ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Tahap Pengikhtisaran Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA

Materi Tahap Pengikhtisaran Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Tahap Pengikhtisaran dari mata pelajaran Ekonomi untuk adik adik kelas XII SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Tahap Pengikhtisaran Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA
Materi Tahap Pengikhtisaran Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA

Hai!  Salam sehat dan semangat merdeka belajar! Senang berjumpa dengan kalian anak-anak hebat Indonesia. Selamat berjumpa dalam modul ekonomi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Pada modul sebelumnya anda telah mempelajari persamaan dasar akuntansi. Pemahaman anda tentang persamaan dasar akuntansi merupakan prasyarat agar anda dapat memahami materi tentang siklus akuntansi perusahaan jasa.  

Menurut kodratnya, manusia adalah mahluk ekonomi sekaligus mahluk sosial. Sebagai mahluk ekonomi, manusia berusaha memenuhi kebutuhan hidup melalui kegiatan ekonomi, salah satunya kegiatan produksi. Kegiatan produksi tidak hanya mengubah nilai guna barang, tetapi juga mengubah nilai guna jasa. Istilah jasa berkaitan dengan kegiatan menciptakan sesuatu yang tidak berwujud, tetapi manfaatnya dapat dirasakan oleh manusia. Pihak atau lembaga yang menawarkan jasa disebut perusahaan jasa. Untuk lebih mengetahui dan memahami siklus akuntansi perusahaan jasa, yuk......pelajari materi ini dengan saksama.

Istilah

  • Akun : Merupakan media akuntansi untuk mencatat transaksi keuangan yang mengakibatkan terjadinya perubahan aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan, dan beban. 
  • Notaris : Sebuah profesi untuk seseorangan  yang telah menyelesaikan pendidikan hukum yang dilisensi oleh pemerintah untuk melakukan hal-hal hukum, khususnya sebagai saksi penandatanganan sebuah dokumen. 
  • Posting : Proses pemindahbukuan informasi atau data akuntansi dari buku jurnal atau neraca saldo awal periode ke buku besar. 
  • Scontro : Buku besar akuntansi yang biasanya disebut bentuk dua kolom. Scontro berarti sebelah menyebelah atau dibagi dua yakni sebelah kiri debit dan sebelah kanan kredit. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah Kegiatan Pembelajaran 2  ini diharapkan anak-anak dapat menyusun neraca saldo dan membuat  jurnal penyesuaian dengan tekun, teliti, benar, dan rapi. 
 

B. Uraian Materi 

Tahap pengikhtisaran merupakan tahap lanjut dari proses pencatatan dalam siklus akuntansi. Pengikhtisaran  akuntansi bertujuan menguji kebenaran transaksi yang tercatat dalam jurnal dan akun buku besar. Proses pengikhtisaran biasanya dilakukan pada akhir periode akuntansi setelah pencatatan dan pemindahbukuan dikerjakan.  

Tahap pengikhtisaran siklus akuntansi dimulai dengan menyusun neraca saldo yang bersumber dari buku besar. Akun-akun dalam buku besar merupakan akun sementara, artinya akun-akun tersebut  belum menunjukkan jumlah yang sebenarnya pada akhir periode akuntansi. Oleh karena itu, diperlukan jurnal penyesuaian untuk menunjukkan saldo akun yang sebenarnya. 

1. Neraca Saldo 

a. Pengertian Neraca Saldo 

Neraca saldo merupakan daftar terperinci yang berisi saldo-saldo pada buku besar yang disusun di akhir periode akuntansi. Fungsinya untuk memastikan setiap transaksi berada pada nilai dan posisi yang benar. Sumber penyusunan neraca saldo adalah buku besar. Berikut bentuk kolom neraca saldo: 
 
Nama Perusahaan 
Neraca Saldo 
Per ……………………….. 
 
