yang mengabaikan Tarik Surya. Kemudian, Kalender Tika merupakan kalender tradisional Bali yang tidak memperhitungkan Astronomi melainkan hanya mematok berdasarkan Pakuwon atau Wuku dan Wewaran.

Kalender di atas merupakan kalender yang paling banyak digunakan di Indonesia. Terdapat satu website yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk melihat kalender 2021 lengkap seperti kalender masehi, kalender bali, kalender hijriyah yang bernama www.enkosa.com

Selain dapat melihat berbagai macam kalender dengan lengkap, Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai hari-hari besar dan hari libur di tahun 2021 ini, dan juga informasi mengenai sejarah dari hari-hari penting tersebut.

Tidak hanya kalender-kalender umum saja yang bisa di dapatkan informasinya dari website enkosa.com. Kalender-kalender hobi seperti kalender mancing, kalender jadwal moto GP, Bola, Formula 1, kalender religi seperti kalender liturgi, kalender puasa, kalender berdoa umat kristiani semuanya lengkap bisa di temui di website enkosa.com.

Cukup sekian informasi mengenai pengetahuan tentang kalender, jika ada yang ingin di tanyakan silahkan kirimkan pertanyaan Anda melalui group telegram yang telah disediakan atau bisa langsung mengunjungi website www.enkosa.com. terimakasih


Post a Comment

Post a Comment