ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Perhitungan Biaya Produksi Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Perhitungan Biaya Produksi Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Perhitungan Biaya Produksi dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Perhitungan Biaya Produksi Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Perhitungan Biaya Produksi Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Menghitung biaya produksi dengan baik dan benar akan sangat membantu dalam suksesnya berwirausaha. Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami bagaimana cara menghitung biaya produksi yang meliputi, komponen harga pokok prroduksi dan menentukan harga jual hasil produksi serta perhitungan laba rugi dalam usaha olahan makanan awetan hewani. 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan memahami materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga modul ini dapat bermanfaat bagi kalian, khususnya mengapa seorang wirausahawan perlu tahu dan paham tentang Harga Poko Poroduksi.  

Istilah

  • Biaya : Sebuah bentuk pengeluaran yang dilakukan oleh suatu pihak, baik individu maupun perusahaan, untuk mendapatkan manfaat lebih dari tindakannya tersebut. 
  • Biaya Produksi :Seluruh biaya yang harus dikeluarkan sebuah bisnis atau perusahaan dalam menghasilkan produk dan jasa. Biaya yang mencakup semua hal yang dikeluarkan dari awal sampai akhir barang siap dijual ke konsumen. 
  • Harga Pokok : jumlah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk tenaga kerja, bahan dan overhead dalam proses pembuatan produk atau jasa yang dijual ke pelanggan sepanjang suatu periode. 
  • Harga Jual : Besarnya harga yang akan dibebankan kepada komsumen yang diperoleh atau dihitung dari biaya produksi ditambah biaya nonproduksi dan laba yang diharapkan. 
  • Bahan Baku :  bahan yang digunakan dalam membuat produk. 
  • Biaya Bahan Baku : Biaya produksi langsung yang dikeluarkan untuk membuat sebuah produk atau memastikan jasa bisa tersampaikan dengan baik ke tangan konsumen. 
  • Tenaga Kerja : merupakan penduduk yang berada dalam usia kerja. 
  • Biaya Tenaga Kerja : Kompensasi berupa gaji, diberikan kepada tenaga kerja yang terlibat proses produksi termasuk gaji, tunjangan dan asuransi (jika ada). 
  • Overhead : Pengeluaran yang sedang berjalan dalam sebuah usaha/bisnis. 
  • Biaya Overhead : Biaya produksi selain biaya tenaga kerja dan bahan baku, namun diperlukan untuk membuat sebuah produk yang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. 
  • Laba-rugi : suatu laporan keuangan yang di dalamnya menjelaskan tentang kinerja keuangan suatu entitas bisnis dalam satu periode akuntansi. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan 
Memahami  beberapa komponen perhitungan biaya produksi yang terdiri dari : 

1. Biaya 

  • Biaya Tetap 
  • Biaya Tidak Tetap 
    • Biaya bahan baku 
    • Biaya tenaga produksi dan  
    • Biaya overhead  

B. Uraian Materi 

1. Apersepsi 

Sebuah perusahaan yang melakukan kegiatan produksi guna dijual kembali dan menghasilkan keuntungan pastilah membutuhkan sebuah perhitungan yang matang dalam kegiatan produksinya. Kegiatan tersebut tentu membutuhkan perhitungan dalam biaya produksinya, inilah yang disebut dengan biaya produksi.  

Pada dasarnya biaya produksi merupakan biaya-biaya yang dilakukan pada proses produksi perusahaan. Biaya tersebut meliputi biaya tetap dan biaya tidak tetap (bahan baku, biaya overhead dan biaya tenaga kerja langsung). Kedua unsur biaya tersebut sangat berpengaruh pada kegiatan produksi yang dilakukan oleh perusahaan.  

Perlu adaya pembelajaran secara khusus bagaimana mengelola keuangan dalam berwirausaha sehingga keuntungan dan kerugian dari perusahaan akan dapat tercapai secara maksimal. Dengan perhitungan biaya produksi yang benar, perusahaan dapat dengan tepat menentukan target keuntungan yang diharapkan. 

2. Komponen Biaya Produksi 

Secara sederhana dalam bidang perdagangan, biaya adalah sejumlah uang yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk membuat produk atau jasa. Biaya tersebut menyangkut semua hal yang memiliki nilai seperti biaya produksi, biaya perawatan dan sebagainya. biaya ini akan dijadikan pertimbangan dalam menentukan harga jual produk. 

Pengertian Biaya Menurut Para Ahli 

Agar lebih memahami apa itu biaya, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini: 

1. Henry Simamora 

Menurut Henry Simamora, pengertian biaya adalah kas atau nilai setara kas yang dikorbankan untuk barang atau jasa yang diharapkan memberi manfaat pada saat ini atau di masa mendatang bagi organisasi. 

2. Mulyadi 

Menurut Mulyadi, pengertian biaya adalah pengorbanan sumber ekonomis yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi, sedang terjadi, atau yang kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu. 
 
Komponen biaya dalam perhitungan harga biaya produksi adalah: 

1. Biaya tetap (fixed cost) 

Biaya tetap merupakan biaya yang dikeluarkan dalam besaran yang tetap atau stabil. Biaya tetap ini keberadaannya tidak dipengaruhi oleh adanya perubahan jumlah atau aktivitas produksi pada tingkat tertentu. 
 