 
Keterangan: 
  1. Kolom nomor akun diisi dengan nomor kode akun. 
  2. Kolom nama akun diisi dengan nama akun sesuai dengan urutan nomor akun. 
  3. Kolom debit diisi dengan jumlah saldo akun yang bersaldo debit. 
  4. Kolom kredit diisi dengan jumlah saldo akun yang bersaldo kredit. 

b. Langkah-Langkah Menyusun Neraca Saldo  

Penyusunan neraca saldo didasarkan pada saldo akun yang terdapat pada buku besar sehingga penyusunan neraca saldo harus memperhatikan bentuk buku besarnya. Penyusunan neraca saldo sebagai berikut: 
  1. Menghitung saldo tiap-tiap akun buku besar. 
  2. Menyusun saldo tiap-tiap akun buku besar dalam neraca saldo sesuai nomor kode akun dan tingkat likuiditas. 
Contoh penyusunan neraca saldo tampak dari Bengkel SAMARRA MOTOR pada periode Juli 2020 yang disajikan sebagai berikut: 
Bengkel SAMARRA MOTOR 
NERACA ALDO 
Per 31 Juli 2020 (dalam rupiah) 

c. Jurnal Penyesuaian  

Penyusunan neraca saldo biasanya dilakukan setiap akhir bulan atau pada akhir periode akuntansi. Saldo akun pada neraca saldo merupakan ringkasan dari pencatatan akuntansi dalam periode akuntansi. Apakah data pada neraca saldo dapat digunakan untuk menyusun laporan keuangan? Pada akhir periode belum semua akun dalam neraca saldo menunjukkan akun sebenarnya. Misalnya akun pendapatan dan beban belum menunjukkan jumlah pendapatan dan beban yang sebenarnya selama periode bersangkutan. 

Mungkin selama berjalannya waktu dalam satu periode akuntansi telah terjadi  perubahan-perubahan yang belum dicatat. Oleh karena itu, perusahaan perlu menyesuaikan perubahan akun yang berada pada neraca saldo ini dengan membuat jurnal penyesuaian agar menunjukkan kondisi sebenarnya.  

(1) Pengertian Jurnal Penyesuaian  

Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang tidak didasarkan pada aktivitas transaksi, tetapi didasarkan pada perhitungan atau keterangan tertentu seperti beban penyusutan gedung, beban sewa gedung, dan utang gaji. 

(2) Tujuan Jurnal penyesuaian  

  • Membuat setiap akun riil (akun aset, liabilitas, dan ekuitas) menunjukkan jumlah sebenarnya pada akhir periode akuntansi. 
  • Membuat setiap akun nominal (pendapatan dan beban) menunjukkan jumlah pendapatan dan beban yang betul terjadi pada akhir periode akuntansi. 

(3) Pencatatan Jurnal Penyesuaian 

Dalam perusahaan jasa ada tujuh kejadian yang sering terjadi dan memerlukan penyesuaian pada akhir periode akuntansi. Akun-akun yang memerlukan penyesuaian sebagai berikut: 
 
a) Perlengkapan 

Perlengkapan adalah barang yang digunakan perusahaan untuk kegatan operasional yang habis dipakai kurang dari satu tahun (dalam satu periode akuntansi). Perlengkapan yang sudah terpakai akan menjadi beban pada akhir periode akuntansi.  
 
Perhatikan contoh berikut! 
Pada tanggal 4 Mei 2019 Clean n Fresh Laundry membeli perlengkapan sebesar Rp900.000,00 secara tunai. Pada tanggal 31 Desember 2019 perlengkapan yang tersisa sebesar Rp100.000,00. Artinya, perlengkapan yang habis dipakai dalam satu periode akuntansi sebesar Rp900.000,00 – Rp100.000,00 = Rp800.000,00. Jurnal penyesuaian pada tanggal 31 Desember 2019 sebagai berikut.  
   
Beban perlengkapan Rp800.000,00 
Perlengkapan  Rp800.000,00 
 
b) Penyusutan Aset Tetap 

Aset tetap adalah aset berwujud yang siap digunakan dalam operasional perusahaan dan digunakan lebih dari satu tahun. Contoh aset tetap adalah peralatan usaha, kendaraan, mesin, dan gedung. Aset tetap mengalami penyusutan atau berkurangnya kemampuan untuk memberikan manfaat ekonomi secara berangsur-angsur. 
 
Perhatikan contoh berikut! 
 Pada tanggal 2 Mei 2019 pada neraca saldo Clean n Fresh Laundry terdapat akun peralatan usaha sebesar Rp12.000.000,00. Perusahaan menetapkan penyusutan peralatan sebesar 10% per tahun. Jadi, penyusutan peralatan sebesar 8/12 x 10% x Rp12.000.000,00  =  Rp800.000,00. Jurnal penyesuaian pada tanggal 31 Desember 2019 sebagai berikut.                
   
