ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Harga Jual Dan Perhitungan Rugi Laba Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Harga Jual Dan Perhitungan Rugi Laba Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Harga Jual Dan Perhitungan Rugi Laba dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Harga Jual Dan Perhitungan Rugi Laba Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Harga Jual Dan Perhitungan Rugi Laba Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Menghitung biaya produksi dengan baik dan benar akan sangat membantu dalam suksesnya berwirausaha. Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami bagaimana cara menghitung biaya produksi yang meliputi, komponen harga pokok prroduksi dan menentukan harga jual hasil produksi serta perhitungan laba rugi dalam usaha olahan makanan awetan hewani. 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan memahami materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga modul ini dapat bermanfaat bagi kalian, khususnya mengapa seorang wirausahawan perlu tahu dan paham tentang Harga Poko Poroduksi.  

Istilah

  • Biaya : Sebuah bentuk pengeluaran yang dilakukan oleh suatu pihak, baik individu maupun perusahaan, untuk mendapatkan manfaat lebih dari tindakannya tersebut. 
  • Biaya Produksi :Seluruh biaya yang harus dikeluarkan sebuah bisnis atau perusahaan dalam menghasilkan produk dan jasa. Biaya yang mencakup semua hal yang dikeluarkan dari awal sampai akhir barang siap dijual ke konsumen. 
  • Harga Pokok : jumlah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk tenaga kerja, bahan dan overhead dalam proses pembuatan produk atau jasa yang dijual ke pelanggan sepanjang suatu periode. 
  • Harga Jual : Besarnya harga yang akan dibebankan kepada komsumen yang diperoleh atau dihitung dari biaya produksi ditambah biaya nonproduksi dan laba yang diharapkan. 
  • Bahan Baku :  bahan yang digunakan dalam membuat produk. 
  • Biaya Bahan Baku : Biaya produksi langsung yang dikeluarkan untuk membuat sebuah produk atau memastikan jasa bisa tersampaikan dengan baik ke tangan konsumen. 
  • Tenaga Kerja : merupakan penduduk yang berada dalam usia kerja. 
  • Biaya Tenaga Kerja : Kompensasi berupa gaji, diberikan kepada tenaga kerja yang terlibat proses produksi termasuk gaji, tunjangan dan asuransi (jika ada). 
  • Overhead : Pengeluaran yang sedang berjalan dalam sebuah usaha/bisnis. 
  • Biaya Overhead : Biaya produksi selain biaya tenaga kerja dan bahan baku, namun diperlukan untuk membuat sebuah produk yang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. 
  • Laba-rugi : suatu laporan keuangan yang di dalamnya menjelaskan tentang kinerja keuangan suatu entitas bisnis dalam satu periode akuntansi. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan peserta didik mampu: 
  1. Memahami pengertian harga jual 
  2. Menentukan besarnya harga jual 
  3. Menentukan komponen perhitungan laba rugi 
  4. Membuat laporan laba rugi 
  5. Mengevaluasi sebuah kegiatan usaha berdasarkan laporan laba rugi 

B. Uraian Materi 

1. Harga Jual (Selling Price) 

Harga jual diperoleh dari harga pokok yang sudah ditambah dengan jumlah keuntungan yang ingin diperoleh. Untuk mengetahui harga jual terdapat dua metode yaitu: 

a. Cost-Plus Pricing Method 

Menentukan harga jual per unit produk dengan menghitung jumlah seluruh biaya per unit ditambah jumlah tertentu untuk mendapatkan keuntungan dalam bentuk margin. Margin keuntungan biasanya berupa persentase. Misalnya jika A menghendaki keuntungan sebesar 20%, 25%, atau sesuai keinginan maka A harus menambahkan margin ke dalam perhitungan, yang diambil dari total biaya yang telah dikeluarkan. Adapun rumus sebagai berikut : 
 
Harga jual per unit= Total Biaya/unit produk yang dihasilkan+ Margin Keuntungan Yang Diinginka  

b. Mark Up Method 

Menentukan harga jual per unit produk dengan menentukan kelebihan harga dari harga dasar tiap produk untuk mendapatkan keuntungan. Seperti namanya, penetapan harga mark up adalah berupa nominal. Misalnya jika A ingin mendapatkan keuntungan sebesar Rp 10.000 per item produk yang dijualnya, maka A tinggal menambahkan harga mark up tersebut di akhir ketika sudah diketahui harga dasarnya. Adapun rumus sebagai berikut: 
                                        
Harga jual per unit= Total Biaya/unit produk yang dihasilkan+ nominal Keuntungan Yang Diingink   

2. Laporan Laba Rugi 

Laporan laba rugi adalah salah satu laporan keuangan yang memberi gambaran atau informasi, apakah perusahaan pada periode tersebut memperoleh laba atau rugi. Laporan keuangan dibutuhkan untuk menentukan kebijakan pada periode selanjutnya. Bila perusahaan memperoleh laba, maka perencanaan berikutnya adalah bagaimana mempertahankan dan meningkatkan hal-hal positif pada periode sebelumnya, sebaliknya jika perusahaan mengalami kerugian perusahaan mencari penyebab mengapa perusahaan sapai mengalami kerugian untuk selanjutnya dievaluasi dan diperbaiki. 

