ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Identifikasi Karakteristik Wirausahawan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Identifikasi Karakteristik Wirausahawan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Identifikasi Karakteristik Wirausahawan dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Identifikasi Karakteristik Wirausahawan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Identifikasi Karakteristik Wirausahawan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Menjadi pengusaha muda sukses tentu bukan perkara mudah. Bangun jalan menuju kesuksesan juga bukan hal yang mudah. Tetapi bukan berarti tidak mungkin. Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE)sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang karakteristik Kewirausaan. 

Materi Karakteristik Kewirausahaan  ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena dapat memberikan gambaran kepada kalian bagaimana  menjadi pengusaha muda yang sukses. Karakteristik apa saja yang harus kalian miliki agar bisa sukses menjadi pengusaha muda. Juga mengidentifikasi faktor apa saja yang menjadikan seorang wirausahawan berhasil dan faktor apa saja yang membuat seorang wirausahawan mengalami kegagalan. Serta kiat-kiat sukses untuk menjadi seorang pengusaha muda. 

Mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. Melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kalian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 


Baca Juga

 

Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Karakteristik : sifat-sifat khusus yang membedakan seseorang dengan individu lainnya. 
  • Entrepreneurship :  suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (creative), dan sesuatu yang berbeda (inovative) yang bermanfaat dan memberi nilai lebih. 
  • Entrepreneur : orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk melaksanakan pekerjaannya untuk mencapai hasil yang lebih baik dengan tidak melanggar aturan yang berlaku 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan siswa dapat mengidentifikasi karakteristik wirausahawan berdasarkan keberhasilan dan kegagalan usaha  

B. Uraian Materi 

1. Ciri-ciri Wirausahawan sukses 

Seorang wirausahawan harus mempunyai sikap kreativitas, inisiatif dan percaya diri. Ciri-ciri seorang wirausahawan adalah: 

a. Percaya diri (self confidence) 

Merupakan paduan sikap dan keyakinan seseorang dalam menghadapi tugas atau pekerjaan, yang bersifat internal, sangat relative dan dinamis dan banyak ditentukan oleh kemampuannya untuk memulai, melaksanakan dan menyelesaikan suatu pekerjaan. Kepercayaan diri akan mempengaruhi gagasan, karsa, inisiatif, kreatifitas, keberanian, ketekunan, semangat kerja, kegairahan berkarya. 

b. Berorientasi tugas dan hasil 

Seseorang yang mengutamakan tugas dan hasil adalah orang yang selalu mengutamakan nilai nilai motif berprestasi, berorientasi pada laba, ketekunan dan kerja keras.  

c. Keberanian mengambil resiko 

Wirausaha adalah orang yang lebih menyukai usaha-usaha yang lebih menantang untuk mencapai kesuksesan atau kegagalan. Wirausaha menghindari resiko yang rendah karena tidak ada tantangan dan menjauhi resiko yang tinggi karena ingin berhasil. Pada situasi ini ada dua alternative yang harus dipilih yaitu alternative yang menanggung resiko dan alternative yang konservatif (mempertahankan keadaan).  

d. Kepemimpinan 

Seorang wirausaha harus memiliki sikap kepemimpinan, kepeloporan, dan keteladanan. Ia selalu menampilkan produk dan jasa-jasa barunda berbeda sehingga ia menjadi pelopor baik dalam proses produksi maupun pemasaran. Dan selalu memanfaatkan perbedaan sebagai suatu yang menambah nilai (value added). 

e. Berorientasi ke masa depan 

Wirausaha harus memiliki perspektif dan pandangan ke masa depan, kuncinya adalah dengan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang ada sekarang. 
 

2. Karakteristik sukses para wirausaha 

Sukses tidaknya seorang wirausaha di dalam mengelola usahanya tidak hanya dipengaruhi oleh banyaknya modal yang dimiliki dan fasilitas atau koneksi/kedekatan dengan sumbu kekuasaan yang dapat dinikmati. Yag lebih penting adalah bahwa usaha itu dikelola oleh orang yang berjiwa wirausaha dan tahu persis apa, mengapa, dan bagaimana bisnis dijalankan dan dikelola.  
 
