ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Ide Dan Memanfaatkan Peluang Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Ide Dan Memanfaatkan Peluang Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Ide Dan Memanfaatkan Peluang Usaha Berdasarkan Inspirasi Objek Budaya Lokal dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Ide Dan Memanfaatkan Peluang Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Ide Dan Memanfaatkan Peluang Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE)sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang perencanaan usaha yang meliputi: (a). Ide dan peluang usaha berdasarkan inspirasi objek budaya lokal,(b). Analisa peluang usaha berdasarkan inspirasi objek budaya local, (c). Sumber daya yang di butuhkan berdasarkan inspirasi budaya lokal (d) Administrasi dan pemasaran berdasarkan inspirasi budaya local (e) Komponen perencanaan usaha berdasarkan inspirasi objek budaya local (f) Langkah-langkah penyusunan perencanaan berdasarkan inspirasi budaya lokal 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya 

Istilah

  • Administrasi : suatu kegiatan dari suatu kelompok orang yang mengadakan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama 
  • Perencanaan usaha : sebuah proses penentuan tujuan, visi, misi, strategi, prosedur, kebijakan serta program dan anggaran yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah usaha tertentu 
  • Strenght/ Kekuatan : keunggulan yang dimiliki oleh usaha yang akan kalian jalankan.  
  • Weakness / Kelemahan : kelemahan dari usaha kalian yang dapat memberikan pengaruh negatif pada perusahaan di saat ini ataupun di masa mendatang,  
  • Opportunities /Peluang : peluang yang dimiliki oleh sebuah usaha sehingga mempunyai kesempatan untuk dapat berkembang di masa mendatang.  
  • Threats /Ancaman : ancaman yang mungkin bisa menjadi kendala bagi perusahaan untuk dapat berkembang. 
  • Pemasaran : kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen, menghasilkan barang atau jasa, menentukan harga, mempromosikan danmendistribusikan  barang dan jasa.  

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan siswa mampu untuk: 
  1. Menggali Ide dan memanfaatkan peluang usaha berdasarkan inspirasi objek budaya lokal  
  2. Menerapkan Analisa peluang usaha berdasarkan inspirasi objek budaya lokal  
  3. Memanfaatkan sumber daya yang di butuhkan berdasarkan inspirasi budaya lokal 

B. Uraian Materi 

Menggali Ide Dan Memanfaatkan Peluang Usaha  

Anak-anak, banyak orang yang sukses berkat sebuah ide atau gagasan cerdasnya dalam memanfaatkan suatu peluang usaha. Selain kerja keras, harus ada ide-ide inovatif  untuk menuju kesuksesan sebuah usaha. Oleh karenanya, sebelum memutuskan membangun sebuah konsep usaha, maka mencari, menggali dan mengeksplorasi ideide usaha sangatlah diperlukan. Berikut ini adalah 8 cara untuk menggali ide-ide usaha yang bias kalian lakukan: 
 

1. Manfaatkan Internet dan Media Elektronik Lainnya 

Di era sekarang, internet, radio, dan televisi merupakan jalur terbaik dalam memperoleh informasi, termasuk info tantang membangun bisnis. Namun internet lebih fleksibel, karena bisa kita eksplorasi kapan saja. Jadi internet merupakan jalan termudah menggali dan menemukan ide-ide usaha yang mungkin belum kita ketahui selama ini, Khususnya bagi daerah yang sudah terjangkau internet. 
 

2. Baca Buku dan Referensi Bisnis 

Ketika kalian masih bingung “harus mau buka usaha apa?” Maka buku, majalah, pamflet, buklet dan koran bisnis bisa menjadi sumber informasi yang dapat membantu anda menciptakan ide-ide bisnis yang bagus. 
 

3. Ikuti Kegiatan Seminar Usaha 

Jika buku dan internet belum dapat membantu kalian dalam menggali gagasan bisnis yang potensial, maka sesekali kalian coba ikuti seminar-seminar tentang bisnis dan kewirausahaan. Di sana kalian akan mendapat ilmu dan mentor yang berpengalaman dalam membangun usaha.  
 