2. Biaya Variabel (Variable Cost) 

Biaya variabel merupakan biaya yang besarannya berubah-ubah tergantung pada volume kegiatan. Jadi jika volume produk mengalami peningkatan, maka biaya variabel juga akan naik. Hal ini akan berlaku sebaliknya jika volume produk mengalami penurunan. Unsur biaya variable terbagi atas 3 yaitu : 
  • Biaya Bahan Baku (Direct Materials) Bahan baku langsung adalah bahan yang akan menjadi bagian dari barang hasil produksi. Jadi, biaya bahan baku adalah harga pokok bahan tersebut yang diolah dalam proses produksi (Mulyadi, 199:58). Menghitung biaya bahan baku berarti total keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh bahan baku tersebut.  
  • Tenaga Kerja Langsung (Direct Labour) Biaya tenaga kerja langsung adalah semua balas jasa yang diberikan oleh perusahaan kepada semua karyawan sesuai dengan fungsi dimana karyawan ditempatkan (bekerja) pada perusahaan. Misalnya; bagian produksi, pemasaran, bagian administrasi, dan bagian umum. 
  • Biaya Overhead Pengertian Biaya overhead pabrik adalah biaya pabrik selain daripada bahan baku dan tenaga kerja langsung. Jadi biaya ini tidak dapat diidentifikasikan langsung dengan barang yang dihasilkan. Contoh Biaya overhead pabrik adalah bahan pembantu, sering juga disebut dengan bahan tidak langsung (indirect materials). Contohnya: perlengkapan pabrik (baut, mur dan dan pelitur dalam perusahaan mebel) 
3. Biaya Total (Total Cost) 

Biaya total merupakan keseluruhan biaya yang digunakan untuk memproduksi sebuah output. Biaya ini bersifat menyeluruh mencakup biaya tetap, maupun biaya variabel.  
 
4. Harga Pokok Produksi 

Harga pokok produksi adalah harga pokok yang dikeluarkan untuk memproduksi per unit produk. Maka dengan mengetahui besarnya harga pokok produksi perusahaan dapat dengan mudah menentukan berapakah laba yang diinginkan dari tiap unit produk untuk mencapai target laba perusahaan.  Tahapan perhitungan Harga Pokok Produksi sebagai berikut: 

Tahap 1: 
• Menghitung Bahan Baku Yang Digunakan (A) 
Saldo Awal Bahan Baku + Pembelian Bahan Baku - akhir Bahan Baku
Tahap 2: 
• Menghitung Biaya Produksi 
Bahan baku yang digunakan + Biaya tenaga kerja langsung + Biaya overhead produksi 
Tahap 3: 
• Menentukan Harga Pokok Produksi 
Total biaya produksi + Saldo awal persediaan barang dalam proses  produksi  – Saldo akhir persediaan barang dalam proses produksi  
Tahap 4: 
• Menghitung Harga Pokok Penjualan 
Harga pokok produksi + Persediaan barang awal - Persediaan barang akhir
 

C. Rangkuman 

Dari uraian tersebut di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa : 
  1. Biaya adalah seluruh pengorbanan yang dikeluarkan untuk berjalannya kegiatan usaha dan dapat diukur dengan satuan uang. 
  2. Biaya terbagi atas 2 yaitu, biaya tetap dan biaya tidak tetap 
  3. Total biaya adalah jumlah keseluruhan biaya yang dikeluarkan atau penjumlahan antara total biaya tetap dan total biaya variable 
  4. Harga pokok produksi adalah biaya yang dikeluarkan untuk membuat 1 unit produk. 

D. Latihan Soal 

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan biaya? 
  2. Jelaskan beberapa komponen dalam biaya produksi? 
  3. Sebutkan beberapa unsur-unsur yang ada pada biaya? 
  4. Sebutkan beberapa jenis biaya overhead pabrik yang kalian ketahui? 
  5. Bagaimana jika salah satu unsur biaya tidak bisa di jalankan? 

Kunci Jawaban Latihan soal 1 

  1. Biaya adalah seluruh pengorbanan yang dikeluarkan untuk berjalannya kegiatan usaha dan dapat diukur dengan satuan uang 
  2. Biaya terbagi atas 2 yaitu, biaya tetap dan biaya tidak tetap 
  3. Biaya Bahan Baku Langsung, Biaya Tenaga Kerja Langsung, Biaya Overhead Pabrik (Factory Overhead) 
  4. Biaya bahan baku tidak langsung, Biaya tenaga kerja tidak langsung, Biaya depresiasi dan amortisasi aktiva tetap, Biaya reparasi dan pemeliharaan mesin. 
  5. Jika salah satu unsur biaya tidak dijalan kan maka proses berjalaanya kegiatan usaha akan terganggu karena unsur-unsur biaya tersebut saling terkait 

E. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak" lebih dari 2, maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Perhitungan Biaya Produksi Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Perhitungan Biaya Produksi File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • contoh perhitungan biaya produksi
    • yang termasuk biaya produksi
    • laporan biaya produksi
    • cara menghitung biaya produksi brainly
    • contoh soal menghitung biaya produksi
    • biaya produksi diperlukan untuk
    Post a Comment

    Post a Comment