Beban penyusutan peralatan Rp800.000,00 
Akumulasi penyusutan peralatan Rp800.000,00 
 
c) Beban dibayar di muka 

Beban dibayar di muka adalah transaksi yang pada awalnya dianggap sebagai harta (aset), tetapi menjadi beban pada kemudian hari.  Beban ini merupakan harta perusahaan yang pada masa depan akan memberikan manfaat. Contoh akun beban dibayar di muka adalah sewa dibayar di muka, asuransi dibayar di muka, iklan dibayar di muka, dan bunga dibayar di muka. Pencatatan jurnal penyesuaian akun beban dibayar di muka dapat dilakukan dalam dua cara yaitu: 

1) Dicatat sebagai harta (Pendekatan Posisi Kuangan) 

Berikut ini merupakan contoh transaksi pembayaran sewa dibayar di muka. Pada tanggal 1 Maret  2019,  Clean n Fresh Laundry membayar sewa tempat usaha sebesar Rp6.000.000,00 untuk masa satu tahun. Pada saat transaksi pembayaran sewa, pencatatan pada jurnal umum dilakukan dengan cara mendebit akun sewa dibayar di muka dan mengkredit akun kas. Pencatatan jurnal umum pada tanggal 1 Maret 2019 sebagai berikut: 
 
Sewa dibayar di muka Rp6.000.000,00 
Kas Rp6.000.000,00 
 
Penyusunan jurnal penyesuaian atas transaksi tersebut dilakukan dengan cara mendebit akun beban sewa dan mengkredit akun sewa dibayar di muka. Sewa yang telah menjadi beban hingga tanggal 31 Desember 2019 adalah 10 bulan (1 Maret – 31 Desember 2019). Jumlah  beban sewa sebesar10/12 x  Rp6.000.000,00 = Rp5.000.000,00. 

Jurnal penyesuaian pada tanggal 31 Desember 2019 sebagai berikut. 
 
Beban sewa Rp5.000.000,00 
Sewa dibayar di muka Rp5.000.000,00 
 
2) Dicatat sebagai beban (Pendekatan Laba Rugi) 

Jika transaksi di atas dicatat sebagai beban, transaksi dicatat pada jurnal umum dengan mendebit akun beban sewa dan mengkredit akun kas. Pencatatan jurnal umum pada tanggal 1 Maret 2019 sebagai berikut: 
   
Beban sewa Rp6.000.000,00 
Kas Rp6.000.000,00 
 
Untuk membuat jurnal penyesuaian, terlebih dahulu harus menentukan bagian sewa yang  masih harus menjadi sewa dibayar di muka pada akhir periode akuntansi (Januari – Februari 2020 = 2 bulan) yaitu 2/12 x Rp6.000.000,00  =  Rp1.000.000,00. 

Penyusunan jurnal penyesuaian atas transaksi tersebut dilakukan dengan mendebit sewa dibayar di muka dan mengkredit beban sewa.  

Jurnal penyesuaian pada tanggal 31 Desember 2019 sebagai berikut. 
 
Sewa dibayar di muka Rp1.000.000,00 
Beban sewa Rp1.000.000,00 
 

d) Pendapatan Diterima Di Muka 

Pendapatan diterima di muka merupakan transaksi yang dicatat sebagai utang, tetapi akan menjadi pendapatan pada kemudian hari. Pendapatan ini muncul karena perusahaan telah menerima pembayaran atas suatu pekerjaan, tetapi belum menyelesaikan pekerjaan tersebut. Contoh pendapatan diterima di muka adalah sewa diterima di muka, asuransi diterima di muka, dan bunga diterima di muka. Penyesuaian akun pendapatan diterima di muka bisa dilakukan dengan dua cara sebagai berikut:  

1) Dicatat sebagai utang (Pendekatan Posisi Kuangan) 

Berikut merupakan contoh transaksi penerimaan sewa diterima di muka. Pada tanggal 1 April 2019  CV Jasa Kios  menerima  pendapatan sewa atas  kios untuk masa satu tahun senilai Rp7.500.000,00. Jika dicatat sebagai utang, transaksi dicatat pada jurnal umum dengan mendebit akun kas dan mengkredit akun sewa diterima di muka. Pencatatan jurnal umum pada tanggal 1 April 2019 sebagai berikut: 

Kas Rp7.500.000,00 
Sewa diterima di muka Rp. 7500.000,00 
     
Penyusunan jurnal penyesuaian atas transaksi tersebut dilakukan dengan cara mendebit akun sewa diterima di muka dan mengkredit akun pendapatan sewa. Bagian sewa yang telah menjadi pendapatan adalah 9 bulan  (1 April – 31 Desember 2019) sebesar 9/12 x Rp7.500.000,00  =  Rp5.625.000,00. 