4. Aktif Bergabung di Komunitas Bisnis 

Ada banyak komunitas atau organisasi yang mewadahi orang-orang dengan profesi atau kelompok bisnis tertentu, baik offline maupun komunitas online. Jika ada kesempatan cobalah bergabung dengan satu atau beberapa komunitas bisnis. Selain mendapat banyak ilmu, tentu kalian akan memiliki peluang masuk dalam jaringan relasi dan pertemanan para entrepreneur. Mungkin mereka akan membantu kalian dalam menggali potensi bisnis yang ada dalam diri anda. 
 

5. Mengunjungi  Pameran Kewirausahaan 

Salah satu tempat yang cukup efektif membangkitkan ide-ide bisnis adalah pameran kewirausahaan. Berbagai produk baru, bisnis baru, dan pekerjaan baru sering dipertontonkan dalam sebuah acara pameran. Penyelenggaranya bisa pemerintah maupun swasta. Walaupun kalian harus mengeluarkan biaya, namun kalian akan mendapatkan pengalaman kewirausahaan secara lebih nyata. 
 

6. Berdiskusi dengan Para Pelaku Usaha 

Kata pepatah “Pengalaman adalah guru terbaik”, dalam mencari celah usaha yang bagus, cobalah berdiskusi dengan orang-orang yang telah sukses maupun gagal dalam membangun bisnisnya. Biasanya akan selalu datang inspirasi setelah kalian mengetahui pengalaman bisnis mereka secara langsung. 
 

7. Kunjungi Pusat-pusat Bisnis 

Selain pameran, lokasi lain yang bagus untuk memperoleh ide usaha adalah di pusat-pusat bisnis. Dengan mengunjungi tempat tersebut kalian akan dapat menyaksikan dan belajar banyak mengenai gambaran perputaran roda perekonomian dan bisnis. 
 

8. Mengamati Lingkungan Sekitar (Survey Langsung) 

Salah satu cara menggali ide-ide usaha adalah dengan melakukan pengamatan atau survey langsung ke lingkungan sekitar. Perhatikanlah apa saja kebutuhan orangorang yang bisa menjadi peluang usaha atau amati adakah bahan-bahan atau sumber daya yang tak berguna yang bisa menjadi barang ekonomis. Perhatikan , lihat, pikirkan, dan renungkan. Hal ini akan membuat kalian menemukan ide usaha yang brilian. 
 

Analisa Peluang Usaha  

Sebelum memulai sebuah usaha, kalian memerlukan sebuah analisa peluang usaha. Analisis peluang usaha adalah suatu analisis yang bertujuan mengetahui apakah usaha yang tersebut dapat dikerjakan, dilaksanakan dan memberikan keuntungan di kemuadian hari. Tujuan analisis peluang usaha ini adalah untuk mendukung kesuksesan sebuah bisnis di masa mendatang, jika kalian melakukan analisa peluang usaha, bisnis kalianpun dapat dijalankan tanpa mengalami banyak kendala. Adapun manfaat yang bisa kalian dapatkan degan melakukan analisis peluang usaha  diantaranya adalah: 
  1. Mencegah kerugian atau kebangkrutan usaha Anda. 
  2. Mengetahui produk atau jasanya jika dibutuhkan oleh pasar setempat. 
  3. Mengetahui minat konsumen akan produk atau jasa yang akan ditawarkan. 
  4. Mengetahui rugi laba ketika berbisnis. 
  5. Menetapkan teknik pemasaran yang tepat. 
  6. Mengetahui berapa lama usaha dapat berjalan. 
  7. Mengetahui jika usahanya memang layak dijalankan. 
  8. Mengetahui persaingan yang terjadi di pasar. 

Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha  

Proses analisis peluang usaha dapat dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat). Dengan demikian kalian tidak akan gegabah mengambil keputusan. Kalian juga akan mengetahui apakah usaha tersebut bisa dijalankan ataukah harus mengganti dengan usaha lain.  

