ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Administrasi Dan Pemasaran Berdasarkan Inspirasi Budaya Lokal Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Administrasi Dan Pemasaran Berdasarkan Inspirasi Budaya Lokal Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Administrasi Dan Pemasaran Berdasarkan Inspirasi Budaya Lokal  dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Administrasi Dan Pemasaran Berdasarkan Inspirasi Budaya Lokal Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Administrasi Dan Pemasaran Berdasarkan Inspirasi Budaya Lokal Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE)sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang perencanaan usaha yang meliputi: (a). Ide dan peluang usaha berdasarkan inspirasi objek budaya lokal,(b). Analisa peluang usaha berdasarkan inspirasi objek budaya local, (c). Sumber daya yang di butuhkan berdasarkan inspirasi budaya lokal (d) Administrasi dan pemasaran berdasarkan inspirasi budaya local (e) Komponen perencanaan usaha berdasarkan inspirasi objek budaya local (f) Langkah-langkah penyusunan perencanaan berdasarkan inspirasi budaya lokal 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya 

Istilah

  • Administrasi : suatu kegiatan dari suatu kelompok orang yang mengadakan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama 
  • Perencanaan usaha : sebuah proses penentuan tujuan, visi, misi, strategi, prosedur, kebijakan serta program dan anggaran yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah usaha tertentu 
  • Strenght/ Kekuatan : keunggulan yang dimiliki oleh usaha yang akan kalian jalankan.  
  • Weakness / Kelemahan : kelemahan dari usaha kalian yang dapat memberikan pengaruh negatif pada perusahaan di saat ini ataupun di masa mendatang,  
  • Opportunities /Peluang : peluang yang dimiliki oleh sebuah usaha sehingga mempunyai kesempatan untuk dapat berkembang di masa mendatang.  
  • Threats /Ancaman : ancaman yang mungkin bisa menjadi kendala bagi perusahaan untuk dapat berkembang. 
  • Pemasaran : kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen, menghasilkan barang atau jasa, menentukan harga, mempromosikan danmendistribusikan  barang dan jasa.  

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan siswa mampu untuk: 
  1. Memahami Administrasi dan pemasaran berdasarkan inspirasi budaya lokal  
  2. Menentukan komponen perencanaan usaha berdasarkan inspirasi budaya lokal  
  3. Menentukan langkah-langkah penyusunan perencanaan usaha berdasarkan inspirasi budaya lokal 

B. Uraian Materi 

Administrasi Dan Pemasaran usaha 

Menurut H.A. Simon, administrasi adalah suatu kegiatan dari suatu kelompok orang yang mengadakan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Secara garis besar administrasi adalah suatu proses yang umumnya terdapat pada usaha kelompok negara, swasta, sipil, atau militer serta berbagai bentuk perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama. Pengertian administrasi pemasaran yaitu sebuah alat analisis, perencanaan, penerapan serta pengendalian progaram yang disusun untuk membangun, menciptakan, serta mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan sasaran pasar sasaran dengan maksud untuk meraih tujuan utama perusahaan yaitu mendapat keuntungan tau keuntungan. 
 

Maksud Dan Tujuan Administrasi 

Maksud dan tujuan dari administrasi dari sebuah usaha yang dilakukan yaitu agar pemilik usaha dapat: 
  1. memonitor kegiatan dan pengendalian  usaha 
  2. mengamankan jalannya pelaksanaan kegiatan usaha 
  3. mengevaluasi kegiatan-kegiatan usaha 
  4. menyusun program pengembangan kegiatan usaha 
  5. menunjukkan adanya bukti-bukti kegiatan usaha 
  6. mengambil keputusan dalam pengembangan dan pengendalian usaha. 

Pemasaran 

Pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen, menghasilkan barang atau jasa, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa.  Atau suatu kegiatan yang mengusahakan agar produk yang dipasarkannya itu dapat diterima dan disenangi oleh pasar.  Ada beberapa aspek pemasaran yang bisa membantu suksesnya proses berwirausaha yaitu: 

1. Rencana pemasaran (marketing plan)  

Sebelum menyusun marketing plan maka wirausaha harus mengetahui seluk beluk atau konsep-konsep pemasaran dan segala informasi telah dikumpulkan, maka seorang wirausaha baru menulis marketing plannya. 