Jurnal penyesuaian pada tanggal 31 Desember 2019 sebagai berikut. 
 
Sewa diterima di muka              Rp5.625.000,00 
Pendapatan sewa Rp5.625.000,00 
 
2) Dicatat sebagai pendapatan (Pendekatan Laba Rugi) 

Jika transaksi di atas dicatat sebagai pendapatan, transaksi dicatat pada jurnal umum dengan mendebit akun kas dan mengkredit akun pendapatan sewa. Pencatatan jurnal umum pada tanggal 1 April 2019 sebagai berikut: 
 
Kas Rp7.500.000,00 
Pendapatan sewa Rp7.500.000,00 
 
 Untuk membuat jurnal penyesuaian, terlebih dahulu harus menentukan bagian pendapatan yang masih menjadi sewa diterima di muka pada akhir periode akuntansi 31 Desember 2019, yaitu Januari – Maret 2020 = 3 bulan, sebesar 3/12 x Rp7.500.000,00  = Rp1.875.000,00. 

 Penyusunan  jurnal  penyesuaian atas transaksi tersebut dilakukan dengan mendebit akun pendapatan sewa dan mengkredit akun sewa diterima di muka. Jurnal penyesuaian pada tanggal 31 Desember 2019 sebagai berikut. 

Pendapatan sewa Rp1.875.000,00 
Sewa diterima di muka Rp1.875.000,00 
 

e) Beban  Yang  Masih  Harus  Dibayar (Utang Beban) 

Beban yang masih harus dibayar (utang beban) adalah beban yang sudah menjadi kewajiban ditinjau dari segi waktu (jatuh tempo), tetapi perusahaan belum melakukan pembayaran. Contohnya adalah gaji yang masih harus dibayar dan bunga yang masih harus dibayar. 
 
Misalnya, suatu perusahaan menetapkan pembayaran gaji pada tanggal 1 Desember 2019 kepada empat karyawan sebesar Rp8.000.000,00. Selama bulan Desember, ada seorang karyawan yang belum mengambil gaji sebesar Rp2.000.000,00. Hal ini berarti perusahaan memiliki utang gaji kepada karyawan yang bersangkutan. Jurnal penyesuaian pada tanggal 31 Desember 2019 sebagai berikut. 
 
Beban gaji Rp2.000.000,00 
Utang gaji Rp2.000.000,00 
 

f) Pendapatan Yang Masih Harus Diterima (Piutang Pendapatan) 

Pendapatan yang masih harus diterima atau piutang pendapatan adalah pendapatan yang sudah menjadi hak perusahaan, tetapi belum diterima pembayarannya hingga akhir periode akuntansi. Meskipun belum menerima uang, pada akhir periode perusahaan akan mencatat pendapatan tersebut sebagai penghasilan karena perusahaan telah memberikan jasanya.  Piutang bunga dan piutang sewa merupakan contoh pendapatan yang harus diterima. Misalnya pada tanggal 13 Desember 2019 persewaan mobil  BARESH menyewakan mobil selama satu minggu senilai Rp2.500.000,00. 


Akan tetapi, hingga pada tanggal 31  Desember  2019 perusahaan tersebut belum menerima pelunasan. Jurnal penyesuaian pada tanggal 31 Desember 2019 sebagai berikut. 
   
Piutang sewa Rp2.500.000,00   
Pendapatan sewa Rp2.500.000,00 
  

g) Piutang Tidak Tertagih  

Piutang tidak tertagih adalah resiko akibat tidak tertagihnya piutang perusahaan karena pelanggan tidak melakukan pembayaran. Transaksi piutang tidak tertagih diperlakukan sebagai beban. Misalnya Clean n Fresh Laundry menetapkan 5% sebagai piutang tidak tertagih atas piutang usaha sebesar Rp9.000.000,00. Perhitungan piutang tidak tertagih adalah 5% x Rp9.000.000,00 = Rp450.000,00. 

