ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Buku Besar Dan Neraca Setelah Penutupan Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA

Materi Buku Besar Dan Neraca Setelah Penutupan Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Buku Besar Dan Neraca Setelah Penutupan dari mata pelajaran Ekonomi untuk adik adik kelas XII SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Buku Besar Dan Neraca Setelah Penutupan Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA
Materi Buku Besar Dan Neraca Setelah Penutupan Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA

Hai!  Salam sehat dan semangat merdeka belajar! Senang berjumpa dengan kalian anak-anak hebat Indonesia. Selamat berjumpa dalam modul ekonomi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Pada modul sebelumnya anda telah mempelajari persamaan dasar akuntansi. Pemahaman anda tentang persamaan dasar akuntansi merupakan prasyarat agar anda dapat memahami materi tentang siklus akuntansi perusahaan jasa.  

Menurut kodratnya, manusia adalah mahluk ekonomi sekaligus mahluk sosial. Sebagai mahluk ekonomi, manusia berusaha memenuhi kebutuhan hidup melalui kegiatan ekonomi, salah satunya kegiatan produksi. Kegiatan produksi tidak hanya mengubah nilai guna barang, tetapi juga mengubah nilai guna jasa. Istilah jasa berkaitan dengan kegiatan menciptakan sesuatu yang tidak berwujud, tetapi manfaatnya dapat dirasakan oleh manusia. Pihak atau lembaga yang menawarkan jasa disebut perusahaan jasa. Untuk lebih mengetahui dan memahami siklus akuntansi perusahaan jasa, yuk......pelajari materi ini dengan saksama.

Materi yang akan dipelajari pada Tahap Penutupan Siklus Akuntansi. Perusahaan Jasa meliputi Jurnal Penutup, Buku Besar Penutup, Neraca setelah Penutupan dan jurnal pembalik 

Baca Juga

Istilah

  • Buku Besar : Kumpulan transaksi yang sejenis 
  • Debet dan kredit : Istilah yang digunakan dibidang akuntansi 
  • Posting : Proses pencatatan dari jurnal ke buku besar 
  • Harta : Kekayaan yang dimiliki perusahaan 
  • Ikhtisar Laba rugi : Akun yang mencerminkan laba rugi suatu perusahaan 
  • Jurnal Penutup : Jurnal penutup adalah jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk mentransfer saldo dari akun sementara ke akun permanen 
  • Jurnal Pembalik : Jurnal pembalik adalah jurnal untuk membalik jurnal penyesuaian yang menimbulkan akun neraca 
  • Modal : Sumber ekonomi yang dimiliki suatu perusahaan 
  • Neraca : Data keuangan yang memuat harta, utang dan modal 
  • Pasiva : Jumlah utang dan modal 
  • Periode : Waktu kegiatan akuntansi 
  • Saldo : Selisi antara jumlah debet dan kredit 
  • Siklus : merupakan proses dimana aktivitas yang dimulai dari analisis dan pencatatan transaksi bisnis, serta berakhir dengan persiapan untuk aktivitas periode akuntansi 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan  siswa dapat  membuat buku besar setelah penutupan, membuat neraca saldo setelah penutupan dan melakukan dengan penuh ketelitian serta kecermatan. 

B. Uraian Materi 

Bagaimana dengan materi jurnal penutup semoga anda dimudahkan dalam memahaminya. Baik selanjutnya setelah membuat jurnal penutup sesuai dengan siklus akuntansi kita akan melakukan posting ke buku besarnya. Anda masih ingat cara posting dari jurnal ke buku besar!  Untuk posting dari jurnal penutup ke buku besar dapat dilakukan dengan penjelasan berikut: 
 

1. Buku Besar Setelah Penutupan 

Baik sebelum kita memulai pembahasan materi buku besar setelah penutupan, anda harus meyakinkan bahwa jurnal penutup sudah dipahami. Untuk proses posting setelah penutupan silahkan anda perhatikan penjelasan berikut ini: 
 
Contoh  Jurnal Penutup Pendapatan  
Perhatikan arah panah menunjukan proses posting dari Jurnal penutup ke buku besar. Akun yang ada di jurnal penutup sebelah debet kita catat di dalam buku besarnya di sebelah debet dan akun yang di jurnal penutup disebalah kredit kita catat di buku besarnya sebelah kredit, kemudian untuk saldo dihitung. 
Sampai disini apakah proses posting sudah  dipahamai, kalau belum silahkan perhatikan dan pelajari kembali posting di materi sebelumnya.  Selanjutnya kita akan melengkapi buku besar berdasarkan data pada kegiatan pembelajaran 1, untuk memudahkan pemahaman kita tampilkan kembali jurnal penutup Perusahaan Jasa Indah  
   