Karakteristik sukses wirausahawan 

Pengendalian diri
Mereka ingin dapat mengendalikan usaha yang mereka lakukan 

Mengusahakan terselesaikannya urusan
Mereka menyukai aktifitas yang menunjukkan kemajuan yang berorientasi kepada tujuan 

Mengarahkan diri sendiri
Mereka memotivasi diri sendiri dengan hasrat yang tinggi untuk berhasil 

Mengelola dengan sasaran
Mereka cepat memahami rincian tugas yang harus diselesaikan untuk mencapai sasaran 

Penganalisis kesempatan
Mereka akan menganalisis semua pilihan untuk memastikan kesuksesannya dan sekaligus meminimalkan resiko 


Pengendalian pribadi
Mereka mengenali pentingnya kehidupan pribadi terhadap hidup bisnisnya 

Pemecah masalah
Mereka selalu melihat pilihan-pilihan untuk memecahkan setiap masalah yang dihadapinya 

Pemikiran objektif  
Mereka tidak takut untuk mengakui jika melakukan kekeliruan 


Hal yang harus digaris bawahi pada karakteristik sukses wirausaha dan perlu dilekatkan pada benak wirausahawan adalah bagaimana berpikir objektif dan kreatif sehingga mampu menganalisis setiap kesempatan bisnis yang muncul dan pengendalian diri yang matang sehingga mampu merencanakan dan mengendalikan bisnis secara objektif dan tidak mengandalkan pertolongan ataupun fasilitas yang ada di luar kemampuan atau mengandalkan fasilitas atau kemudahan dari pihak lain. 
 

3. Faktor Keberhasilan Dan Kegagalan  Kewirausahaan 

Keberhasilan Kewirausahaan 

  • Kerja keras. Dalam menjalankan usaha kita perlu menyadari bahwa setiap orang yang menekuni bidang usaha, usaha apapun itu, dituntut untuk memiliki pemikiran untuk selalu bekerja keras dan tekun. 
  • Kerja sama dengan orang lain. Sebagai makhluk sosial, yang mau tidak mau kita musti bergantung kepada orang lain, maka dari itu semestinyalah kita belajar bergaul dan membawa diri pada orang lain. 
  • Penampilan yang baik. Penampilan adalah cerminan kebersihan hati dan perilaku seseorang, oleh karena itu, untuk menunjang usaha yang kita lakukan maka penampilan juga sangat berperan. 
  • Yakin, keyakinan. Segala sesuatu yang dilakukan wujudkan dalam diri kita bahwa kita bisa. 
  • Pandai membuat keputusan. 
  • Mau menambah pengetahuan. Seorang wirausahawan dituntut untuk selalu belajar dari sekelilingnya, lingkungan sekitarnya dan dari produk-produk yang dibuat. 
  • Pandai berkomunikasi. Belajarlah mengeluarkan kalimat yang baik (sesuai). 

Kegagalan Kewirausahaan 

  • Kurangnya dana untuk modal. Tidak semua kegagalan disebabkan karena modal yang tidak ada, akan tetapi sebagian besar kegagalan itu ada karena kurangnya dana
  • Kurangnya pengalaman dalam bidang bisnis. Berikan suatu jabatan kepada ahlinya, dengan kata lain tempatkan sesuatu pada tempatnya. termasuk tempatkan minat dan bakat dimana orang itu berminat dan berbakat agar usaha atau pekerjaan yang dilakukan menjadi sahabat dan dapat ditekuni dengan baik. 
  • Tidak adanya perencanaan yang tepat dan matang. Dalam berwirausaha, merencanakan sesuatu, atau menyusun sesuatu perlu disiapkan sebelumnya. 
  • Tidak cocoknya minat terhadap bidang usaha yang sedang digeluti (diteliti). 

Sebab-sebab kegagalan dalam menjalankan kewirausahaan 

  • Kurang ulet dan cepat putus asa, sedangkan kita harus dituntut untuk rajin, tekun, sabar, dan jangan putus asa. 
  • Kurang tekun dan teliti. 
  • Kurangnya pengawasan. 
  • Kemacetan yang sering terjadi. 
  • Pelayanan yang kurang baik. 
  • Tidak jujur dan kurang cekatan. 
  • Kurang inisiatif dan kurang kreatif. 
  • Kekeliruan dalam memilih lapangan usaha. 
  • Menyamakan perusahaan sebagai badan sosial, karena salah satu ciri-ciri kalau orang berbisnis harus kikir, kalau badan sosial, ikhlas beramal, karena apabila perusahaan jadi kikir maka ia jelas irit. 
  • Banyak pemborosan dan penyimpangan. 
  • Kurang dapat menyesuaikan dengan selera konsumen. 
  • Sulit memisahkan antara harta pribadi dengan harta perusahaan. 
  • Mengambil kredit tanpa pertimbangan yang matang. 
  • Memulai usaha tanpa pengalaman dan modal pinjaman. 
  • Banyaknya piutang ragu-ragu. 
  • Kekeliruan menghitung harga pokok. Dalam melakukan suatu usaha penjualan harus menghitung berapa banyak harga pokok. 