2. Menyusun marketing plan 

Format marketing plan tentu tidak sama pada semua perusahaan, namun yang penting memuat hal-hal berikut: (1). Analisis S.W.O.T, (2). Tujuan pemasaran (3) Strategi inti (4) Jadwal pelaksanaan (5) Anggaran pemasaran (6) Kontrol  
 

Komponen Perencanaan Usaha  

Komponen perencanaan usaha diperlukan bagi setiap pebisnis agar perusahaan dapat berjalan sesuai dengan harapan. Komponen perencanaan usaha akan menjadi acuan bagi manajemen bisnis yang dibangun mulai tahap perencanaan produksi hingga pemasaran. Berikut ini, komponen perencanaan usaha:  

1. Deskripsi Bisnis 

Deskripsi bisnis merupakan komponen perencanaan usaha yang bertujuan untuk menjelaskan secara singkat mengenai bidang usaha yang akan dijalankan beserta potensi produk dan kemungkinannya untuk bertahan dan berkembang di masa depan. Melalui deskripsi bisnis, diharapkan semua pihak yang akan terlibat dalam bisnis akan mengetahui potensi dan arah pengembangan dari bisnis tersebut.  

2. Analisa Pesaing Menjadi Komponen Perencanaan Usaha 

Analisa pesaing merupakan digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing (kompetitor) dalam satu pasar yang sama. Setelah menemukan kekuatan dan kelemahan dari produk kompetitor, maka perusahaan dapat mencari strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang berbeda, namun lebih efektif. 

3. Desain Pengembangan 

Desain pengembangan diperlukan oleh perusahaan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi, dan penjualan. Selain itu, desain pengembangan juga akan digunakan untuk mengetahui rencana usaha ke depan dan sebagai alat mengambil keputusan yang akan mempengaruhi rencana pembiayaan usaha. 

4. Rencana Operasional dan Manajemen 

Rencana operasional dan manajemen dibuat dalam komponen perencanaan usaha untuk menjelaskan suatu usaha akan berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional dan manajemen berfokus pada kebutuhan logistik perusahaan seperti bermacam tugas dan tanggung jawab tim manajemen. 

5. Rencana Pembiayaan 

Faktor pembiayaan menjadi unsur penting dalam usaha yang mengatur untuk menentukan asal modal usaha (sumber dana), aktiva, dan untuk mengatur anggaran agar efisien. Faktor pembiayaan membutuhkan beberapa unsur keuangan seperti laporan keuangan perencanaan usaha, laporan arus kas perencanaan usaha, laporan neraca perencanaan usaha, analisis pengembalian modal untuk usaha, dan lain sebagainya. 

Langkah-Langkah Penyusunan Perencanaan Usaha 

Perencanaan usaha adalah sebuah proses penentuan tujuan, visi, misi, strategi, prosedur, kebijakan serta program dan anggaran yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah usaha tertentu. Intinya membuat perencanaan usaha diharapkan agar bisnis yang akan Anda jalankan bisa berkembang dan meminimalisir kegagalan usaha. Berikut adalah langkah penyusunan usaha: 
  1. Menentukan ide  dan  peluang usaha  
  2. Menentukan sumber daya yang dibutuhkan yang meliputi 6M (Man/manusia, Money/uang, Material/fisik, Machine/teknologi, Method/ Metode, Market/pasar) 
  3. Melakukan perencanaan administrasi usaha kerajinan meliputi perizinan usaha, surat menyurat, pencatatan transaksi Barang dan keuangan, Pajak. 
  4. Melakukan perencanaan pemasaran usaha kerajinan meliputi hal : memahami seni menjual, menetapkan harg jual, menganalisis kepuasan pelanggan, promosi. 