1. Strength (Kekuatan) 

Kekuatan adalah keunggulan yang dimiliki oleh usaha yang akan kalian jalankan. Kekuatan utama usaha ini bisa memengaruhi secara positif baik untuk saat ini maupun di masa mendatang. Kekuatan usaha bisa diketahui dengan mengajukan pertanyaan sebagai berikut: 
  • Apa saja keunggulan dari usaha kalian? 
  • Apa kelebihan yang dimiliki usaha yang tidak dimiliki oleh pesaing kalian? 
  • Apa saja keunikan usaha kalian? 
  • Apa hal utama yang membuat usaha kalian sukses selama ini? 
  • Apa saja keunggulan usaha kalian dimata konsumen 

2. Weakness (Kelemahan) 

Weakness merupakan kelemahan dari usaha kalian yang dapat memberikan pengaruh negatif pada perusahaan di saat ini ataupun di masa mendatang, nah untuk mengetahui kelemahan dari usaha kalian, maka kalian bisa menganalisisnya dengan beberapa pertanyaan berikut: 
  • Apa yang bisa diperbaiki dari usaha kalian ? 
  • Apa yang sebaiknya yang harus dihindari oleh usaha kalian ? 
  • Faktor apa saja yang membuat  penjualan usaha menurun? 
  • Apa kelemahan usaha kalian dari kacamata konsumen? 
  • Apa saja sepak terjang kompetitor sehingga pesaing lebih baik dari usaha milik  kalian? 

3. Opportunities (Peluang) 

Opportunities merupakan peluang yang dimiliki oleh sebuah usaha sehingga mempunyai kesempatan untuk dapat berkembang di masa mendatang. Pertanyaan yang bisa digunakan untuk menggali peluang usaha adalah: 
  • Kesempatan apa yang dimiliki oleh usaha kalian saat ini? 
  • Hal apa yang sedang tren dan sejalan dengan usaha kalian 

4. Threats (Ancaman) 

Threats merupakan ancaman yang mungkin bisa menjadi kendala bagi perusahaan untuk dapat berkembang. Pertanyaan yang sesuai untuk mengetahui ancaman bagi usaha kia adalah: 
  • Apa saja kendala yang  dihadapi oleh usaha kalian saat ini? 
  • Hal apa yang sedang atau telah dijalankan oleh kompetitor dari usaha kalian? 
  • Kemajuan teknologi apa yang menjadi ancaman untuk usaha kalian? 
  • Apa saja peraturan pemerintah baru yang sekiranya akan mengancam kemajuan usaha kalian? 
Analisis SWOT ini setidaknya bisa membantu kalian untuk menetapkan strategi bagi usaha kalian. Metode ini juga bisa membantu menelaah keunggulan dan masalah yang terjadi dalam usaha kalian. 
Sumber Daya Budaya Lokal 
  
Sumber daya alam pada hakikatnya memiliki nilai ekonomis bila dikelola menjadi barang baru. Namun, pengelolaan dan pengolahan yang dilakukan oleh manusia cenderung mengeksploitasi secara besar-besaran tanpa mempertimbangkan dampak yang akan terjadi di masa mendatang. Mengingat setiap orang memperoleh akses yang sama maka sumber daya alam dieksploitasi dengan cara yang berlebihan. Pengeksploitasian sumber daya alam secara berlebih berujung pada terjadinya tragedy of common (Hidayat, 2011). 

Dewasa ini pembicaraan tentang kearifan lokal makin mendapatkan perhatian. Kearifan lokal (local wisdom) merupakan pandangan hidup, ilmu pengetahuan, dan berbagai strategi kehidupan yang berwujud aktivitas masyarakat setempat. Disamping itu kearifan  lokal  dapat  pula  dimaknai  sebagai  sebuah  sistem  dalam  tatanan kehidupan sosial, politik, budaya, ekonomi, dan lingkungan yang hidup di dalam masyarakat lokal. Karakter khas yang inherent dalam kearifan lokal sifatnya dinamis, berkelanjutan, dan diikat dalam komunitasnya (Wagiran, 2011) 