Kunci sukses menjadi pengusaha muda. 

a. Berani memulai usaha 

Apapun bisnis yang kalian inginkan atau sedang direncanakan, beranilah untuk memulainya. Jangan pernah takut mencoba, meskipun ada banyak risiko yang nantinya akan dihadapi. Namun yang patut kalian ingat selalu adalah untuk selalu mau mencari sesuatu hal yang baru dan jangan ragu untuk memulai bisnis kalian 

b. Lakukan kegiatan yang berdampak besar 

Fokus kepada hal hal yang sangat berhubungan dengan bisnis. Jika memang ingin sukses dengan bisnis  kalian, maka lakukan hal hal yang memberikan dampak besar secara positif pada kemajuan bisnis  kalian. Lupakan sementara segala hal yang hanya berhubungan dengan kebaikan diri  kalian. Jika bisnis  kalian sudah maju, maka  kalian dapat memperbaiki diri dengan sendirinya. 

c. Rela melepas masa muda 

Masa muda memang masa yang sangat sulit untuk dilupakan. Masa yang tidak mungkin diulang dan masa yang tepat untuk mencari jati diri. Maka dari itu jangan sia-siakan masa mudamu hanya dengan bermain dan berfoya foya. Bangun relasi dan temukan peluang besar yang dapat dijadikan pundi-pundi uang. Dengan begitu  kalian bisa menunjukkan bahwa masa muda  kalian adalah masa masa yang benar berkualitas dan membanggakan. 

d. Berani menghadapi resiko 

Setiap usaha yang kita lakukan pasti ada naik turunnya. Pastikan  kalian siap untuk menghadapi kegagalan dan selalu berani untuk mengambil risiko dari setiap keputusan yang dibuat. Jangan pernah takut untuk belajar dari kegagalan yang  kalian alami. Hal yang harus diingat adalah, karena  kalian sudah pernah mengalami sebuah kegagalan, maka hal itu menjadi pelajaran yang luar biasa.  kalian dapat melihat kekurangan dari bisnis  kalian, dan tentunya  kalian tidak akan mengulang kesalahan yang sama. 

e. Jadikan hobi sebagai bisnis 

Hobi adalah sesuatu yang menjadi kegemaran sehingga kita lakukan berulang kali. Jika hobi yang kita punya bisa mendatangkan uang, mengapa tidak menjadikannya sebagai sebuah bisnis yang menyenangkan? Jika kita membuka bisnis yang berawal dari hobi, hal ini memungkinkan kita untuk menambah daya semangat, karena kita melakukan dua hal yang kita sukai secara bersamaan yakni hobi dan bisnis. Jika  kalian mengikuti komunitas dari hobi yang ditekuni, maka sebagai permulaan  kalian tak perlu repot repot untuk mencari target pasar dan mempromosikannya.  kalian dapat menggunakan teman-teman yang memiliki hobi sama. 

f. Inovasi mengikuti jaman 

Sebuah bisnis haruslah memiliki inovasi. Sekalipun sudah memiliki target konsumen, tapi  kalian harus pintar melihat peluang untuk membuat bisnis semakin maju. Maka dari itu, pintar-pintar lah melihat peluang di setiap zaman. Perkembangan zaman yang semakin pesat terutama di bidang teknologi, menuntut  kalian untuk terus memenuhi rasa keingintahuan dan konsumen yang selalu menunggu-nunggu ide baru apa yang akan dituangkan dalam bisnis  kalian. Hal ini sangat harus diperhatikan apabila target pasar  kalian adalah anak muda dan kalangan remaja, karena target pasar ini sangat mudah terpengaruh oleh hal-hal baru yang muncul. 

g. Tetap focus 

Fokus terhadap bisnis yang dijalani dan dikembangkan akan membantu  kalian untuk mampu membuat bisnis maju dengan pesat. Banyak pebisnis awam yang cepat puas, sehingga jika satu bisnis sudah dirasa cukup bagus, maka akan membuka bisnis yang baru lagi. Hal ini tidak baik karena akan membuat pikiran  kalian terpecah belah sehingga tidak fokus untuk memajukannya. Hati hatilah, karena justru hal ini akan membuat bisnis  kalian berantakan. 

h. Memiliki sifat ulet 

Pebisnis yang memiliki sifat ulet sudah dipastikan adalah orang yang visioner. Ia sudah merancang dengan baik masa depan bisnisnya dan menggantungkan cita-citanya dengan baik dan realistis. Dengan memiliki rencana dan cita-cita, akan mendorong  kalian untuk tahan dengan segala rintangan dan hambatan. Banyak pebisnis yang ‘kalah sebelum berperang’ karena sudah takut ketika melihat  kegagalan. 

i. Mau bekerja keras 

Karena sudah merelakan masa muda  kalian, maka jangan sia-siakan hal tersebut. Pakailah seluruh energi yang  kalian miliki untuk membuktikan bahwa bisnis ini dapat berjalanan dengan sebaik mungkin. Ibarat menabung, maka tabunglah energi  kalian untuk bisnis. Niscaya keberhasilan dari bisnis yang  kalian bangun akan didapatkan di masa depan. 