C. Rangkuman 

Dari penjelasan modul diatas, dapat kita simpulkan bahwa: 
  1. Pengertian administrasi pemasaran yaitu sebuah alat analisis, perencanaan, penerapan serta pengendalian progaram yang disusun untuk membangun, menciptakan, serta mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan sasaran pasar sasaran dengan maksud untuk meraih tujuan utama perusahaan yaitu mendapat keuntungan. 
  2. Komponen perencanaan usaha akan menjadi acuan bagi manajemen bisnis yang dibangun mulai tahap perencanaan produksi hingga pemasaran. 
  3. Dalam membuat perencanaan usaha yang baik, kita harus memperhatikan modal, tempat Anda membuka usaha, target market, berapa banyak kebutuhan mereka, dan penyediaan dana talangan jika hal tak terduga terjadi. Perencanaan pemasaran ini akan membuat usaha kalian semakin dikenal dan lebih diingat oleh konsumen. 

D. Penugasan 

Pada penugasan dalam kegiatan belajar 1, kalian telah berhasil menemukan ide produk kerajinan, membuat sketsa produk kerajianan dan membuat analisis dari produk kerajianan yang bersumber dari budaya lokal didaerah kalian yaitu bambu dan pisang. Nah agar kalain benar benar menjadi wirausahawan muda yang benar benar handal dalam memanfatkan sumber daya lokal didaerah kalian, buatlah dan jelaskan sebuah perencanaan usaha dari produk kerajianan yang telah kalian buat yang meliputi : 
  • Modal 
  • Tempat untuk membuka usaha,  
  • Target market dari produk kerajianan yang kalian hasilkan 
  • Berapa banyak kebutuhan konsumen terhadap produk kalian 
  • Penyediaan dana talangan jika hal tak terduga terjadi pada usaha kerajinan kalian. 

E. Latihan Soal 

Untuk mengecek pemahaman dan pencapaian tujuan, jawablah pertanyaan latihan berikut ini. 
  1. Dalam suatu usaha produk kerajinan, diperlukan administrasi pemasaran. 
  2. Jelaskan pengertian administrasi pemasaran. 
  3. Sebutkan komponen perencanaan usaha kerajinan 3. Sebutkan langkah-langkah penyusunan usaha kerajinan. 

Pembahasan Latihan Soal 2 

  1. Administrasi pemasaran yaitu sebuah alat analisis, perencanaan, penerapan serta pengendalian progaram yang disusun untuk membangun, menciptakan, serta mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan sasaran pasar sasaran dengan maksud untuk meraih tujuan utama perusahaan yaitu mendapat keuntungan. 
  2. Komponen perencanaan usaha kerajinan adalah: 
    • Deskripsi Bisnis 
    • Analisa Pesaing Menjadi Komponen Perencanaan Usaha 
    • Desain Pengembangan 
    • Rencana Operasional dan Manajemen 
    • Rencana Pembiayaan 
  3.  Lanagkah-langkah penyusunan usaha kerajinan adalah : 
    1. Menentukan ide  dan  peluang usaha  
    2. Menentukan sumber daya yang dibutuhkan yang meliputi 6M 
    3. Melakukan perencanaan administrasi usaha kerajinan meliputi perizinan usaha, surat menyurat, pencatatan transaksi Barang dan keuangan, Pajak. 
    4. Melakukan perencanaan pemasaran usaha kerajinan 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak".  Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Administrasi Dan Pemasaran Berdasarkan Inspirasi Budaya Lokal Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Administrasi Dan Pemasaran Berdasarkan Inspirasi Budaya Lokal File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • apa fungsi dari administrasi dan pemasaran
    • apakah perbedaan administrasi dan pemasaran
    • komponen perencanaan usaha berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda
    • administrasi dan pemasaran_ berdasarkan inspirasi artefak/objek budaya lokal
    • ide dan memanfaatkan peluang usaha berdasarkan inspirasi objek budaya lokal
    • pengertian sumber daya administrasi dan pemasaran
    • pengertian perencanaan usaha kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokal
    • contoh administrasi pemasaran
    Post a Comment

    Post a Comment