C. Rangkuman 

Dari penjelasan dalam materi modul diatas, maka dapat kita simpulkan beberapa hal yaitu: 
  1. Menggali Ide dan Memanfaatkan Peluang Usaha dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:  
    • Manfaatkan Internet dan Media Elektronik Lainnya 
    • Baca Buku dan Referensi Bisnis 
    • Ikuti Kegiatan Seminar Usaha 
    • Aktif Bergabung di Komunitas Bisnis 
    • Datang ke Pameran Kewirausahaan 
    • Diskusi dengan Para Pelaku Usaha 
    • Kunjungi Pusat-pusat Bisnis 
    • Mengamati Lingkungan Sekitar (Survey Langsung) 
  2. Analisa Peluang Usaha dilakukan untuk mendukung kesuksesan sebuah bisnis di masa mendatang.  
  3. Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha Proses analisis peluang usaha dapat dilakukan dengan menggunakan analisis  SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat).  
  4. Sumber Daya Budaya Lokal pada hakikatnya memiliki nilai ekonomis bila dikelola menjadi barang baru 

D. Penugasan 

Di daerah kalian banyak sekali sumber daya lokal seperti bambu dan pohon pisang. Kalian ingin menjadi seorang wisahawan muda dalam bidang kerajinan dengan memanfaatkan sumber daya lokal yang ada didaerahmu. Tentu banyak sekali hal yang perlu kalian siapkan sebelum kamu terjun kedunia usaha kerajinan dengan memanfaatkan sumber daya lokal, bukan? Nah untuk mempersiapkan segalanya, bagaimana jika kalian melakukan kegiatan dibawah ini yang akan memandu kalian mendapatkan ide dan peluang usaha dari sumber daya lokal didaerah kalian. Sudah siap untuk menjadi wirausahawan muda yang sukses? Yuk kita berlatih: 
  1. Carilah ide produk kerajinan berdasarkan sumber daya lokal didaerahmu yang telah disebutkan diatas ( kalian dapat mengguakan berbagai sumber media untuk mendapatkan ide) 
  2. Buatlah beberapa sketsa ide bentuk dari produk kalian ( jangan lupa perhatikan estetika/ keindahannya) 
  3. Pilihlah salah satu sketsa terbaik 
  4. Cobalah analisis peluang usaha dari sketsa yang kalian pilih ( kalian dapat menggunakan analisis SWOT sebagai panduan dalam analisi usaha kalian)  

E. Latihan Soal 

Untuk mengecek pemahaman dan pencapaian tujuan, jawablah pertanyaan latihan berikut ini. 
  1. Untuk memulai usaha di bidang kerajinan, kalian perlu menggali ide dan memanfaatkan peluang sesuai potensi daerah kalian. Sebutkan 3 cara menggali ide sesuai potensi daerah kalian 
  2. Jelaskan tujuan analisis peluang usaha. 
  3. Salah satu analisis peluang usaha adalah menggunakan analisis SWOT. Sebutkan dan jelaskan komponen analisis SWOT. 
Pembahasan Latihan Soal 1 
  1. Sebagian cara menggali ide: Membaca Buku dan Referensi Bisnis, Aktif bergabung di komunitas bisnis, Mengunjungi pameran kewirausahaan, Berdiskusi dengan para pelaku usaha, Mengamati lingkungan sekitar (survey langsung) 
  2. Analisis peluang usaha adalah suatu analisis yang bertujuan mengetahui apakah usaha yang tersebut dapat dikerjakan, dilaksanakan dan memberikan keuntungan di kemudian hari. 
  3. Strengths (kekuatan) dan Weaknesses (kelemahan) adalah berasal dari internal perusahaan. Hal-hal yang dapat dikontrol dan dapat berubah. Contohnya termasuk siapa yang ada di tim, paten dan properti intelektua, dan lokasi perusahaan. Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman) adalah hal eksternal yang mempengaruhi bisnis atau hal-hal yang terjadi di luar perusahaan pada pasar yang lebih besar. Perusahaan dapat memanfaatkan peluang dan melindungi dari ancaman, tetapi tidak dapat mengubahnya. Contohnya termasuk pesaing, harga bahan baku, dan tren belanja pelanggan. 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 

 
Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Ide Dan Memanfaatkan Peluang Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Konsumen, Pesaing Usaha dan Strategi Pemasaran File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif
    • sebutkan macam peluang usaha sektor jasa
    • pengertian peluang usaha
    • urutan analisis peluang usaha
    • apa yang dimaksud dengan memperluas pikiran dalam peluang usaha
    • sebutkan hal-hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum memulai usaha
    • jelaskan manfaat dari analisa peluang usaha dalam sebuah bisnis/ usaha!
    • setiap perusahaan membutuhkan