 
Berikut Buku besar dari Perusahaan Jasa Indah setelah dilakukan jurnal penutup : 

Buku besar di atas adalah buku besar setelah penutup untuk akun pendapatan, beban, prive, sedangkan untuk akun Riil seperti kas, perlengkapan , Peralatan , Utang ( akun Riil)  tidak dibuat jurnal penutup sehingga saldo buku besarnya seperti yang tergambar dalam neraca saldo. 

Baca Juga

 

2. Neraca Saldo Setelah Penutupan 

Sebelum membahasa neraca saldo setelah penutupan, silahkan anda perhatikan secara seksama buku besar setelah penutupan di atas. Berdasarkan nilai saldo setiap akun yang dibuatkan jurnal penutup secara keseluruhan di buku besarnya  bersaldo nol. Hal ini sesuai dengan penjelasan terkait dengan tujuan membuat jurnal penutup, coba silahkan dibaca lagi. Baik dengan selesainya kita membuat buku besar setelah penutupan maka kita akan menyusun neraca saldo setelah penutupan. Neraca saldo setelah penutupan adalah daftar akun dan saldonya pada awal periode berikutnya sebagai dasar pencatatan periode tersebut, tujuan dibuatnya neraca saldo setelah penutupan unutk memastikan jumlah aktiva sama dengan pasiva ( utang dan modal)  Baik kita susun neraca saldo dari Perusahaan Jasa Indah  sebagai berikut : 

Perusahaan Jasa Indah 
Neraca Saldo Setelah Penutupan 
Per 31 Desember 2019 
 
 
Berdasarkan neraca saldo setelah penutupan di atas, akun yang ada pada neraca tersebut hanya akun riil (harta, uang dan modal). 
Bagaimana sampai disini ada yang masih belum dipahami, jika belum silahkan untuk baca kembali dengan teliti dan jika ada teman atau saudara yang dianggap memiliki pengetahuan tentang akuntansi silahkan berdiskusi. 

C. Rangkuman 

  1. Buku besar setelah jurnal penutup adalah buku besar yang mencatat hasil penutupan akun sementara 
  2. Posting ke buku besar setelah penutupan dilakukan dengan cara : 
    • Di jurnal penutup debet maka dibuku besarnya dicatat sebelah debet 
    • Di jurnak penutup kredit maka dibuku besarnya dicatat disebelah kredit 
  3. Buku besar setelah penutupan seluruh akun pendapatan, beban, ikhtisar laba rugi dan prive bersaldo nol kecuali modal 
  4. Neraca setelah penutupan merupakan daftar yang memuat akun riil (harta, utang dan modal) 

D. Penugasan Mandiri  

Pada kegiatan pembelajaran tidak ada penugasan secara khusus, akan tetapi anda dapat memperkaya sendiri dengan mencari contoh proses posting. 

E. Latihan Soal 

Setelah anda selesai mempelajari materi pada kegiatan pembelajaran ke 2 , silahkan untuk mengerjakan latihan soal  berikut : 

Perhatikan Jurnal penutup dibawah ini 


Dari jurnal penutup diatas postinglah ke buku besar . 
Kunci jawab latihan soal kegiatan pembelajaran  2 

Baca Juga

 

F. Penilaian Diri 

Setelah selesai anda mempelajari materi pada kegiatan pembelajaran ke 2 silahkan untuk mengisi format penilaian diri sesuai dengan petunjuk penggunaan modul diatas 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Buku Besar Dan Neraca Setelah Penutupan Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Buku Besar Dan Neraca Setelah Penutupan File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • neraca saldo setelah penutupan
    • contoh soal siklus akuntansi perusahaan dagang beserta jawabannya
    • siklus akuntansi perusahaan dagang - pdf
    • contoh jurnal penutup
    • contoh akuntansi perusahaan dagang
    • buku ekonomi kelas 12
    • materi akuntansi kelas 12 kurikulum 2013
    • contoh soal akuntansi perusahaan dagang
    •