Berikut contoh proyeksi Laporan Laba Rugi  


Laporan laba rugi yang bersifat proyeksi merupakan rencana keuangan dalam sebuah proposal, bukan merupakan laporan dari apa yang yang telah terjadi. Ini bisa dijadikan acuan bagir perusahaan untuk menentkan target kegiatan usaha dalam 1 (satu) periode. 

C. Rangkuman 

Dari uraian tersebut di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa : 
  1. Menghitung harga pokok produksi diperlukn dalam sebuah kegatan usaha sebagai bagian dalam perencanaan produksi, 
  2. Komponen untuk menghitung HPP:  Biaya bahan baku 
    • Biaya tenaga kerja langsung 
    • Biaya overhead 
  3. Terdapat 4 tahap untuk menghitung harga poko produksi 
  4. Laporan laba rugi, dibuat pada akhir periode. Bila dalam perencanaan usaha yang dibuat adalah proyeksi laporan laba rugi. 
  5. Laporan laba rugi dapat memberi gambaran kondisi keuangan perusahaan, besarnya penjualan yang diperoleh dan total biaya produksi yang dikeluarkan. 

D. Penugasan Mandiri  

“Carilah usaha olahan makanan dari bahan hewani di sekitar tempat tinggal atau lingkungan terdekatmu. Lakukan pengamatan dan wawancara apakah pada usaha tersebut terdapat komponen-komponen biaya? Jika iya, apa sajakah itu? Bagaimana wirausahawan tersebut menentukan besarnya harga jual produk. Dari data yang kamu peroleh maka: 
  1. Buatlah analisa berdasarkan komponen harga pokok produksi dengan perhitungannya. 
  2. Buatlah proyeksi laporan Laba Rugi dari data tersebut. 
” Selamat Berkarya”. 

E. Latihan Soal 

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan harga pokok? 
  2. Jelaskan tentang biaya produksi menurut pendapatmu? 
  3. Sebutkan beberapa unsur-unsur yang ada pada harga pokok? 
  4. Bagaimana cara menentukan HPP? 
  5. Tujuan Pembuatan laporan laba rugi? Jelaskan 

Kunci jawaban 

1. Harga pokok penjualan atau HPP adalah istilah yang digunakan pada akuntansi keuangan dan pajak untuk menggambarkan biaya langsung yang timbul dari barang yang diproduksi dan dijual dalam kegiatan bisnis. 

2. Biaya produksi adalah biaya yang timbul dari suatu proses produksi perusahaan manufaktur dalam membuat barang atau jasa yang akan dijual. 

3. Biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead 

4. Simulasi perhitungan HPP sebagai berikut 
Pembelian Bersih = (Pembelian + Biaya Angkut) – (Retur Pembelian + Potongan 
Pembelian) 
Pembelian Bersih = (20.000.000 + 1.000.000) – (2.000.000 + 1.000.000) 
Pembelian Bersih = 21.000.000 – 3.000.000 
Pembelian Bersih = 18.000.000 
Barang tersedia dijual = (Persedian awal + Pembelian bersih) 
Barang tersedia dijual = (10.000.000 + 18.000.000) 
Harga Pokok Penjualan = (Barang Tersedia dijual – Persedian akhir) 
Harga Pokok Penjualan = 28.000.000 – 5.000.000 = 23.000.000 

5. Tujuan pembuatan laporan rugi laba 
  • Memberi informasi mengenai kondisi suatu perusahaan, apakah memperoleh keuntungan atau kerugian pada setiap periode akuntansi. 
  • Memberi informasi mengenai jumlah total pajak yang harus dibayarkan. 
  • Membantu proses analisis usaha yang akan mengukur perkembangan suatu bisnis. 
  • Sebagai bahan referensi untuk evaluasi pihak manajemen perusahaan untuk menentukan langkah-langkah yang harus diambil pada periode selanjutnya. 
  • Sebagai acuan perusahaan dalam upaya untuk mengembangkan bisnis jika ingin meningkatkan perolehan keuntungan. 
  • Membantu proses analisis strategi perusahaan untuk mengetahui keberhasilan strategi bisnis yang dijalankan untuk mencapai tujuan perusahaan 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak" lebih dari 2, maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak".  Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan KD 3.10 dan 4.10. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Harga Jual Dan Perhitungan Rugi Laba Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Harga Jual Dan Perhitungan Rugi Laba File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • contoh perhitungan laba rugi
    • cara menghitung harga pokok penjualan
    • rumus menghitung laba rugi
    • cara menghitung laba bersih
    • cara menghitung laba penjualan
    • cara menghitung laba akuntansi
    • cara menghitung laba usaha
    • cara menghitung laba perusahaan