Jurnal penyesuaian pada tanggal 31 Desember 2019 sebagai berikut. 
   
Beban kerugian piutang Rp450.000,00 
Cadangan kerugian piutang  Rp450.000,00 
 

4) Bentuk Jurnal Penyesuaian 

Nama Perusahaan 
Jurnal Penyesuaian 
31 Desember ..... 

C. Rangkuman 

  • Tahap pengikhtisaran siklus akuntansi dimulai dengan menyusun neraca saldo yang bersumber dari buku besar. 
  • Neraca saldo merupakan daftar terperinci yang berisi saldo-saldo pada buku besar yang disusun di akhir periode akuntansi. 
  • Fungsi neraca saldo untuk memastikan setiap transaksi berada pada nilai dan posisi yang benar. 
  • Langkah penyusunan neraca saldo yaitu: 
    • Menghitung saldo tiap-tiap buku besar. 
    • Menyusun saldo tiap-tiap akun buku besar dalam neraca saldo sesuai nomor kode akun dan tingkat likuiditas. 
  • Pengertian Jurnal Penyesuaian. Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang tidak didasarkan pada aktivtas transaksi, tetapi didasarkan pada perhitungan atau keterangan tertentu seperti beban penyusutan gedung, beban sewa gedung, dan utang gaji. 
  • Tujuan Jurnal penyesuaian  
    • Membuat setiap akun riil (akun aset, liabilitas, dan ekuitas) menunjukkan jumlah sebenarnya pada akhir periode akuntansi. 
    • Membuat setiap akun nominal (pendapatan dan beban) menunjukkan jumlah pendapatan dan beban yang betul terjadi pada akhir periode akuntansi. 
  • Penyusunan Jurnal Penyesuaian: 

D. Penugasan Mandiri  

DND DECORATION 
NERACA SALDO 
31 Desember 2019 
(dalam rupiah) 

 
Data penyesuaian pada tanggal 31 Desember 2019 sebagai berikut: 
  • Surat-surat berharga yang dimiliki berupa obligasi nilai nominal Rp1.500.000,00 dengan bunga 20%, bunga dibayar tiap tanggal 1 September dan 1 Maret. 
  • Persediaan  perlengkapan tersisa sebesar Rp1.200.000,00. 
  • Asuransi dibayar di muka pada tanggal 1 November 2019 untuk jangka waktu 1 tahun.     
  • Kendaraan disusutkan Rp400.000,00 per tahun. 
  • Peralatan seharga Rp4.000.000,00 disusutkan 10% per tahun. 
  • Pendapatan diterima di muka sebesar Rp2.400.000,00 berasal dari kontrak  penyelesaian taman dan dekorasi rumah di Bogor Residence untuk 4 rumah dengan harga sama untuk masing-masing rumah. Sampai tanggal 31 Desember 2019 baru diselesaikan 3 rumah. 
  • Gaji karyawan yang masih harus dibayar Rp200.000,00. 
Dari data tersebut buatlah jurnal penyesuaiannya! Kerjakan tugas mandiri ini dengan jujur, teliti, dan rasa tanggungjawab! 
 

E. Latihan Soal  

Setelah mempelajari Kegiatan Pembelajaran 2, Anda harus mengukur sejauh mana pemahaman terhadap materi yang disajikan pada kegiatan tersebut. Untuk itu kerjakanlah latihan soal di bawah ini. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat! 
 
1. Golongan akun yang dicatat dalam neraca saldo adalah .... 
A. Akun riil                           
B. Akun nominal 
C. Akun riil dan nominal 
D. Akun riil dan nominal yang bersaldo debit 
E. Akun riil dan nominal yang mempunyai saldo 
 
2. Sumber pencatatan neraca saldo ialah .... 
A. jurnal 
B. bukti transaksi 
C. data penyesuaian 
D. saldo akun buku besar 
E. penjumlahan buku besar 
 