j. Investasi uang 

Jika sudah mendapat keuntungan dari bisnis, jangan cepat puas dan jangan dengan mudah difoya-foyakan untuk hal yang belum tentu  kalian butuhkan. Jatuh bangun bisnis pasti terjadi, maka dari itu pastikan  kalian menyimpan uang dengan baik. Investasikan uang  kalian untuk membangun bisnis itu menjadi lebih besar. Dengan begitu  kalian tidak perlu mencari investor dengan dana yang besar dan memiliki utang. 

k. Ikuti pola 

Anak muda pasti masih berusaha mencari jati diri, sehingga tak heran bila mereka masih suka mengikuti tren apa yang ada saat itu. Rasa ingin tahu dan ingin mencoba-coba yang baru tentu masih sangat tinggi dalam diri mereka. Jika memang sudah bertekad untuk membangun bisnis yang serius saat muda, maka buang semua keinginan untuk mencoba coba tren yang ada, lebih baik  kalian langsung belajar dari banyaknya anak muda yang sukses sebagai pengusaha. 
 
Anak-anakku hebat, sudah siapkah menjadi pengusaha muda sukses. Ayo asah kemampuan kalian untuk menyiapkan diri menjadi pengusaha muda yang sukses. 
 

C. Rangkuman 

  1. Ciri-ciri wirausahawan yang sukses antara lain percaya diri, berorientasi pada tugas, berani mengambil resiko, kepemimpinan, berpikir kearah hasil. 
  2. Karakteristik sukses wirausahawan antara lain pengendalian diri, pemecah masalah dan pemikiran  obyektif 
  3. Faktor keberhasilan kewirausahaan antara lain kerja keras, mampu bekerja sama dengan orang lain, mau menambah pengetahuan dan pandai berkomunikasi. 
  4. Faktor kegagalan kewirausahaan antara lain tidak adanya perencanaan yang tepat dan matang dan tidak cocoknya minat terhadap bidang usaha yang digeluti. 
  5. Penyebab gagalnya sebuah usaha antara lain kurang ulet dan cepat putus asa. 
  6. Kunci sukses menjadi pengusaha muda antara lain berani memulai usaha, berinovasi mengikuti kemajuan jaman, berani mengambil resiko dan mau bekerja keras. 

D. Penugasan Mandiri 

Anak-anakku hebat cobalah observasi langsung seorang wirausahawan di sekitarmu, kemudian buatlah  tabel hasil observasi langsung yang berisi tentang: 
  1. Nama tokoh wirausahawan 
  2. Profil usaha (lokasi, bidang usaha, nama produk) 
  3. Karakteristik kewirausahaan yang dimilikinya 
  4. Termasuk wirausahawan berhasil atau gagal 
  5. Faktor-faktor yang membuat tokoh berhasil atau gagal dalam usahanya 

E. Latihan Soal 

  1. Identifikasikan ciri-ciri wirausahawan yang sukses  
  2. Identifikasikan faktor-faktor penyebab keberhasilan seorang wirausahawan 
  3. Identifikasikan faktor-faktor penyebab kegagalan keberhasilan seorang wirausahawan 
  4. Identifikasikan penyebab gagalnya usaha seorang wirausahawan 
  5. Identifikasikan kunci sukses menjadi pengusaha muda 


Baca Juga

 

Kunci Jawaban Latihan

  1. Ciri-ciri wirausahawan yang sukses antara lain percaya diri, berorientasi pada tugas, berani mengambil resiko, kepemimpinan, berpikir kearah hasil. 
  2. Faktor keberhasilan kewirausahaan antara lain kerja keras, mampu bekerja sama dengan orang lain, mau menambah pengetahuan dan pandai berkomunikasi. 
  3. Faktor kegagalan kewirausahaan antara lain tidak adanya perencanaan yang tepat dan matang dan tidak cocoknya minat terhadap bidang usaha yang digeluti. 
  4. Penyebab gagalnya sebuah usaha antara lain kurang ulet dan cepat putus asa. 
  5. Kunci sukses menjadi pengusaha muda antara lain berani memulai usaha, berinovasi mengikuti kemajuan jaman, berani mengambil resiko dan mau bekerja keras. 

F. Penilaian Diri 




Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Identifikasi Karakteristik Wirausahawan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Identifikasi Karakteristik Wirausahawan File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • karakteristik seorang wirausaha
    • faktor-faktor penyebab keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan.
    • karakteristik wirausahawan diantaranya “mandiri”, jelaskan maksudnya?
    • karakter wirausaha menurut bygrave
    • karakteristik wirausaha pdf
    • karakteristik kewirausahaan dan contohnya
    • wirausaha adalah
    • karakteristik wirausaha menurut para ahli
    •  
    Post a Comment

    Post a Comment