3. Jurnal penyesuaian untuk menyesuaikan beban gaji yang belum dibayar sebesar Rp2.700.000,00 pada akhir periode adalah .... 
A. Utang gaji Rp2.700.000,00 
Beban gaji Rp2.700.000,00 
B. Beban gaji Rp2.700.000,00 
Iktisar laba rugi  Rp2.700.000,00 
C. Modal  Rp2.700.000,00 
Beban gaji Rp2.700.000,00 
D. Beban gaji Rp2.700.000,00 
Kas Rp2.700.000,00 
E. Beban gaji Rp2.700.000,00 
Utang gaji Rp2.700.000,00 

 
4. Saldo akun iklan dibayar di muka sebesar Rp900.000, jumlah sebesar itu dibayarkan kepada stasiun radio swasta untuk 10 kali siaran. Sampai akhir periode baru disiarkan 6 kali, maka jurnal penyesuaiannya adalah .... 
A. Iklan dibayar di muka Rp360.000,00 
Beban iklan Rp360.000,00 
B. Iklan dibayar di muka Rp540.000,00 
Beban iklan Rp540.000,00 
C. Beban iklan Rp540.000,00 
Iklan dibayar di muka Rp540.000,00 
D. Beban iklan Rp360.000,00 
Iklan dibayar di muka Rp360.000,00 
E. Iklan dibayar di muka Rp900.000,00 
Beban iklan Rp900.000,00 
 
5. Pada tanggal 1 Juni 2019 persewaan mobil CEPAT menerima pendapatan jasa untuk masa satu tahun sebesar Rp30.000.000,00. Jurnal penyesuaian yang dibuat pada tanggal 31 Desember 2019 apabila dicatat sebagai pendapatan adalah .... 
A. Pendapatan sewa Rp17.500.000,00 
Sewa diterima di muka Rp17.500.000,00 
B. Sewa diterima di muka Rp17.500.000,00 
Pendapatan sewa Rp17.500.000,00 
C. Pendapatan sewa Rp12.500.000,00 
Sewa diterima di muka Rp12.500.000,00 
D. Sewa diterima di muka Rp12.500.000,00 
Pendapatan sewa Rp12.500.000,00 
E. Pendapatan sewa Rp30.000.000,00 
Sewa diterima di muka Rp30.000.000,00  
 
KUNCI JAWABAN  

1. E
Akun yang dicatat dalam neraca saldo adalah seluruh akun riil dan akun nominal yang masih mempunyai saldo 

2. D 
Sumber pencatatan neraca saldo adalah saldo akun buku besar 

3. E
Jurnal penyesuaian untuk menyesuaikan beban gaji yang belum dibayar sebesar Rp2.700.000,00- pada akhir periode adalah: 
4. C
Mencatat jurnal penyesuaian atas beban di bayar di muka yang dicatat sebagai harta adalah dengan cara menghitung berapa beban yang sudah jatuh tempo (6/10 x Rp900.000,00 = Rp540.000,00) dan pencatatan akunnya adalah beban iklan (D) dan iklan dibayar di muka (K) sehingga jurnal penyesuaiannya adalah:                                   
5. C
Mencatat jurnal penyesuaian atas pendapatan diterima di muka yang dicatat sebagai pendapatan adalah dengan cara menghitung pendapatan sewa yang belum jatuh tempo yaitu sebanyak 5 bulan mulai 1 Januari – 1 Juni 2020 (5/12 x Rp30.000.000,00 = Rp12.500.000,00). Sedangkan akunnya adalah Pendapatan sewa (D) dan Sewa diterima di muka (K) sehingga jurnal penyesuaiannya adalah:    
 

F. Penilaian Diri 

Setelah anda mempelajari materi dan mengerjakan  latihan soal, bagaimanakah penguasaan anda terhadap materi-materi berikut? Yang harus anda lakukan adalah melakukan penilaian diri dengan menjawab pertanyan-pertanyaan berikut secara jujur dan bertanggung jawab. Caranya dengan memberi tanda ceklis (✓) pada kolom YA atau TIDAK. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Tahap Pengikhtisaran Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Tahap Pengikhtisaran File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • tahap pengikhtisaran adalah
    • tahap pencatatan
    • tahap pelaporan adalah
    • tahap pelaporan akuntansi perusahaan jasa
    • siklus akuntansi
    • tahap pencatatan dalam kegiatan akuntansi adalah
    • siklus akuntansi perusahaan jasa
    •  
    Post a Comment

    Post a Comment